Cerita Inspirasi Binatang yang Lucu dan Mengandung Pesan Moral

 


Cerita inspirasi binatang yang juga disebut fabel menjadi cerita favorit untuk anak-anak. Karena cerita-cerita tersebut bisa menginspirasi anak dan disampaikan dengan bahasa yang ringan serta memberi kesan lucu.

Berikut ini beberapa cerita inspirasi binatang yang lucu dan bermakna, tidak hanya untuk anak, orang dewasa pun bisa mengambil pelajaran dari cerita-cerita tersebut meskipun fiktif.


Cerita Inspirasi Binatang : Seekor Keledai dan Serigala

Dahulu kala, hiduplah seorang buruh cuci yang mempunyai seekor keledai. Pada siang hari, si keledai membantu sang pemilik dan pada malam harinya ia dilepas untuk menikmati udara malam. Keledai menggunakan kesempatan tersebut untuk pergi ke ladang terdekat dan memakan sayuran segar di sana.

Dari serangkaian perjalanan malamnya tersebut, ia bertemu dengan seekor serigala. Karena sering bertemu, keduanya pun menjadi teman. Hingga pada suatu hari, serigala mengajak keledai untuk mengunjungi sebuah ladang yang penuh dengan mentimun segar yang dan letaknya juga tidak jauh.

Sesampainya di ladang tersebut, mereka banyak sekali makan mentimun. Hal itu membuat hati si keledai begitu senang.

“Serigala, aku sangat bahagia sekali hari ini. Lihatlah bulan purnama itu, ia sangat cantik, kan? Ia membuatku ingin sekali bernyanyi.”

Serigala mengatakan padanya bahwa itu merupakan ide yang buruk mengingat mereka tidak seharusnya berada di ladang tersebut. Lebih baik jangan membuat suara karena akan membuat mereka ketahuan. Namun, keledai tidak mengindahkannya dan tetap menyanyikan sebuah lagu.

Karena tak mau ketahuan, serigala pergi keluar dengan dalih akan berjaga-jaga apabila si petani datang. Tak lama kemudian, petani yang mendengar suara keledai pun bergegas menuju ke tempat tersebut. Ia pergi kesana dengan membawa tongkat dan batu. Lalu, keledai dipukul dan dilempari hingga lebam.

Keledai itu berjalan pincang keluar dari ladang tersebut. Saat ia mendekat, serigala pun berkata “Keledai, kamu bernyanyi sangat bagus. Tak heran jika petani itu memberimu hadiah.”

Cerita inspirasi binatang antara keledai dan serigala ini mengajarkan pada anak untuk tidak mudah mempercayai perkataan orang lain. Apalagi jika diajak untuk melakukan perbuatan tidak terpuji, seperti mencuri.

Jangan sampai seperti keledai yang mau begitu saja diajak oleh serigala melakukan hal yang buruk. Sepandai apapun orang menutupi perbuatan buruknya, nanti pasti akan ketahuan juga.

 

Cerita Inspirasi Binatang : Seekor Lalat yang Lupa Namanya

Dahulu kala, ada seekor lalat yang sangat rajin dan suka membantu orang lain. Pada suatu hari akan diadakan sebuah festival, maka dengan senang hati ia membantu. Dengan sepenuh hati ia membantu dan melakukan pekerjaannya, saking fokusnya lalat pun tiba-tiba lupakan namanya.

Kemudian, ia bertanya kepada seorang wanita tua yang duduk di bawah pohon. “Nenek, apa kau tahu siapa namaku?” tanyanya. Tapi, sang nenek tidak tahu dan menyuruhnya untuk bertanya pada anak lelakinya.

Lalat itu pun terbang menghampiri anak lelaki nenek dan bertanya mengenai namanya. Ia pun menjawab kalau tidak tahu dan menyarankan lalat untuk bertanya pada kapak di tangannya. Si lalat menurut dan bertanya pada kapak tersebut, tapi dia tidak menemukan jawaban yang diinginkan.

Lalat itu pun bertanya kepada orang yang ia temui, tetapi selalu disuruh untuk bertanya kepada yang lain. Begitu seterusnya hingga pada akhirnya ia bertemu dengan seekor kuda dan bertanya kembali. “Kuda, apakah kau tahu namaku?” tanyanya pasrah.

Jawaban kuda pun tak memuaskan, ia malah menyuruh lalat untuk bertanya pada anak yang masih di dalam perutnya. “Bayi kecil, apakah kau tahu namaku?” tanyanya kali ini dengan lelah.

Bayi kecil itu menjawab “la.. la.. la..” Belum sampai si bayi menyelesaikan kalimatnya lalat itu pun berkata “Oh kau benar, namaku lalat. Terimakasih sudah mengingat namaku bayi kecil,” Setelah mengetahui namanya, ia pun kembali ke rumah dengan riang karena akhirnya ia berhasil mengingat namanya.

Pesan moral cerita inspirasi binatang berupa seekor lalat ini adalah meskipun membantu orang lain adalah perbuatan yang mulia, tapi jangan sampai lupa untuk bersosialisasi dengan yang lainnya. Seperti lalat yang terlalu fokus untuk membantu orang, malah saat ia menanyakan namanya tidak ada satu orang pun yang tahu.

 

Cerita Inspirasi Binatang : Cicit Si Tikus

Di sebuah hutan, hiduplah seekor tikus bernama Cicit. Cicit mempunyai ukuran tubuh yang sangat kecil. Hal itu membuatnya merasa takut ketika bertemu hewan yang mempunyai ukuran lebih besar daripada dirinya.

“Kenapa aku berukuran sangat kecil, tapi mereka semua lebih besar daripada aku. Apa yang harus kulakukan?” batinnya.

Keesokan harinya, ia menemukan sebuah kain putih di samping rumahnya. Awalnya ia tak tahu harus ia apakan benda tersebut. Kemudian, sebuah ide jahil terlintas di benaknya.

Cicit masuk ke dalam rumah kemudian mengambil sebuah pena. Ia lalu menggambar sepasang mata dan bibir pada kain berwarna putih tersebut. Dengan sedemikian rupa, Cicit menggambarnya menyerupai hantu.

Ia beraksi di jalan dekat rumahnya, karena kebetulan jalan tersebut memang ramai dilewati oleh hewan-hewan lain. Hewan pertama yang masuk perangkapnya adalah seekor kelinci. Melihat ada bayangan hantu, kelinci itu pun lari tunggang langgang.

Kemudian, seekor rusa melewati jalan tersebut. Ketika rusa melihat hantu tersebut, ia juga berlari menjauh sambil berteriak.

Tak hanya kelinci atau rusa, singa yang melintasi jalan tersebut juga ketakutan. Melihat hal itu, tikus pun merasa puas. Ia merasa kini tak ada yang perlu ia takuti lagi.

Hingga pada suatu hari ada badai yang akan datang. Para hewan mau tak mau harus melewati jalan tersebut supaya sampai di rumah lebih cepat.

Cicit pun kembali bersiap untuk menakuti mereka lagi. Namun nahas, kain yang menutupinya terbawa angin dan rahasianya pun terbongkar.

Awalnya, para hewan tersebut marah mengetahui perbuatan Cicit. Namun, Cicit berjanji untuk tak mengulanginya lagi dan mereka pun memaafkannya.

Pesan yang coba disampaikan dari cerita inspirasi binatang tersebut adalah jangan pernah membandingkan dirimu dengan orang lain. Karena ketika kamu membandingkan dan selalu merasa kurang malahan justru membuat apa yang kamu miliki selama ini tak terlihat. Cicit sebenarnya punya banyak teman, tapi dia selalu merasa rendah diri.

 

Cerita Inspirasi Binatang : Seorang Laki-laki dan Kucingnya

Di sebuah kota nan jauh disana, hiduplah sepasang suami istri yang mempunyai seekor kucing. Meskipun begitu, sang suami ternyata sangat tidak menyukai kucing tersebut.

Berhari-hari ia memikirkan bagaimana caranya supaya ia dapat menyingkirkan kucing itu. Hingga pada suatu hari, ia memutuskan untuk membuang kucingnya. Ia mengangkat hewan itu begitu saja dan membuangnya beberapa blok dari rumah.

Dalam perjalanan pulang, lelaki itu bernafas lega karena akhirnya ia tidak akan bertemu dengan kucing yang menyebalkan itu lagi. Tapi, betapa terkejutnya ia ketika sampai di halaman rumahnya dan kucing itu ternyata telah kembali.

Dengan perasaan kesal, ia mengambil kucing itu lagi dan membuangnya ke tempat yang lebih jauh dari sebelumnya. Pria tersebut tertawa mengejek pada kucing dan berpikir kalau sekarang kucing jelek itu pasti tak akan bisa kembali. Sayang, ia kembali mendapati kucing tersebut sudah ada di halamannya lagi, bahkan ia saja belum masuk rumah.

Setiap hari pria itu berusaha untuk menyingkirkan si kucing dengan membuangnya lebih jauh dari tempat terakhir. Namun, kucing tersebut tetap bisa kembali pulang. Kemudian di suatu pagi, ia sudah tidak tahan dan benar-benar ingin menyingkirkan kucing itu.

Dia mengendarai mobil, ia membawa serta kucing tersebut. Ia ingin membuang kucing itu di tempat yang jauh sekali sehingga tidak bisa pulang. Ia pun berkeliling dan berputar-putar hingga ia merasa menemukan tempat yang pas lalu membuangnya.

Beberapa jam kemudian, pria itu menghubungi istrinya dan menanyakan apakah kucing mereka sudah sampai di rumah. Sang istri yang merasa heran pun menjawab jika kucing mereka memang ada di rumah.

Kemudian pria itu berkata “Tolong, tanyakan pada kucing itu arah pulang, karena aku tidak tahu jalannya!” Ternyata kali ini bukan kucingnya yang tidak bisa kembali, melainkan dirinya sendiri.

Pesan moralnya adalah jangan suka meremehkan orang lain, apalagi makhluk lain. Karena setiap makhluk memiliki kekuatan dan kelemahannya masing-masing. Makhluk lain, seperti hewan kucing diberkahi oleh Allah SWT insting yang kuat jadi seberapa jauh dia pergi tetap bisa kembali lagi.

Cerita binatang memang membantu untuk mengembangkan imajinasi kita. Selain itu, kita juga bisa lebih memahami bahwa ada makhluk lain selain manusia di bumi ini. Kamu juga bisa membaca cerita atau dongeng islami anak lainnya.

Kelima cerita inspirasi binatang di atas semoga bisa membuatmu tersenyum kembali beserta pesan moral yang terkandung di dalamnya.

Posting Komentar untuk "Cerita Inspirasi Binatang yang Lucu dan Mengandung Pesan Moral"