3 Cerita Motivasi Hidup Sederhana

 


Kesederhanaan adalah keindahan bagi orang yang sanggup memandangnya. Berikut ini beberapa cerita motivasi hidup sederhana yang bisa membuatmu lebih bersabar dan menerima keadaan.

Hidup memang tidak semudah dan seindah yang dibayangkan. Banyak orang yang merasa dan berkata demikian ketika mengalami kondisi yang serba terbatas. Namun tidak pernah terbayangkan kan bagaimana jika kehidupanmu menjadi orang kaya tetapi terkurung dalam istana megah yang kau buat sendiri. Seorang putri pun dalam dunia dongeng memilih keluar istana dan mencari kekasihnya yang hidup sebagai rakyat biasa.

 

Cerita Motivasi Hidup Sederhana : Memiliki Mimpi Besar



Kisah Hidup Oprah Winfrey

Saat masih balita, orang tuaku bercerai dan aku diasuh oleh nenekku. Kami hidup dalam kemiskinan, aku bahkan harus menggunakan karung sebagai pakaianku. Suatu hari, nenekku jatuh sakit dan aku harus tinggal dengan ibuku.

Ibuku adalah seorang pembantu rumah tangga yang menghabiskan sebagian besar waktunya untuk bekerja. Pada umur sembilan tahun, aku diperkosa secara bergiliran oleh sepupu, paman, dan keluarga temanku. Akhirnya aku muak dan kabur dari rumah pada usia 13 tahun dalam keadaan hamil.

Pada usia 14 tahun aku melahirkan anak pertamaku. Sayangnya, ia meninggal dalam kandungan. Aku lalu mengunjungi ayahku yang berprofesi sebagai tukang cukur rambut di Tennessee. Saat ittulah aku mencurahkan segala kekecewaan dan kesedihanku untuk belajar.

Kerja kerasku terbayar, aku menjadi siswa unggulan dan lulus sebagai murid terbaik. Aku juga memenangkan beberapa penghargaan dalam bidang pidato. Aku kemudian mengambil kuliah jurusan Komunikasi di Tennessee State University.

Di sela-sela waktu kuliah, aku mengambil pekerjaan sebagai penyiar di radio lokal. Setelah lulus, aku mulai meniti karir di bidang pertelevisian. Tidak mudah sebagai orang kulit hitam untuk berkarir di dunia televisi karena dianggap kurang menjual.

Tapi aku memiliki mimpi besar dan tidak menyerah. Di usia sembilan belas tahun aku akhirnya menjadi wanita kulit hitam pertama yang menjadi pembawa berita. Aku ditunjuk menjadi pembaca berita di program AM Chicago, acara yang kemudian menjelma menjadi program paling banyak di tonton di Amerika Serikat pada saat itu. Pada 1986, AM Chicago pun berubah nama menjadi Oprah Winfrey Show. 

Kisah hidup Oprah Winfrey di atas berawal dari hidup yang sangat sederhana. Bahkan dia mengalami pelecehan seksual yang mengakibatkan dirinya hamil. Putus asa, depresi, kecewa, marah, adalah beberapa perasaan Oprah saat itu. Namun dia memilih bangkit dari depresinya dan memulai hidup yang baru dengan seluruh kesederhanaan yang dimiliki.

 

Cerita Motivasi Hidup Sederhana : Cara Tuhan Memberi Pertolongan

Di sebuah desa yang terletak di bantaran sungai, terdapat sebuah kuil yang kerap dikunjungi warga. Kuil tersebut diurus oleh seorang pendeta yang sangat taat beribadah. Suatu hari pada peralihan musim, turun hujan deras yang menyebabkan sungai meluap.

Perlahan tapi pasti, air mulai memasuki rumah warga hingga setinggi mata kaki. Sebagian besar warga kemudian mengungsikan diri sambil membawa barang berharga. Salah satu warga yang mengungsi memperingatkan pendeta yang masih berdoa di kuil untuk segera pergi dari desa.

Pendeta itu berkata, “Dasar tak beriman! Kamu pikir aku akan pergi begitu saja? Tak seperti kalian, aku yakin Tuhan akan menyelamatkanku. Pergilah saja duluan!”

Hujan masih berlanjut, kali ini ketinggian air sudah mencapai pinggang. Warga yang tersisa mengeluarkan perahu karet dan menyelamatkan diri. Beberapa warga memeriksa kuil dan menemukan pendeta duduk di atas mejanya. Mereka memaksanya naik ke perahu, namun pendeta itu tetap menolak untuk pergi dengan alasan yang sama.

Pendeta yang taat itu terus berdoa di ruangannya. Tapi hujan yang turun belum menunjukkan tanda-tanda akan berhenti. Air pun terus naik hingga pendeta harus naik ke atap.

Beberapa saat kemudian, helikopter tim SAR datang dan menjemputnya. Pendeta itu masih menolak untuk mengungsi. Ia yakin bahwa Tuhan akan menyelamatkannya. Karena keadaan yang semakin berbahaya, helikopter pun meninggalkanya.

Satu jam berlalu sejak helikopter tadi mendatangi pendeta, hujan masih deras dan si pendeta mulai kesulitan untuk bertahan di atap. Ia mulai panik dan berkata, “Tuhan, aku sudah selalu taat menyembahmu. Aku percaya engkau kan menyelamatkanku. Tapi mengapa kau biarkan aku menderita terus begini?”

Sesaat kemudian muncul suara, “Aku tahu engkau taat padaku. Aku telah mencoba menyelamatkanmu tiga kali. Satu dengan orang yang memperingatkanmu mengungsi, dua dengan perahu karet, dan yang terakhir dengan helikopter.”

Cara Tuhan memberi pertolongan hamba-Nya memang tak pernah kita sangka. Jangan pernah merasa sudah beriman jika kamu tidak bisa membaca dan paham arti iman itu sendiri. Karena ketamakan dan kebodohan pendeta tersebut, dia malah mengabaikan pertolongan Tuhan yang sebenarnya.

 

Cerita Motivasi Hidup Sederhana : Sedekah Lebih Baik

Pada zaman Nabi Sulaiman AS hiduplah seorang keluarga yang diceritakan mempunyai pohon besar disamping rumahnya, di pohon itu terdapat sarang burung yang berisi beberapa anak merpati.

Kemudian ada seorang laki-laki yang mengambil anak merpati itu dan menjadikan anak-anak mereka, selepas kejadian itu induk merpati mengadu kepada Nabi Sulaiman AS.

Nabi Sulaiman mengundang laki-laki itu dan menyuruhnya untuk bertobat, dan dia berjanji tidak akan mengulanginya lagi.

Suatu hari istrinya menyuruh dia untuk mengambil anak merpati itu lagi.

Awalnya laki-laki itu menolak, tapi dengan rayuan istrinya akhirnya laki-laki terbujuk dan melakukannya sampai beberapa kali.

Induk merpati mengadu lagi dan Nabi Sulaiman marah terhadap laki-laki itu.

Kemudian Nabi Sulaiman menugaskan jin untuk menjaga pohon tersebut dan menjaga supaya jangan sampai laki-laki itu mengambil anak merpati itu lagi.

Ketika merpati sudah beranak lagi, laki-laki itu memanjat lagi, tiba-tiba datanglah seorang fakir mengetuk pintu rumahnya lalu dia menyuruh istrinya untuk memberikan sesuatu.

Istrinya berkata: “Aku tidak punya apa-apa” lalu laki-laki itu turun dari pohon dan memberikan segenggam makanan kepada fakir itu. Setelah itu dia kembali memanjat pohon dan mengambil lagi anak merpati.

Lalu induk merpati mengadu lagi dan Nabi Sulaiman semakin marah dan memanggil kedua jin yang ditugaskan menjaga pohon tersebut.

Jin itu menyebutkan ketika kami hendak menjatuhkan laki-laki itu tiba-tiba datang dua malaikat yang melemparkan kami kedua arah yang berlawanan secara berjauhan.

Berkat dari sedekah yang diberikan oleh seorang laki-laki itu, maka dia pun terhindar dari jin yang berusaha menyelakainya. Pesan yang disampaikan dari cerita ini adalah jangan pernah menghindari sedekah. Istri laki-laki tersebut menolak untuk memberikan sesuatu kepada fakir, tetapi laki-laki itu memilih untuk memberikan makanan kepada fakir. Tidak disangka justru sedekah itulah yang menyelamatkan dirinya.

Ketiga cerita motivasi hidup sederhana di atas adalah mengenai bagaimana kita menerima kondisi diri kita apa adanya dan lebih berserah diri kepada Allah SWT. Karena kita tak tahu pertolongan apa yang Dia siapkan untuk kesederhanaan yang kita alami saat ini.

Posting Komentar untuk "3 Cerita Motivasi Hidup Sederhana"