4 Cara Mencintai Diri Sendiri Agar Lebih Bahagia

Cinta memang sesuatu yang tidak bisa kita kendalikan, tapi dengan cara mencintai diri sendiri maka hidup kita pun akan lebih bahagia, karena kita lah yang mengendalikan cinta pada diri sendiri.

Pernah kah Anda berpikir untuk mencintai diri lebih banyak lagi sebelum Anda memutuskan untuk mencintai orang lain?

Banyak orang bahagia karena cinta, tapi tidak jarang juga orang yang menderita karena cinta. Hal ini karena kita mengharapkan sesuatu dari orang yang kita cintai tersebut. Meski itu hanyalah sebuah harapan agar cinta tak bertepuk sebelah tangan.

Namun ada cinta yang selalu membahagiakan. Itulah cinta pada diri sendiri. Karena dengan mencintai diri sendiri Anda akan lebih memahami diri sehingga menambah kepercayaan diri. Jika bukan kita yang mencintai diri kita sendiri, lalu siapa yang lagi?

Cara mencintai diri sendiri

Berikut ini ada 4 cara mencintai diri sendiri agar hidup menjadi lebih bahagia.

1. Self Awareness (Kesadaran Diri)

Dengan menyadari siapa diri kita yang sebenarnya, maka kita sudah mengambil langkah untuk mulai mencintai diri sendiri.

Setidaknya kita bisa paham saat ini apa yang sedang kita pikirkan, apa yang kita rasakan. Sehingga kita pun bisa tahu kondisi seperti yang membuat diri kita merasa nyaman. Kenyamanan menunjukkan bahwa kita bisa hidup lebih bahagia tanpa rasa cemas atau khawatir yang berlebihan.

Kita juga bisa mengetahui apa kelemahan dan kekuatan kita. Kelemahan tidak seharusnya membuat diri kita merasa rendah diri tapi sebaliknya, kita bisa mencari sesuatu yang lain yang bisa membuat diri kita termotivasi.

2. Self Worth (Harga Diri)

Percayalah bahwa diri kita itu berharga. Kadang kita merasa tidak berguna, tak bernilai, hanya karena kita melakukan sedikit kesalahan.

Setiap orang itu berharga dengan keunikannya masing-masing. Setiap makhluk yang ada di dunia ini tentunya berharga karena Tuhan tidak akan menciptakan makhluk tanpa alasan.

Coba pandang lah orang-orang di sekitar yang Anda cintai. Orang tua, pasangan, teman, anak. Mereka semua berharga di mata kita. Jadi stop untuk berpikir bahwa diri kita tidak berharga.

3. Self Esteem (Percaya Diri)

Dengan menghargai diri sendiri, maka akan tumbuh rasa percaya diri. Orang-orang yang percaya diri itulah yang berhasil menganggap diri mereka berharga.

Berkaitan dengan bagaimana cara meningkatkan kepercayaan diri ini bisa Anda lihat di artikel sebelumnya. Dalam mencapai tujuan hidup, kita perlu memiliki rasa percaya diri untuk bisa mencapainya.

Namun perlu diingat juga untuk tidak percaya diri yang berlebihan karena akan merugikan diri sendiri juga. Tempatkan diri kita sesuai dengan situasi dan kondisi maka membuat kita lebih bijak dalam memilih kebahagiaan hidup.

4. Self Care (Perawatan Diri)

Perawatan diri ini lebih kepada bagaimana kita merawat fisik diri kita. Anda bisa melakukannya dengan tidur yang cukup, makan-makanan yang sehat, olahraga cukup, dan perawatan lainnya yang mendukung penampilan Anda.

Perawatan diri ini tidak harus dandan kok. Cukup perhatikan bahwa diri kita nyaman dalam memakai sesuatu sehingga kita pun lebih percaya diri dan bahagia untuk beraktivitas.

Beda halnya dengan kondisi seseorang yang sedang mengalami putus cinta. Penampilannya cenderung kusut, acak-acakan, bahkan rela tidak makan berhari-hari demi meratapi cintanya yang pergi.

Dengan lebih memilih untuk merawat diri sendiri menunjukkan bahwa kita terlalu berharga untuk sekedar bersedih saat kehilangan orang yang selama ini kita anggap sebagai kekasih atau sahabat.

Beberapa cara mencintai diri sendiri di atas juga membantu kita menghadapi masalah-masalah eksternal yang diluar kendali kita, seperti bagaimana cara menghadapi toxic people yang mengganggu kehidupan kita.

Posting Komentar untuk "4 Cara Mencintai Diri Sendiri Agar Lebih Bahagia"