Tips Lebih Percaya Diri Menghadapi Dunia Kerja

Rasa percaya diri adalah kunci dari produktivitas manusia. Bayangkan saja jika Anda minderan, merasa rendah diri, dan ragu terhadap kemampuan diri sendiri, pasti akan mempengaruhi kinerja sehari-hari.

Padahal menjadi produktif adalah sesuatu yang diharapkan ketika bekerja. Misalkan tujuan Anda pun hanya untuk mencari penghasilan tanpa peduli dengan kemampuan atau skill, maka hasilnya pun tidak maksimal.

Sebenarnya merasa lebih percaya diri merupakan outcome dari proses Anda dalam mengenal diri sendiri, baik itu dari segi kelebihan dan kekurangan. Bagaimana kita merespon kekurangan diri pun bisa jadi berbeda antara orang yang memberikan respon positif dan negative.

Pemberian respon kita terhadap kekurangan yang ada pada diri sendiri akan sangat berpengaruh terhadap muncul atau memudarnya rasa percaya diri. Ketika kita menempatkan porsi kekurangan diri menjadi lebih dominan sehingga menutupi kelebihan diri otomatis hal ini akan berdampak pada kinerja kita karena pada saat yang sama diri kita menjadi overthingking (berpikir yang berlebihan), misalnya merasa tidak layak dan tidak kompeten.

Sebaliknya jika kita memberikan respon yang baik pada apa yang menjadi kekurangan kita maka hasilnya pun akan lebih positif. Kunci memberikan respon positif terhadap kekurangan diri sendiri adalah dengan menerimanya dan menyadari bahwa inilah kekurangan kita, inilah batas kemampuan kita. Masalah kita ingin menembus batas kemampuan kita hanya diri kita yang bisa mengukurnya. Dan kita tak pernah tahu jika tidak mencobanya.

Hal di atas merupakan bagaimana kita memberikan respon terhadap diri kita. Hal kedua adalah bagaimana kita menggunakan apa yang ada dalam diri untuk bisa menghadapi persaingan di luar. Oleh karena itu, lebih baik kita selesaikan dulu mindset secara internal baru siap untuk bersaing dengan yang lain.

Persaingan kerja ini bisa jadi ketika melihat rekan kerja lebih pintar sehingga membuat ragu pada kemampuan diri sendiri, melihat rekan kerja lebih mudah dalam mengerjakan tugasnya padahal kita sangat kerja keras untuk menyelesaikannya juga bisa membuat semangat kita down.

 


Tips Agar Lebih Percaya Diri Saat Bekerja

Selain mengenal kemampuan diri sendiri dan memilih bagaimana memberikan respon positif terhadap kelebihan dan kekurangan diri, maka berikut ini adalah tips lain yang bisa dilakukan agar lebih merasa percaya diri.

  •  Fokus pada tujuan dan pekerjaan sendiri

Pastinya ketika bekerja di suatu perusahaan Anda memiliki tujuan, yaitu untuk mendapatkan penghasilan, mengasah kemampuan diri, menambah pengalaman, dan lain-lain. Semua tujuan yang disebutkan tersebut merupakan tujuan yang positif. Jadi jangan mudah terpengaruh dengan hal-hal yang menyimpang dan tidak ada kaitannya dengan pekerjaan. Selain itu, jangan mudah ikut-ikutan dengan adanya gossip murahan di kantor. Jelas hal ini tidak berhubungan dengan pekerjaan Anda di kantor sehingga perlu untuk dihindari.

Namun bagaimana jika Anda yang menjadi bahan pembicaraan atau gosip. Sejauh mereka tidak membicarakan di depan Anda lebih baik jangan meresponnya secara berlebihan. Karena tidak ada untungnya bagi diri Anda, malah berpotensi membuat diri Anda tidak produktif karena terlalu peduli dengan pendapat orang yang belum tentu itu benar.

  • Percaya kemampuan diri sendiri

Kunci menjadi percaya dengan kemampuan diri sendiri adalah sejak awal Anda harus berkomitmen dengan diri Anda sendiri bahwa bisa melakukan ini dan akan berusaha keras. Kemudian untuk mendorong atau mensugesti diri, Anda bisa melakukan self talk saat pagi hari atau akhir hari menjelang tidur. Ketika pagi hari Anda bisa tatap diri Anda dicermin dan yakinkan bahwa hari ini adalah istimewa untuk Anda dan semua tugas bisa Anda selesaikan dengan baik. Hal yang sama bisa Anda lakukan saat menjelang tidur dengan mengatakan kepada diri Anda bahwa hari diri Anda sudah melakukan yang terbaik dan berterima kasih lah. Self talk seperti ini sangat berdampak pada diri sendiri untuk lebih percaya diri dan mindfulness.

  • Mengikuti aturan dan kebijakan perusahaan

Setiap perusahaan pasti memiliki aturannya masing-masing atau bisa juga disebut SOP (Standar Operasional Perusahaan). Pahami apa jobdesk Anda dan apa kebijakan yang ditetapkan perusahaan. Dengan mengikuti kebijakan perusahaan yang berlaku inilah rasa percaya diri akan muncul. Misalnya tidak datang terlambat ke kantor, karena kebiasaan terlambat ini akan mempengaruhi kinerja kita dan penilaian perusahaan itu sendiri sehingga berdampak pada rasa percaya diri kita.

  •  Lebih aktif mengikuti kegiatan perusahaan

Perusahaan biasanya memiliki agenda-agenda yang berhubungan dengan event atau kegiatan di luar kantor, seperti olahraga, outbond, dan kreativitas. Anda bisa mengikutinya sesuai dengan kemampuan yang dimiliki. Dengan lebih aktif di perusahaan maka bisa menambah rasa percaya diri Anda karena disitulah Anda akan merasakan bersosialisasi yang baik dengan rekan kerja.

  • Terbuka terhadap kritik dan saran dari orang lain

Hal ini berhubungan dengan sikap rendah diri atau minder atau baper kalau jaman sekarang. Sebenarnya sudah menjadi hal yang wajar ketika kita berposisi menjadi bawahan di perusahaan maka kita akan memiliki atasan atau pemimpin yang akan mengatur workflow atau alur kinerja kita. Ketika pekerjaan kita dinilai tidak sesuai atau tidak maksimal oleh atasan maka sebaiknya kita lebih terbuka dengan kritik yang disampaikan. Mungkin sebagian besar atasan akan terkesan marah-marah ketika memberikan komentar dengan hasil kerja kita, tapi ketika kita mampu memandangnya sebagai kritik yang membangun maka hal itu akan menjadi sesuatu yang positif juga untuk kita. Berbeda halnya jika kita sedikit-sedikit baper dan merasa minder, saat dikritik maka yang ada hanyalah kita merasa dibentak-bentak, dimarahi, dan tidak tahu salahnya dimana.

Jadi itu semua tergantung dengan respon kita untuk menilai menjadi sebuah kritik yang membangun atau emosi negatif.

  •  Menantang diri sendiri

Menurut pelatih karir, Deborah Brown Volkman, usahakan untuk mencari proyek atau tugas yang menantang. Awalnya mungkin Anda akan merasa itu adalah hal yang sulit dan ragu apakah bisa menyelesaikannya. Namun ketika Anda mengambil tantangan itu untuk diri sendiri dan meyakinkan diri bahwa Anda bisa, maka ketika hasilnya sesuai harapan atau melebihi target Anda akan merasa lebih percaya diri. Dengan menantang diri sendiri ini juga membuat Anda lebih fokus mencari penyelesaian daripada membicarakan masalah yang tidak ada ujungnya dan buang-buang waktu. Jika ini bisa konsisten Anda lakukan, maka jangan heran ketika Anda terpilih menjadi pegawai terbaik atau pegawai teladan yang menjadi contoh bagi pegawai lain. Tentunya hikmah untuk Anda sendiri adalah kepercayaan diri yang meningkat.

 

Itulah beberapa tips yang bisa Anda praktekkan saat bekerja. Hal yang utama jika Anda bingung untuk memulainya adalah mengenali potensi yang Anda miliki dan jangan batasi kemampuan diri dengan mindset yang dimiliki. Jangan begitu saja percaya jika bagian diri Anda ada yang merasa ragu karena itu hanya ada dipikiran Anda sendiri.

Keuntungan merasa lebih percaya diri ketika bekerja selain meningkatkan produktivitas dan kinerja adalah membuat diri Anda lebih berkarakter dan secara tidak langsung membentuk personal branding. Sehingga dimanapun dan dengan siapapun Anda bekerja tidak lagi ragu dan bingung terhadap diri sendiri serta siap menghadapi persaingan.

Jika Anda merasa kurang dalam hal kemampuan yang dimiliki maka tidak ada salahnya Anda memperkaya diri sendiri dengan mengikuti pelatihan-pelatihan yang sesuai dengan minat dan bakat Anda. Semakin Anda ahli atau expert di bidang yang ditekuni saat ini, maka semakin tinggi nilai jual Anda ketika bekerja dan itu sangat berdampak bagi kepercayaan diri Anda.

Posting Komentar untuk "Tips Lebih Percaya Diri Menghadapi Dunia Kerja"