Kisah Inspiratif Neymar, Jangan Bandingkan Hidupmu Dengan Hidup Orang Lain

 

Sumber : sport.detik.com

“Aku hanya ingin lebih baik setiap harinya. Untuk bisa menjadi lebih baik lagi, bukan untuk lebih baik dari orang lain” – Neymar.

 

Neymar adalah salah satu pemain sepak bola berbakat dunia. Kini namanya melambung tinggi dalam klub Barcelona bersama dengan Messi.

Namun tidak banyak yang tahu bahwa Neymar berasal dari keluarga yang dulunya hidup miskin. Neymar kecil harus bertahan hidup di rumah tanpa listrik bahkan untuk tidur pun dia harus berbagi ranjang single dengan orang tua dan saudara-saudaranya.

Sebelum menjadi pemain sepak bola, nyaris hal itu tidak terwujud saat Neymar berusia 4 tahun bersama orang tuanya mengalami kecelakaan mobil. Mobil keluarga Neymar hampir masuk jurang. Beruntung Neymar waktu itu bisa selamat dari maut meski ditemukan banyak luka dan berdarah, ayahnya pun harus mengalami patah tulang di pahanya.

Neymar lahir di Sao Paolo di daerah permukiman padat penduduk. Walaupun hidupnya serba kekurangan, tetapi Neymar tumbuh menjadi anak laki-laki yang lincah.

Bakat bermain sepakbola Neymar turun dari ayahnya yang saat itu juga menjadi pemain sepak bola. Namun untuk menghidupi keluarga ayahnya menghentikan kariernya dan bekerja di tiga tempat kerja. Saat itu sepak bola belum bisa dijadikan sumber penghasilan yang cukup untuk hidup.

Selepas seharian sekolah, Neymar akan mengerjakan pekerjaan rumah di dalam rumahnya yang sangat sempit dengan naungan lilin karena keluarga Neymar tidak sanggup untuk membayar biaya listrik.

Suatu waktu Neymar terlibat obrolan dengan ibunya. Neymar berkata pada ibunya, “Ibu, aku ingin kue”. Ibunya pun menjawab, “Maaf Neymar, kita tak punya banyak uang untuk membelinya. Mungkin minggu depan jika ayah sudah gajian kita bisa membelinya”.

Seketika itu juga Neymar berkata pada ibunya, “Tidak apa-apa, Ibu. Suatu hari aku akan menjadi orang kaya dan membangun pabrik kue. Jadi aku bisa makan kue kapan saja”.

Kemudian demi bisa menabung, Neymar dan keluarganya pindah ke rumah neneknya. Di sana mereka berbagai satu kamar untuk banyak orang.

Meski hidup terasa sulit itu tak memungkiri bakat bermain sepak bola di dalam diri Neymar tetap lah ada. Di usia 11 tahun, dia berhasil menjadi pemain terbaik kelompok sepak bola jalanan di daerahnya tinggal.

Berawal dari pemain sepak bola jalanan, akhirnya dia pun bisa bergabung di dalam tim sepak bola yang bermain di lapangan. Neymar bermain di dalam klub Santos hingga tahun 2013.

Hidupnya pun seketika berubah saat kesempatan untuk menandatangani kontrak dengan Barcelona FC datang. Dia dibayar hingga $57 juta di Barcelona FC. Dia pun bermain dengan Lionel Messi.

Empat tahun kemudian dia dipinang oleh PSG dengan nilai $263 juta. Dia pun menjadi salah satu pemain termahal saat itu.

Neymar tidak ingin menjadi pemain sepak bola nomor satu di dunia, tetapi dia hanya mencintai sepak bola. Dia tidak peduli dengan kompetisi, dia hanya peduli dengan menjadi lebih baik lagi di setiap harinya.

Jadi apa yang membuat Neymar bisa sukses seperti sekarang?

Kesuksesan itu tidak berasal dari tetanggamu, keluargamu, atau orang tuamu. Kesuksesan itu dari dirimu sendiri.

Kadang kamu merasa menjadi seperti seorang pecundang. Kenapa dirimu selalu gagal dan orang lain selalu menang?

Kenapa teman-temanmu bisa mendapatkan pekerjaan bagus semudah itu. Sedangkan kamu tidak.

Kenapa mereka selalu berhasil dalam hidupnya, sedangkan kamu tidak.

Kamu melihat mereka memiliki hubungan yang indah dengan pasangan mereka.

Kamu melihat mereka memiliki karir yang hebat.

Kamu melihat mereka memiliki lebih banyak uang daripada kamu.

Dan yang kamu miliki hanyalah kegagalan.

STOP !!!

Berhentilah membandingkan dirimu sendiri dengan orang lain.

Berhenti membandingkan pencapaianmu dengan orang lain.

Berhentilah bersikap tidak adil pada dirimu sendiri.

Bandingkan lah dirimu hari ini dengan dirimu yang kemarin, bukan dengan orang lain yang sekarang. Karena itu tidak tepat.

Karena kamu dan mereka memiliki kesempatan yang sama. Titik mulai kamu dan mereka sama yaitu ketika lahir.

Kamu hanya bisa mengungguli mereka dengan mengembangkan dirimu sendiri. Jadi lebih baik fokus pada kemampuan dirimu sendiri.

Musuhmu bukan lah mereka. Namun musuhmu adalah dirimu yang kemarin, egomu, alasan-alasan penundaanmu, dan hal-hal negative yang ada pada dirimu saat ini.

Jadi jangan pernah membuat dirimu lemah dengan membandingkan dengan hidup orang lain. Berhentilah untuk menyakiti dan bersikap tidak adil pada diri sendiri. Mulai cintai diri sendiri hari ini dan kembangkan kreativitasmu.

Posting Komentar untuk "Kisah Inspiratif Neymar, Jangan Bandingkan Hidupmu Dengan Hidup Orang Lain"