Kisah Inspiratif Salma Hayek, Disleksia Tak Menghalangi Kesuksesan

Kekurangan diri kita tidak seharusnya menjadi senjata yang membuat mimpi-mimpi kita sirna tanpa sempat diraih. Meski itu kekurangan fisik, kekurangan mental, dan kekurangan lainnya yang membuat diri kita ragu pada diri sendiri.

Salma Hayek juga memiliki kesulitan pada awalnya sebelum akhirnya dia berhasil menjadi bagian dari Hollywood dan masuk nominasi penerima Oscar.


Salma Hayek lahir di Meksiko dan selama masa kecilnya dia mengalami kesulitan membaca. Penyakit itu yang diketahui sebagai penyakit disleksia. Dia sebenarnya anak yang pintar tapi kekurangannya dalam belajar tersebut membuatnya masuk dalam golongan disabilitas.

Namun disleksia yang ada pada dirinya tidak serta merta membuatnya menyerah melepaskan mimpi-mimpinya. Setelah menyelesaikan SMAnya, Salma Hayek memutuskan untuk melanjutkan kuliah jurusan ilmu politik. Tapi di tengah perjalanan dia harus berhenti dan mengejar karirnya untuk bisa bermain peran.

Peran pertamanya adalah peran kecil di sebuah Opera Meksiko. Karirnya memuncak setelah dia memerankan bintang utama di sebuah telenovela “Teresa”. Salma pun mulai menjadi bintang opera sabun yang tayang setiap hari di Meksiko.

Setelah tahu keberhasilannya dalam beberapa Opera Sabun Meksiko, Salma Hayek memutuskan untuk mencoba berpindah ke US. Dia ingin mengejar impiannya menjadi bintang Hollywood. Disitulah fase kehidupan yang sulit untuknya dimulai kembali.

Salma pergi ke US saat usianya menginjak 25 tahun. Dia tidak bisa bicara dengan Bahasa Inggris. Tapi dia juga cukup sulit untuk bisa belajar Bahasa Inggris karena kemampuan membacanya yang sangat kurang akibat disleksia. Saat itu bahkan dia tak memiliki agent dan tidak bisa juga menyetir mobil. Namun dia memutuskan untuk menyelesaikan rintangannya satu per satu demi mencapai impiannya.

Salma Hayek mengalami penolakan berkali-kali karena dia adalah seorang Latin. Pada masa itu orang yang dari Meksiko sangat jarang yang bisa berkarir di US. Selama mencoba di setiap audisi dia hanya mendapatkan kekecewaan dari orang-orang yang memandangnya tidak mungkin untuk bisa menjadi artis Hollywood.

Banyak orang yang meragukan kemampuannya. Bahkan dari nama yang dia miliki saja sudah membuat orang berpikir buruk tentang masa depannya di US. Namun Salma hanya menjawab, “kita lihat saja apa yang akan terjadi”.

Karirnya ternyata melebihi ekspektasi orang-orang dan Salma pun bisa membuktikan bahwa dirinya memiliki kesempatan untuk sukses. Dia bahkan memproduseri  dan membintangi sebuah film berjudul “Frida”. Film yang mendapatkan nominasi untuk Academy Award, termasuk dirinya masuk dalam nominasi aktris terbaik.

Dan hidupnya mulai berubah setelah mulai banyak dikenal orang sebagai aktris Hollywood yang sukses. Berawal dari keyakinannya, Salma Hayek mampu membuktikan bahwa dirinya mampu dan layak mendapatkan kesempatan itu.

Kisah inspiratif dari perjalanan hidup Salma Hayek adalah bagaimana kita fokus pada perkembangan diri kita sendiri. Jangan menutup diri bahwa kadang kamu akan menemui kesalahan dan kegagalan. Hal itu merupakan bagian dari proses. Proses yang membuatmu semakin dewasa.

Jika suatu saat kamu menemukan dirimu gagal atau melakukan kesalahan, maka terima itu dan jangan biarkan orang lain membuat kesalahanmu menjadi senjata untuk melawanmu. Akuilah bahwa saat itu kita salah dan siap memperbaikinya. Pada akhirnya nanti kamu bisa melempar kesalahanmu tepat di depan muka mereka yang menghinamu.

Kesalahanmu sangat berharga untuk perkembangan dirimu. Jangan takut untuk melakukan kesalahan. Hal itu lebih baik daripada tak mencoba melakukan sesuatu sama sekali.

“Kesalahanmu adalah kesempatanmu yang berharga, karena kamu bisa belajar dan mencoba melakukan sesuatu yang lain. Mereka yang tidak melakukan kesalahan berarti tidak pernah melakukan sesuatu”-Salma Hayek.

Dalam perjalanan hidup ini, mengembangkan diri dan mendorong diri mencapai keinginan adalah baik. Tapi kamu tidak perlu terlalu keras pada dirimu sendiri. Karena pada akhirnya kamu akan menyadari bahwa kita hanyalah manusia.

Posting Komentar untuk "Kisah Inspiratif Salma Hayek, Disleksia Tak Menghalangi Kesuksesan"