Cara Merancang Tujuan Hidup Sesuai Impian Anda

Banyak orang yang masih mencari cara merancang tujuan hidup yang sesuai apa yang diimpikan. Tidak semua orang bisa dan mampu merancang tujuan hidupnya. Banyak orang yang masih bertanya-tanya apa tujuan hidupnya.

Pendidikan pun kini seolah tidak bisa cukup membantu orang-orang untuk menentukan tujuan hidup mereka. Karena banyaknya orang yang bingung menentukan arah hidup mereka. Seperti yang terjadi pada mahasiswa-mahasiswi saat ini setelah lulus kuliah mereka masih bingung harus kemana dan harus melakukan apa.

Artinya tidak banyak orang yang mampu menentukan arti untuk apa hidup itu. Dan faktor pendidikan yang tinggi pun menjadi gagal ketika mereka masih belum mampu menjelaskan apa tujuan hidup anda.

Cara menentukan tujuan hidup

Faktor korelasi pendidikan yang diambil oleh seseorang pun tidak relevan demgan minat dan bakat yang dimiliki. Banyak contohnya ketika orang mengambil jurusan A tetapi akhirnya dia bekerja di bidang B. Hal ini seperti salah jurusan atau dia tidak mampu menemukan pekerjaan yang sesuai dengan pendidikannya.

Entah yang terjadi dia menyukai bidang pendidikannya dulu dan tidak mampu bekerja sesuai apa yang disukainya dulu atau kah faktor pemilihan jurusan pendidikan yang salah dia ambil dulu. Tapi saat ini dia menyukai bidang pekerjaannya.

Hal ini menjadi menarik ketika kita membahas korelasi antara pendidikan dan pekerjaan. Haruskah searah atau boleh tidak.

Terlepas dari perdebatan mengenai hal itu, yang terpenting adalah kita tahu dan bisa menjelaskan tujuan hidup saya adalah untuk apa. Kita bisa mendeskripsikan tujuan terbesar dalam hidup kita seperti apa.

Pekerjaan yang hebat belum tentu menentukan itulah tujuan hidup Anda. Banyak pendapat orang yang mengatakan bahwa tujuan hidup saya adalah seperti ini dan itu. Namun tidak banyak yang yakin dan secara terus-menerus sanggup berkomitmen melakukan hal yang sama. Banyak yang merasa cepat bosan.

Contoh tujuan hidup adalah saya ingin membuat Indonesia terbebas dari sampah dan banjir. Saya ingin menciptakan mesin yang bisa membuat orang terus merasa bahagia. Bahkan ada yang mengatakan tujuan hidup saya adalah tinggal di Inggris atau Prancis.

Begitu beraneka ragam orang mendefinisikan apa tujuan hidup mereka. Lalu apa yang itu sebenarnya tujuan hidup. Bagaimana ukuran bahwa kita telah menemukan tujuan hidup itu.

Ada 2 hal yang perlu diingat

1.Tujuan hidup itu dibentuk, bukan ditemukan.
Banyak pendapat orang yang masih mengganggap setelah menemukan tujuan hidup lalu dibiarkan begitu saja karena merasa bosan melakukannya. Contohnya seperti ketika asyik berjalan di tepi pantai lalu menemukan sampah dan kita langsung berpikir bahwa tujuan hidup saya adalah memastikan bahwa lautan terbebas dari sampah. Terlalu singkat dan cepat menyimpulkan tujuan hidup kita.

Tujuan hidup itu sederhana tapi tidak mudah dan tidak sebentar. Tidak mudah karena setiap orang belum tentu bisa memilikinya. Dan tidak sebentar karena dibutuhkan proses dan waktu untuk membuat kita berpikir dan merasakan bahwa itulah tujuan hidup saya yang sebenarnya.

2. Jangan pikirkan soal apa yang harus dilakukan, tapi apa yang bisa dilakukan.
Masih banyak orang yang terjebak dalam kondisi bahwa dia harus melakukan sesuatu menurut standar kehidupan orang lain. Padahal itu tidak perlu dilakukan.

Yang perlu kita lakukan adalah melakukan sesuatu sesuai apa kemampuan kita. Tidak perlu menjadi orang lain untuk bisa melakukannya. Dan tidak perlu hidup dalam impian orang lain untuk bisa melakukannya.

Cara menemukan apa yang menarik bagi anda

Eksplore apa yang Anda bisa lakukan dengan mencoba melakukan banyak hal. Tujuannya untuk mengetahui dimana Anda merasa memiliki feel terhadap sesuatu dan mulai mengenali apa yang Anda sukai.

Tips agar bisa menggali interest atau ketertarikan :

  1. Setelah mengeksplorasinya, cari tahu potensi bidang yang paling Anda minati
  2. Ketemu sama orang-orang yang punya interest sama. Tujuannya adalah Anda memiliki komunitas yang membuat Anda nyaman, betah dan bisa melakukannya secara konsisten.
  3. Sadari hal-hal menarik yang dipelajari setiap minggunya. Catat apa yang membuat Anda tertarik. Hal apa yang menjadi improvisasi dari diri Anda. Kemampuan apa yang meningkat dari diri Anda. Merayakan secara sederhana atas peningkatan kemampuan Anda juga penting lho agar diri Anda bahagia.

Cara merancang tujuan hidup yang sesuai impian anda

  1. Benamkan diri anda pada proses pembelajarannya. Proses ini menjadi sangat penting daripada hasil itu sendiri. Karena dengan pembelajaran yang diperoleh dari setiap proses pembentukannya, itulah yang membuat diri kita mampu menemukan apa yang kita sukai. 
  2. Tanyakan pada diri anda sendiri apakah anda benar-benar menikmatinya. Proses tersebut membawa kita pada situasi dimana kita akan menikmati bagaimana kita melakukan sesuatu. 

Contoh pertanyaan yang bisa anda tanyakan pada diri sendiri adalah :

  • Hal apa yang anda suka hingga anda lupa waktu untuk makan dan tidur?
  • Hal apa yang bisa berdampak untuk orang lain? 
  • Hal mana yang akses belajarnya dan menciptakan apa yang anda impikan ini lebih mudah didapatkan?

Menikmati proses dalam menemukan tujuan hidup tidak akan membuat kita bosan ketika kita tahu dampaknya bagi orang lain. Karena apa yang kita lakukan itu bermanfaat dan memberikan dampak positif bagi orang lain maka kita akan senang saat melakukannya.

Naluri manusia untuk bisa merasa bahagia itu sebenarnya ada pada kemampuannya untuk berbagi. Mungkin beberapa ada yang masih beranggapan melakukan sesuatu untuk memperkaya dirinya sendiri. Tapi itu akan sangat membosankan. Dan lama-lama menemukan diri sendiri seringkali tidak merasa puas.

3. Do the work
Jika sudah menemukan apa hal yang menarik bagi diri Anda. Anda bisa melakukannya sesering mungkin dan konsisten. Anda tahu mengapa melakukan itu dan apa tujuannya. Maka Anda telah menemukan arah tujuan Anda.

Lakukan secara konsisten dan tanggung jawab. Tujuan hidup tidak bisa Anda temukan dalam waktu semalam. Oleh karena itu diperlukan cara merancang tujuan hidup sesuai impian Anda.

Posting Komentar untuk "Cara Merancang Tujuan Hidup Sesuai Impian Anda"