4 Kisah Inspiratif Untuk Siswa SMA

 


Berikut ini kumpulan kisah inspiratif untuk siswa SMA yang membutuhkan semangat dan motivasi untuk terus berjuang dalam Pendidikan. Dengan membaca kisah orang lain biasanya akan memacu siswa untuk berpikir lebih luas lagi dan lebih percaya pada dirinya sendiri.

Menjadi siswa SMA adalah masa transisi dari remaja menuju dewasa. Jika dikatakan masih remaja tetapi usia sudah beranjak menuju dewasa karena hampir mendekati usia 17 tahun. Namun belum bisa disebut dewasa karena belum bisa bertanggung jawab terhadap hidupnya sendiri dan masih membutuhkan wali.

Nah, untuk itu sengaja saya kumpulkan kisah-kisah inspiratif ini untuk menyemangati kamu yang sedang dalam masa transisi tersebut. Biasanya lebih banyak galaunya, banyak pemikiran yang tak tersampaikan, banyak keinginan sekaligus kekhawatiran tentang masa depan.

 

Kisah Inspiratif Untuk Siswa SMA Belajar Tentang Kesabaran

Perjalanan Hidup Michael Jordan

Sejak kecil Jordan memiliki ketertarikan dalam bidang olah raga. Salah satu cabang olah raga kesukaannya adalah bola basket.

Saat baru duduk di bangku SMA, Jordan pernah ditolak saat ingin mengikuti seleksi masuk tim basket sekolahnya. Alasan utama pada saat itu adalah karena badannya yang terlalu pendek. Selain itu, ia juga dinilai kurang mahir dalam permainan tersebut.

Jordan sangat sedih mendengar hal itu, tapi ia tak menyerah. Ia tetap berlatih dengan giat setiap hari di rumah. Tidak hanya tekniknya, ia juga melatih fisiknya dengan sangat keras dan disiplin. Dua tahun berikutnya, ia kembali mengikuti seleksi tim sekolahnya dan diterima.

Meski sudah diterima dalam tim, ia tidak langsung puas dan bermalas-malasan. Ia tetap rajin berlatih, bahkan ia sering pulang terlambat karena latihan tambahan.

Pada kompetisi SMA tahun 1981 Jordan membuktikan kerja kerasnya. Pada game pertamanya, ia berhasil mencetak 40 angka. Ia juga memiliki statistik yang mengesankan, rata-rata 25 angka per game, dan memenangkan kompetisi SMA di tahun yang sama.

Sejak saat itu karier basketnya terus menanjak. Ia bergabung dengan tim Universitas Carolina Utara dan memenangkan beberapa kompetisi pada tahun 1983 dan 1984. Kemudian ia mendapat kontrak dan bergabung dalam tim Chicago Bulls pada tahun 1984.

Karir Jordan di dunia basket professional NBA sangat gemilang. Ia mengantarkan timnya menjadi juara sebanyak enam kali, lima kali menjadi MVP di sepanjang musim, dan empat belas kali masuk ke dalam NBA All Stars.

Ia pensiun tahun 2003 dan tercatat sebagai pemain yang mencetak angka terbanyak kedua dalam satu musim. Kini Jordan menjadi pemilik klub NBA, pebisnis, dan salah satu legenda basket sepanjang masa.

Kisah perjalanan hidup Michael Jordan di atas mengajarkan kepada kita bahwa dengan kerja keras apa yang awalnya tidak mungkin itu akan menjadi mungkin. Jordan pun tak pernah putus asa dan memilih untuk bersabar saat dihadapkan dengan kegagalan.

Air yang Keruh

Suatu ketika Sidharta Gautama melakukan perjalanan mengunjungi beberapa kota bersama muridnya. Sesaat sebelum memasuki kota pertama, ia beristirahat di bawah sebuah pohon yang rindang. Di sekitar tempat mereka beristirahat itu, ada sebuah danau kecil.

Sidharta Gautama kemudian meminta muridnya mengambil air untuk minum dari danau tersebut. Saat itu di danau sedang banyak warga yang mencuci pakaian sambil bermain di air. Air danau tersebut menjadi keruh. Murid itu lalu kembali ke tempat gurunya lalu berkata, “Air di danau itu sangat keruh dan banyak orang yang mencuci pakaian di sana. Izinkan aku pergi ke tempat lain mencari air.”

Sidharta Gautama lalu menyuruh muridnya untuk bermeditasi bersamanya di bawah pohon itu. Setelah beberapa saat, ia menyuruh muridnya kembali ke danau untuk mengambil air lagi.

Ketika si murid kembali ke danau, sudah tidak ada orang yang mencuci pakaian. Air danau pun sudah jernih karena kotorannya telah mengendap ke dasar danau. Si murid itu pun mengambil air dan mengantarkannya pada gurunya.

Sidharta Gautama lalu berkata, “Air keruh di danau seperti pikiran manusia ketika stres. Sementara, air yang jernih seperti pikiran manusia ketika tenang. Terkadang jalan terbaik untuk menjernihkan pikiran adalah dengan bersabar.”

Kesabaran dan kegigihan adalah kunci utama untuk hidup sukses. Apapun yang sedang kita kejar, apapun impian dan harapan kita, ketika mampu dilakukan dengan tenang dan konsisten maka bersiaplah untuk menuai hasilnya.

 

Kisah Inspiratif Untuk Siswa SMA : Ingat Jasa Orang Tua

Hari ini Putri berulang tahun yang ke 14. Biasanya di hari ulang tahun Putri, ibu akan memasak makanan kesukaannya dan ayah akan memberikan hadiah. Begitu bel pulang sekolah berbunyi, Putri langsung bergegas pulang, berharap kejutan dari orang tuanya.

Tapi hari itu ternyata adik Putri sedang sakit, sehingga ibu repot merawat anaknya yang sakit. Otomatis, sirnalah harapan putri untuk makan makanan kesukaannya.

Putri kesal pada orangtuanya karena merasa tidak diperhatikan. Ia lalu pergi dari rumah menuju ke taman sambil marah-marah. Tidak lama kemudian, perutnya mulai melilit karena lapar.

Saat itu hanya ada tukang bakso keliling yang berjualan di taman. Putri pun mendekati tukang bakso itu, sayangnya ia tak memiliki uang. Melihat wajah Putri yang memelas, tukang bakso itu menawarinya semangkuk bakso gratis.

Sambil memakan semangkuk bakso itu, tiba-tiba air mata putri menetes. Abang tukang bakso pun bertanya, “Kenapa nangis, Neng?”

“Sebenarnya ini hari ulang tahunku, aku terharu, abang yang baru kenal malah baik banget,” jawab Putri. “Orang tuaku malah ngga peduli.”

“Ya kalo abang yang baru kasih Neng makan sekali aja udah bikin terharu, apalagi orang tua Neng yang udah bertahun-tahun kasih makan. Jangan ngeremehin orang tua sendiri Neng, nanti nyesel lho!” kata abang tukang bakso.

Putri pun mendengarkan nasihat abang bakso itu dan pulang. Sampai di rumah, ia meminta maaf pada ibunya.

Seringkali kita merasa kesal dan kecewa terhadap orang tua ketika ada keinginan yang tidak terwujud. Tapi kita pun tidak menyadari bahwa kita sudah berpikir berlebihan sehingga merasa marah. Dengan mengingat jasa kedua orang tua kita, maka kemarahan dan kecewa itu pun seolah tak ada artinya lagi.

 

Kisah Inspiratif untuk Siswa SMA : Anak Kecil Penjual Bunga

Di sebuah pusat perbelanjaan ada seorang anak perempuan kecil yang menjual bunga mawar kepada orang-orang yang lewat. Anak itu biasa berjualan di sana dari siang hari hingga petang.

Suatu siang saat melewati pusat perbelanjaan, anak kecil itu mendekatiku.

“Om, mau beli bunga mawar, Om? Bisa buat istri atau pacarnya Om, murah kok lima ribu aja.”, kata anak itu.

Kutolak dengan halus tawaran itu karena aku terburu-buru. Sempat kulihat di keranjang anak itu masih tersisa sekitar dua puluh tangkai mawar.

Sore harinya aku lewat pusat perbelanjaan itu lagi dan melihat si anak kecil masih menawarkan bunganya. Ia menawarkan bunga lagi padaku, tampaknya lupa siang tadi telah menawarkan bunga. Kutengok keranjangnya masih sekitar empat belas tangkai mawar.

Aku iba dengannya tapi karena aku masih memiliki urusan dan tidak membutuhkan bunga, kutolak dengan halus lalu kuberi anak itu selembar uang lima ribu. Anak itu mengambil uangku lalu memberikannya pada seorang pengemis di dekat sana.

Ku tanya anak itu, “Kenapa uangnya dikasih ke pengemis? Adik nolak rezeki?”

Anak itu menjawab, “Saya ke sini karena disuruh ibu jualan, yang ke sini buat minta-minta pengemis itu. Om salah kasih rezeki.”

Salut sama si anak kecil penjual bunga, karena dia selalu mengingat pesan ibunya. Dengan begitu ibu dan juga anak kecil pun terhindar dari turunnya martabat dan harga diri. Karena meski sama-sama mencari nafkah di jalanan, tetapi dia tetap memiliki jiwa yang berbeda dengan pengemis yang meminta-minta.

Beberapa kisah inspiratif untuk siswa SMA di atas semoga bisa menjadi semangat buatmu dalam mengejar cita-cita. Belajar dari pengalaman hidup orang lain itu tidak pernah akan sia-sia.

 

 

Posting Komentar untuk "4 Kisah Inspiratif Untuk Siswa SMA"