Pengertian Cerita Inspiratif dan Strukturnya

Belajar membuat cerita inspiratif dan strukturnya akan sangat membantu kamu dalam membuat cerita yang kamu inginkan. Dengan mengenal dan memahami strukturnya pun pesan yang ingin kamu sampaikan akan lebih mudah sampai ke pembaca.

Hal ini dikarenakan tulisanmu akan sesuai dengan alurnya sehingga pembaca pun mudah memahami isi cerita inspiratif yang kamu tulis.

Oleh karena itu, simak contoh cerita inspiratif dan bagaimana strukturnya berikut ini yang bisa kamu jadikan bahan untuk belajar. Kini kamu tak perlu bingung lagi karena kamu akan segera bisa membuat cerita inspiratif secara lebih mudah.

Apa Itu Cerita Inspiratif dan Strukturnya?

Sebelum membahas tentang struktur cerita inspiratif ada baiknya kita memahami pengertian dari cerita inspiratif itu sendiri dan apa itu struktur cerita. Apakah wajib digunakan dalam membuat cerita?

Cerita inspiratif adalah rangkaian cerita yang bentuknya naratif dan bila dibaca oleh kita maka akan memberi kesan yang mendalam dan menyentuh karena ada pesan di dalam cerita tersebut. Pada dasarnya setiap cerita inspiratif akan memberikan kebaikan atau nilai positif bagi para pembaca.

Tujuan dibuatnya cerita inspiratif ini adalah agar dapat memberikan motivasi kepada setiap pembaca supaya lebih semangat lagi dalam menjalani kehidupan. Setiap kita pasti memiliki kisah yang bisa dijadikan pelajaran bagi yang lain.

Struktur cerita inspiratif adalah pola dari sebuah cerita yang menjadi satu secara utuh dan benar. Tanpa struktur ini tentu saja cerita inspiratif yang kamu buat nanti bisa melebar dan tidak fokus pada satu ide atau gagasan yang direncanakan.

Ada empat struktur cerita inspiratif yang simple dan mudah untuk dipahami, yaitu :

  • Orientasi

Orientasi adalah langkah utama dalam menulis cerita inspiratif. Karena di dalam membuat orientasi ini merupakan pengantar atau pembuka cerita. Pengantar atau pembuka cerita biasanya diawali dengan pengenalan tokoh atau latar belakang tokoh cerita.

  • Kerumitan Peristiwa

Tahap selanjutnya setelah orientasi adalah adanya kerumitan peristiwa. Kerumitan peristiwa ini berbeda dengan konflik. Biasanya kerumitan peristiwa lebih menggambarkan situasi pengenalan masalah yang cenderung mengarah kepada konflik yang akan terjadi.

  • Komplikasi

Komplikasi ini adalah tahap dimana konflik mulai terjadi. Tanpa adanya komplikasi maka cerita tidak akan menarik. Di dalam tahap ini konflik akan dijelaskan secara lebih rinci dan detail, mulai dari konflik yang terjadi pada tokoh utama, tokoh pembantu, dan tokoh lainnya.

  • Resolusi

Setelah terjadinya konflik, maka harus ada penyelesaian yang diuraikan dalam tahap resolusi ini. Dalam cerita inspiratif sendiri, dari berbagai konflik atau kerumitan yang terjadi haruslah ada kalimat-kalimat yang menyadarkan kepada kebaikan bagi tokoh-tokoh yang kamu tulis. Sehingga pembaca pun merasa terkesan dan hatinya menjadi lebih tergugah oleh isi dan pesan cerita tersebut.

  • Koda

Koda ini menjadi tahap terakhir dalam menulis cerita inspiratif. Koda artinya kesimpulan atau pesan moral yang dapat diambil oleh pembaca dari cerita inspiratif yang dibuat. Bedanya dengan resolusi adalah koda mengandung penekanan pesan yang ingin disampaikan kepada pembaca.

 

Contoh Cerita Inspiratif dan Strukturnya

  • Contoh cerita inspiratif bertema “sahabat” dan strukturnya

A. Orientasi

Diceritakan ada dua orang yang sudah bersahabat cukup lama, yaitu Andi dan Azka. Andi adalah tipe orang yang pendiam dan selalu memahami karakter Azka. Sedangkan Azka adalah tipe orang yang suka blak-blakan sehingga sering menyakiti orang.

B. Kerumitan Peristiwa

Meski persahabatan mereka sudah dibangun sejak SD, Andi kadang-kadang sakit hati sama karakter Azka. Andi sering bergumam, mengapa sifat sahabatnya itu tidak berubah dari dulu ya?

C. Komplikasi

Pernah disuatu hari, Andi menasihati Azka. Dia mengatakan, "Azka, sifat kamu ubah dong! Kalau kamu gitu terus, orang-orang yang berada di sekitarmu bisa menjauh. Termasuk aku".

Azka membalas, "Kamu kan sahabat saya. Tahu saya dari dulu kayak gimana. Kamu kan orang yang selalu memahami karakter saya. Tapi kalau kamu sudah tidak tahan dengan karakter saya, yasudah ayo kalau persahabatan kita mau sampai di sini mah"

D. Resolusi 

Sebagai sahabat terdekat Azka, niat Andi sebenarnya baik. Ia menasihati Azka agar bisa berubah karena kepalang kesel sama karakternya yang blak-blakan itu. Akan tetapi di lain sisi, oleh karena ingat sama kebaikan-kebaikan yang sudah Azka berikan kepadanya dari kecil sehingga ia menerimanya.

Di hari-hari berikutnya pun, bahkan sampai mereka lulus kuliah, Andi tidak lagi menyuruh Azka untuk berubah. Andi yakin, tanpa disuruh pun, Azka pasti sadar kalau perilaku menyakiti orang lain itu tidak baik.

E. Koda

Dalam persahabatan, sesekali kita perlu menyadarkan sahabat kita. Ini demi kebaikan sahabat kita sendiri. Tapi ketika dengan mudah ingin menyudahi persahabatan dengan teman kita dari kecil, alangkah baiknya pikirkan kembali. Sebab, boleh jadi sahabat kita sudah memberikan kebaikan-kebaikan yang tak terhitung.

Dalam persahabatan, kalau sahabat kita sudah menolak untuk dinasehati (terutama soal perubahan sikap) maka yakin saja kelak ia bisa berubah. Tanpa kita suruh.


  • Contoh cerita inspiratif bertema "perawat/pahlawan" beserta strukturnya

A. Orientasi

Sejak Covid-19 melanda Indonesia, perawat muda bernama Mbak Aminah sudah ditugaskan di Rumah Sakit Gunawan Sukaharjo. Sosoknya yang masih muda itu totalitas sekali dalam melayani pasien. Orang tua Mbak Aminah mengapresiasi kinerjanya.

B. Kerumitan Peristiwa

Meski Mbak Aminah sudah totalitas dalam bekerja, tetap saja di lingkungan pekerjaannya sering diremehkan karena usianya masih dianggap muda. Istilahnya, dianggap belum memiliki pengalaman. Tentu ini membuat Mbak Aminah sakit hati. Namun, ia menguatkan tekadnya untuk terus bekerja guna menyembuhkan pasien-pasiennya.

C. Komplikasi

Nasib Mbak Aminah ditakdirkan untuk tidak senyaman tinggal di rumah orang tuanya. Sebab, selain di rumah sakit diremehkan oleh orang-orang yang berada di tempat kerjanya, di lingkungan sekitar kontrakannya pun orang-orang sering menjauh melihatnya. Orang-orang ini takut Mbak Aminah membawa virus dan menular kepadanya. Bahkan, Mbak Aminah pernah dengar kalau corona adalah konspirasi. Menyakitkan!

D. Resolusi

Akan tetapi dari semua problem yang dihadapi oleh Mbak Aminah, ia tetap untuk fokus bekerja. Bekerja membantu orang-orang yang saat ini sedang membutuhkan jasanya. Beberapa pasien yang sudah dinyatakan sembuh memuji Mbak Aminah dan teman-temannya. Katanya, pahlawan itu ternyata kalian. Kalian yang sudah melayani kami dengan baik dan totalitas!

Mbak Aminah berharap, mudah-mudahan dunia kembali seperti semula. Lebih dari itu, ia berharap agar orang-orang mematuhi protokol kesehatan. Peduli akan kesehatan.

E. Koda

Kerja totalitas yang diaplikasikan Mbak Aminah memunculkan keikhlasan. Diuji oleh berbagai ujian, ia tetap kuat. Dia lah salah satu pahlawan yang patut kita apresiasi.

Penjelasan:

Dari dua contoh cerita inspiratif di atas, bagaimana kamu sudah paham kan mengenai cara membuat cerita inspiratif dan strukturnya? Jadi menjawab pertanyaan di awal tadi, apakah struktur ini wajib diterapkan? Menurut saya tidak wajib, tetapi lebih baik jika menerapkannya saat kamu menulis. Karena dengan membuat struktur sama saja kamu membuat kerangka cerita yang akan membantumu menyelesaikan cerita dengan baik.


Cerita Inspiratif dan Strukturnya Beserta Contohnya

Posting Komentar untuk "Pengertian Cerita Inspiratif dan Strukturnya"