Kisah Inspiratif Drama Korea Tentang Pengadilan "Miss Hammurabi"

Drama Korea yang berjudul Miss Hammurabi ini menceritakan tentang pengadilan dan segala permasalahan yang dihadapi oleh para hakim. Drama ini mengusung tema perdebatan yang terjadi pada proses pengadilan.

Drama yang berfokus pada kisah inspiratif para hakim dalam memecahkan masalah yang dihadapi ini cukup menarik untuk Anda yang sedang mencari inspirasi tentang kemanusiaan. Karena drama yang pemeran utamanya adalah Go Ara ini berhasil membawakan cerita sehari-hari apa yang dihadapi para hakim di dunia nyata.

Drama korea Miss Hammurabi

Tidak melulu soal proses pengadilan yang rumit yang coba dihadirkan dalam drama ini, tetapi juga romance yang terjadi antara Go Ara dan lawan mainnya. Cukup menarik bukan!

Fokus peran yang dihadirkan adalah dalam sebuah departemen kehakiman yang berisi 3 orang. Go Ara yang berperan sebagai Park Cha O Reum adalah hakim perempuan yang baru saja dilantik sehingga jiwa kemanusiaannya lebih besar. Sedangkan lawan mainnya berperan sebagai Im Ba Reun yang memiliki karakter lebih dingin. Satu lagi adalah peran sebagai ketua tim mereka sebagai hakim atau kepala hakim.

Dengan ketiga karakter tokoh yang berbeda membuat proses pengadilan menjadi lebih seru. Park Cha O Reum diceritakan sebagai hakim yang memiliki latar belakang keluarga dimana ibunya sedang menderita sakit jiwa akibat KDRT yang dilakukan oleh ayah Park Cha O Reum. Dengan latar belakang tersebut, hakim Park menjadi lebih sensitif terhadap setiap kasus yang dia tangani. Apalagi yang berkaitan dengan KDRT.

Im Ba Reun memiliki latar belakang berbeda, dia tinggal bersama kedua orang tuanya tapi masalahnya adalah ayah Im Ba Reun yang menjadi pengangguran. Dan Im Ba Reun terpaksa menjadi tulang punggung keluarga. Im Ba Reun sempat kesal terhadap ayahnya yang tidak pernah mendapatkan pekerjaan.

Kemudian ada peran sebagai Ketua Hakim mereka yang sebenarnya dia memiliki jiwa kemanusiaan lebih tinggi. Senioritas yang dia miliki di pengadilan membuatnya lebih leluasa untuk bertindak sesuai kemauannya. Dia adalah ketua hakim yang mudah marah. Namun di rumah sosoknya sangat berbeda sekali. Dia lebih menyayangi keluarganya dan lebih lembut dengan istrinya, malahan cenderung seperti suami yang takut pada istrinya.

Ada satu kasus yang waktu itu membuat saya tertarik, yaitu bagaimana mereka menghadapi kasus pengadilan yang melibatkan orang-orang penting atau owner sebuah perusahaan besar, bahkan memiliki rekan yang loyal di dalam pengadilan yang juga berprofesi sebagai hakim.

Kebetulan kasus tersebut diserahkan pada hakim Park. Dia adalah orang yang benar-benar teliti dalam menangani setiap kasus. Karena dia tidak mau menjadi hakim yang salah dalam memberi keputusan. Keputusan hukuman yang keliru bisa membuat fatal keadaan.

Seperti yang kita ketahui bahwa seringkali hukum lebih berpihak pada yang kaya daripada yang miskin. Nah, hakim Park ini selalu membela yang miskin. Namun malah menjadi salah paham dari departemen pengadilan lainnya.

Dalam kasus yang sedang dia tangani ternyata ada hakim senior yang coba mendekatinya dan membujuk untuk memenangkan kasus temannya. Otomatis hakim Park merasa ada yang salah dan segera melaporkan pada ketua hakim. Kasus ini bukan lah kasus pertama yang membuat kehebohan di pengadilan. Bahkan hakim Park pernah melakukan petisi dengan mengumpulkan tanda tangan semua pegawai pengadilan demi membela rekan hakim pembantu dari tim lain yang keguguran karena terlalu banyak bekerja. Dan itu adalah kesalahan ketua hakim karena sudah menyuruh pegawainya untuk bekerja melebihi kapasitas.

Pada awalnya Im Ba Reun pun sebagai rekan kerjanya sesama hakim pembantu merasa terganggu dengan sikap Hakim Park yang selalu agresif dalam menangani sebuah kasus dan cenderung saklek siapa salah itulah yang yang harus dihukum. Bahkan hakim Park rela untuk mencari bukti sendiri demi rasa penasaran dan keputusan yang akan diambilnya.

Namun Im Ba Reun lama-lama luluh juga dengan perjuangan Hakim Park. Apalagi mereka pernah sekolah di SMA yang sama dan sudah sejak SMA Im Ba Reun naksir Park Cha O Reum. Akhirnya Im Ba Reun lah yang selalu membantu Park Cha O Reum untuk mengatasi semua permasalahannya.
Sedangkan ketua hakim mereka juga terganggu dengan sikap Park Cha O Reum yang selalu menjadi perhatian departemen lain. Dia pun sering marah kepada hakim Park dan Hakim Im karena tidak mau menurutinya.

Hemm...bagi Anda yang penasaran bagaimana kelanjutan drama Korea Miss Hammurabi ini bisa langsung tonton di Iflix atau media lainnya.

Kisah inspiratif yang bisa kita ambil dari drama korea Miss Hammurabi ini adalah bagaimana seorang hakim junior yang berjuang demi menegakkan keadilan. Posisinya sebagai junior tidak lah mudah, tapi dia bersikeras untuk mementingkan jiwa kemanusiaannya daripada jabatannya. Tidak banyak orang yang seperti dia saat ini. Bahkan cenderung lebih melihat dari sisi materi. Bukan berburuk sangka, tapi memang keadilan itu harus dijaga dibanding iming-iming harta atau jabatan yang tidak akan bertahan lama.

Posting Komentar untuk "Kisah Inspiratif Drama Korea Tentang Pengadilan "Miss Hammurabi""