Cerita Inspirasi Non Fiksi, Pengertian, Ciri-ciri, dan Contohnya

 


Di sekiling kita sebenarnya banyak ditemukan cerita inspirasi non fiksi. Apa perbedaannya dengan cerita fiksi? Perbedaannya yaitu pada cerita non fiksi berdasarkan pada fakta atau pengalaman seseorang, sedangkan fiksi lebih mengajak pembaca untuk berimajinasi.

Pengertian cerita non fiksi sendiri yaitu sebuah cerita yang sangat informatif, yang tidak hanya disusun berdasarkan fiktif belaka.

Perbedaan cerita fiksi dan non fiksi cukup banyak, yaitu dari segi struktur, unsur, ciri, gaya bahasa, dan masih banyak lagi.

 

Ciri-ciri Cerita Inspirasi Non Fiksi

Dalam membuat cerita fiksi atau non fiksi harus memiliki alur dan aturan yang jelas. Tujuannya agar para pembaca bisa menangkap dan menjabarkan dengan jelas apa maksud dari isi cerita tersebut. Berikut ini ciri-ciri dari cerita non fiksi, yaitu sebagai berikut :

  • Menggunakan Bahasa Baku

Penggunaan bahasa baku merupakan salah satu kaidah yang biasa ada di buku-buku non fiksi. Memang cara penyampaiannya akan terkesan kaku dan formal sehingga tidak bisa menambahkan kata-kata yang tidak termasuk dalam topik.

Namun seiring berkembangnya dunia kepenulisan, mulai muncul media digital, seperti blog, sosial media, membuat cerita non fiksi juga sering disampaikan dengan bahasa sehari-hari atau tidak baku. Hal ini bertujuan untuk membuat para pembaca nyaman dan tidak cepat bosan saat membaca cerita non fiksi.

  • Menggunakan Bahasa Formal

Meski kebanyakan ditulis dengan bahasa formal, tetapi tetap santai saat dibaca. Hal ini bertujuan agar para pembaca tetap menikmati alur cerita.

  • Tidak banyak menggunakan kata-kata asing

Hal ini mungkin seringkali tidak disadari oleh banyak orang, baik saat sedang membaca cerita non fiksi maupun menulis cerita non fiksi tersebut. Coba perhatikan kembali dengan jelas semua bahasa yang digunakan cerita inspirasi non fiksi.

 

Contoh Cerita Inspirasi Non Fiksi

Berikut ini adalah contoh dari cerita non fiksi yang inspiratif dari perjalanan hidup Bob Sadino. Contoh cerita ini bisa digolongkan dalam cerita biografi juga karena menuliskan cerita hidup Bob Sadino.

Perjalanan Sukses Bob Sadino

Pemilik nama asli Bambang Mustari Sadino ini lahir di Tanjung Karang, Bandar Lampung pada 9 Maret 1933. Ia lahir dari keluarga serba kecukupan sebagai anak bungsu dari lima bersaudara. Orang tuanya meninggal pada saat ia masih berusia 19 tahun.

Latar belakang Pendidikan Bob Sadino dari SD hingga SMA adalah SD di D.I. Yogyakarta 1947. SMP, Jakarta 1950. SMA, Jakarta 1953. Bob Sadino tidak kuliah tapi beliau sukses menjadi pengusaha.

Ia dipercaya oleh keluarganya untuk mewarisi seluruh harta dari kedua orang tuanya. Alasan karena merupakan anak bungsu dan saudara-saudaranya dinilai memiliki kehidupan yang mapan.

Bob Sadino memanfaatkan setengah dari harta warisannya untuk pergi dan tinggal di Belanda selama kurang lebih 9 tahun. Di sana, ia bekerja di Djakarta Lylod di Kota Amsterdam. Tidak hanya bekerja, ia juga bertemu dengan seorang wanita Indonesia bernama Soelami Soejoed yang akhirnya ia nikahi.

Pada tahun 1967, Bob sadino dan istrinya kembali ke Indonesia. Dari Belanda ke Indonesia, ia membawa dua mobil Mercedes buatan tahun 1960-an. Ia menjual satu unit mobil miliknya untuk membeli sebidang tanah di Kemang, Jakarta Selatan.

Tinggal di Indonesia, Bob Sadino bekerja sebagai karyawan di PT.Unilever Indonesia. Suatu hari, ia memiliki keinginan untuk bekerja secara mandiri. Kemudian ia memutuskan untuk keluar dari pekerjaannya. Ia memanfaatkan satu mobil miliknya dengan menyewakan mobil Mercedesnya sekaligus menjadi sopirnya.

Namun, usahanya tidak berjalan dengan lancar. Usaha menyewakan mobil dapat dikatakan gagal. Karena mobil Mercedes yang ia sewakan mengalami kecelakaan dan mengalami kerusakan parah. Bob Sadino tidak bisa memperbaiki mobilnya karena biaya perbaikan yang sangat mahal.

Akhirnya ia memutuskan untuk bekerja sebagai kuli bangunan dengan upah harian yang saat itu hanya Rp.100,00, Ia pun sempat mengalami depresi akibat tekanan hidup yang dialaminya.

Hingga suatu hari ada seorang sahabat Bob Sadino yang memberikan saran untuk beternak dan berbisnis telur ayam negeri karena pada saat itu telur ayam negeri masih jarang di pasaran.

Melihat peluang yang ada, Bob menangkapnya dan itulah yang harus dilakukan. Akhirnya, ia menggeluti bisnisnya. Bersama istrinya, ia mulai berjualan telur ayam negeri. Ia tawarkan dari pintu ke pintu kepada orang asing yang tinggal di daerah Kemang.

Pada saat itu, keberadaan ayam negeri beserta telurnya masih belum popular di Indonesia. Akhirnya, barang dagangannya hanya dibeli oleh ekspatriat-ekspatriat yang tinggal di daerah Kemang serta beberapa orang Indonesia yang pernah tinggal di luar negeri. Bob Sadino bersama istrinya menjual hanya beberapa kilogram telur per harinya.

Karena memiliki pengalaman hidup di Eropa dan juga fasih dalam berbahasa Inggris membuat Bob tidak kesulitan saat berinteraksi dengan orang asing yang tinggal di daerah Kemang.

Dengan berkembangnya waktu, telur ayam negeri mulai dikenal masyarakat luas sehingga bisnisnya semakin berkembang. Kemudian, ia melanjutkan usahanya dengan berjualan daging ayam.

Suatu ketika Bob Sadino berpikir, jika seekor ayam bisa mencari makanannya sendiri untuk menyambung hidup, apalagi seorang manusia. Manusia yang dibekali akal budi seharusnya tidak boleh kalah dengan seekor ayam yang tidak memiliki akal.

Dari pemikiran inilah yang membuatnya menjadi pengusaha hebat. Ia selalu berjuang tidak pantang menyerah sehingga menuntunnya menjadi seorang pengusaha yang sukses di Indonesia.

Mendirikan Perusahaan

Pada tahun 1970, Bob sadino mendirikan sebuah perusahaan yang diberi nama Kem Chicks. Kem Chicks adalah supermarket yang menyediakan beragam produk pangan impor untuk masyarakat Jakarta. Seiring dengan berjalannya waktu, Bob Sadino melihat bahwa permintaan akan daging sosis semakin meningkat.

Maka pada tahun 1975, ia kembali mendirikan perusahaan yang bernama Kem Food, yang merupakan pelopor industri daging olahan di Indonesia. Kem Food memproduksi berbagai jenis daging olahan seperti Sosis, Burger, dan Baso.

Selain mengenalkan ayam negeri, Bob Sadino merupakan orang pertama yang menggunakan perladangan sayuran sistem hidroponik di Indonesia. Kem Fams, merupakan sebuah ladang sayur yang didirikan oleh Bod Sadino dengan sistem hidroponik.

Perjalanan yang tidak singkat dari kesuksesan Bob Sadino. Karena keberhasilannya membuat dirinya menjadi motivator para pengusaha, khususnya di Indonesia.

Beliau pun wafat pada tahun 2015 di Jakarta. Namun nasihat-nasihat tentang bisnis masih kita gaungkan hingga saat ini.

Itulah contoh cerita inspirasi berdasarkan pengalaman jatuh bangun kehidupan seorang Bob Sadino hingga menjadi pengusaha sukses. Sebuah cerita inspiratif biasanya mengandung pesan moral di dalamnya. Seperti cerita Bob Sadino tersebut mengajarkan kepada kita bahwa untuk menjadi sukses tidak bisa melalui jalur instan, ada perjuangan, kerja keras, dan doa.

 

Cerita Inspirasi Non Fiksi Tentang Olahraga

Contoh lainnya untuk cerita inspiratif selain biografi seseorang adalah cerita non fiksi olahraga. Biasanya cerita di dalamnya juga dikombinasikan dengan sejarah.

·         My Bike Brings Me To Future bisa jadi salah satu bacaan tentang buku non fiksi. Apalagi di zaman seperti sekarang ini punya hobi bermanfaat menjadi sebuah keuntungan tersendiri. Anda bisa belajar dari ahlinya langsung.

·         Pemenang diatas Pemenang juga bisa dijadikan referensi bacaan berfaedah di kala waktu sedang senggang. Dari sini Anda bisa belajar mengenai banyak hal seperti mengontrol ambisi, cara mengerti kebutuhan olahraga yang baik setiap harinya, dan masih banyak lagi.

·         Selain itu adapun buku perkembangan olahraga sepak bola yang bisa Anda jadikan bacaan selanjutnya. Dari sini Anda bisa mengerti tentang sejarah dari adanya olahraga paling populer di dunia. Selain itu juga bisa menambah wawasan tentang berbagai trik bermain bola.

·         Olahraga jalan kaki dan kesehatan adalah referensi selanjutnya. Tak banyak buku non fiksi olahraga mampu mengolah sebuah pembahasan berat menjadi ringan, namun Anda bisa mendapatkan salah satunya adalah dari buku satu ini. Harganya juga  ramah di kantong.

 

Cerita inspirasi non fiksi sebaiknya berisi cerita yang benar-benar membuat kita terinspirasi dan termotivasi. Sehingga mampu membangkitkan kepercayaan diri untuk dapat mewujudkan tujuan hidup kita.

 

Sumber Cerita :

https://paket-wisatabromo.com/menulis-teks-cerita-inspiratif-yang-efektif-dan-contohnya

https://www.gramedia.com/literasi/contoh-cerita-non-fiksi/#Contoh_Cerita_Non_Fiksi

Posting Komentar untuk "Cerita Inspirasi Non Fiksi, Pengertian, Ciri-ciri, dan Contohnya"