Jangan Menyerah, It's Not Over Until It's Over

Jangan pernah menyerah ketika menghadapi kegagalan karena kegagalan bukan akhir dari segalanya. It's not over until it's over.
Jangan menyerah, it's not over until it's over


Terinspirasi dari Merry Riana lewat Mimpi Sejuta Dolarnya yang sempat saya tulis juga ceritanya di artikel-artikel sebelumnya. Dia telah melewati berkali-kali kegagalan. Tapi itu tidak membuatnya menyerah.

Setiap orang pasti punya mimpi tapi hanya beberapa orang yang benar-benar mampu meraih apa yang menjadi impiannya. Kebanyakan dari mereka gagal dan menyerah sebelum semuanya selesai.

Sebenarnya bukan alasan karena kita tidak bisa sehingga kita gagal. Namun menyerah dan berhenti mencoba itulah yang menjadi penyebab kegagalan.

Orang-orang yang sukses bukan lah orang yang tidak pernah gagal atau hanya gagal sekali. Mereka adalah orang-orang yang bangkit lagi dan mau mencobanya kembali setelah kegagalan. Mereka berkomitmen tidak perduli harus gagal berapa puluh kali bahkan ratusan, tapi yang penting tidak pernah menyerah pada apa yang menjadi keyakinannya.

Tanpa mencoba lagi memang kita bukan lah siapa-siapa. Tanpa mencoba lagi kita tak pernah tahu bahwa kesempatan itu ada untuk kita.

Ingatkah ketika kita masih kecil baru mulai belajar berjalan. Kita berkali-kali terjatuh saat berusaha berdiri dan berjalan meski tertatih-tatih. Namun ketika jatuh kita hanya tertawa dan mencoba berdiri lagi. Bahkan kita sudah mau berlari. Lalu ketika kita beranjak dewasa dimana semangat itu? Seharusnya dengan bertambahnya usia kita bisa lebih kuat untuk terus bangkit dan berdiri. Namun seringkali kita malah memilih menyerah dan terlihat lemah.

Dari cerita hidup Merry Riana bisa menginspirasi kita semua yang sedang mengalami kegagalan. Meski berkali-kali gagal tapi dia memilih untuk tidak menyerah. Ketika gagal dia ingat bahwa dia melakukan itu semua bukan untuk gaya-gayaan, bukan untuk pamer, bukan untuk keren-kerenan. Tapi dia bekerja untuk mimpi-mimpinya dan untuk kehidupannya. Biarlah semua kesulitan yang dialami menjadi sebuah cerita yang kelak bisa diceritakan kepada anak cucu ketika sukses.

Semua itu bisa terjadi hanya jika kita bangkit berdiri dan mencoba lagi. Jangan menyerah, it's not over until it's over. Tak pernah ada kata selesai sebelum itu benar-benar selesai. Selalu masih ada jalan. Selalu masih ada cara. Selalu masih ada harapan.

Gagal bukan masalah. Justru kegagalan membuat diri kita lebih pintar, lebih tangguh, lebih cepat, lebih mandiri, dan lebih dewasa.

Mari kumpulkan tenaga untuk bangkit kembali. Karena kita bukan lah orang yang lemah. Kita bukan lah orang yang gampang menyerah. Yakin lah bahwa kita kuat untuk bisa bangkit lagi. Yakin lah bahwa kita masih punya kesempatan untuk mengubah semua menjadi lebih baik lagi. Jangan berhenti di sini.

Sesungguhnya kamu tidak pernah berjalan sendiri. Bahkan ketika kita tak memiliki siapa-siapa di samping kita. Kita masih punya Tuhan Yang Maha Esa.

Jangan biarkan kegagalan menghentikanmu. Biarkan kegagalan itu membuatmu lebih kuat, lebih tangguh, dan lebih mandiri. Karena kegagalan bukan lah akhir dari segalanya.

Jangan menyerah. It's not over until it's over. Kegagalan yang sedang kamu alami bukan akhir yang harus disesali tapi kegagalan ini adalah awal dari cerita indahmu nanti. Semua akan indah pada waktunya bila kita setia menyelesaikannya.

Posting Komentar untuk "Jangan Menyerah, It's Not Over Until It's Over"