Kisah Inspiratif Rowan Atkinson, Mengubah Kelemahan Menjadi Kesuksesan

 


“Kita tidak bisa mencegah penolakan yang terjadi, tetapi kita bisa mengendalikan apa yang akan kita lakukan untuk meresponnya dan terus maju.” – Rowan Atkinson.

 

Rowan Atkinson adalah comedian terkenal di dunia. Karena karakter Mr. Bean yang dia ciptakan dalam serial tv. Namun apakah tahukah kamu bahwa kelemahan Mr. Bean tersebut adalah juga kelemahan Rowan Atkinson. Dia mampu mengubah kelemahannya menjadi kesuksesan.

Kisah inspiratif Rowan Atkinson menunjukkan kepada kita bahwa setiap manusia pasti memiliki kekurangan. Hanya bagaimana kita bisa menerima kekurangan tersebut dan menjadikannya peluang keberhasilan bagi kita.

Rowan Atkinson tumbuh dalam keluarga kelas menengah. Namun dia cukup menderita ketika kecil karena kegagapannya dalam berbicara.

Karena kelemahannya tersebut, dia sering kali diejek dan dibully di sekolah. Selain itu, wajah Rowan Atkinson pun dianggap aneh seperti alien. Oleh karena itu, dia sering dijuluki “si aneh” oleh teman-temannya.

Rowan Atkinson pun tumbuh menjadi anak yang pemalu dan suka menyendiri. Sehingga dia tidak memiliki banyak teman. Hal itu yang menjadi alasannya memiliki jurusan science.

Salah satu gurunya menyaksikan perkembangan Rowan Atkinson yang diluar ekspektasi. Pada awalnya Rowan Atkinson bukan lah termasuk anak yang pintar, tidak ada yang bisa diharapkan darinya, apalagi untuk menjadi seorang ahli keilmuan.

Namun Rowan Atkinson mampu membuktikan bahwa anggapan orang-orang terhadap dirinya salah besar. Dia membuktikan bahwa dia bisa masuk Oxford University.

Saat kuliah di Oxford University inilah dia mulai jatuh cinta dengan dunia acting. Namun dia tidak bisa tampil dengan peran yang banyak bicara karena kegagapannya.

Dia pun berhasil menyelesaikan gelar master di jurusan elektro. Sebelum menyelesaikan studinya, dia pun tak berniat untuk berperan dalam film atau tv show.

Setelah mendapatkan gelarnya, baru dia ingin mengejar mimpinya untuk menjadi seorang actor. Dia pun mendaftarkan dirinya dalam grup komedi. Namun kegagapannya masih menjadi penghalang mimpinya itu.

Banyak tv show yang menolak Rowan Atkinson kala itu. Dia pun merasa kecewa dan gagal.

Namun demikian, meski dia banyak mengalami penolakan, dia masih memiliki keyakinan dalam dirinya bahwa suatu hari akan datang waktu yang tepat untuknya bisa menjadi actor.

Dari dulu Rowan Atkinson memang memiliki passion untuk membuat orang-orang tertawa. Dia merasa baik dalam bidang komedi.

Rowan pun memilih untuk lebih fokus lagi dalam memerankan komedi. Dia menyadari bahwa kapanpun dia mendapat perang, dia tak pernah bisa lancar dalam berbicara.

Justru Rowan Atkinson malah menjadikannya kegagapannya sebagai ciri khas dirinya. Dia merasa baik saat memerankan karakter lain yang gagap tersebut.

Ketika masih kuliah dia mencoba menciptakan karakter sendiri yang aneh, nyata, dan tidak berbicara. Kini karakter tersebut yang kita kenal dengan nama “Mr. Bean”.

Meski dia sukses dalam memerankan tv show, tetapi justru malah Mr. Bean yang dia ciptakan tersebut yang membuatnya dikenal oleh dunia.

Dia membuktikan bahwa tidak perlu berbadan bagus atau berwajah tampan untuk bisa sukses. Dia mampu menghadapi tantangan dirinya, yaitu berpenampilan aneh dan gagap saat bicara.

Kini dia menjadi seorang actor yang tidak hanya dikenal tetapi juga dihormati sebagai comedian dunia. Meski dia memiliki kekurangannya yang aneh dan gagap tersebut.

Rowan Atkinson mengajarkan kepada kita melalui perjalanan hidupnya bahwa untuk mencapai kesuksesan dalam hidup hal yang terpenting adalah niat, kerja keras, berdedikasi, dan tidak pantang menyerah.

Ketika kita tidak mengenal siapa diri kita sebenarnya, apa yang menjadi kelemahan kita, maka setiap hari kita seperti dihadapkan pada banyak cobaan hidup yang menghalangi kesuksesan kita.

Kita pun akan memandang semua cobaan itu adalah kegagalan yang siap datang dalam hidup kita. Apalagi jika kita begitu peduli dengan apa yang orang katakan tentang diri kita, menyerah pada setiap penolakan, dan ketidakpercayaan diri.

Alih-alih berpikir tentang kegagalan, lebih baik kamu memandang semua yang terjadi itu adalah sebuah penghargaan yang akan kamu dapatkan ketika kamu memilih untuk tidak menyerah.

Setiap hari yang kita hadapi akan memberikan pilihan untuk kita, jadi jangan berkata bahwa kita tak punya pilihan.

Kita bisa memilih untuk mengisi hari-hari kita dengan melakukan apa yang terbaik atau melewatkannya begitu saja tanpa melakukan apapun.

Pahamilah bahwa kamu tidak memiliki kehidupan lain selain hidupmu hari ini. Jadi pilihlah dengan mengisinya untuk benar-benar mengejar impianmu.

Karena sangat mustahil bahwa untuk mencapai kesuksesan kita tidak melewati kegagalan. Kita tidak bisa mencegah apa yang akan terjadi, tetapi kita bisa mengendalikannya melalui pilihan respon dan tindakan untuk terus maju.

Tak ada orang yang terlahir sempurna. Tidak ada seorang pun di dunia ini yang tidak pernah gagal. Jadi jangan lah takut gagal. Pilih lah sesuatu yang membuatmu bergerak dan terus maju.

Lakukanlah yang terbaik yang kamu bisa selama kamu masih hidup. Karena kamu hanya memiliki kehidupan ini sekali.

Posting Komentar untuk "Kisah Inspiratif Rowan Atkinson, Mengubah Kelemahan Menjadi Kesuksesan"