Tips Memilih Furniture Rumah Minimalis

Tips memilih furniture rumah minimalis sangat berguna bagi Anda yang baru saja membeli rumah baru atau sedang merencanakan renovasi rumah.

Dalam hal renovasi rumah pun terkadang kita tidak hanya perlu mengubah warna cat, bentuk bangunan, tetapi juga perlu dipikirkan apakah furniture yang Anda miliki saat ini sudah sesuai dengan bangunannya.

Pemilihan furniture yang tepat akan memberikan kenyamanan bagi kita untuk sekedar bersantai, melakukan aktivitas di rumah, membersihkan rumah, dan juga lebih enak untuk dipandang.

Terkadang orang-orang lebih memilih menggunakan furniture bekas untuk mengisi rumah baru. Tidak masalah jika luas ruangan dimana furniture itu akan ditempatkan cukup memadai. Kalau tidak malahan hanya membuat rumah semakin terasa sempit dan penghuni pun tidak bebas bergerak di rumahnya sendiri. Sering kan lihat yang seperti itu ketika kita bertamu ke rumah orang?

Nah, berikut ini tips memilih furniture yang sesuai agar terhindar dari kondisi di atas. Namun sebelumnya kita perlu pahami bahwa membeli furniture tidak selalu harus mahal. 

Tips Memilih Furniture Rumah Baru

Dalam mengisi dan selanjutnya menata furniture rumah minimalis diperlukan beberapa info yang bisa membantu saat Anda melakukannya.

1. Perhatikan Skala Ruangan

Dalam mengisi ruangan dengan satu atau lebih furniture kita harus paham dulu seberapa luas ruangan itu. Jangan sampai kita membeli furniture yang besarnya hampir menghabiskan luas ruangan. Misalnya, ruang tamu yang luasnya 3x3 kita memilih sofa yang panjangnya hingga 3 meter, belum menempatkan meja tamunya.

Nah, untuk itu perlu diketahui dulu skala ruangan agar saat memilih furniture tidak malah membuat ruangan semakin sempit.

Ruang tamu sekaligus ruang keluarga
Sumber : 99.co

Skala ruangan gambar di atas memang cukup luas. Namun bagaimana jika ternyata Anda hanya memiliki satu ruangan itu untuk ruang tamu dan ruang keluarga? Ruang tamu sekaligus ruang keluarga seperti gambar di atas juga tetap terlihat cozy kok.

2. Tentukan Konsep Ruangan

Ada beberapa konsep ruangan yang bisa kita lihat di internet terkait dekorasi ruangan. Kita bisa juga memilih konsep ruangan yang minimalis, sehingga saat memilih furniture pun kita bisa menyesuaikan dengan konsep minimalis yang kita tentukan.

Ruang tamu minimalis
Sumber : 99.co

Gambar di atas adalah contoh ruang tamu berkonsep minimalis. Meski ruangan tidak terlalu luas tapi pemilihan sofa, meja tamu, lampu berdiri, dan furniture lain yang minimalis sangat cocok untuk mengisi ruangan tersebut.

3. Lihat Budget 

Masalah budget atau anggaran ini juga perlu diperhatikan. Jangan sampai kita terlalu menghabiskan banyak budget untuk membeli satu furniture. Misalkan kita perlu membeli tempat tidur dan sofa, jangan sampai budget yang kita miliki malah habis hanya untuk beli sofa saja. Bisa juga karena kita sudah terlalu suka dengan sofanya, maka kita habiskan lebih banyak uang untuk beli sofa daripada tempat tidur.

Ingat bahwa tempat tidur pun sangat kita perlukan untuk istirahat, meski kita lebih banyak menghabiskan waktu di sofa. Oleh karena itu, banyak hal yang perlu dipertimbangkan mengenai budget ini sebagai tips memilih furniture yang hemat dan sesuai kebutuhan.

4. Pemilihan Warna dan Material Furniture

Jika kita sudah punya konsep di awal tentang bagaimana nuansa ruangan yang kita inginkan, maka kita pun lebih mudah untuk memilih warna dan material furniture. Tetapi kalau kita belum punya konsep, maka kemungkinan besar kita pun bingung menentukan furniture warna apa dan yang seperti apa yang akan kita beli.

Misalkan kita sudah tentukan konsep rumah minimalis dengan ruangan warna monokrom, yaitu hitam dan putih. Maka kita pun bisa memilih furniture yang terbuat dari aluminium atau besi agar sesuai dengan konsep minimalis. Sedangkan pemilihan material kayu biasanya kurang cocok karena nuansanya akan semakin berat dan hangat, seperti pemilihan furniture dari kayu jati.

Furniture sofa terang untuk ruangan gelap
Sumber : 99.co

Gambar di atas mewakili ide bagaimana sofa yang berwarna terang sangat sesuai ditempatkan pada ruang gelap. 

5. Cari Referensi Dari Internet

Seperti saat ini ketika Anda membaca artikel ini artinya Anda sedang mencari referensi untuk memilih furniture bagi rumah Anda. Bisa juga Anda cari tahu dulu berapa harga furniture yang Anda butuhkan melalui internet. Saat ini banyak tersedia referensi toko online yang menjual furniture rumah.

Setelah itu jika Anda ingin melihat barangnya secara langsung, Anda bisa kunjungi toko furniture terdekat. Siapa tahu barang yang dicari lewat internet tadi juga dijual secara offline.

Tips kelima ini juga bisa menjadi tips beli furniture murah, karena Anda sudah melihat perbandingan harga secara online maupun offline dengan mengunjungi tokonya.

6. Pakai Jasa Interior Designer

Nah, jika Anda tak ingin repot-repot memilih furniture sendiri untuk menyesuaikan dengan ruangan rumah, maka Anda bisa gunakan jasa interior design. 

Jasa interior designer ini tentunya juga lebih mahal daripada Anda memilih sendiri, tetapi bisa lebih hemat waktu dan tenaga. Karena kesibukan pekerjaan Anda, maka lebih tepat untuk menggunakan jasa mereka untuk mendesain ruangan Anda sekaligus memilihkan furniturenya yang sesuai.

7. Pilih Furniture Sesuai Kebutuhan

Membeli furniture untuk mengisi rumah memang menjadi kebutuhan, tapi Anda bisa membelinya sesuai kebutuhan. Biasanya harga furniture-furniture baru memang relatif mahal, sehingga perlu dilakukan survey terlebih dulu sebelum memutuskan untuk membelinya.

Furniture multifungsi minimalis
Sumber : 99.co


Furniture minimalis seperti gambar di atas menjadi solusi bagi Anda yang membutuhkan tempat penyimpanan untuk ruang tamu. Jika Anda memilih furniture dari kayu dan berkaca seperti yang kita lihat pada umumnya untuk furniture penyimpanan, maka biaya yang akan Anda keluarkan pun lebih mahal. 

Beberapa tips memilih furniture di atas bisa digunakan saat mengisi rumah baru maupun untuk merenovasi rumah. 

Posting Komentar untuk "Tips Memilih Furniture Rumah Minimalis"