7 Cara Membuat Ruang Kerja Yang Nyaman

Produktivitas dalam bekerja salah satunya didukung oleh ruang kerja yang nyaman. Apalagi di masa pandemi ini membuat kita harus work from home dan tetap produktif.

Sebenarnya masih banyak perusahaan yang belum sepenuhnya menerapkan bagaimana cara membuat ruang kerja yang nyaman bagi karyawannya. 

Bekerja di ruangan full AC tanpa pencahayaan langsung sinar matahari seringkali mempengaruhi kesehatan karyawan. Seharusnya meski ruangan kerja konsepnya tertutup tapi harus diberi jendela dimana sinar matahari pagi bisa menembus masuk. 

Ruangan yang tertutup membuat tidak adanya sirkulasi udara. Sejuk sih karena ada AC, tapi tetap tidak sehat bagi tubuh kita.

Berikut ini ada 7 cara membuat ruang kerja yang nyaman, baik untuk di kantor maupun di rumah

1. Pencahayaan Yang Lebih Pada Ruangan

Seperti yang telah disinggung di atas bahwa pencahayaan memiliki peran penting bagi sirkulasi udara di dalam ruangan. Apalagi saat sinar matahari bisa langsung menyinari ruangan saat pagi hari, maka bisa mengurangi kelembapan ruangan yang akan berpengaruh pada pernafasan kita.

Caranya bagaimana untuk mengatur pencahayaan yang cukup? 

Pilihlah konsep ruang kerja yang berjendela. Kita bisa memberi korden atau tirai. Ketika pagi kita bisa membuka jendela atau membuka tirai, agar sinar matahari bisa leluasa memasuki ruangan.

Pencahayaan ruang kantor
Sumber : edupaint.com

Solusi pencahayaan untuk yang bekerja di rumah bisa dengan menaruh desk lamp atau lampu kecil di dekat meja kerja. Supaya suasana kerja menjadi lebih hangat dan nyaman.

Ruangan kerja dengan pencahayaan yang cukup membantu Anda untuk tetap produktif, kreatif, dan tidak mudah mengantuk.

2. Pilih Warna Yang Produktif

Setiap orang memiliki ketertarikan sendiri terhadap warna. Begitu juga memilih warna juga mempengaruhi suasana ruang kerja yang nyaman. 

Warna - warna tertentu memiliki pengaruh sendiri bagi kita. Misalnya warna biru yang akan lebih merangsang pikiran kita, warna kuning mendorong ide atau gagasan dan kreativitas, warna merah mempengaruhi fisik, warna hijau membuat lebih tenang dan nyaman, serta warna merah muda yang memberi keceriaan.

Efek warna interior ruang kerja
Sumber : sewakantorcbd.com


3. Tambahkan Tanaman Hidup

Jika Anda bekerja di ruangan tertutup, maka bisa menambahkan tanaman hijau di dalamnya. Warna hijau dari tanaman mampu mengurangi rasa bosan dan stress Anda terhadap pekerjaan.

Carilah tanaman yang cocok untuk ruangan tertutup dan tidak membutuhkan perawatan yang rumit. Dengan menambahkan tanaman hijau maka akan menjaga energi positif dan produktivitas Anda dalam bekerja.

Tanaman hijau di ruang kerja
Sumber : tirto.id


4. Gunakan Bantal Kursi

Kursi adalah tempat dimana kita menghabiskan waktu kita untuk bekerja saat di dalam ruangan. Maka pilihlah material kursi yang empuk dan nyaman untuk diduduki berlama-lama.

Cara lain untuk membuat ruang kerja yang nyaman adalah menambahkan bantal kursi. Bantal kursi ini akan membantu diri kita lebih nyaman saat bekerja. Ketika kita lelah bisa bersandar pada bantal tersebut.

Selain itu, bisa juga Anda gunakan bantal kecil pada permukaan kursi. Hal ini untuk menghindari pegal-pegal jika permukaan kursi terlalu keras.

Bantalan kursi
Sumber : id.carousell.com


5. Rapikan Meja Kerja

Meja kerja yang berantakan akan membuat kita merasa malas dan jadi tidak produktif. Banyaknya barang atau tumpukan dokumen di atas meja membuat kita bosan dan stress.

Solusinya adalah mulai rapikan meja kerja Anda dengan menyusun skala prioritas mana pekerjaan yang harus diselesaikan terlebih dulu. Dengan begitu Anda bisa menyimpan dokumen lain yang belum akan diselesaikan pada lemari dokumen/file.

Setelah itu singkirkan perlengkapan kerja yang tidak perlu. Sisakan perlengkapan yang penting saja, seperti alat tulis, kalender, jam, dan sticky notes.

Meja kerja rapi dan bersih
Sumber : procura.id


6. Tambahkan Foto Keluarga atau Orang Yang Disayangi

Keluarga biasanya menjadi salah satu alasan mengapa Anda harus rajin bekerja. Dengan menaruh foto keluarga di meja kerja atau ruang kerja kita, maka kita pun lebih termotivasi. Bisa juga Anda menaruh foto seseorang yang Anda sayangi atau yang diidolakan. Hal ini akan lebih memberi semangat bagi diri Anda.

Posisikan foto keluarga atau orang yang Anda sayangi pada tempat yang mudah terlihat. Jika ruang atau meja kerja Anda sudah terlalu penuh, maka bisa Anda pajang foto tersebut di layar PC atau laptop.

Ruang kerja minimalis
Sumber : m.brilio.net

Hal ini terbukti lebih ampuh dalam menjaga mood Anda dalam bekerja sepanjang hari.

7. Respect Yourself

Serapi apapun ruang kerja yang Anda ciptakan, maka tak ada gunanya ketika Anda tidak menghargai produktivitas diri Anda.

Dalam bekerja kadang kita temui hambatan dan tantangan yang bisa menjadi ganjalan pekerjaan. Nah, jika kita terus menyalahkan diri sendiri artinya kita tidak menghargai upaya yang diri kita lakukan selama ini. 

Kegagalan ada wajar. Karena setiap keberhasilan adalah proses dari kegagalan yang terjadi pada hidup kita. 

Oleh karena itu, tenangkan diri kita, tetap motivasi diri, dan katakan pada diri sendiri bahwa dia hebat hari ini.

Ketujuh  cara membuat ruang kerja yang nyaman di atas adalah solusi untuk menjaga produktivitas kita. Semoga tidak ada lagi kebosanan dan rasa stress yang Anda alami setelah mempraktekkannya.


Posting Komentar untuk " 7 Cara Membuat Ruang Kerja Yang Nyaman"