Ashraf Sinclair dan Nilai Kehidupan

Ashraf Sinclair dan Nilai Kehidupan

Tak banyak orang tahu kehidupan Ashraf Sinclair selama ini selain dikenal sebagai sosok suami dari Bunga Citra Lestari (BCL) dan aktor. Ternyata dibalik kesuksesannya, ada perjuangan hidup Ashraf Sinclair dan nilai kehidupan yang patut untuk kita jadikan pedoman.

Baru-baru ini kita mendapat kabar duka dari aktor Ashraf Sinclair yang meninggal dunia tanpa kita tahu selama ini sakit apa yang dia derita. Ashraf adalah sosok yang selalu menjaga kesehatannya.

Selama ini banyak yang mengira Ashraf adalah orang kaya keturunan dari kerajaan Malaysia. Namun siapa yang mengira bahwa sosoknya adalah seorang yang sederhana dan pernah mengalami kesulitan dalam hidupnya. Ashraf pun pernah hanya mampu makan mie instan dengan roti karena kondisi keuangan yang tidak stabil.

Kepergian Ashraf sinclair menyisakan kenangan dan pembelajaran yang tidak semua orang tahu. Bagaimana dia hidup, berproses, bagaimana dia mulai coba berakting dan berbisnis.

Awal Karier Ashraf Sinclair Sebagai Aktor

Ashraf Sinclair lahir di Inggris. Pernah di sekolahnya dia bermain acting untuk sebuah pentas dimana dia ditunjuk sebagai aktor utama. Meski perannya sebagai anak alien yang turun ke bumi, Ashraf tidak malu dan berhasil menjadi pemain utama yang baik.

Ashraf kecil tidak pernah bercita-cita untuk menjadi seorang aktor. Namun ternyata jalan hidupnya perlahan menuntunnya. Setelah pindah ke Malaysia, dia mencoba ikut casting dengan adiknya, Aisyah. Waktu itu Ashraf hanya mengantarkan adiknya, tetapi daripada menunggu Ashraf diminta untuk ikut casting. Dan sebulan kemudian malah dia yang dapat tawaran job, bukan adiknya.

Dalam sebuah acara interview, Ashraf diminta menjadi pembawa acara dadakan dan bintang tamu yang harus dia interview adalah BCL. Di situlah awal pertama Ashraf dan BCL bertemu. Dan Ashraf pun mulai jatuh cinta. Singkat cerita mereka berpacaran dan menikah. Kemudian Ashraf hijrah ke Indonesia.

Di Indonesia, Ashraf Sinclair pertama kali mendapat tawaran untuk bermain film horor dengan judul "The Real Pocong". Setelah itu dia mendapatkan tawaran untuk bermain sinetron. Total ada sekitar 1000 episode yang dia perankan. Selain bermain sinetron, Ashraf Sinclair juga aktif menjadi bintang iklan. Dia bukan tipe aktor yang suka memilih peran. Bahkan peran ekstras pun dia lakoni.

Ashraf Sinclair dan Nilai Kehidupan

Kehidupan Ashraf Sinclair

Tak puas hanya bermain film dan sinetron, Ashraf Sinclair pun mencoba untuk berinvestasi. Semangatnya waktu itu adalah bagaimana bisa memiliki cash flow tapi tidak perlu bekerja di tempat itu. Dan terpikirlah untuk ikut investasi. Karena Ashraf pun sudah mulai memiliki pemasukan yang cukup.

Banyak investasi yang dia coba ikuti. Pertama kali investasi Ashraf adalah investasi peternakan lele karena dia melihat peluang dari banyak orang Indonesia yang berjualan pecel lele di pinggir jalan. Namun karena curah hujan yang tinggi maka kolam pembibitan lele pun terkena banjir dan dampaknya semua lele yang diinvestasikan hanyut ke sungai.

Tak putus asa, Ashraf Sinclair dan BCL mencoba untuk berinvestasi kuliner di TGI Friday dan Bulgogi Brothers. Namun karena pengunjung mall tidak terlalu ramai maka tutup pula restonya. Ashraf juga mengikuti investasi Konserku tapi gagal karena salah satu band gagal manggung dan semua nilai investasi hilang. Ashraf pun pernah berinvestasi dalam bisnis tempat olahraga. Namun karena tidak sejalan dengan partner maka hilang pula modal investasinya. Dia juga menginvestasikan uangnya untuk Iflix.

Ashraf Sinclair dan Nilai Kehidupan

Untuk mengabadikan perjuangan hidup Ashraf Sinclair, mari kita coba mengambil hikmah dari setiap pembelajarannya.

1. Tidak pernah putus asa untuk mencoba
Ashraf Sinclair adalah pribadi yang tidak pernah putus asa. Seberat apapun masalah yang menimpanya, dia selalu berusaha untuk bangkit. Dia tidak pernah bosan untuk mencoba.

2. Tidak pernah merasa takut kehilangan uang
Bagi Ashraf Sinclair, uang akan mengikutinya ketika dia mengupayakan. Jadi dia pun tidak pernah merasa takut kehilangan uang. Terbukti dari berbagai investasi yang coba dia ikuti tetapi gagal. Kegagalan itu tidak lantas membuatnya terpuruk.

3. Jadilah presisi
Dalam sebuah acara Inspira Fest yang dipandu oleh Merry Riana, Ashraf Sinclair diundang sebagai salah satu pembicara. Dia mengemukakan bahwa setiap orang harus memiliki tujuan hidup (life's goal). Dan jadilah presisi. Presisi adalah sebuah gerakan yang akan memberikan efek untuk bisa menggerakkan jasad hidup lainnya. Ashraf Sinclair mengibaratkannya dengan batu yang dilemparkan ke air pasti akan menimbulkan getaran di sekitarnya. Nah getaran ini yang jadi dampak bagi kehidupan orang lain.

4. Adding value untuk orang lain
Pesan dari Ashraf Sinclair tentang nilai kehidupan yang dia percaya adalah apapun usahanya, sekecil apapun perannya, pastikan itu bermanfaat bagi orang lain. Oleh karena itu, seberapa sering dia jatuh dan gagal, tidak membuatnya berhenti dan kapok. Karena dia percaya ada nilai yang bermanfaat yang kita tak pernah tahu.
Ashraf Sinclair juga dikenal sebagai sosok yang ramah dan dermawan. Dimanapun dia berada, dia akan sangat dengan mudah menyapa orang. Tidak heran jika dia memiliki banyak kawan.

Dia juga dikenal sebagai sosok yang rajin menyantuni anak-anak yatim. Setiap minggu dan setiap ada rejeki Ashraf selalu mengajak anaknya, Noah Sinclair, untuk berkunjung dan berbagi dengan anak-anak yatim.

Ashraf Sinclair dan nilai kehidupan yang dia emban selama ini menunjukkan kepada kita bahwa sebagai makhluk ciptaan-Nya kita ini kecil tapi sekaligus juga besar. Kecil di hadapan-Nya sehingga kita perlu untuk terus mengingat dan berlindung di bawah-Nya. Namun kita juga besar ketika kita mampu menggunakan jiwa dan hati kita untuk terus bergerak dan bermanfaat bagi sesama.

Posting Komentar untuk "Ashraf Sinclair dan Nilai Kehidupan"