Cerita Islami Singkat Penuh Makna Dari Para Sahabat Nabi

 


Beberapa cerita islami singkat penuh makna ini datang dari para sahabat Rasulullah SAW. Mereka adalah orang-orang yang sangat mencintai Rasulullah SAW dan selalu rela berkorban. Karena Rasulullah SAW adalah orang yang paling sempurna untuk kita contoh semua sikap dan perbuatannya, begitu pun para sahabat yang mengenal dan dekat dengan beliau. Mari kita simak kisahnya :

Cerita Islami Singkat Penuh Makna Dari Shahabiyah Ummu Umarah

Kisah ini menceritakan tentang sahabat perempuan nabi (Shahabiyah) yaitu Ummu Umaroh.

Kisah ummu umarah ini sangat heroik, dia menjadikan tubuhnya menjadi tameng bagi Rasulullah dalam perang uhud, sampai dia punya sekitar 26 bekas tebasan pedang ditubuhnya.

Salah satunya dibagian tengkuknya, hampir saja memutuskan lehernya, demi melindungi Rasulullah SAW. Karena cintanya yang luar biasa.

Ya Allah beri kami cinta-Mu, cinta orang yang mencintai-Mu, cinta yang membuat kami dicintai oleh-Mu.

Ketika para sahabat yang lain naik ke atas bukit, Ummu Umarah dan Abu Bakar, turun demi melindungi Rasulullah SAW yang masih ketinggalan di belakang.

Begitu perang uhud selesai, para sahabat masing-masing dibawa ke tenda untuk di rawat. Rasulullah juga dikisahkan ada gigi beliau yang patah karena pipi beliau kena tombak.

Rasulullah mendatangi tenda para sahabat, dan mendatangi tendanya Ummu Umarah, mendengar suara Rasulullah, Ummur Umarah yang sedang merintih kesakitan langsung bangkit.

Ummu Umarah tidak mau terlihat oleh Nabi kalau dia sedang kesakitan, tidak mau membuat Nabi sedih. dan masih menanyakan keadaan Rasulullah dibanding keadaannya sendiri, kenapa itu bisa terjadi? Karena Cinta.

Baginya kalau Rasulullah sakit, dia lebih sakit. Setelah beberapa saat Rasulullah meninggalkan tenda, Ummu Umarah langsung pingsan.

Ketika sadar dan mendapat berita bahwa Rasulullah mengejar musuh, maka seketika Ummu Umarah bangkit, dan mengejar Rasulullah.

Kenapa itu bisa terjadi? Ini cinta sejati. Itulah sebagian kisah prajurit muslimah yang gagah berani melindungi Rasulullah dengan segenap jiwa dan raga nya.

 

 

Cerita Islami Singkat Penuh Makna Dari Sahabat Nabi Muhammad yang Terkaya, Abdurrahman Bin Auf

Abdurrahman bin Auf adalah sahabat Nabi Muhammad SAW yang paling kaya. Dia juga termasuk dalam delapan orang pertama yang masuk Islam dan juga dijamin masuk surga.

Abdurrahman bin Auf adalah seorang pedagang sukses. Kerja kerasnya dalam berdagang membuat Abdurrahman menjadi konglomerat dengan harta yang berlimpah di masa nabi.

Kala itu, dia dekat dengan Abu Bakar ash-Shiddiq. Saat Abu Bakar memeluk Islam, khulafaur Rasyidin pertama itu memperkenalkan Islam kepada Abdurrahman, Utsman bin Affan, Zubair bin Awwam, Thalhan bin Ubaidillah, dan Sa'ad bin Abi Waqqash.

Tanpa keraguan, mereka langsung menghadap Rasulullah dan menyatakan keimanannya. Sejak saat itu, Abdurrahman selalu setia di sisi Rasulullah. Jika tidak sedang salat di masjid, berjihad dalam perang, Abdurrahman bakal berdagang.

Rahasia sukses Abdurrahman bin Auf dalam berdagang adalah menghindari yang haram dan syubhat atau yang tidak jelas kehalalan dan keharamannya.

Selain itu, dia juga selalu membagikan hartanya dengan keluarga, saudara dan agama Allah. Abdurrahman semakin giat bersedekah sejak mendapat nasihat dari Rasulullah.

"Wahai Ibnu Auf, sesungguhnya engkau adalah kelompok orang-orang kaya dan engkau akan masuk surga dengan merangkak. Karena itu berilah pinjaman kepada Allah niscaya dia lepaskan kedua kakimu," sabda Rasulullah.

Abdurrahman pernah menjual tanah seharga 1000 dinar dan membagikan seluruh dinar itu kepada keluarganya Bani Zuhrah, istri-istri Nabi, dan warga yang miskin. Dia juga pernah memberikan 500 kuda untuk pasukan Muslimin yang bakal berperang. Dia juga menyumbangkan 1500 unta.

Kekayaan tak membuat Abdurrahman kufur dan tamak. Dia tetap hidup dengan dermawan. Tak hanya harta, dia bahkan rela mempertaruhkan nyawanya dalam peperangan.

Dalam Perang Uhud, Abdurrahman mendapatkan 20 luka yang salah satunya membuat kakinya cacat permanen. Dia bahkan sulit berbicara karena giginya patah dalam Perang Uhud.

Abdurrahman bin Auf juga sempat menolak untuk menjadi khalifah atau pemimpin umat Islam sepeninggal Umar bin Khattab. Saat itu enam orang sahabat sedang berunding menentukan khalifah baru. Semua sepakat menunjuk Abdurrahman. Tapi, dia menolak dan meminta Utsman bin Affan untuk menjadi khulafaur rasyidin itu.

"Demi Allah, andai dibuat sebilah pisau lalu diletakkan pada tenggorokanku dan ditancapkan hingga tembus ke sisi lain adalah lebih aku sukai daripada menjadi khalifah," kata Abdurrahman dikutip dari Biografi 60 Sahabat Rasulullah SAW karya Khalid Muhammad Khalid.

Sesaat sebelum meninggal dunia bahkan Abdurrahman takut hartanya justru menjadi penghalangnya ke surga.

"Sungguh aku takut jika aku tidak bisa bertemu dengan para sahabatku karena banyaknya harta yang kumiliki," kata Abdurrahman. 

Abdurrahman bin Auf sahabat nabi yang paling kaya dan dijamin masuk surga mewasiatkan 500 ribu dinar untuk perjuangan di jalan Allah dan 400 dinar untuk setiap orang yang terlibat dalam Perang Badar.

 

Cerita Islami Singkat Penuh Makna Dari Abu Darda, Sahabat Nabi yang Ahli Hikmah

Abu Darda adalah sahabat Nabi Muhammad SAW yang ahli hikmah. Hikmah adalah bidang ilmu dalam Islam yang artinya memiliki pemahaman yang mendalam mengenai nilai yang bisa diambil dari kehidupan bersumber dari Alquran.

Abu Darda memiliki nama asli Uwaimir bin Malik. Sebelum memeluk Islam, Abu Darda adalah seorang yang terkenal menyembah berhala. Dia bahkan memberikan berhala itu pakaian yang bagus dan parfum yang mahal.

Hingga suatu hari, saudaranya Abdullah bin Rawahah datang merusak dan membuang berhala itu. Melihat berhalanya hilang, Abu Darda marah dan ingin membalas tindakan Abdullah.

Namun, tiba-tiba Abu Darda tersadar dan mendapat hidayah dari Allah SWT. Dia menyadari berhala itu tak mampu membelanya dan menolongnya dari Abdullah. Dia pun beriman kepada Allah dan menjadi pengikut Rasulullah.

Abu Darda yang merupakan seorang pedagang sukses pun meninggalkan pekerjaannya demi bisa beribadah kepada Allah SWT.

"Aku masuk Islam di hadapan Nabi Muhammad SAW dan aku adalah seorang pedagang. Aku ingin menggabungkan perdagangan dengan ibadah, tapi tidak berhasil. Karena itu, aku tinggalkan perdagangan dan fokus untuk beribadah," kata Abu Darda, dikutip dari Biografi 60 Sahabat Rasulullah SAW karya Khalid Muhammad Khalid.

Sejak memeluk Islam, Abu Darda tak pernah berhenti belajar. Dia selalu merenung dan berpikir. Abu Darda berguru pada Nabi Muhammad SAW hingga dia menjadi seorang ahli hikmah.

Di masa Nabi, pendapat Abu Darda sang ahli hikmah jadi pegangan umat Islam. Dia selalu menyeru kepada kebaikan.

"Janganlah engkau makan, kecuali yang baik. Janganlah engkau bekerja, kecuali yang baik, dan janganlah makan kecuali yang baik," kata Abu Darda.

Pada masa khalifah Usman bin Affan, Abu Darda dipercaya menjadi hakim di Syam. Dia menjadi hakim yang disegani.

"Janganlah membebankan kepada manusia yang sebenarnya tidak dibebankan kepada mereka! Jangan menghisab manusia mendahului Tuhan mereka," ucap Abu Darda.

Dalam menegakkan kebenaran, Abu Darda tak pernah membenci seseorang. Baginya, setiap orang adalah bersaudara.

Pernah suatu ketika Abu Darda bertemu dengan seorang laki-laki yang berdosa. Semua orang mencelanya, kecuali Abu Darda.

"Aku hanya benci perbuatannya. Jika dia meninggalkan perbuatan itu, dia adalah saudaraku," ucap Abu Darda.

Abu Darda menghabiskan sisa hidupnya di Syam. Abu Darda, sahabat nabi yang ahli hikmah ini meninggal dunia saat berusia 72 tahun. Hingga saat ini hikmah-hikmah dari Abu Darda masih digunakan umat Islam.

Cerita islami singkat penuh makna memotivasi kita untuk terus meningkatkan iman dan takwa. Jika kamu ingin membaca kisah inspiratif lain untuk remaja bisa kunjungi di sini.

Dari ketiga cerita islami singkat penuh makna yang datang dari para sahabat Nabi tersebut semoga bisa menjadi pedoman dalam kehidupan kita.

 

Sumber :

https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20210330121105-284-623790/kisah-abu-darda-sahabat-nabi-yang-ahli-hikmah

https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20210326125754-284-622414/kisah-abdurrahman-bin-auf-sahabat-nabi-muhammad-yang-terkaya

https://imujio.com/kisah-inspirasi-islam/

Posting Komentar untuk "Cerita Islami Singkat Penuh Makna Dari Para Sahabat Nabi"