Contoh Cerita Inspiratif Diri Sendiri Yang Membangkitkan Semangat

 


Contoh cerita inspiratif diri sendiri berikut ini bisa teman-teman buat sendiri berdasarkan pengalaman hidup selama ini. Bisa juga dari hasil mengamati kehidupan orang lain yang nantinya menjadi karya buku biografi.

Apakah untuk bisa menuliskan cerita inspiratif tentang pengalaman diri sendiri harus dialami sendiri?

Ada baiknya memang itu adalah pengalaman yang dialami diri sendiri agar isi cerita dan pesan yang coba disampaikan bisa lebih tersampaikan kepada pembaca.

Karena bila itu adalah pengalaman hidup orang lain terkadang saat kita menuliskannya akan terasa berbeda penjiwaannya. Dibandingkan dengan menuliskan kisah sendiri maka kita akan lebih menjiwai dalam menuliskannya.

Buat teman-teman yang saat ini berprofesi sebagai guru, penulis, atau siswa bisa lihat cerita inspiratif berikut ini dari hasil menuliskan pengalaman pribadi menjadi sebuah kisah yang membangkitkan semangat.

 

Ide Untuk Contoh Cerita Inspiratif Diri Sendiri

Berikut ini ada beberapa ide pengalaman yang bisa teman-teman gunakan untuk menggali gagasan saat akan menuliskan cerita inspiratif tentang diri sendiri.

  • Pengalaman saat pertama kali masuk sekolah setelah berlibur. Ide ini sangat banyak digunakan oleh para guru untuk menggali kemampuan menulis siswa setelah liburan panjang. Meski sudah banyak digunakan tetapi ide ini tidak membosankan mengingat setiap anak memiliki pengalaman berbeda dan gaya bercerita yang pastinya unik.
  • Pengalaman mengikuti seleksi/ujian. Ide ini juga sangat dinantikan oleh banyak pembaca karena keinginan untuk belajar dari pengalaman orang lain. Terlebih bila pengalaman yang dibagikan tujuannya agar kita tidak mengalami kegagalan seperti yang telah dilakukan oleh penulis.
  • Pengalaman dalam menjalin relasi. Dalam hal ini bisa saja pengalaman persahabatan atau pertama kali merasakan jatuh cinta dengan seseorang. Tentunya pengalaman pribadi ini sangat menggelitik jika nantinya dibaca kembali karena penuh dengan kenangan yang tak terlupakan,
  • Pengalaman kerja. Ide ini juga bisa digunakan untuk berbagi cerita tentang bagaimana dunia kerja yang sebenarnya. Dalam cerita inspiratif ini akan banyak pelajaran berharga bagi pembaca yang juga mengalami hal serupa atau yang akan memasuki dunia kerja.
  • Pengalaman berkeliling dunia. Teman-teman bisa membuat kumpulan cerita inspiratif atau blog khusus yang menceritakan bagaimana kisah perjalanan saat mengunjungi tempat satu dan yang lainnya. Ide ini sangat cocok bagi yang suka travelling. Tidak jarang yang menjadikan pengalaman pribadinya menjadi sebuah buku, bahkan difilmkan. Ingat film Trinity yang berjudul The Nekad Traveller kan? Nah itu salah satu perjalanan travelling seorang blogger yang berhasil diangkat ke layar lebar.
  • Pengalaman berjuang melawan penyakit. Ide ini juga sangat bermanfaat bila dibagikan kepada banyak orang. Karena mereka yang sedang mengalami hal yang sama pastinya akan membutuhkan dukungan setidaknya mengetahui bahwa bukan dia satu-satunya yang menderita di dunia ini. Sangat inspiratif bukan?

Sebenarnya masih banyak ide yang bisa jadi contoh cerita inspiratif diri sendiri. Setiap yang kamu lalui pasti bisa jadi pengalaman untuk orang lain.

Jadi jangan pernah merasa kamu tidak punya pengalaman yang berharga karena setiap perjalanan hidupmu adalah peta yang sangat bernilai bagi kehidupanmu selanjutnya. Kamu pun tak pernah tahu kapan cerita inspiratif hidupmu akan berguna untuk hidup orang lain.

 

Contoh Cerita Inspiratif Diri Sendiri yang Ingin Kembali

Aku adalah seorang anak tunggal yang dilahirkan dari kedua orang tua yang sampai kini entah seberapa cintanya mereka terhadap diriku aku pun tak tahu. Lahir di Jakarta dan besar di sebuah kota kecil di Jawa Tengah bersama dengan kakek dan nenek. Aku benar-benar tidak ingat kapan aku merasa utuh memiliki orang tua yang mencintaiku. Maafkan aku ayah dan ibu.

Aku baru menyadari bahwa aku tidak bisa terus tinggal dengan kedua orang tuaku setelah aku berusia belasan tahun. Karena kondisi ibuku yang sakit dan ayah yang sibuk bekerja. Akhirnya aku pun terlanjur terlalu lama tinggal dengan kakek dan nenek.

Tahun berganti dan sampailah aku diusia dimana aku lulus kuliah dan siap bekerja. Aku coba untuk memungkiri apa rasa yang ada dalam diri dan menuruti apa yang mereka katakan baik. Katanya bekerja dan mendapatkan penghasilan cukup besar yang akan mengangkat derajat kedua orang tuaku. Tapi aku lupa bertanya pada diriku sendiri tentang kebahagiaan yang aku inginkan.

Terlalu lama aku larut dalam kondisi itu, berjibaku dengan pekerjaan untuk bertahan hidup dan mempertahankan harga diri sebagai seorang banker. Karier yang cukup jelas dan masa depan yang cerah menjadikan aku sebagai tumpuan hidup keluarga besar. Padahal aku adalah anak tunggal.

Saat itu aku hanya berpikir bagaimana aku bisa mencukupi kebutuhan mereka. Dan aku lupa mencukupi kebutuhanku sendiri. Beli motor, mobil, dan rumah. Mungkin itu untuk aku gunakan sendiri tetapi sebenarnya tidak. Itu semua hanyalah topeng yang aku gunakan untuk membuat mereka bahagia dan bangga. Sekali lagi aku lupa bertanya pada diriku sendiri, apakah kamu bahagia?

Tahun pertama aku bekerja ibuku meninggal dunia. Namun aku sekali lagi mengabaikan hatiku yang betapa saat itu merasa kecewa dan patah hati karena kepergiannya. Aku terlalu disibukkan oleh dunia dan pekerjaan itu.

Tahun kelima aku bekerja mulai terasa bahwa aku lelah menjalani semua ini. Aku kembali mempertanyakan untuk apa semua ini. Dan akhirnya aku pun baru menyadari aku lupa bertanya pada diriku tentang kebahagiaan itu. Pantas saja aku masih merasa hampa dengan semua yang ku raih.

Di saat yang bersamaan ayahku pun jatuh sakit dan harus menjalani cuci darah setiap 2 kali dalam seminggu. Semakin aku tidak punya waktu untuk diriku sendiri. Topeng ini sudah terlanjur melekat dan bukan waktu yang tepat untuk melepaskannya karena kondisi Kesehatan ayahku baru butuh banyak biaya. Topeng ini adalah pekerjaanku sebagai banker.

Namun di suatu waktu Sang Pencipta menyentilku dengan kejadian demi kejadian yang membuatku kembali berpikir bahwa sebenarnya selama ini aku tidak sepenuhnya mengandalkan-Nya. Aku hanya mengandalkan kemampuanku, aku bisa punya penghasilan, aku mengabaikan diriku, dan aku tak pernah benar-benar bersimpuh sujud memasrahkan diri di hadapan-Nya.

Hingga aku merasa lelah dan ingin berjalan pulang. Aku rindu dalam dekapan-Nya. Aku sudah terlalu jauh berjalan jauh dari-Nya. Aku lelah dan tak berdaya jika harus kembali berjalan sendiri tanpa diri-Nya.

Pekerjaan itu yang merenggutku jadi jauh dari-Nya, bahkan jika tidak aku lepaskan aku lah salah satu orang yang nantinya akan dilawan oleh-Nya dan Rasul-Nya di hari akhir. Memangnya siapa aku berani melawannya.

Di tengah ketidakpastian itu, kondisi ayahku yang jatuh sakit, usaha yang berada di ambang kebangkrutan, dan hutang-hutang yang selama ini aku emban untuk memenuhi topengku di hadapan mereka. Aku memutuskan untuk kembali pada hatiku, hatiku yang merindukan-Nya.

Aku pun mulai bertanya pada diriku kenapa kau tak bahagia? Bahagia seperti apa yang kau inginkan?

Meski ini terlambat tetapi aku mencoba memperbaiki kehidupanku yang hanya sekali Dia berikan. Aku cari kembali tujuan hidupku dan mengapa aku ada.

Aku berusaha tak mengindahkan lagi topeng yang ingin mereka ingin lihat dari diriku. Aku melepaskan topeng itu dan hidup dengan tidak ingin meninggalkan perintah-Nya.

Karena yang terpenting bukan lah bagaimana kamu terlahir, tetapi bagaimana kamu menjalani hidupmu.

 

Di atas adalah contoh cerita inspiratif diri sendiri yang diambil dari pengalaman pribadi penulis untuk bisa memberikan semangat bagi kamu yang sedang merasa kecewa dengan kehidupan. Jangan kecewa dengan hidup, karena hidup pemberian-Nya pastinya indah. Mungkin kamu hanya salah arah hingga kamu merasa bosan dan tak menemukan cahaya dalam hidup.

Carilah kembali cahaya yang menerangi hidupmu dan berjalanlah perlahan. Ingat lah bahwa tidak ada kata terlambat. Ingat lah bahwa seberapa pun kamu menjauh dari-Nya tak mengapa untuk kembali. Karena satu langkah yang ambil untuk kembali, Dia akan mengambil seribu langkah untuk menghampirimu.

Inilah contoh cerita inspiratif diri sendiri dariku, semoga bermanfaat untuk hidupmu.

Posting Komentar untuk "Contoh Cerita Inspiratif Diri Sendiri Yang Membangkitkan Semangat"