Menjadi Orang Baik Itu Tidak Mudah

Menjadi orang baik itu memang tidak mudah. Tapi tetap lah berbuat baik bukan karena itu kewajiban. Namun itu adalah kebutuhan.

Banyak orang yang memiliki cita-cita untuk menjadi orang hebat, orang yang sukses. Semua itu luar biasa. Namun jangan lupa bahwa selain hebat kita juga harus jadi orang baik.

Menjadi orang baik itu tidak mudah


Kenapa Jadi Orang Baik?

Karena pada dasarnya semua orang terlahir sebagai orang yang baik, punya hati dan berempati. Namun kadang kita terlalu sibuk dengan ego kita sendiri sehingga tidak sempat memikirkan kebaikan untuk orang lain.

Terlahir menjadi orang baik bukanlah kebutuhan kita, tapi Tuhan memberikan kesempatan kita hidup karena banyak yang membutuhkan kita.

Banyak cara menjadi orang baik. Berbuat baik tidak harus bagi-bagi uang, donasi dan charity. Berbuat baik banyak dilakukan dengan banyak hal. Contohnya jadi orang baik dengan tidak nyinyir, tidak menghujat. Sebaliknya jadi orang baik bisa dengan memberikan kesabaran, bersikap ramah, mendengarkan orang yang sedang bercerita, menjadi sahabat bagi orang-orang yang sedang mengalami kesusahan dalam hidupnya.

Menjadi Orang Baik Itu Tidak Mudah

Banyak orang yang masih merasa bahwa berbuat kebaikan itu sulit, bukan hal yang mudah. Bahkan ada yang menganggap bahwa menjadi orang baik itu menyakitkan.

Ya memang kebaikan kita seringkali tidak mendapatkan tanggapan yang semestinya. Kebaikan kita kadang disalahartikan. Kebaikan kita kadang malah dimanfaatkan orang lain. Itulah kadang kita jadi merasa menjadi orang baik itu menyakitkan.

Menjadi Orang Baik Adalah Keikhlasan

Meski kebaikan kita tak mendapatkan hasil yang diharapkan. Tapi pahamilah bahwa kita berbuat baik tidak untuk mendapatkan penilaian dari orang lain. Kita berbuat baik tidak untuk mendapatkan balasan dari orang lain.

Kadang sulit bagi kita untuk ikhlas atas semua yang kita lakukan. Karena kita berpikir bahwa ketika kita yang membutuhkan bantuan tidak ada yang berbuat baik kepada kita. Jangan lanjutkan pemikiran ini karena hanya akan menyakiti diri kita sendiri.

Kebaikan itu bukan untuk dibalas. Tapi kebaikan itu untuk diteruskan. Teruslah berbuat baik karena Tuhan menyiapkan pertolongan mungkin bukan pada orang yang kita tolong, tapi orang lain.

Teruslah menjadi orang baik, karena kebaikan kita akan berbalik kepada kita suatu saat nanti. Saat kita berbuat baik sebenarnya bukan untuk orang lain, tapi untuk diri kita sendiri.

Ketika kita membuat orang tersenyum, maka Tuhan yang akan membuat harimu indah. Ketika kita membuat kebaikan pada orang lain, maka Tuhan yang akan membuat kebaikan pada hari-harimu.

Jadi teruslah menjadi orang baik, dan biarkan Tuhan yang bekerja untuk apa yang telah kita perbuat. Jangan pernah mengharapkan kebaikan yang sama dari orang yang kita bantu.

Kita tak perlu menyebut diri kita orang baik karena kebaikan kita bukan tercermin dari ucapan kita. Kebaikan kita dengan sendirinya akan terwujud dari tindakan-tindakan kita.

Kebaikan kita akan selalu kembali pada diri kita, itu hanyalah soal waktu. Jadi selain bercita-cita menjadi orang hebat dan orang sukses. Maka jangan lupa untuk tetap menjadi orang baik.

Kita memang tidak bisa berbuat baik kepada semua orang. Namun kita bisa berbuat baik pada orang-orang yang kita temui setiap hari. Kita bisa berbuat baik pada orang-orang yang Tuhan hadirkan dalam hidup kita. Berbuat baik bisa dimulai dari orang-orang di sisi kanan dan kirimu.

Posting Komentar untuk "Menjadi Orang Baik Itu Tidak Mudah"