Kisah Inspiratif Islami Nyata

 


Indahnya berbagi kisah inspiratif islami nyata yang pernah menjadi tema dakwah dari Ust. Hanan Attaki, Lc. berikut ini bisa memotivasi kita dalam menambah keyakinan terhadap Allah SWT.

Tiada kekuatan lain yang bisa mengalahkan keimanan seorang Hamba kepada Sang Pencipta. Hal ini tidak hanya dibuktikan oleh cerita para nabi, tetapi juga para sahabat dan kaum muslim umat Nabi Muhammad SAW. Juga beliau menyertakan kisah inspiratif kehidupannya sendiri untuk kita agar bisa mengambil hikmahnya.

 

Kisah Inspiratif Islami Nyata Nabi Musa AS.

Nabi Musa AS. dikenal sebagai nabi yang memiliki kekuatan membelah lautan saat dikepung oleh musuh, yaitu Fir’aun dan para pengikutnya.

Pertolongan Allah itu nyata. Perhatikan setiap surat di dalam Alqur’an yang membuktikan bagaimana cara Allah menolong para hamba-Nya.

Dalam Surat Al-Qasas ayat 7 – 13 memiliki cerita bahwa pada masa itu Fir’aun menerapkan peraturan bahwa di dalam Bani Israil tidak boleh ada bayi laki-laki yang lahir. Karena Fir’aun bermimpi jika akan ada seorang laki-laki kelak yang merebut kekuasaannya.

Setiap bayi laki-laki yang nekat dilahirkan harus dibawa oleh tantara Fir’aun untuk dibunuh atau dijadikan makanan hewan liar di kendang Fir’aun.

Hingga beberapa tahun kemudian Bani Israil kekurangan budak laki-laki karena tidak ada bayi laki-laki yang lahir dan laki-laki dewasa semakin tua. Akhirnya Fir’aun mengganti peraturannya bahwa jika tahun ini sudah lahir bayi laki-laki, maka tahun depan tidak boleh ada bayi laki-laki yang lahir.

Qodarullah ibu Musa waktu itu di tahun pertama sudah melahirkan Harun dan tahun kedua Musa lahir tetapi harus disingkirkan agar tidak dibunuh oleh Fir’aun.

Akhirnya ibu Musa mendapatkan petunjuk dari Allah SWT lewat mimpi, yaitu harus membuang Musa ke sungai. Ibu Musa pun bertanya kepada para ulama pada waktu itu atas kebenaran mimpinya.

Ibu Musa sangat sedih sekali harus berpisah dengan Musa, dia pun tak tahu kemana arus sungai Nil akan membawa putranya. Dan tak disangka, rencana Allah sungai tersebut masuk ke aliran selokan dimana Fir’aun tinggal.

Istri Fir’aun menemukan bayi Musa dan membawanya masuk. Fir’aun pada awalnya tidak setuju untuk mengangkat anak bayi Musa tetapi akhirnya dia mengikuti keinginan istrinya karena memang bertahun-tahun mereka belum memiliki anak.

Ibu Musa sangat cemas dan meminta kakak perempuan Musa mencari tahu kemana hanyutnya bayi Musa.

Di hari pertama Musa tinggal bersama Fir’aun ternyata dia merasa haus dan menangis. Pada waktu itu tidak ada perempuan yang berhasil menyusui Musa. Akhirnya dibukalah sayembara untuk bisa menyusui bayi Musa.

Kakak perempuan Musa membawa ibu Musa untuk ikut sayembara dan tentu Musa mau meminum susu yang itu adalah ibu kandungnya. Akhirnya ibu Musa dan keluarganya diangkat menjadi keluarga istana oleh istri Fir’aun.

Rencana Allah SWT sungguh indah, Dia memiliki caranya untuk mempertemukan kembali Musa dan ibunya, bahkan tinggal bersama di istana Fir’aun. Tentu saja itu tanpa sepengetahuan Fir’aun dan istrinya.

Berkat keyakinan ibu Musa yang hanya memohon petunjuk dan pertolongan dari Allah, Allah pula lah yang menolongnya melalui jalan yang kita tak pernah menyangkanya.

Tidak ada hamba yang kecewa ketika melibatkan Allah dalam segala urusan kita.

 

Kisah Inspiratif Islami Nyata Seorang Ibu di Mesir

Kisah seorang ibu yang janda dan hanya tinggal dengan seorang anaknya yang masih bayi. Suaminya telah meninggal dalam keadaan miskin. Untuk bisa membiayai hidupnya dan bayinya dia harus bekerja serabutan di pasar.

Sebulan setelah meninggalnya suami, bayi mereka sakit. Ibu itu sangat bingung dan tidak tahu harus bagaimana karena kondisinya yang juga miskin.

Akhirnya dia bangun disepertiga malam dan menceritakan apa yang sedang dialaminya. Dia mencurahkan segala kondisinya hanya kepada Allah SWT.

Tak lama berselang tiba-tiba ada seseorang yang mengetuk pintu rumahnya. Ternyata yang datang adalah seorang dokter.

Dokter itupun memeriksa bayinya dan memberikan resep untuk membeli obat di apotek. Namun ibu itu masih diam terpaku karena tak memiliki uang untuk membelinya.

Dokter itu pun bingung karena dia datang ke rumah itu setelah menerima telepon dari seseorang yang mengabarkan bahwa sedang ada bayi yang sakit.

Ibu itu mengatakan bahwa dia tidak menghubungi siapapun. Telepon rumah pun dia tak punya.

Akhirnya dokter pun bertanya padanya tentang apa sebenarnya yang terjadi. Ibu itu pun bercerita bahwa tadi jam 1 malam dia bangun untuk sholat dan memohon pada Allah SWT untuk menyelamatkan bayinya.

Dokter pun tertegun dan segera memeriksa kembali bayi itu dengan lebih serius. Dia pun pergi ke apotek untuk membeli sendiri obat yang dibutuhkan.

Setelah kejadian itu, dokter itu malah setiap bulan rutin memberikan nafkah kepada ibu dan anaknya tersebut.

Sungguh tidak ada yang pernah tahu dan mengira apa rencana Allah dan bagaimana cara Allah menolong hamba-Nya.

“Mintalah, maka Allah akan mengabulkannya”.

 

Kisah Inspiratif Islami Nyata Dari Kehidupan Hanan Attaki

Setelah lulus kuliah dan kembali ke Indonesia, Hanan Attaki pernah ingin berbisnis. Namun karena ragu bisnis tersebut tidak berkah, maka dia memutuskan untuk membatalkannya.

Dia pun berdoa bahwa dia meninggalkan itu karena takut Allah tidak ridho dengan pekerjaannya. Dia memohon petunjuk untuk mendapatkan ganti yang lebih baik dari pekerjaan yang telah dia tinggalkan tersebut.

Tidak lama kemudian dia mendapatkan tawaran untuk pindah ke Bandung bersama istrinya. Istrinya memutuskan untuk mengajar, tetapi Hanan Attaki lebih suka pekerjaan freelance.

Dia pernah melamar ke pondok untuk menjadi guru tetapi ditolak karena sudah banyak guru di pondok tersebut.

Dia pun mencoba untuk menerjemahkan buku dan dikirimkan ke penerbit. Dengan bermodal laptop bekas dia pun berhasil menerjemahkan buku. Namun ditolak oleh penerbit dengan alasan sudah banyak yang menerjemahkannya.

Akhirnya dia berpikir untuk menerbitkan buku sendiri. Dia menulis sendiri dan menerbitkan buku sendiri.

Setelah itu menambah usahanya ke jual beli pulsa. Dia pun berhasil membuka 60 cabang counter di Bandung. Sempat juga merambah dunia jual beli mobil bekas dan usaha property meski masih berskala kecil.

Setiap kejutan dalam hidupnya telah dia rasakan. Saat ingin kuliah ke Al Azhar Mesir, dia sempat ragu karena tidak memiliki uang. Dia berasal dari keluarga yang sangat berkecukupan. Dia ragu dan berpikir untuk menyerah kuliah di Aceh saja.

Dia pun akhirnya berhasil lolos menjadi mahasiswa Al Azhar Mesir. Gurunya berpesan bahwa Allah itu ada dimana-dimana, tidak hanya ada di Aceh atau Indonesia.

Hidup di Mesir pun dia bisa bertahan dengan menjadi tour guide bagi para jamaah ibadah Haji dan Umroh. Dia bisa menyisihkan penghasilannya untuk sebagian dikirimkan kepada orang tuanya di Indonesia.

Tidak ada yang tak mungkin jika Allah pun sudah menghendakinya. Allah tak akan mengecewakan hamba yang datang kepada-Nya.

 

Ketiga kisah inspiratif islami nyata di atas memberikan bukti bahwa ketika kita memohon hanya kepada Allah dengan sepenuh hati, maka Dia-lah yang akan menjadi penolong hamba-Nya.

Posting Komentar untuk "Kisah Inspiratif Islami Nyata"