Cerita Motivasi Kerjasama Tim Agar Lebih Solid

 

Sumber Gambar : mitologiinspira.com

“Bakat memenangkan pertandingan, tetapi kerja tim dan kecerdasan memenangkan kejuaraan.” – Michael Jordan.

Berikut ini beberapa cerita motivasi kerjasama tim yang bisa mengubah mindsetmu bahwa bekerja sama dengan tim akan membuat waktu lebih efektif dan efisien dibandingkan bekerja secara individu.

Memang tidak bisa dipungkiri bahwa sebagian orang lebih menyukai bekerja sendiri dengan beberapa alasan tertentu. Salah satu alasannya karena dengan bekerja secara mandiri maka lebih independent untuk menuangkan ide. Selain itu, bekerja sendiri dinilai lebih cepat selesai dibandingkan kerja kelompok dengan banyak pemikiran.

Jika kondisinya dalam satu tim tidak ada visi dan misi yang membuat mereka bisa membuat kesepakatan, akan terasa sulit untuk menyelesaikan suatu pekerjaan. Ujung-ujungnya kerjasama tim hanya mengandalkan satu orang yang bekerja sedangkan yang lain tinggal menikmati hasilnya saja dan tinggal menyerahkan kepada atasan atau langsung presentasi.

Siapa yang pernah mengalami hal tersebut?

Bisa juga alasan seseorang lebih memilih bekerja sendiri karena orang tersebut perfeksionis dan menganggap pekerjaan orang lain tidak sebagus jika dia yang mengerjakan. Namun hal ini justru akan merugikan dirinya sendiri, karena harus meluangkan waktu untuk bekerja sendiri dan hasilnya dinikmati bersama. Tidak heran jika dia akhirnya merasa tidak adil karena merasa dialah yang mengerjakan semuanya.

 

Cerita Motivasi Kerjasama Tim Untuk Menjaga Kekompakan

Sebuah tim yang terdiri dari sekitar 35 karyawan berkumpul untuk sebuah acara pembentukan tim. Mereka adalah tim muda yang cerdas dan antusias.

Namun, satu masalah besar tim ini adalah mereka tidak akan saling berbagi informasi atau solusi satu sama lain. Pemimpin merasa mereka terlalu fokus pada diri sendiri dan tidak cukup dalam tim.

Jadi, dia memulai dengan aktivitas tim yang menyenangkan yang memungkinkannya mengajarkan pentingnya setiap anggota tim bekerja sama dan berbagi lebih banyak.

Dia membawa tim ke kafetaria. Semua meja dan kursi telah ditumpuk dan disingkirkan. Ditempatkan di sekitar ruangan itu, dekorasi yang menyenangkan dan ratusan balon berwarna berbeda.

Semua orang senang, tapi tidak yakin apa maksudnya. Di tengah ruangan ada sekotak besar balon yang belum diledakkan.

Pemimpin tim meminta setiap orang untuk memilih balon, meledakkannya dan menuliskan namanya di atasnya. Tapi mereka diinstruksikan untuk berhati-hati karena balonnya bisa pop!

Beberapa balon memang tampil dan para anggota tim diberi kesempatan lain. Namun diberi tahu bahwa jika balon itu muncul lagi, mereka akan diminta untuk berada di luar permainan.

Sekitar 30 anggota tim bisa mendapatkan nama mereka di balon tanpa itu muncul. Mereka yang 30 diminta untuk meninggalkan balon mereka dan keluar ruangan. Mereka diberitahu bahwa mereka lolos ke putaran kedua.

Lima menit kemudian sang pemimpin membawa tim tersebut kembali ke ruangan dan mengumumkan bahwa tantangan berikutnya adalah menemukan balon yang mereka tinggalkan dengan nama mereka di antara ratusan balon lain yang tersebar di kafetaria besar. Dia memperingatkan mereka namun sangat berhati-hati dan tidak memunculkan balon-balon itu. Jika mereka melakukannya, mereka akan didiskualifikasi.

Saat sangat berhati-hati, tapi juga berusaha secepat mungkin, masing-masing anggota tim mencari balon dengan nama mereka. Setelah 15 menit tidak ada satu orang pun yang bisa menemukan balon mereka. Tim tersebut diberitahu bahwa putaran kedua pertandingan usai dan mereka pindah ke putaran ketiga.

Di babak berikutnya, pemimpin tersebut menyuruh anggota tim untuk menemukan balon di ruangan itu dengan nama di atasnya dan memberikannya kepada orang yang namanya ada di dalamnya. Dalam beberapa menit setiap anggota tim memiliki balon mereka dengan nama mereka sendiri di dalamnya.

Pemimpin tim akhirnya membuat kesimpulan berikut: "Kami jauh lebih efisien bila bersedia berbagi satu sama lain. Dan kita adalah pemecah masalah yang lebih baik saat kita bekerja sama, bukan individual. "

Sering kali anggota tim menciptakan rintangan yang menghalangi kerja sama tim dengan hanya berfokus pada pencarian dan tujuan mereka sendiri. Mereka menimbun informasi, menghindari kolaborasi dan menjauhkan diri. Ini buruk bagi tim dan itu buruk bagi individu itu.

Setiap anggota tim harus bertanya pada diri mereka sendiri secara teratur apa yang mereka lakukan untuk tim dan dapat melakukannya untuk tim.

Dari sinilah bisa diambil kesimpulan bahwa akan lebih efisien setiap pekerjaan bila setiap orang mau berbagi atau bekerja sama. Karena pemecah masalah itu jauh lebih baik dikerjakan dengan bekerja sama dibandingkan sendirian.

 

Cerita Motivasi Kerjasama Tim Semut Melawan Tupai

Untuk cerita motivasi kerjasama tim yang kedua adalah dari tupai dengan semut hitam. Saat itu, ada petani duduk di tepi sawah dan melihat ladang.

Dia senang karena ada banyak pohonnya yang akan panen. Sehingga, dia menghitung keuntungannya. Kemudian, muncul tupai yang melompat dari pohon ke pohon yang lain.

Setelah itu, petani sedih karena tupai akan merusak hasil panennya. Melihat keadaan tersebut, muncul perasaan iba dari semut hitam yang melihat wajah petani yang sedih. Dia pun langsung mengumpulkan pasukan untuk mengusir tupai itu.

Semut hitam tersebut baris dari akar hingga batang pohon tertinggi. Tupai yang menyaksikan barisan semut hitam langsung pergi.

Hal ini dikarenakan kekompakan semut hitam yang jumlahnya banyak inilah membuat tupai takut dengan semut hitam.

Petani kemudian penasaran, kenapa tupai yang pandai tadi pergi dari ladangnya. Setelah mendekati pohon, dia melihat ada barisan semut di pohon.

Kemudian, petani langsung bersyukur karena ada semut hitam yang berhasil menghalau hama tupai.

Dari cerita motivasi kerjasama tim ini bisa diambil kesimpulan pepatah lama bahwa sepandai-pandainya tupai dalam melompat, pasti dia bisa jatuh. Artinya tidak ada satupun orang yang sempurna di dunia ini. Setiap orang pasti punya kekurangan masing-masing.

Oleh karena itu, sudah seharusnya kita menggunakan anugerah berupa talenta dari Allah ini dengan sebaik-baiknya untuk hal yang positif. Selalu bersyukur adalah kunci bagaimana kita menjaga talenta yang diberikan Allah.

Nah, setelah melihat dari kedua cerita pendek tentang motivasi kerja sama tim tersebut, maka kini saatnya memahami manfaat bila bekerjasama secara tim itu ada banyak. Salah satunya adalah bisa meningkatkan efisiensi kerja.

Setiap individu pasti memiliki pemikirannya sendiri terhadap sesuatu. Namun saat bekerja sama dalam tim, kita harus membuat kesepakatan bersama demi terciptanya tujuan yang juga sama.

Kuncinya adalah bagaimana setiap anggota bisa memahami perannya masing-masing, paham akan target tim, dan bertanggung jawab.

Dengan kerjasama yang baik, maka efisiensi kerja akan semakin meningkat. Karena semua anggota akan menjalankan tugasnya sesuai tanggung jawabnya sendiri. Sehingga, pekerjaan menumpuk pun akan cepat selesai. Hal ini dikarenakan ada banyak ide kreatif yang muncul saat bekerja sama dengan tim.

Saat seseorang bekerja sendirian pikirannya cenderung lama untuk berkembang karena hanya memiliki satu ide. Sehingga sulit baginya untuk menemukan strategi lainnya.

Berbeda sekali bila bekerja sama dengan tim. Kamu dan teman-temanmu bisa saling berkomunikasi dan bertukar pikiran dengan teman satu tim. Ya, kuncinya adalah komunikasi yang baik dalam tim.

Saat bekerja sama dengan tim, ada diskusi yang dilakukan untuk membahas semua hal yang berkaitan dengan pekerjaan. Hal ini akan mendorong kreativitas kelompok dalam mencari jalan keluar.

Situasi itu pun akan membuat beban pekerjaan menjadi terasa lebih ringan bila dilakukan secara bersama-sama. Meskipun setiap orang punya tugasnya masing-masing, tetapi dengan bekerja sama, semua orang bisa saling melengkapi untuk mencapai tujuan bersama.

Jadi, disini Setiap pegawai bisa saling tolong menolong dan sama-sama belajar untuk tidak hanya memperhatikan kepentingannya sendiri. Namun, lebih fokus pada kepentingan bersama.

Setidaknya, dengan kerjasama tim yang baik, maka setiap pegawai bisa sama-sama saling menguatkan ketika berada di masa sulit.

Semua pegawai akan saling mendukung dan juga melengkapi visi yang sama. Dengan cara inilah, setiap pegawai bisa saling mengandalkan dan menguatkan.

Bisa dibayangkan ketika kamu bekerja sendiri yang mana itu membutuhkan Kerjasama tim, maka pekerjaan akan lambat dan kamu pun akan merasa tertekan oleh beban kerja yang terasa tak kunjung berhenti.

Melalui cerita motivasi Kerjasama tim di atas semoga membuatmu mampu berpikir secara lebih terbuka lagi dan semakin jernih ide-ide yang dikembangkan dalam tim.

Referensi Cerita :

https://www.duniainspirasi.com/cerita-pendek-motivasi-kerja-team/

https://www.dictio.id/t/kisah-kisah-inspiratif-tentang-kerja-sama-tim-bagaimana-kisahmu/20129

Posting Komentar untuk "Cerita Motivasi Kerjasama Tim Agar Lebih Solid"