Cerita Inspiratif Non Fiksi

 


Cerita inspiratif non fiksi dan fiksi harus memiliki pesan dan kesan tersendiri. Kamu bisa meletakkan pesan tersebut secara jelas di bagian akhir cerita atau diletakkan secara tersirat.

Dalam pembagiannya, ada cerita inspiratif non fiksi dan cerita inspiratif fiksi. Tujuan dibuatnya cerita inspiratif adalah agar pembaca bisa menemukan pesan moral atau hikmah yang ada pada cerita tersebut sehingga merasa termotivasi dan terinspirasi.

 

Pengertian dan Ciri-ciri Cerita Inspiratif Non Fiksi

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), non-fiksi adalah yang tidak bersifat fiksi, tetapi berdasarkan fakta dan kenyataan. seperti dilansir Encyclopaedia Britannica (2015), non-fiksi adalah kebenaran, seluruh kebenaran, dan hanya kebenaran. 

Karya non-fiksi adalah semua tentang fakta dan kejadian nyata. Meski ada beberapa perdebatan tentang jenis sastra mana syarat sebagai non-fiksi. Biasanya teks non-fiksi dipakai saat membuat karya sastra, karangan, artikel, biografi, kesehatan, sains, sejarah maupun karya ilmiah.

Ciri-Ciri Teks Nonfiksi

  1. Tulisan nonfiksi berupaya mencapai taraf obyektifitas tinggi dan membuat pembaca tertarik
  2. Bahasanya bersifat denotatif dan tidak bermakna ganda
  3. Biasanya berbentuk ilmiah populer seperti skripsi, artikel, makalah dan lainnya.
  4. Tulisan nonfiksi menyerukan nalar pikiran para pembaca

 

Cara Menulis Cerita Inspiratif Non Fiksi

Seperti dilansir dari Kompas.com, dalam membuat cerita inspiratif genre non fiksi, kamu harus memperhatikan beberapa hal berikut ini:

  • Menentukan tema

Sebelum membuat teks nonfiksi, kamu harus terlebih dahulu menentukan tema. Tema sendiri merupakan judul mengenai tulisan yang akan dibuat.

  • Merumuskan tujuan

Bagian ini juga cukup penting, karena akan menentukan arah dan jenis yang akan ditulis. Arah atau isi dari nonfiksi sangat dipengaruhi oleh kadar pengetahuan tema yang akan dibahas.

  • Mengumpulkan dan menganalisis data

Hal ini juga perlu diperhatikan, karena akan mempengaruhi kualitas teks nonfiksi. Data yang harus ditulis harus lengkap dan detail. Pengumpulan data bisa dilakukan berbagai cara seperti referensi buku, wawancara, diskusi atau survei.

  • Menyusun kerangka karangan

Kerangka karangan merupakan rancangan atau susunan pikiran utama yang terstruktur, yang selanjutnya direalisasikan dengan kalimat-kalimat.

  • Menyusun paragraf

Setelah semuanya selesai selanjutnya menyusun paragraf. Buatlah kaidah paragraf berupa satu kalimat utama dan beberapa kalimat penjelas.

Pembagian Non Fiksi

Nonfiksi dibagi menjadi dua, yaitu:

  • Nonfiksi murni

Nonfiksi murni merupakan buku yang berisi pengembangan berdasarkan data-data yang otentik.

  • Nonfiksi kreatif

Nonfiksi kreatif berawal dari data otentik yang kemudian pengembangannya berdasarkan imajinasi, seperti puisi dan novel.

 

Contoh Cerita Inspiratif Non Fiksi

Hikmah Sepatu Bolong Santi

Sepatu menjadi salah satu item penting yang harus dikenakan ketika pergi ke sekolah setiap hari. Seragam yang rapi dan sepatu mengkilat adalah hal yang bisa aku banggakan sejak dahulu. Akan tetapi tak pernah ada rasa antusias ketika memakai sepatu baru, karena ibu yang membelikannya bukan atas dasar keinginanku sendiri.

Setiap detik tatapanku terpaku pada sepatu yang kini telah dipakai. Sama sekali tidak keren dan mengesankan seperti sepatu milik teman-teman yang lain. Aku merasa malu memiliki sepatu baru ini. Tak terasa aku termenung sendiri karena memikirkan sepatu baru ini memang tidak keren.

Tiba-tiba seorang teman menepuk pundak dan membuyarkan lamunan. Namanya Santi dan dia duduk tepat di sampingku sambil bercerita tentang pekerjaan rumahnya. Kuperhatikan Santi dari ujung kepala sampai ujung kaki secara saksama dan kaget melihat sepatunya yang bolong.

Secara spontan aku bertanya soal sepatunya. Kemudian Santi menjelaskan sambil tertawa, jika dia belum mampu membeli sepatu baru meski dengan harga murah sekalipun.

Setelah kejadian ini aku merasa menjadi orang beruntung karena memakai sepatu baru ke sekolah. Sedangkan orang lain bahkan belum mampu membeli sepatu baru meskipun sudah rusak dan bolong di beberapa bagian. Sungguh aku malu pada Santi yang masih bersyukur dengan sepatu bolongnya dari pada diriku sendiri.

 

Abraham Lincoln dan Berinteraksi dengan Manusia

Buku Lincoln the Unknown mengajarkan banyak hal bagi kehidupan Anda dan telah dialami secara pribadi oleh tokoh terkenal dunia, Abraham Lincoln. Pada awal masa karirnya Lincoln adalah seorang ahli kritik dan ahli surat maupun puisi ejekan terhadap orang-orang yang dianggap sebagai lawan. Kemudian surat tersebut dengan sengaja dijatuhkan di jalan-jalan pusat kota agar menarik perhatian.

Tak lama kemudian muncullah kemarahan dari seluruh penjuru negeri hingga bertahun-tahun lamanya. Sampai akhirnya Lincoln telah menjadi seorang ahli hukum di wilayah Illinois dan membiarkan kebiasaan mengejek tersebut. Sampai akhirnya puncak kemarahan itu terjadi di tahun 1842, ketika Lincoln mengejek seorang politikus bernama James Shields melalui sepucuk surat.

Shields yang marah dan merasa terhina mengajak Lincoln untuk bertarung sampai mati. Kemudian Lincoln belajar menggunakan pedang jenis kavaleri. Sampai akhirnya tiba waktu yang ditentukan dan duel sengit pun terjadi. Keduanya hendak melanjutkan pertarungan hingga akhir namun dihentikan oleh para pendukung keduanya kala itu.

Melalui insiden ini Lincoln menghentikan kebiasaannya mengejek dan mengritik siapapun di dalam hidupnya. Dia lebih banyak belajar tentang cara terbaik untuk berhubungan dengan manusia. Demikianlah kebiasaan buruk itu berhenti hingga napas Lincoln pun berakhir sebagai tokoh terkemuka bagi negara maju bernama Amerika.

 

Thomas Alva Edison, Ilmuan yang Tidak Pantang menyerah

Thomas Alva Edison seorang penemu ternama yang lahir sebagai anak bungsu dari 7 bersaudara. Ayahnya seorang pejuang yang diasingkan dan sang ibu berprofesi sebagai guru. Thomas memiliki gangguan telinga sehingga dikeluarkan dari sekolah karena dianggap tidak mampu mengikuti pelajaran dengan baik.

Akhirnya sang ibu menjadi guru bagi anaknya sendiri di rumah. Sejak kecil Thomas menyukai penelitian dan melakukan beragam eksperimen kimia. Bahkan dia telah berhasil meledakkan bekas gerbong kereta akibat kegagalan ketika melakukan eksperimen. Tak hanya itu, Thomas juga rajin bekerja sebagai penjual koran dan petugas telegraf kemudian menjadi seorang jurnalis.

Ketika Thomas berusia 19 tahun dia harus menghadapi kondisi yang sulit. Ibunya mengalami sakit jiwa dan ayahnya menjadi pengangguran. Kondisi ini menjadi titik balik baginya untuk kembali bekerja ke Boston pada perusahaan Western Union.

Thomas bekerja sambil bereksperimen dan berhasil menciptakan temuan bernama Universal Stock Printer yang berguna bagi perusahaan telegrap. Karyanya telah dijual dengan harga 40 ribu dolar amerika dan menjadi awal kesejahteraan Thomas bersama keluarga.

Thomas terus melakukan penelitian hingga memperoleh ribuan hak paten, salah satunya adalah penemuan lampu pijar. Berkat kegigihannya yang tidak pernah takut menghadapi kegagalan dan cemoohan membuatnya sukses menjadi tokoh penting dalam jajaran sejarah dunia. Thomas, penemu profesional dari muda hingga akhir hayatnya.

 

 

Penemu Handphone

Handphone (HP) pertama kali didemonstrasikan oleh John F. Mitchell dan Dr Martin Cooper dari Motorola pada tahun 1973, dalam bentuk sebuah handset yang beratnya sekitar 1 kg.

Pada tahun 1983, diluncurkan DynaTAC 8000x — handphone yang pertama kali tersedia di pasaran. Sejak itu, HP menjadi barang yang diperjualbelikan di seluruh dunia dan terus mengalami perkembangan dalam ukuran, bentuk, dan kemampuannya. Selain Motorola, berbagai merk lainnya bermunculan.

Dari tahun 1990 sampai dengan 2011, pengguna HP di dunia berkembang dari 12,4 juta orang hingga menjadi lebih daripada 6 milyar orang. Artinya, sekitar 87% dari populasi dunia dewasa ini merupakan pemakai HP. (Populasi dunia saat ini telah melampaui 7 milyar orang.)

Di pertengahan tahun 2013, sekitar 75% lebih pasar smartphone didominasi oleh smartphone berbasis Android. Sistem operasi Android pertama kali dikembangkan oleh Google Inc. pada tahun 2008.

 

Kini kamu bisa membuat cerita inspiratif non fiksi sendiri yang juga tak kalah banyak mengandung pesan yang menginspirasi di dalamnya. Bisa kamu dapatkan idenya melalui pengalaman pribadi atau pun pengalaman orang lain. Selamat mencoba!

 

Source :

https://sekolahnesia.com/contoh-teks-inspiratif/

https://www.mautidur.com/2020/09/contoh-teks-nonfiksi.html

 

Posting Komentar untuk "Cerita Inspiratif Non Fiksi"