Pentingnya Memiliki Personal Branding di Dunia Kerja


Jika Anda bekerja sebagai professional personal branding ini sangat penting. Bisa dilakukan melalui platform media sosial yang sesuai dengan bidang Anda atau bisa juga dengan membuat website yang menggambarkan kemampuan diri Anda.

  •       Kejujuran terhadap diri sendiri

Personal branding adalah sesuatu yang berkaitan erat dengan diri Anda. Mungkin orang lain bisa tertipu dengan personal branding yang tidak sesuai dengan kepribadian diri Anda, tapi hal itu tidak akan bertahan lama. Sebaliknya personal branding yang dibangun karena nilai, prinsip, hasrat, dan tujuan hidup kita akan lebih cepat sampai dalam benak orang lain dan bertahan cukup lama.

  •       Kredibilitas

Membangun kredibilitas memang relative sulit dilakukan apalagi jika Anda adalah pegawai baru. Dibutuhkan waktu untuk bisa mengenal kemampuan Anda dengan baik dan mulai percaya bahwa Anda cukup berkompeten dalam bidang tersebut. Oleh karena itu, personal branding akan membantu Anda untuk memperoleh kepercayaan secara lebih intens lagi.

  •       Menumbuhkan kepercayaan diri

Jika kredibilitas adalah berkaitan dengan bagaimana orang lain bisa percaya terhadap diri Anda, maka menumbuhkan kepercayaan diri ini adalah sebaliknya, yaitu secara internal Anda bisa meningkatkan kepercayaan diri sehingga kemampuan Anda pun ikut meningkat. Jadi ketika Anda tidak cukup merasa percaya diri maka bagaimana Anda akan meyakinkan orang lain untuk percaya pada Anda.

  •       Membangun jaringan

Networking atau membangung jaringan/koneksi ini akan semakin mudah ketika orang lain sudah mengenal diri Anda. Mungkin kemampuan Anda bisa melengkapi kelemahan yang dimiliki atau yang sedang dibutuhkan perusahaan, maka dengan mudah Anda bisa menjadi bagian dari pekerjaan yang juga menjadi impian Anda selama ini.

 

Tips Membangun Personal Branding



Personal branding ini bukan sesuatu yang bisa muncul dengan sendirinya, sebaliknya membutuhkan proses yang relative panjang untuk membangunnya menjadi karakter diri yang sesungguhnya dan dikenal banyak orang. Berikut ini adalah tips untuk membangun personal branding :

  •       Menentukan tujuan

Apakah boleh menentukan tujuan dengan jabatan yang diinginkan? Tentu boleh saja. Justru ini membuat tujuan Anda lebih spesifik, misalnya Anda ingin jenjang karir meningkat hingga menjadi kepala bagian atau pimpinan di bidang Anda.

  •       Melakukan penelitian

Penelitian di sini adalah mencari tahu siapa yang telah mencapai posisi itu, bagaimana nilai yang dipegangnya, apakah bisa menjadi role model Anda. Anda bisa belajar apa saja yang dilakukannya untuk mencapai posisi itu, sekaligus Anda bisa belajar dari kesalahannya yang harus Anda hindari agar tidak terjebak pada kesalahan yang sama.

  •         Tentukan atribut

Atribut tidak selalu yang berkaitan dengan material, seperti pakaian, jam tangan, mobil, dan lain-lain. Namun ada yang lebih penting, yaitu ingin dikenal sebagai apa Anda dimata orang-orang. Jadi lebih bersifat karakteristik, misalnya Anda ingin dikenal sebagai seorang yang dermawan.

  •         Tetap menjadi diri sendiri

Meski Anda belajar dari orang-orang yang sudah mencapai posisi yang Anda inginkan, tidak semestinya membuat Anda kehilangan jati diri. Jujur dengan kondisi Anda saat ini bisa jadi menjadi nilai lebih atau keunikan diri Anda dibanding dengan lainnya. Ingat bahwa semua orang boleh mencapai tujuan yang sama tapi sadari juga bahwa setiap orang tidak berangkat dari titik awal yang sama. Inilah yang kadang juga membuat seseorang cepat menyerah saat mencapai sesuatu karena takt ahu posisi awal atau sumber daya yang dimiliki.

  •          Tidak menunda apa yang ingin dilakukan

Lakukan sekarang apa yang Anda ingin kerjakan, karena terlalu banyak berpikir membuat langkah Anda tersendat. Tunjukkan pada orang-orang atau rekan kerja Anda saat ini bahwa Anda adalah orang yang percaya diri dengan kemampuan yang dimiliki.

Selamat mencobanya dan rasakan perbedaan diri Anda saat sudah membangun personal branding positif di tempat kerja saat ini.

 

Posting Komentar untuk "Pentingnya Memiliki Personal Branding di Dunia Kerja"