5 Cara Mengatasi Kecemasan Yang Berlebihan

Rasa cemas memang sulit untuk kita hindari. Namun mengenal diri secara lebih mendalam bisa menjadi cara mengatasi kecemasan yang berlebihan.

Di tengah krisis pandemi Covid-19 ini banyak orang yang terdampak, diantaranya merasa depresi, stress, dan pesimis untuk menjalani hidup. Kondisi mental yang demikian tidak heran terjadi karena berpengaruh pada kehidupan, banyak pengusaha yang bangkrut, pegawai yang di PHK, dan omset yang menurun drastis.

Semua perasaan negatif itu dipicu oleh rasa cemas yang berlebihan. Kita banyak berpikir dan mengkhawatirkan masa depan yang belum tentu terjadi.

Berikut ini akan kita bahas bagaimana cara mengatasi kecemasan yang berlebihan agar kondisi mental kita bisa segera pulih dan bisa mencari alternatif lain untuk melanjutkan hidup.
Cara mengatasi kecemasan

1. Bersikap Tenang

Ketenangan membantu kita untuk berpikir lebih jernih lagi saat kondisi krisis. Kita tidak bisa menunggu waktu tenang yang lingkungan berikan. Ketenangan itu diri kita yang ciptakan.

Bila selama ini Anda masih sering merasa cemas yang berlebihan sehingga tidak fokus bekerja, mudah panik, dan sering merasa tertekan. Ada baiknya Anda melepaskan apa yang selama ini menjadi kekhawatiran Anda. Misalnya, Anda khawatir bisnis turun drastis dan pelanggan semua lari. Tentunya kondisi ini sangat menakutkan ketika Anda membayangkannya dan menjadi panik. Rasa panik inilah wujud dari pikiran negatif kita. Lebih baik Anda membayangkan kondisi positif daripada merasa takut akan masa depan.

Bayangkan pandemi ini berakhir dan bisnis Anda pun meningkat lagi. Bisa juga Anda bayangkan bisnis Anda tetap bertahan meski di tengah krisis pandemi. Anda tetap bisa menerima omset, Anda bisa menggaji karyawan dengan baik dan tepat waktu, Anda malah bisa menambah asset lagi untuk bisnis Anda, dan Anda bisa berbagi lebih banyak lagi untuk orang-orang yang membutuhkan. Tentu bayangan ini lebih menyenangkan daripada yang sebelumnya.

Jadi tenangkan diri dan pikirkan hal-hal positif yang Anda inginkan terjadi pada kehidupan Anda. Karena sekali lagi apa yang kita pikirkan itulah yang akan terjadi. Anda bisa mempelajari ilmu Law Of Projection ini lebih dalam lagi menurut Islam.

2. Lakukan Hal-hal Baru

Setelah diri merasa lebih tenang, maka Anda perlu mencari aktivitas baru yang membuat Anda lebih bersemangat lagi. Jangan khawatir untuk melakukan hal-hal diluar kebiasaan Anda, asalkan itu masih positif.

Moment ini juga menjadi ajang dimana Anda bisa melakukan hal-hal yang selama ini Anda inginkan yang berkaitan dengan hobi dan passion Anda. Mungkin selama ini Anda tidak memiliki waktu untuk melakukannya, karena terjebak rutinitas bisnis yang padat. Kondisi krisis ini yang menghimbau kita untuk lebih banyak melakukan aktivitas di dalam rumah dan secara online adalah waktu yang tepat bagi Anda untuk beralih pada hal-hal baru.

Sadari bahwa kondisi krisis ini tidak hanya Anda yang merasakannya. Tapi justru kondisi ini menjadi peluang bagi kita untuk beradaptasi agar lebih kuat lagi.

3. Ubah Pola Hidup

Jika selama ini Anda kurang olahraga dan sering telat makan karena kegiatan yang menumpuk, maka sudah waktunya Anda mulai memikirkan diri dan tubuh Anda sendiri.

Anda bisa memulainya dengan olahraga di pagi hari. Udara pagi yang sejuk dan segar akan membantu pernafasan Anda lebih baik dan sirkulasi oksigen di otak pun menjadi lebih segar.

Setelah itu Anda bisa memperbaiki pola makan Anda. Bisa dengan memilih menu yang lebih banyak mengandung vitamin dan protein. Mungkin selama ini Anda lebih sering makan-makanan yang banyak mengandung karbohidrat sehingga berpengaruh pada cara berpikir yang kurang tenang.

4. Tidur Yang Cukup

Cara mengatasi kecemasan yang berlebihan akibat depresi dan rasa stress bisa dengan menambah jam tidur. Mungkin selama ini Anda memang kurang tidur karena memikirkan sesuatu dan akhirnya menjadi kebiasaan dan berakibat pada insomnia.

Anda bisa mengatasi rasa sulit tidur dengan melakukan meditasi, ketenangan adalah kuncinya. Karena jika kita merasa tenang, maka pikiran kita pun bisa fokus, tidak bingung dan terasa rumit di dalam otak. Sehingga rasa cemas bisa menyebabkan Anda sulit tidur.

5. Berpikir Positif

Berpikir positif tidak lantas mengabaikan yang terjadi. Justru pikiran kita yang positif bisa membuka jalan pikiran kita untuk keluar dari masalah. Ketika kita terlalu banyak memikirkan hal negatif, maka kita menjadi tidak kreatif.

Positif dalam berpikir mendorong kita untuk melakukan sesuatu yang positif sehingga menghasilkan suatu tindakan yang positif juga. Dan semua kecemasan Anda tidak ada yang terbukti.

Kelima tips di atas bisa Anda praktekkan secara berurutan. Anda pun bisa mengubah yanhmg awalnya tidak mungkin menjadi mungkin jika Anda tahu cara mengatasi kecemasan yang berlebihan pada diri Anda.

Posting Komentar untuk "5 Cara Mengatasi Kecemasan Yang Berlebihan"