Cara Meningkatkan Kepercayaan Diri Dalam Meraih Impian

Memiliki impian tapi tidak diikuti dengan cara meningkatkan kepercayaan diri untuk meraih impian tersebut, maka impian pun akan semakin terlihat jauh dari kenyataan.

Impian adalah hak setiap orang. Tanpa mimpi kita pun tidak tahu arti keberadaan kita di dunia ini. Tentunya juga akan terasa hambar tanpa memiliki impian.

Namun memiliki mimpi yang bisa diwujudkan itu sangat sedikit orang yang bisa meraihnya. Kebanyakan orang akan berpikir impiannya hanya sekedar impian karena berbagai alasan yang menjadikan impian itu tidak bisa terwujud.

Disitulah kita membutuhkan kepercayaan diri dan keyakinan untuk bisa mewujudkan apa yang menjadi mimpi kita. Tidak jarang banyak yang belum kita miliki sebelum memiliki impian itu sendiri, yaitu kurangnya kepercayaan terhadap diri sendiri.

Cara meningkatkan kepercayaan diri

Pentingnya Percaya Diri

Percaya diri adalah tidak sekedar percaya tapi bagaimana seseorang mengakui bahwa dia bisa melakukan sesuatu. Hal ini berkaitan dengan hasil penilaian seseorang terhadap dirinya sendiri. Orang yang memiliki rasa percaya diri yang tinggi artinya dia memiliki penilaian yang positif terhadap dirinya.

Pada kenyataannya masih juga banyak orang yang tidak percaya diri atau merasa rendah diri. Biasanya ini terjadi karena kurangnya pemahaman terhadap dirinya sendiri. Terlebih orang-orang yang lebih banyak mendengarkan pendapat orang lain dibanding pendapat dirinya sendiri.

Jadi bagaimana kita bisa melakukan sesuatu untuk mencapai impian kita jika rasa percaya diri saja kita tidak punya. Sehingga impian itu hanya diangan-angan saja.

Penyebab Kurangnya Rasa Percaya Diri

Kurang Memahami Diri

Meski memiliki impian adalah hak setiap orang, tetapi jika tidak diikuti dengan pemahaman terhadap diri sendiri maka akan sia-sia. Ibaratnya kita punya satu impian yang hebat tapi kita pun memiliki seribu alasan ketika tidak bisa mencapainya.

Sadarilah bahwa kita hidup tidak sendiri, kita memiliki keluarga dan orang-orang di sekitar yang tanpa kita sadari berpengaruh terhadap hidup kita. Kita mau bilang tidak perduli pada mereka, tapi tanpa disadari aktivitas kita juga terpengaruh kondisi hidup mereka.

Misalnya ketika kita memiliki keinginan untuk bisa bekerja kantoran, tapi kita tak punya waktu untuk bisa bekerja full time di luar rumah. Karena alasan kita harus menjaga orang tua yang sakit, menjaga anak, dan alasan lainnya. Jadilah impian kita itu akhirnya tidak tercapai. Bisa juga alasan lainnya seperti kita tidak punya banyak uang untuk sekolah lebih tinggi atau untuk buka usaha.

Jadi jangan sampai kita tidak paham dengan keterbatasan diri kita. Bukannya semakin membatasi impian kita, tapi setidaknya ketika paham kita bisa mencari alternatif lain untuk mencapainya.

Kurang Menghargai Diri Sendiri

Terkadang kita lebih banyak mendengarkan apa kata orang daripada apa kata hati kita. Padahal kenyataannya lebih banyak orang mengatakan hal negatif tentang diri kita daripada hal positif yang kita miliki. Akhirnya kita pun lebih percaya pada hal-hal negatif yang orang sebutkan untuk kita. Meski hal itu belum terbukti ada pada diri kita.

Bagaimana kita menghargai diri menjadi penting sebagai salah satu cara meningkatkan kepercayaan diri. Karena kita mampu memberikan penilaian positif terhadap diri kita, maka kita pun semakin percaya diri akan suatu hal.

Takut Gagal

Nah, ketakutan diri kita akan suatu kegagalan juga membawa dampak yang membuat diri kita kurang percaya diri. Sehingga kita pun takut mengambil resiko atas apa yang akan kita lakukan.

Cara mengatasi ketakutan atas resiko atau kegagalan ini adalah membenahi mindset diri kita dulu bahwa kegagalan bukan akhir dari segalanya. Kegagalan demi kegagalan justru yang menuntun kita pada keberhasilan. Kuncinya hanya satu, jangan cepat menyerah ketika kita gagal.

Lalu apa solusinya biar rasa percaya diri kita meningkat?

Cara Meningkatkan Kepercayaan Diri

Aktualisasi diri adalah cara untuk meningkatkan rasa percaya diri. Awali dengan refleksi diri kita sendiri, lebih memahami kondisi dalam diri dan lingkungan sekitar. Sehingga kita pun siap menghadapi tantangan-tantangan yang akan datang.

Berikut ini pernyataan-pernyataan yang bisa Anda gunakan untuk self talk dengan diri Anda sendiri :
  • Anda tahu apa mimpi Anda, jika saat ini Anda belum tahu, percayalah Anda akan segera menemukannya
  • Anda merasa bangga dengan mimpi Anda, dan tak ada satu orang pun yang dapat mengambil mimpi Anda
  • Percayalah bahwa Anda bisa mengatasi setiap kesulitan dan tantangan yang mungkin akan datang
  • Anda berkomitmen dengan impian Anda untuk meraihnya sehingga Anda pun rela berkorban demi mewujudkannya
  • Resiko dan kegagalan yang Anda alami akan terbayarkan dan mimpi Anda akan jadi kenyataan
Anda akan bisa mengatasi masalah yang ada ketika Anda bisa mengaktualisasi diri secara lebih positif dan baik. Kunci dari cara meningkatkan kepercayaan diri adalah pahami diri dan fokus pada hal-hal positif.

Posting Komentar untuk "Cara Meningkatkan Kepercayaan Diri Dalam Meraih Impian"