Belajar Keadilan Lewat Drama Korea "I Can Hear Your Voice"

Drama Korea berkisah tentang dunia pengadilan dapat kita lihat juga di "I Can Hear Your Voice". Ada beberapa pelajaran hidup yang bisa kita ambil dari cerita tersebut.

Berawal dari kisah masa lalu seorang siswi SMP yang tinggal bersama majikan dari ibunya. Ibunya adalah seorang asisten rumah tangga di rumah tersebut dan seharusnya sudah seperti keluarga karena mereka tinggal bersama sudah selama 10 tahun.

DRAMA KOREA TENTANG PENGADILAN

Siswi yang bernama Jang Hye Sung ini suatu saat memergoki anak majikannya menyontek saat ulangan. Dan dia tahu bahwa nilai yang dia dapatkan adalah hasil dari kebohongan. Namun apakah Hye Sung melaporkannya pada guru? Tidak. Dia memilih untuk merasa tidak suka dengan anak majikannya yang bernama Seo Do Yun.

Saat perayaan ulang tahun Seo Do Yun, Hye Sung difitnah telah mencelakai Do Yun dengan mengarahkan kembang api ke matanya. Namun kebenaran tetaplah sulit. Tidak ada yang percaya pada Hye Sung, kecuali ibunya sendiri. Meski ibu Hye Sung ini juga merupakan sosok yang tidak mudah mengeskpresikan rasa sayangnya pada anak semata wayangnya tersebut. Namun di dalam hatinya dia selalu percaya pada Hye Sung.

Insiden itu pun membuat Hye Sung dikeluarkan dari sekolah meski dia tidak bersalah. Ayah Do Yun yang sebagai hakim di pengadilan pun membujuknya untuk mengakui perbuatan yang tidak pernah dilakukannya dan minta maaf pada Do Yun, tapi Hye Sung enggan melakukannya. Jadilah insiden tersebut sebuah dendam yang memacu semangat Hye Sung untuk terus berusaha menjadi orang sukses.

Namun di suatu malam ketika Hye Sung bertemu dengan Do Yun, tidak disengaja mereka malah menjadi saksi dari sebuah pembunuhan yang diakui pelakunya sebagai kecelakaan lalu lintas. Pelaku tahu bahwa ada saksi atas perbuatannya dan dia mengancam Hye Sung dan Do Yun untuk tidak melaporkannya.

Meski ragu Hye Sung tetap memilih untuk bersaksi di pengadilan di detik-detik terakhir putusan hakim. Sebelumnya dia sepakat dengan Do Yun untuk sama-sama menjadi saksi tapi Do Yun malah melarikan diri ketika Hye Sung memasuki pintu pengadilan.

Akhirnya pelaku pembunuhan tersebut menjadi tersangka dan mendapatkan hukuman penjara selama 10 tahun. Namun dendam pelaku yang bernama Min Joo Gook ini tidak pernah pudar.

Anak laki-laki dari korban pembunuhan ini meski masih syok karena ayahnya terbunuh, dia tetap berjanji dalam hati bahwa dia kelak akan melindungi Hye Sung yang telah membantunya menjadi saksi pembunuhan ayahnya. Anak laki-laki yang bernama Park Soo Ha ternyata juga memiliki kelebihan mendengarkan suara hati orang lain. Oleh karena itu dia yakin bahwa pelaku berniat membunuh ayahnya ketika memecahkan kaca mobil.

Diceritakan bahwa 10 tahun kemudian Soo Ha masih terus mencari Hye Sung. Selama itupun dia terus berlatih bela diri karena tahu bahwa kelak Min Joo Gook setelah bebas akan mencari Hye Sung untuk balas dendam. Sedangkan Hye Sung tengah mengejar karier sebagai pengacara publik. Dan disitulah dia pun bertemu lagi dengan Do Yun yang menjadi dendam masa kecilnya. Do Yun pun kini bekerja sebagai jaksa.

Drama Korea I Can Hear Your Voice ini agak sedikit berbeda karena mampu mencampurkan konflik pribadi pemeran utama dan kasus-kasus yang dihadapi di pengadilan.

Sebenarnya pesan yang ditangkap dalam drama ini lebih banyak tentang bagaimana mengatasi rasa dendam dibandingkan cerita romance antara Hye Sung dan Soo Ha. Meski ibu Hye Sung menjadi korban dari Min Joo Gook setelah dia bebas dari penjara, tapi ibunya berpesan pada Hye Sung untuk jangan pernah menjadi orang pendendam. Ada beberapa dialog yang menurut saya menyentuh dalam drama tersebut sehingga sampai akhir pun menjadi epilog yang terus diingat oleh Hye Sung.

Ibu Hye Sung mengatakan jika gigi harus dibalas dengan gigi, mati dibalas dengan mati maka semua orang di dunia ini bisa jadi buta. Di sini maksudnya adalah buta terhadap keadilan, lalu dimana peran hukum jika harus dibalas demikian. Kemudia ibunya juga mengatakan seseorang setelah dilahirkan ke dunia hanya memiliki waktu yang tidak lama untuk mencintai. Maka kenapa harus ada dendam di hatinya? Ibu Hye Sung ingin meski ibunya dibunuh oleh Min Joo Gook yang balas dendam pada Hye Sung karena telah menjadi saksi pada pembunuhan 10 tahun silam, tapi Hye Sung tidak boleh dendam dan membalasnya. Justru ibunya berpesan kalau orang-orang yang menyakiti hatinya itu hanyalah orang yang iri terhadap dirinya. Maka kasihanilah mereka yang menyakitimu karena artinya dia tidak memiliki yang kita miliki.

Sekali lagi saya dibuat terharu dengan dialog penuh pesan bermakna dalam drama korea. Dan lagi-lagi sosok ibu yang mampu menjadi seperti malaikat bagi hati anak-anaknya. Sungguh beruntung yang masih memiliki ibu di dunia ini. Meski tidak semua ibu bisa bersikap lembut kepada anak-anaknya tapi jauh di dalam lubuk hatinya memiliki harapan bagi anak-anaknya untuk bisa hidup lebih baik lagi.

Drama Korea I Can Hear Your Voice yang menceritakan tentang pengadilan ini juga memiliki pesan bahwa keadilan tidak seharusnya kaku dengan hukum-hukum yang sudah ditetapkan. Namun juga harus memandang bagaimana perasaan orang yang akan dijatuhi hukuman.

Drama ini memang mengangkat bagaimana pekerjaan seorang pengacara publik itu. Pengacara yang dibayar oleh pemerintah untuk membela pencuri dan pembunuh. Jika selama ini kita hanya mengenal sosok pengacara yang dibayar mahal, Anda perlu juga melihat drama korea ini agar bisa melihat sudut pandang lain dari para terdakwa yang dibela oleh pengacara publik.

Drama Korea I Can Hear Your Voice yang memiliki 18 episode ini dipastikan tidak akan lekang oleh waktu karena pelajaran hidup yang bisa diambil sepanjang masa. Oleh karena itu, jangan sampai dilewatkan untuk menontonnya untuk mengisi kejenuhan Work From Home Anda.

Posting Komentar untuk "Belajar Keadilan Lewat Drama Korea "I Can Hear Your Voice""