5 Tipe Orang Yang Harus Dihindari

Memilih orang-orang yang menjadi teman kita itu adalah penting karena jika tidak maka akan membahayakan masa depanmu. Berikut ini kita bahas 5 tipe orang yang harus dihindari. Dihindari bukan berarti dibenci,  hanya saja kita memberikan jarak untuk tidak dekat dengan orang-orang ini.
5 tipe orang yang harus dihindari


5 Tipe Orang Yang Harus Dihindari

1. Orang Yang Sok Baik dengan Menjelekkan Orang Lain

Pada dasarnya setiap orang dianugerahi oleh Tuhan sifat baik, yaitu yang berasal dari naluri. Tapi dalam pertumbuhannya mungkin ada hal-hal yang membuatnya kecewa, sakit hati, sehingga yang mendominasi adalah sifat yang tidak baik.
Salah satunya adalah dengan bersikap sok baik. Mereka tidak jarang berbicara pada kita tentang kebaikan-kebaikan tapi dengan cara menjelekkan orang lain.

Contohnya saja ketika ada orang yang bilang, masih mending aku yang nyumbang 200 ribu daripada dia cuma 50 ribu. Dan kebanyakan ini diucapkan di belakang orang yang dijelekkan.

Nah kenapa harus dihindari? Karena dia saja bisa dengan mudah menjelekkan orang lain di depanmu, bisa jadi suatu saat giliran kamu yang akan dia jelekkan di depan orang lain. So, tipe orang yang sok baik tapi dengan menjelekkan orang lain ini berbahaya jika terus-terusan berada di dekatmu.

2. Naik Ke Puncak Dengan Menjatuhkan Orang Lain

Menaiki puncak kehidupan memang baik, tandanya kita ingin kehidupan yang lebih baik. Tapi jika dilakukan dengan cara menjatuhkan orang lain, apakah itu masih baik?

Tidak jarang keadaan ini terjadi di lingkungan sekolah dan pekerjaan kita. Karena tergiur nilai yang bagus sehingga dia rela melakukan segala cara untuk bisa mendapatkannya, misalnya mencontek dan hal negatif lainnya. Di lingkungan kerja juga sering terjadi karena tergiur oleh jabatan yang otomatis bisa menaikkan penghasilannya sekaligus prestisenya. Sehingga dia rela menjatuhkan dengan main sikut sana sini.

Orang tipe ini sudah tidak melihat lagi mana kawan dan mana lawan. Seperti musuh dalam selimut, kawan pun bisa dijatuhkan jika dia ingin meraih sesuatu.

So, jangan sekali-kali dekat dengan orang-orang bertipe ini karena hanya akan menghancurkan hati dan masa depanmu. Bagi kita yang baperan pasti rasanya sakit bukan jika dijatuhkan oleh orang yang selama ini sudah kita anggap teman bahkan sahabat.

3. Merasa Hebat Dengan Mengecilkan Orang Lain

Tipe orang yang satu ini tentunya ingin selalu merasa hebat di depan orang lain. Segala cara bisa dia lakukan demi mendapatkan kehormatan dan pengakuan atas kehebatan dirinya.

Mereka adalah orang-orang yang selalu ingin mendapatkan perhatian tapi dengan cara yang salah, diantaranya adalah dengan cara mengecilkan orang lain. "Ah dia mah apa, cuma outsourcing di kantor".

Mereka yang sering kali mengganggap kecil atau remeh orang lain ini lupa diri bahwa roda kehidupan itu berputar. Mungkin benar saat ini dia memiliki jabatan lebih tinggi atau uang yang lebih banyak, tapi belum tentu suatu saat. Hanya kuasa Tuhan yang menghendaki segala sesuatu terjadi.

Satu lagi, orang-orang tipe ini selalu mengganggap dirinya hebat karena perjuangannya sendiri. Padahal kita tak pernah benar-benar sendiri. At least ada Tuhan yang mengijinkan apa yang menjadi milik kita dan tidak.

4. Merasa Selalu Benar dan Menyalahkan Orang Lain

Tipe keempat ini hampir sama dengan yang ketiga tadi di atas. Dia lebih suka menyalahkan orang lain dan mengganggap dirinya lah yang selalu benar. Bahkan tidak tanggung-tanggung, dia selalu menyalahkan orang lain langsung dihadapannya.

Alih-alih membuat orang lain menjadi benar, dia malah terlihat suka sekali menunjukkan kesalahan orang lain agar bisa dia maki-maki dan jadi bahan ejekannya. Lebih parahnya lagi orang tipe ini tidak segan membandingkan orang yang dia salahkan dengan kata-kata kasar.

Orang yang selalu menganggap dirinya benar memang sulit untuk diajak kompromi karena dia sulit menerima bahwa orang lain lah yang benar. Jadi akan buang-buang tenaga saja bila kita berada di dekat orang-orang seperti ini karena untuk apa berdebat panjang jika pada akhirnya dia tetap ngotot menjadi yang paling benar.

5. Ambisi dan Egois

Memiliki ambisi itu bagus. Tapi jika dilakukan dengan egois maka tidak ubahnya seperti orang yang selalu ingin benar tadi. Apalagi dia berambisi untuk memenuhi kepentingan pribadinya.
Orang bertipe ini tidak segan untuk mengorbankan kepentingan orang lain demi mewujudkan ambisinya. Oleh karena itu, termasuk tipe orang yang harus dihindari karena dia bisa saja menghalalkan segala cara demi meraih apa yang dia inginkan.

Berambisi tapi egois ini juga lebih suka cara-cara instan dalam mencapai sesuatu, termasuk naik ke puncak dengan menjatuhkan orang lain pun bisa dia lakukan. Hati-hati jika bertemu dengan orang seperti ini, mending kita jaga jarak saja.

Nah, itu adalah 5 tipe orang yang harus dihindari jika kita ingin menyelamatkan masa depan kita. Menghindari bukan berarti membenci. Ada pepatah bilang yang kita benci bukan orangnya tapi perilakunya. Jadi tidak apa-apa untuk menghindarinya. Jangan merasa bersalah sudah meninggalkan mereka.

Posting Komentar untuk "5 Tipe Orang Yang Harus Dihindari"