Cara Menyusun Cerita Inspiratif Beserta Contohnya

 


Cara menyusun cerita inspiratif dapat diawali dengan menemukan tema terlebih dahulu. Tema dapat kamu temukan dengan melihat kondisi yang ada di sekitar lingkunganmu. Cara tersebut akan mempermudah dirimu untuk menemukan tema yang dekat dengan keseharianmu.

Berikut ini akan kita bahas pengertian dari cerita inspiratif itu sendiri dan bagaimana cara menyusun cerita inspiratif yang baik dan benar.

 

Pengertian dan Cara Menyusun Cerita Inspiratif

Cerita inspiratif merupakan rangkaian cerita yang berbentuk narasi. Di dalam cerita tersebut sebaiknya memiliki pesan penting dan kesan yang menyentuh bagi para pembacanya. Pada kondisi tertentu, cerita inspiratif dapat membuat dirimu berjanji menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

Sebelum belajar cara menyusun cerita inspiratif, maka akan lebih baik untuk mengetahui terlebih dahulu ciri-ciri yang terkandung dalam cerita inspiratif itu sendiri. Supaya narasi yang kamu buat menjadi lebih utuh dan sistematis. Unsur pendukung tersebut diantaranya:

1.      Orientasi

2.      Kerumitan peristiwa

3.      Komplikasi

4.      Resolusi dan koda

5.      Menyampaikan pesan cerita

6.      Cerita narasi berbentuk fiktif maupun real (non-fiktif)

 

Cara Menyusun Cerita Inspiratif Beserta Contohnya

Aksi Youtuber Peduli ODGJ

·         Orientasi

RianTV merupakan salah satu chanel Youtube yang berfokus pada aksi kepedulian sosial terhadap Orang Dengan Gangguan Jiwa atau disingkat ODGJ. Videonya selalu menarik perhatian tentang Rian yang memberanikan diri bercengkerama dengan penderita gangguan jiwa di pinggir jalan raya Bandung.

·         Kerumitan Peristiwa

Kegiatan interaksi dengan orang yang mengalami gangguan jiwa memang tidak selalu mudah. Terkadang Rian bersama kawan-kawannya harus mendapatkan cemoohan dari warga sekitar karena kepeduliannya tersebut. Akan tetapi berkat niat pribadi dan dukungan dari para subscriber di dunia maya tidak meruntuhkan keinginan Rian untuk tetap peduli terhadap sesama yang membutuhkan.

·         Komplikasi

Pada beberapa episode, terdapat kegiatan Rian bersama kru terhambat karena disambut dengan sikap yang tidak bersahabat. Menyebut Rian dengan bahasa yang kasar atau mengusirnya agar tidak berani mendekati orang yang sedang mengalami gangguan jiwa tersebut.

Rian seringkali membagi makanan, minuman, pakaian dan alas tidur. Bahkan pada beberapa orang yang mudah untuk diajak bercengkerama, Rian membersihkan orang-orang tersebut agar penampilannya tidak terlalu kotor.

·         Resolusi

Hal yang ingin dicapai Rian melalui akun Youtube miliknya adalah mengajak semua lapisan masyarakat untuk peduli dengan sesama. Bahkan jika kamu mampu, maka tidak ada salahnya untuk melakukan hal yang sama.

·         Koda

Terdapat banyak pesan yang ingin disampaikan Rian melalui kegiatannya tersebut. Salah satunya berharap sanak keluarga ODGJ bisa melihat video miliknya. Banyak pihak yang menghubungi Rian untuk mengonfirmasi jika orang dalam video RianTV adalah salah satu anggota keluarga yang hilang.

Jangan bosan untuk berbagi, karena berbagi itu indah dan mudah untuk dilakukan. Anda bisa temukan di mana saja, termasuk di tempat ramai bernama jalanan.

 

Contoh Cara Menyusun Cerita Inspiratif

Berikut ini beberapa contoh cerita inspiratif yang bisa kamu jadikan bahan untuk belajar bagaimana cara Menyusun cerita inspiratif yang baik dan benar agar ceritamu tidak keluar dari alur atau fokus pada satu ide saja.

Manusia Gorong-Gorong

31 Desember 2019 menjadi momen viral bagi dua orang pria dari kota kembang, Bandung. Mereka bernama Mang Uho dan Mang Uha, begitu panggilan sapaan bagi keduanya. Kecanggihan teknologi melaui media sosial merekam aksi dua pria ini memperbaiki saluran gorong-gorong di kota Bandung. Sehingga mereka memiliki sebutan tersendiri yakni manusia gorong-gorong.

Tanpa menggunakan alat yang canggih, Mang Uha bertelanjang dada dan hanya bermodalkan tangga kayu yang dipegang oleh kawannya Mang Uho. Seketika Mang Uha menyelam ke dalam gorong-gorong yang tersumbat. Kemudian segera naik kembali ke permukaan setelah air surut untuk menghindari tubuhnya terseret hanyut bersama air.

Aksi viral ini diapresiasi oleh beragam kalangan, seperti diapresiasi wali kota Bandung dan menemui keduanya di rumah masing-masing. Apresiasi yang diberikan oleh para netizen dan para tetangga menjadi salah satu bentuk penghargaan bagi keduanya. Kemudian sebagai bentuk rasa terima kasih bagi mereka berdua atas keberaniannya mencegah timbulnya resiko banjir di kota Bandung.

 

Berhentilah Mengejek Seseorang

Pada suatu hari supervisi bernama Dunham harus menghadapi seorang pekerja di bagian cleaning service yang memiliki kinerja buruk selama bekerja. Melihat kondisi ini para pekerja lainnya hanya mengejek si pekerja kebersihan dengan cara membuang sampah di lorong-lorong kantor. Hal ini mereka lakukan sebagai bukti bahwa kinerja si pekerja kebersihan sangat buruk.

Kondisi ini sering berulang dan diamati dengan baik oleh Dunham. Dia berpikir untuk segera menyelamatkan si pekerja dari keterpurukannya. Hal itu perlu dilakukan karena si pekerja kebersihan terkadang memiliki kinerja yang sangat baik ketika menyelesaikan pekerjaannya.

Dengan demikian Dunham memutuskan untuk memuji kinerja si petugas kebersihan di depan orang banyak. Secara cepat Dunham mendapatkan hasilnya, kini si pekerja kebersihan melakukan pekerjaan lebih efektif setiap hari. Orang lain yang semula mengejek si pekerja kebersihan kini memberikan pengakuan dan pujian serupa seperti Dunham.

Memberikan pujian yang jujur akan memperoleh hasil menakjubkan. Sementara kritik dan ejekan sama sekali tidak akan memperoleh hasil apapun kecuali hasil yang jauh lebih buruk.

 

Perjuangan Seorang Ibu dan Gerobak Kehidupan

Diceritakan pada suatu hari seorang ibu melintasi angkringan nasi uduk sambil mendorong gerobak miliknya. Dia tidak hidup seorang diri melainkan bersama kedua anaknya yang berada di dalam gerobak. Sontak saja kondisi ini menyentuh seseorang untuk turut berbagi. Panggil saja namanya Armi, seseorang yang sedang makan nasi uduk diwaktu pagi menjelang siang.

Melihat kondisi sang ibu dan kedua anaknya membuat Armi bergegas memanggil si ibu berkali-kali. Namun belum juga mendekati seruannya. Hingga akhirnya si ibu mendekat dengan air muka yang bingung. Tanpa pikir panjang Armi memesan 3 bungkus nasi uduk dan menyerahkan nasi tersebut pada si ibu. Berkali-kali si ibu mengucapkan terima kasih kepada Armi.

Sang ibu bercerita bahwa sang suami telah meninggal dan gerobak itulah peninggalan satu-satunya. Pekerjaannya kini hanya mencari sampah di dekat perumahan atau pinggir jalan raya. Kemudian menghibur kedua anaknya sembari terus berusaha bertahan hidup. Akan tetapi kondisi hidupnya kini sama sekali tidak dia sesali, sebab sang ibu selalu berusaha dan Tuhan ada bersamanya.

Tak ada di dunia ini yang mau hidup serba kesulitan. Namun di sanalah segala syukur dan pesan mesti digaungkan. Sebab Tuhan tidak pernah tidur dan selalu memberkahi setiap hambanya yang selalu bersyukur.

 

Ayah Juga Lupa

Seorang ayah menyelinap masuk ke dalam kamar putranya yang tengah tertidur pulas dengan tangan berada di bawah pipinya. Sang Ayah merasa bersalah dan hendak menyesali segala perbuatannya.

Selama ini sang ayah selalu bersikap kasar kepada anak semata wayangnya. Membentak ketika tidak sempat mandi sebelum ke sekolah kemudian tidak rajin membersihkan sepatu. Terkadang sang ayah juga berteriak ketika sang anak melempar barang-barang ke lantai sembarangan. Sang ayah selalu mencari kesalahan dan mencerca dengan sesuka hati.

Kini sang ayah menyadari betapa menyeramkan untuk mengingat apa yang pernah dia lakukan kepada putranya sendiri. Sang ayah berharap jika sang anak akan lebih baik darinya daripada tahun-tahun kehidupan dahulu di waktu muda. Kekhawatiran telah menganggap bahwa anak kecilnya telah tumbuh menjadi seorang lelaki dan ternyata dia terlalu banyak menuntut.

Akhirnya sang ayah menyesal telah menganggap putranya telah menjadi seorang dewasa. Padahal dia masih suka bermain bersama teman-teman dan melakukan beberapa kesalahan kecil lainnya. Kini sang ayah tidak akan melakukan hal yang seharusnya tidak diterima oleh seorang anak kecil.

 

 

Rumahku Hijau Kembali

Kami penduduk kampung cemara yang kini hidup miskin karena keserakahan para pemangku jabatan. Dahulu lingkungan di sekitar kami dipenuhi dengan pohon cemara yang hijau dan rimbun, sehingga rumah kami disebut dengan kampung cemara.

Akan tetapi tibalah saat yang mengerikan ketika para penjahat itu mengambil semua pohon kami. Kemudian setelah semua habis, mereka meninggalkannya dan membiarkan penduduk hidup di daerah yang tandus. Semua penduduk bersusah hati dan tidak mengetahui apa yang harus dilakukan.

Hari berlalu penuh kesedihan dan kekacauan semakin merajalela. Akhirnya datanglah seorang pemuda bernama Parmin dari sebuah kota. Dia menawarkan diri untuk membantu kesulitan kami di kampung cemara. Caranya adalah dengan menanam kembali daerah tandus tanpa pepohonan dengan beragam benih bunga dan pohon cemara.

Kemudian Parmin juga menyarankan untuk mengecat kembali bilik-bilik rumah agar terlihat lebih cantik. Berkat gotong royong, rumah kami tampak kembali asri meskipun pohon cemara belum tumbuh sempurna. Bunga-bunga perlahan bermekaran dan banyak wisatawan berdatangan. Sehingga penduduk memiliki mata pencaharian baru sebagai tourguide atau penjaja makanan ringan.

 

Gendang Nabi Sulaiman

Diceritakan pada suatu hari sang Kancil berjalan santai di tengah hutan tanpa mengkhawatirkan sang pengganggu yaitu si Harimau. Ya, berkali-kali si Harimau mencoba mencelakai si Kancil karena merasa kancil adalah ancaman.

Akan tetapi langkah si Kancil harus terhenti ketika terdengar geraman yang khas dari si Harimau. Benar saja, itu adalah si Harimau. Dengan cepat si Kancil berlari sekuat tenaga untuk menghindari kejaran si Harimau yang semakin mendekat. Kemudian si Kancil tersudut dan berhenti di satu pohon yang besar dan rimbun.

Saat tersudut itulah si Kancil melihat sebuah benda mirip gendang. Kemudian menawarkan benda tersebut kepada si Harimau dan diberi nama gendang Nabi Sulaiman yang sakti. Seketika si Harimau tertarik dengan gendang tersebut. Akhirnya si kancil diusir dan si Harimau fokus pada gendang yang kini jadi miliknya satu-satunya.

Sang Kancil menjelaskan bahwa si Harimu hanya perlu memukul gendang Nabi Sulaiman dengan tongkat kayu untuk mendengar suaranya yang merdu. Kemudian si Harimau melakukannya dan terdengarlah suara geraman yang khas. Akan tetapi bukan suara gendang melainkan suara tawon yang mengerikan. Akhirnya si Harimau berlari dan menyesal telah memercayai sang Kancil.

 

Bagaimana kamu bisa kan belajar cara Menyusun cerita inspiratif seperti beberapa contoh di atas? Jika merasa kesulitan, kamu bisa belajar mengkategorikan contoh-contoh cerita di atas sesuai strukturnya. Tujuannya biar kamu bisa lebih mudah mengenali setiap struktur dalam sebuah cerita inspiratif.

Posting Komentar untuk "Cara Menyusun Cerita Inspiratif Beserta Contohnya"