6 Cerita Inspiratif Tentang Kemanusiaan

 


Kebaikan hati manusia seringkali bisa menjadi penolong kesulitan yang dialami oleh manusia lain. Di sini saya coba hadirkan beberapa cerita inspiratif tentang kemanusiaan yang bisa, meski itu sedikit, menggugah jiwa dan hati nuranimu.

 

Cerita Inspiratif Tentang Kemanusiaan : Kebaikan Hati Manusia

Apoteker Mulia dan Pria Baik Hati

Sebuah apotik yang beroperasi 24 jam kedatangan pasangan suami istri, seorang bapak-bapak, dan pemuda. Saat giliran pasangan tersebut di kasir, sang suami bertanya pada penjaga kasir apakah obat yang dipilihnya bisa dipakai untuk mengobati sakit punggung istrinya yang sedang hamil. Sang penjaga kasir pun meminta pasangan itu menunggu untuk bertanya ke apoteker.

Selang beberapa waktu apoteker itu ikut menemui pasangan itu dan bertanya, "Ini dapat digunakan untuk mengobati sakitmu, tapi adakah keluhan lain?". "Aku batuk keras yang membuat sakit punggungku bertambah parah," kata sang istri. Apoteker lalu mengambil obat lain dan menawarkan pada pasangan itu, tapi sang suami berkata "Maaf, saya baru kehilangan pekerjaan dan tak mampu untuk membeli obat itu".

Ternyata, sang apoteker memang sudah memerhatikan pasangan itu sejak memilih obat, kemudian sang apoteker langsung mengambil sejumlah obat untuk sakit punggung dan batuk, serta beberapa pakaian bayi. Dirinya memberikan semua itu secara gratis pada pasangan itu, mereka pun tak dapat menahan air mata dan menangis sambil berterima kasih pada apoteker itu.

Kemudian, bapak-bapak yang juga sedang berada di dalam apotik, mendekati pasangan itu dan menawarkan pekerjaan pada suami dari pasangan itu. Kembali tangis haru pun berderai dari pasangan itu dan berterima kasih pada orang-orang yang menolong mereka.

 

Pemilik Restoran yang Dermawan

Ashley Jiron, pemilik restoran sandwich di Oklahoma, mengaku merasa kasihan kepada orang-orang yang mengais tempat sampah restorannya untuk mencari makanan sisa. Untuk itu, Ashley sendiri memberikan makanan dan minuman gratis bagi yang membutuhkan.

Ashley sendiri mengaku tak kuasa melihat orang makan makanan sisa. Untuk memberitahu pada siapapun yang pernah mengais tempat sampah restorannya, Ashley menempelkan secarik kertas di pintu depan restorannya.

"Kepada kamu yang akan mengais tempat sampah kami untuk mencari makan. Ketahuilah kamu adalah manusia dan tidak pantas makan dari tempat sampah. Kamu bisa masuk ke restoran kami saat kami buka untuk mendapatkan Pb&j klasik (jenis sandwich), sayuran segar, dan air minum secara gratis. Tak perlu bertanya apapun," tulis Alex di pengumuman itu, dan menambahkan "Dari temanmu, sang pemilik restoran".

Hati manusia yang baik tak kan pernah terkalahkan oleh kejahatan dalam bentuk apapun juga. Meski itu hanya ternilai sebutir nasi, tapi yakinlah jika kebaikan hati sampai pada hati yang sangat membutuhkan pertolongan, sebutir nasi itu pun akan menjadi segunung nasi. Artinya kebaikan kecil yang kamu lakukan bisa saja berdampak sangat besar bagi mereka yang benar-benar membutuhkan.

 

Cerita Inspiratif Tentang Kemanusiaan : Sang Penolong



Kucing Perawat

Seekor kucing bernama Radamenes di Polandia melakukan aksi unik yang tak akan kalian duga. Kucing hitam itu berhasil sembuh dari kecelakaan yang dialami setahun lalu. Sejak saat itu dirinya mencari hewan lain di rumah sakit tempat dia sempat dirawat dan memberikan pelukan, elusan, dan segala tindakan yang disukai hewan kepada hewan-hewan sakit.

Orang-orang di rumah sakit itu pun menyebutnya sebagai "Kucing Perawat", dirinya selalu berusaha membuat hewan lain yang sakit menjadi nyaman cepat sembuh. Hewan-hewan yang telah dia bantu antara lain kucing lain dan seekor anjing.

Kemanusiaan bisa dilakukan melalui tindakan kecil. Kamu juga pasti bisa, mulailah menolong sesama yang membutuhkanmu!

 

Driver Uber yang Ditolong Pelajar

Seorang pelajar berusia 22 tahun, Roland Gainer, menaiki sebuah taxi Uber di Amerika. Dirinya saat itu ingin menuju sebuah lokasi untuk bertemu teman-temannya. Namun, selama perjalanan, Roland mengetahui sesuatu tentang pengemudi taxinya itu, Kenneth Broskey (69). 

Kenneth mengidap kanker pada beberapa bagian tubuhnya dan menurut dokter dirinya punya 10 minggu untuk hidup. Roland pun semakin tersentuh setelah mengetahui alasan Kenneth. Kenneth tak menjalankan kewajiban medisnya dan memilih untuk mencari uang untuk putri dan cucu-cucunya. 

"Ketika aku meninggal, aku takut putriku dan anaknya akan kehilangan rumah yang kami tinggali, maka dari itu aku ingin memberikan uang yang cukup untuk mereka," kata Kenneth pada Roland.

Roland pun tergerak hatinya dan memutuskan untuk membuat sebuah penggalangan dana bernama "Go Fund Me" untuk Kenneth. Dalam waktu lima hari, Roland berhasil mengumpulkan 100.000 dollar Amerika. Uang tersebut melebihi kebutuhan Kenneth untuk melunasi bayaran rumah.

Sampai saat ini, Roland mengaku masih bertemu sesekali dengan Kenneth. Dirinya merasa terinspirasi oleh semangat juang Kenneth.

Kedua cerita inspiratif di atas cukup membuat terharu siapapun yang membacanya. Baik kucing perawat maupun pelajar yang menolong driver Uber, mereka melakukan apa yang mereka bisa lakukan ketika melihat sesamanya sedang membutuhkan pertolongan.

Kucing perawat selayaknya hewan, dia tak bisa menghasilkan uang, tapi dia bisa memilih untuk menolong makhluk lain dengan caranya, yaitu lewat pelukan. Sedangkan pelajar pun tak punya uang sebesar itu untuk bisa menolong driver Uber, tapi dia pun menemukan cara lain dengan menggalang dana.

Terkadang pertolongan Tuhan datang melalui tangan-tangan manusia yang dia kehendaki. Datangnya pun sungguh tak pernah bisa diduga.

 

Cerita Inspiratif Tentang Kemanusiaan yang Menyentuh Hati

600 Kebaikan Oleh Anak Perempuan Berusia 8 Tahun

Untuk menghormati dan merayakan ulang tahun ke-60 neneknya, seorang gadis bernama Alex McKelvey membuat misi untuk melakukan 60 kebaikan pada semua orang. Misi tersebut diselesaikan tepat saat ulang tahun neneknya pada 2014 silam. Namun, Alex sendiri ternyata tak puas dengan tindakannya. Akhirnya, untuk ulang tahun neneknya pada 2015, dia menaikkan jumlah kebaikan yang harus dibuat yakni 600 kebaikan.

Kebaikan yang ke-600 Alex adalah renovasi sebuah Youth Center di Lakewood YMCA. Alex dan keluarga bukan hanya mencari dana sumbang, tapi juga ikut dalam proses perbaikan lokasi tersebut.

Selama dua tahun terakhir Alex telah melakukan sejumlah kebaikan antara lain menyumbang pakaian bagi yang membutuhkan, memberikan makanan pada binatang liar, membagikan telur Paskah yang berisi dana mencapai 100 dollar Amerika, meninggalkan dan membagikan permen secara gratis, serta ikut dalam aksi kemanusiaan.

 

Sahabat Sejati

Seorang remaja berusia 19 tahun, Xie Xu, asal Tiongkok melakukan hal mulia kepada sahabatnya, Zhang Chi (18). Xie Xu, selama tiga tahun terakhir menggendong temannya untuk berangkat ke sekolah. Xie Xu sendiri mengaku bahwa dirinya tak ingin sahabatnya itu ketinggalan pelajaran di sekolah. Zhang Chi mengidap penyakit pada otot dan tulang yang membuatnya tak bisa berjalan. Tindakan Xie Xu sudah bukan rahasia lagi di sekolahnya, bahkan wakil kepala sekolah mereka pun mengakui keduanya sangat dekat dan tindakan Xie Xu adalah hal mulia.

Kita tak harus menjadi kaya dulu untuk bisa membantu orang lain. Kita tak harus punya dulu untuk bisa berbagi dengan sesama. Kita tak harus sukses dulu untuk bisa menolong sahabat kita.

Asalkan kebaikan yang kamu berikan tidak berlebihan dan tidak mendzalimi dirimu sendiri, maka lakukan lah, meski itu hanya sekecil ujung kuku.

Demikian cerita inspiratif tentang kemanusiaan yang bisa menggugah hati dan nuranimu. Siapkah kamu menebar kebaikan?

 

Posting Komentar untuk "6 Cerita Inspiratif Tentang Kemanusiaan"