Cerita Motivasi Lucu Bermakna

 

Cerita motivasi lucu bermakna berikut ini adalah beberapa kejadian yang bisa memotivasi kita meski dilakukan dengan cara-cara yang lucu dan unik. Simak ceritanya berikut ini ya!

Cerita Motivasi Lucu Bermakna : Selalu Berbuat Jujur

Namanya adalah Galih. Dia seorang anak yang tinggal di sebuah kampung, di Jakarta. Suatu hari dia menemukan sebuah dompet milik ibu-ibu yang selesai belanja di warung. Dia ingin mengejarnya tapi pemilik dompet pun terburu-buru menyalakan mesin motornya dan pergi. Galih pun tidak bisa mengejar.

Seharian dia menunggu ibu itu kembali ke warung tersebut tetapi tidak kunjung tiba. Akhirnya Galih pun memutuskan untuk mencari rumah ibu si pemilik dompet. Dia membuka dompet dan melihat alamat yang tertera di KTP. Galih pun melihat ada beberapa uang lima puluh ribuan di sana.

Setelah mencari alamat sesuai KTP, Galih menemukan rumah ibu tersebut yang ternyata masih satu wilayah dengan rumahnya.

Galih mengembalikan dompet tersebut kepada ibu tersebut. Dan saat ibu itu membuka dompet, Galih pun berpikir untuk bisa mendapatkan sekedar uang untuk beli es karena dia haus.

Namun ibu itu malah bilang ke Galih kalau tidak punya uang receh untuk diberikan kepadanya. Galih pun mencoba untuk tetap tersenyum dan mengatakan tidak apa-apa.

Beberapa hari kemudian, Galih kembali menemukan sebuah dompet terjatuh dari kantong seorang pemuda. Dia melihat isi dompetnya dan di situ ada selembar uang lima puluh ribuan.

Galih pun berpikir bagaimana caranya agar setelah dia mengembalikan dompet bisa dapat upah. Dia pun bergegas ke warung terdekat dan menukarkan selembar uang lima puluh ribuan menjadi pecahan sepuluh ribuan sebanyak 5 buah.

Dia pun dengan senang hati berjalan menghampiri seorang pemuda yang dompetnya terjatuh tersebut. Saat pemuda melihat isi dompetnya, dia pun kaget karena selembar uang lima puluh ribu miliknya berubah menjadi pecahan uang sepuluh ribuan. Jumlahnya memang tidak berkurang tetapi lembarannya bertambah karena dipecah oleh Galih.

Galih pun melihat pemuda itu terkejut dan berkata,”uangnya sudah aku tukar dengan pecahan sepuluh ribuan, Kak, biar kalau kakak mau kasih upah ke aku ada uang recehnya. Jadi tidak ada alasan tidak punya uang receh ya!”.

Pemuda itu pun tambah bingung melihat sikap Galih dan akhirnya mengeluarkan selembar uang sepuluh ribu untuk Galih.

Meski Galih mengharapkan imbalan dalam kebaikan yang dia lakukan, tapi setidaknya dia berusaha jujur untuk mengembalikan barang yang bukan miliknya.

 



Cerita Motivasi Lucu Bermakna : Jangan Mudah Percaya

Pada zaman dahulu hiduplah seorang kakek yang selalu berkelana untuk mencari kebahagiaan. Di perjalanan kakek melihat burung pipit yang sangat indah yang menarik perhatiannya. Kakek tersebut mencoba untuk menangkapnya dan alhasil burung tersebut berada di dekapan tangan sang kakek.

Burung pipit yang ditangkap kakek tersebut bisa berbicara layaknya manusia “kakek tolong lepaskan saya, saya akan memberikan apapun yang kakek minta”, kata si burung pipit sambil memohon.

“Baiklah apabila kau dapat menjawab pertanyaan dari ku, kau akan aku lepaskan”. Kata sang kakek dengan santainya.

“Semua pertanyaanmu pasti akan aku jawab, katakan saja wahai kakek”. Jawab si burung.

“Di mana, bagaimana dan kapan kebahagiaan akan aku peroleh?” tanya sang kakek dengan penuh harap.

“Jangan sekali-kali percaya kepada siapapun kecuali Tuhan. Jangan terlalu berharap kepada sesuatu jika tidak sanggup untuk melakukannya. Jangan pernah menyesali masa lalu yang telah terjadi” jawab sang burung dengan entengnya.

Akhirnya kakek melepaskan burung pipit tersebut, karena sudah merasa puas dengan jawaban sang burung. Namun setelah dilepas, burung pipit tersebut meledek kakek tua tersebut. “Dasar kakek bodoh, seandainya tadi kakek tidak melepasku, kakek akan aku beri telur emas”.

Sang kakek merasa sangat menyesal setelah mendengar jawaban dari burung tersebut. Sang kakek berusaha mengejar burung tersebut yang sedang hinggap di ranting pohon cemara.

Kemudian sang Kakek berusaha memanjat pohon cemara tersebut karena penasaran, namun sang kakek terjatuh dan pingsan. Setelah sadar, burung pipit menghampiri kakek tersebut dan berkata. “Dasar manusia, baru di kasih tau tapi sudah lupa”.  “Tadi aku memberi tau kakek bahwa jangan mudah percaya kepada siapapun selain Tuhan. Kenapa kakek percaya saya, padahal aku hanya seekor burung”

“Aku juga sudah mengatakan bahwa jangan berharap kepada sesuatu kakek tidak dapat melakukannya. Namun nyatanya kakek tetap memaksakan untuk memanjat pohon dan akhirnya terjatuh. 

“Pesan yang terakhir yang perlu kakek ingat yaitu jangan sesekali kakek menyesali apa yang sudah berlalu”, kata si burung sembari terbang ke angkasa meninggalkan kakek tua tersebut.

 

Cerita Motivasi Lucu Bermakna : Pak Bono dan Muridnya yang Pendiam

Di sebuah Sekolah Dasar terdapat Guru yang bernama Pak Bono. Pak Bono memiliki murid yang sangat pintar, pandai dan pendiam. Bahkan, murid ini hampir tidak pernah bicara ketika di kelas. Namun ketika bertemu dengan orang, anak tersebut hanya tersenyum. Bahkan tak jarang orang-orang menganggapnya bisu. 

Pada suatu hari di kantin sekolah, pak Bono tidak sengaja bertemu dengan murid tersebut. Pak Bono mencoba bertanya kepada anak tersebut untuk mengakrabkan diri dengan anak tersebut. 

“Nak, apakah saya bisa berbicara sesuatu denganmu?” tanya pak Bono

 “Tentang apa pak?” Anak tersebut menjawab dengan singkat sembari mengangguk.

“Ya membicarakan apapun yang bisa dibicarakan. Baik itu mengenai pemandangan alam, nuklir, luar angkasa dan lain sebagainya”, anak tersebut menatap pak Bono dengan wajah serius tanpa sedikitpun senyum.

“Baiklah pak kalau seperti itu. Saya ingin bertanya kepada Bapak. Bapak tahu tidak kenapa kerbau dan kambing memiliki kotoran yang berbeda, padahal makanan mereka sama-sama rumput. Kambing memiliki kotoran berbentuk bulat dan berwarna hitam. Namun, kenapa kerbau memiliki kotoran berwarna hijau dan berbentuk seperti bubur?”

Pak Bono mengerutkan kening dan kebingungan harus menjawab apa. Hingga akhirnya pak Bono menjawab “Waah, bapak juga tidak tau, kira-kira kenapa ya Nak?”

“Masalah kotoran saja bapak tidak tahu, kenapa bapak merasa lebih pintar dari saya untuk berdiskusi mengenai nuklir pak?”

 

Cerita Lucu Tentang Cita-cita

Di sebuah Sekolah Dasar, lebih tepatnya di kelas 3 terdapat beberapa murid yang memiliki cita-cita yaitu menjadi badut. Seorang guru yang berasal dari tiongkok mencela cita-cita anak tersebut dan berkata “dasar anak yang tidak memiliki cita-cita luhur”.

Namun guru yang berasal dari barat menanggapi sebaliknya “Semoga cita-cita kalian bisa membawa keceriaan untuk seluruh dunia”.

Dari sini kita bisa mengambil pelajaran bahwa sebagian banyak orang tua lebih banyak memberikan tuntutan dibandingkan dengan memberikan semangat. Para orang tua juga lebih sering memberikan batasan kepada anaknya. Sehingga definisi keberhasilan dengan arti yang luas masih sangat minim.

Bagaimana pesan yang disampaikan melalui cerita motivasi lucu bermakna di atas? Semoga bermanfaat untukmu.

 

Sumber Referensi :

https://made-blog.com/cerpen-lucu/

Posting Komentar untuk "Cerita Motivasi Lucu Bermakna"