Review Drama Korea Fix You - Soul Mechanic (2020)

 

Sumber Gambar : idntimes.com

Dilihat dari judulnya saja sudah bisa ditebak bahwa drama ini berhubungan dengan penyembuhan jiwa. Fix you adalah drama korea yang bertema psikologi.

Kenapa saya lebih suka mereview drama korea yang berhubungan dengan kesehatan mental. Karena menurut saya di jaman ini Kesehatan mental seperti diabaikan, padahal dia memiliki posisi yang sama dengan penyakit fisik. Bedanya kalau penyakit yang menyerang fisik lebih terlihat.

Dalam drama ini banyak disuguhkan orang-orang yang memiliki gangguan Kesehatan mental dengan berbagai latar belakang. Ingat ya bahwa sesuatu itu terjadi pasti ada alasan dibaliknya, seperti kenapa orang menjadi marah, sedih, dan lain sebagainya.

Baiklah saya akan mulai untuk mereview dari segi pemain, karakter, alur cerita, hingga hikmah apa yang bisa dapatkan dari drama korea Fix You ini.

Pemain

Pemain dalam drakor Fix You ini memang tidak begitu menarik. Malahan terkesan tokoh utama pria yang sebagai dokter atau soul mechanic nya itu jauh umurnya dibanding pemeran wanitanya.

Meski ada romance dalam drakor ini tetapi tidak menjadi bagian yang besar dalam cerita. Karena lebih fokus pada bagaimana pria ini mengobati para pasiennya dengan cara yang tidak biasa.

Mungkin melihat profesi psikiater kita pun seperti enggan mendekat apalagi suruh konsultasi. Karena di dunia nyata ini, kita melihat psikiater lebih menakutkan daripada dokter penyakit fisik. Bagaimana berpikir untuk bercerita jika kita sudah menjudge bahwa psikiater tak terjangkau.

Namun pria dalam drama ini benar-benar memperlakukan pasiennya dengan berbeda, lebih dekat, lebih akrab, sehingga membuat mereka nyaman. Mana ada kan ya dokter penyakit jiwa yang mau nemenin pasiennya untuk melakukan hal-hal sehari-hari. Ketemunya ya pas konsultasi saja biasanya. Namun berbeda dengan psikiater yang satu ini, dia mau nemenin saat pasiennya bertingkah seolah dia adalah polisi, mau ketemu di luar rumah sakit, dan mau mengajak pasien yang rawat inap untuk jalan-jalan keluar. Karena menurutnya yang sakit itu jiwanya, bukan fisiknya, jadi dia lebih butuh untuk beraktivitas di luar ruangan.

Dan pada akhirnya diketahui bahwa dokter ini juga sebenarnya mengidap gangguan jiwa sejak ada pasiennya yang meninggal saat dia mengajaknya keluar. Jadi semacam trauma setelah sesuatu terjadi.

 

Karakter

Dari sisi karakter ini, Han Woo Jo, pemeran wanitanya diceritakan adalah seorang aktris yang menderita gangguan ambang. Dia mudah sekali emosi hingga membuat orang-orang di sekitarnya takut.

Mungkin kamu juga pernah melihat orang yang kalau marah terlihat menakutkan, dia membanting barang-barang, berteriak, dan lain-lain. Orang lain yang tidak bisa memahami hanya menuntutnya untuk mengendalikan emosi.

Padahal orang-orang tidak tahu alasan dibalik kenapa dia menjadi pemarah? Karakter Han Woo Jo ini juga beberapa ada yang tidak suka karena sifatnya yang pemarah berlebihan. Namun itulah faktanya, saya pun merasa kadang menjadi Han Woo Jo jika ada sesuatu yang terjadi.

Han Woo Jo mengalami masa-masa sulit, dia diabaikan dengan ditinggalkan oleh ibu kandungnya di panti, diusir oleh ibu angkatnya karena dianggap pembawa sial, dan dikhianati oleh pacarnya. Karena kejadian-kejadian yang menyakitkan itu Han Woo Jo menjadi tidak stabil secara emosional.

Beberapa kali pergi untuk berkonsultasi ke psikiater tetapi tidak ada yang berhasil membuatnya bercerita dan menerima kondisinya. Keadaan jiwa Han Woo Jo semakin parah sampai pada akhirnya dia bertemu dengan dokter pria itu sang soul mechanic.

 

Alur Cerita

Alur cerita drakor Fix You menggunakan alur maju mundur, ada kalanya alur berbalik ke masa lalu ketika menceritakan kejadian masa kecil Han Woo Jo.

Menjalin hubungan dengan dokter itu pun tidak begitu saja mulus tetapi berkat kesabaran dan pengertian dokter dan keinginan Han Woo Jo untuk sembuh maka kondisi bahagia dan sedih bisa drastis dia rasakan.

Ceritanya Han Woo Jo menyadari bahwa dia sakit setelah beberapa kali bertemu dokter tersebut. Sesi konsultasinya pun tidak pernah dilakukan di dalam ruangan untuk menarik perhatian Han Woo Jo agar mau berbagi. Namun dokter itu memilih menemani Han Woo Jo dalam menghadapi hari-harinya.

 

Gangguan jiwa tidak seharusnya dianggap penyakit yang tabu karena tuntutan jaman membuat orang banyak melakukan hal hanya untuk diterima di lingkungannya.

Rasa diabaikan, tidak diterima dengan baik, kecewa, penghargaan diri yang rendah, membuat seseorang menjadi terganggu Kesehatan mentalnya. Tapi sayangnya orang lain pun tidak aware dengan ini sehingga membuat orang yang sedang menderita Kesehatan mental memilih juga untuk mengabaikan rasa sakitnya.

Hal pertama saat kondisi mentalmu terganggu adalah menerimanya. Kebahagiaan tidak akan mungkin dapat kita genggam selamanya, tetapi juga jangan mengabaikan rasa sakit yang kadang akan muncul. Cukup diterima dan dipahami bahwa hati kita sedang tidak baik-baik saja.

Berkata “I am fine” di segala situasi ternyata bukan lah hal yang tepat. Justru itu mengabaikan rasa sakit. Bayangkan kalau sakit fisik setelah jatuh dari motor misalnya tidak segera diobati maka akan menjadi luka basah yang tidak sembuh-sembuh.

Ada baiknya kita mulai belajar memahami kondisi apa yang sedang kita alami. Tak mengapa untuk ditinggalkan dan diabaikan. Bukan artinya ada yang salah denganmu atau kamu tidak cukup baik. Justru mungkin saja ada masalah yang menimpa orang yang menyakiti kita sehingga kita yang mendapatkan dampaknya ketika dekat dengannya.

Lebih lengkapnya bisa kamu tonton sendiri drama korea Fix You ini. Mungkin ratingnya tidak sebagus dengan drakor yang diperankan Lee Min Ho atau Ji Chang Wook ya, tetapi isi dari ceritanya sangat bermanfaat untuk diri kita. Kita bisa mulai mencintai diri kita karena ketika diri ini ditinggalkan dan diabaikan, maka hanya ada diri kita yang menemani.

Jadi mulai sekarang kalau kamu tipe yang mudah memuji orang lain, mulailah memuji diri sendiri. Memaafkan diri sendiri dan memberikan pujian akan membuat diri kita lebih baik dan merasa lebih dicintai.

Posting Komentar untuk "Review Drama Korea Fix You - Soul Mechanic (2020)"