5 Cara Mengatasi Trauma Penyelasan Masa Lalu Yang Kelam dan Buruk

Setiap orang pasti memiliki masa lalunya masing-masing. Terlepas bagaimana mereka menyikapinya tergantung dengan masa lalu seperti apa yang dimiliki. Tidak jarang orang gagal move on karena trauma terhadap masa lalunya.

Sebenarnya jika kita kaji lebih dalam, kenapa harus trauma? Karena kita tidak akan hidup selamanya pada masa yang sama. Oleh karena itu, kita harus terus berjalan mengganti masa dengan masa yang lainnya. Tentunya masa depan akan selalu ada harapan sekelam apapun masa lalu yang dilewati.

Cara Mengatasi Trauma Masa Lalu

Ada yang bilang kenang lah masa lalumu yang indah tapi buang jauh-jauh masa lalumu yang kelam. Namun sebagai manusia sangat wajar ketika kita tidak bisa begitu saja lupa terhadap masa lalu kita. Bahkan memory kita lebih banyak menyimpan kejadian buruk daripada yang baik. Jadi wajar jika film-film masa lalu yang tidak mengenakkan selalu melintas di dalam otak kita ketika kita berada pada suatu situasi yang meegingatkan kita akan hal itu.

Meski demikian tidak seharusnya kita jadikan trauma masa lalu kita sebagai penghalang apa yang ingin kita ubah di masa depan. Beberapa hal berikut ini bisa membantu anda dalam mengatasi trauma masa lalu.

1. Jangan Berusaha Mengubah Masa Lalu

Upaya kita untuk mengubah masa lalu itu adalah tindakan yang bodoh karena itu tidak mungkin terjadi. Kita harus realistis terhadap apa yang terjadi pada diri kita di masa lalu. Sekeras apapun anda mengubahnya, semua sudah terlanjur terjadi.

Jangan jadikan energi anda terbuang sia-sia. Maka yang harus kita lakukan adalah memperbaikinya di masa sekarang agar kita memiliki masa depan yang berbeda. Tidak perlu takut melangkah, tidak perlu takut terjadi kesalahan.

Kebanyakan orang takut melangkah setelah apa yang dialami karena ketakutan akan terjadinya kesalahan yang sama. Tidak. Kesalahan yang sama itu terjadi hanya perasaan salah saja yang akan terulang. Karena kita tak mungkin mau mengulang kejadiannya. Jadi lihatlah kembali, apa yang sudah anda lakukan, dan ambil keputusan sekarang juga untuk berubah.

2. Jangan Korbankan Masa Depan

Masa depan adalah harapan bagi setiap orang, bahkan seorang kriminal sekalipun. Karena masa depan menjanjikan perubahan bagi kita yang sedang mengupayakannya.

Jadi jangan korbankan masa depan anda hanya karena trauma terhadap masa lalu. Karena masa depan akan selalu lebih indah.

3. Abaikan Mereka yang Melihat Masa Lalu Anda

Terkadang di tengah perjalanan kita akan melihat banyak orang yang masih akan membicarakan masa lalu kita. Dan itu cukup membuat mood kita down. Akhirnya memutuskan untuk berhenti berubah.

Kita tidak perlu melakukan itu. Karena mereka yang selalu melihat keburukan masa lalu anda hanyalah orang-orang yang juga terjebak dalam masa lalu mereka. Mereka tidak bisa hidup di masa sekarang, bahkan berharap untuk masa depan pun tidak.

Jadi abaikan saja orang-orang seperti ini karena hanya akan menjadi penghalang perubahan anda. Bukan berarti kita tidak perduli. Tapi kita pun harus menyelamatkan masa depan. Karena masa depan kita berada pada tangan kita, bukan omongan mereka.

Cukup dengarkan dan kemudian tinggalkan jika anda tidak berkenan untuk menyimpannya.

Mengatasi masa lalu

4. Jadikan Masa Lalu Sebagai Pembelajaran

Setiap kejadian di dunia ini tidak ada yang kebetulan. Jika anda melakukan kesalahan itu hal yang wajar. Terima kesalahan anda dan perbaiki.

Kesalahan di masa lalu adalah proses pembelajaran anda untuk jadi pribadi yang lebih kuat, lebih tangguh, dan lebih berani.
Jadi tidak ada lagi kata trauma terhadap masa lalu. Tanpa masa lalu anda tidak akan sekuat saat ini. Tuhan pun memiliki maksud tertentu kenapa itu terjadi pada diri anda.

5. Selalu Syukuri Apa yang Ada

Selama anda bisa bersyukur maka tidak ada yang hilang dari diri anda. Tak perlu mengingat yang sudah pergi. Tak perlu ingat lagi yang sudah anda lepaskan.

Jika mereka semua pergi bukan artinya anda akan jadi orang tak berguna. Justru inilah waktunya anda ada untuk orang-orang yang benar-benar membutuhkan anda. Dengan begitu anda akan lebih mudah untuk bersyukur.

Masa lalu, sekelam apapun itu, tak perlu jadi trauma yang terus anda ingat. Ingatlah bahwa anda selalu punya harapan. Harapan untuk memiliki masa yang lebih indah. Jangan terjebak dalam masa lalu karena anda bisa gagal untuk hidup.


Posting Komentar untuk "5 Cara Mengatasi Trauma Penyelasan Masa Lalu Yang Kelam dan Buruk"