The Power of Saying "NO", Berani Berkata "Tidak"

Merry Riana dalam channel Youtube-nya Spoken Word memberikan inspirasi bagi kita yang masih saja takut untuk berkata "tidak". Inspirasi bagi kita yang sulit untuk menolak permintaan orang lain.


Tidak jarang orang yang hanya karena merasa nggak enakan, maka akhirnya menuruti perkataan dan permintaan orang lain. Tidak jarang pula hanya untuk menyenangkan banyak orang, maka diri sendiri yang dikorbankan.

Padahal orang sukses itu bukan hanya yang mampu menerima semua kesempatan dan mengatakan "iya". Justru orang yang sangat sukses itu tahu kapan dia harus mengatakan "tidak".

Dalam hal ini kita memang harus bisa berani berkata "tidak" untuk hal-hal yang tidak sesuai hati nurani kita. Kita harus mengatakan "tidak" untuk segala sesuatu yang tidak sejalan dengan prinsip hidup kita. Katakan "tidak" untuk hal-hal yang akan bisa merusak masa depanmu.

Jika kita lihat di era modern ini banyak remaja yang mudah terpengaruh oleh lingkungannya hanya karena takut dibilang nggak gaul, cupu, dll. Karena tidak menuruti gaya hidup teman-temannya maka dia akhirnya dibully. Kondisi semacam ini menjadi hal yang memprihatinkan untuk bangsa Indonesia.

Justru saat kita berani menolak dan berani mengatakan "tidak", maka saat itulah kita sedang mengatakan "iya" pada diri kita yang sesungguhnya.

Bukan lah menjadi masalah ketika kita tidak mau mengikuti keinginan mereka. Mungkin diawal kita akan merasa menyesal dan bersalah karena telah menolak sehingga kita dihina, dicaci, bahkan tak sedikit yang menjauh. Namun itulah kondisi yang membuat diri kita semakin dewasa ketika kita mampu memilah dan memilih mana yang sesuai dengan diri kita. Kita benar-benar tidak perlu hidup hanya untuk menyenangkan dan disenangi semua orang.

Tidak apa-apa dinilai tidak gaul. Tidak apa-apa dianggap cupu. Segala bentuk penghinaan yang tertuju pada kita tidak akan berpengaruh pada masa depan kita. Karena justru dengan berkata "tidak" kita lah yang memegang kendali hidup kita.

Dijauhi adalah konsekuensi yang akan kita terima ketika kita tidak memilih jalan yang sama dengan mereka. Tapi itulah yang menyelamatkan hidup kita dari malapetaka yang mungkin terjadi di masa depan.

Ingat lah 4 prinsip dari The Power of Saying "NO" berikut ini :

Katakan tidak pada hal yang akan melemahkanmu

Katakan tidak pada hal yang bertentangan dengan imanmu

Katakan tidak pada kebiasaan buruk lama

Katakan tidak pada orang-orang negatif yang hanya akan membawa malapetaka


Hal yang sama pun sering terjadi ketika seseorang ragu untuk menolak atas tindakan intimidasi pasangannya yang menginginkan berbuat hal-hal yang hanya boleh dilakukan setelah menikah. Katakan tidak pada kondisi itu. Biarlah dia menjadi berbeda dan menjauhimu. Karena dengan berkata tidak artinya Anda menghargai diri Anda sendiri, Anda menghormati tubuh Anda. Seseorang yang juga menghormati dan menghargai diri Anda akan datang dengan sendirinya diwaktu yang lebih tepat.

Jadi jangan lagi ragu untuk menolak dan berani berkata "tidak".

Posting Komentar untuk "The Power of Saying "NO", Berani Berkata "Tidak""