Kumpulan Cerita Inspiratif yang Singkat dan Mengharukan

 


Cerita inspiratif yang singkat bisa jadi berasal dari sekitar kita. Kita bisa mencari tahu, membaca, dan memahaminya untuk kita ambil hikmah bagi kehidupan kita yang lebih baik.

Karena memahami pengalaman hidup orang lain adalah pengalaman tidak langsung yang juga tak kalah berharga. Kita tak perlu mengalaminya langsung untuk bisa terinspirasi. Justru orang yang senang menyimak kehidupan orang lain, dialah yang selalu mau belajar kegagalan dan keberhasilan dalam hidup.


Cerita Inspiratif yang Singkat Tentang Keterbatasan Fisik



Keterbatasan fisik tentu saja bukanlah kabar yang baik bagi siapa pun yang mengalaminya. Apalagi jika keterbatasan ini di dapatkan sejak lahir karena cacat atau sebagainya. Tidak hanya bagi yang menderita saja tetapi juga bagi orang tua dan keluarganya. Selain itu, ketika seseorang mengalami keterbatasan, maka bisa dikatakan ini bukan hanya ujian secara fisik tetapi juga secara mental.

Jika seseorang tidak tahan mental akan keterbatasan fisik yang sedang di alaminya, sudah jelas dia akan mengalami keputusasaan yang amat mendalam pada hidupnya. Apalagi mengingat bahwa dia memiliki kondisi fisik yang berbeda dari teman-teman lain, terutama ketika dia masih di usia anak-anak hingga remaja yang biasanya akan mengalami tekanan batin ketika merasa berbeda.

Meski dari banyak pengalaman seseorang yang mengalami keterbatasan fisik ada banyak rintangan yang dihadapi dan sang penderita pun banyak yang putus asa, realitanya masih banyak mereka yang malah menginspirasi. Salah satunya datang dari kisah seorang laki-laki bernama Ahmad Zulkarnain. Sejauh ini dia biasa di kenal dengan sebutan bang Dzoel.

Keterbatasan fisik yang dia alami ini bukan karena apa-apa melainkan memang sudah bawaan sejak dia lahir. Bahkan bisa di katakan keterbatasannya cukup parah karena dia tidak memiliki tangan maupun kaki. Namun, yang cukup menarik, tanpa tangan dan kaki tersebut Dzoel ini menjadi seorang fotografer handal dan memang niat serta minatnya cukup tinggi dibidang yang satu ini.

Jika melihat kondisinya, tentu saja seolah sudah tidak mungkin Dzoel menjadi fotografer. Untuk melakukan sekali potret saja jika dibayangkan pastinya sudah kesulitan dan cukup rumit. Bagaimana tidak, untuk melakukan jepretan, seseorang membutuhkan tangannya sehingga bisa menghasilkan gambar yang sempurna, fokus dan matang sesuai jarak yang diinginkan.

Sedangkan Dzoel sejak dia lahir sudah tidak memiliki tangan yang bisa diandalkan untuk itu maupun kaki untuk menopang tubuhnya selama beraktivitas. Namun, ternyata hal ini bukanlah suatu hambatan besar yang menghalanginya untuk meraih mimpi besar yang sudah dia idam-idamkan tersebut. Ketika menginjak usia dewasa, Dzoel mampu mendirikan bisnis fotografi yang berkembang.

Memang dunia fotografi ini sendiri sudah ditekuninya sejak lama. Tapi, bagaimana dia bisa melakukan pemotretan. Dalam hal ini sang fotografer memanfaatkan wajahnya untuk mengoperasikan kamera, khususnya untuk mengatasi urusan zoom, ISO, dan fokus. Sedangkan untuk mematikan maupun menyalakan kamera, dia memanfaatkan bagian mulut.

Hal lain yang di manfaatkan oleh Dzoel dalam pengoperasian kamera ini tidak lain adalah kulit lebih dibagian tangan yang di fungsikan untuk menekan tombol shutter. Hingga akhirnya, nama Dzoel yang sukses menghasilkan gambar-gambar bagus banyak dikenal orang. Bahkan, dia sempat menjadi sorotan media dengan kesuksesannya meski memiliki keterbatasan fisik yang tinggi.

Ketika seseorang dengan kisah menarik ini banyak diliput media, dia mengatakan bahwa sesungguhnya dia tidak ingin orang lain terlalu banyak memikirkan tentangnya. Yang dia inginkan sebenarnya sejauh ini hanyalah banyak orang di luar sana yang melihat kreativitas yang sudah dihasilkannya.

Kisah Dzoel dengan segenap tekad, kekuatan mental dan fisik ini tentu saja memberikan banyak pelajaran yang amat berharga bagi siapapun. Seseorang yang hadir dengan keterbatasan fisik saja mampu mewujudkan cita-citanya dan sukses ketika dia dewasa dengan semangat dan niat yang kuat. Perjuangan yang sudah dihadapinya tentu saja lebih berat dibandingkan manusia sempurna.

Lalu, bagaimana dengan Anda yang saat ini sedang sehat-sehatnya di luar sana? Tentu saja tidak perlu lagi melalui rintangan sesulit Dzoel. Jika yang memiliki keterbatasan saja bisa sukses, tentu saja Anda yang masih memiliki anggota tubuh sempurna dan bisa beraktivitas sebagaimana orang biasa bisa jauh lebih sukses di bandingkan dengannya.

Kisah ini juga sangat menginspirasi Anda yang saat ini berada dalam kondisi serupa dengan Dzoel dan memiliki cita-cita yang cukup tinggi. Mungkin kini Anda merasa cita-cita tersebut memang cukup mustahil untuk diwujudkan. Namun, dengan niat dan tekad yang kuat, tidak ada yang tidak mungkin di dunia ini selagi masih mau berusaha. Dan selagi ada waktu, kini saatnya wujudkan impian Anda.

Dari cerita inspiratif yang singkat di atas, tentu sudah ada yang membuka hati dan pikiran Anda bahwa tidak ada hal yang mustahil asal mau berusaha. Keajaiban bisa datang kapan saja, jadi jangan pernah putus asa.

 

Cerita Inspiratif yang Singkat Tentang Perjuangan Melawan Tumor

Di dunia ini siapa yang tidak mengenal istilah penyakit kanker atau tumor? Kanker adalah salah satu penyakit ganas yang jauh lebih berbahaya jika di bandingkan penyakit pada umumnya. Jika seseorang sudah mengalami kanker harapan hidupnya sudah diambang-ambang. Apalagi jika level kanker yang diderita sudah tinggi dan jenis kankernya adalah kanker langka dan sulit untuk diatasi.

Nama penyakit kanker ini tidak hanya menyerang fisik seseorang tetapi bisa dikatakan bahwa bisa menyerang dan mematikan mental secara tiba-tiba. Mereka yang sudah divonis kanker oleh pihak medis tentu saja sudah merasa bahwa hidupnya pun sudah akan berakhir dan dia berada diambang kematian. Sangat jarang penderitanya memiliki keyakinan kuat untuk hidup dan bertahan.

Meski penyakit kanker maupun tumor ini merupakan penyakit yang sangat sulit untuk diatasi, tidak dapat dipungkiri bahwa tidak semuanya akan membawa pasien menuju kematian. Masih banyak penderita yang bisa disembuhkan dengan serangkaian perawatan medis serta obat-obatan yang kini sudah banyak diteliti ahlinya. Baik untuk jenis kanker maupun tumor apapun.

Bukti bahwa kanker bisa disembuhkan pun bisa dijumpai di berbagai wilayah maupun penderita diberbagai usia pula. Salah satunya adalah kisah yang datang dari seorang anak kecil yang akhirnya terbebas dari kanker setelah dia menjalani kemoterapi dalam beberapa jangka waktu terakhir. Padahal dia sudah terkena kanker sejak masih berusia 4 bulan setelah kelahirannya.

Cerita inspiratif yang singkat ini adalah kisah seorang anak laki-laki dengan nama Jimmy. Selama satu tahun lamanya dia menjalani pengobatan tumor. Sedangkan jenis tumor yang dideritanya bukanlah tumor biasa melainkan jenis tumor otak yang jelas begitu berbahaya. Diusianya yang masih balita, tentu saja begitu menyakitkan karena harus menjalani serangkaian pengobatan untuk kategori penyakit ini.

Setelah divonis tumor otak diusia 4 bulan tersebut, akhirnya Jimmy menjalani kemoterapi di rumah sakit anak bersama banyak penderita lainnya. Dia harus melakukan kemoterapi karena sejak divonis menderita penyakit mematikan ini dokter sudah mengatakan bahwa tumor tersebut tidak bisa dioperasi sehingga langkah penyembuhan satu-satunya adalah dengan kemoterapi tersebut.

Meski tidak melalui jalur operasi dalam penyembuhan penyakitnya, ternyata pada akhirnya tumor di otak Jimmy pun bisa menyusut dan dia bisa sembuh kembali. Yang membuat banyak orang terinspirasi oleh kisah ini adalah semangat dan ketahanan Jimmy untuk sembuh hingga pada akhirnya dia begitu bahagia setelah kemoterapi terakhirnya dilakukan.

Saking bahagianya, kala itu Jimmy terus menari dengan begitu senangnya dan membunyikan bel congratulation di rumah sakit yang sudah disediakan. Hal ini bisa membuka mata setiap pasien, terutama tumor dan kanker ganas bahwa setiap penyakit sebenarnya bisa sembuh. Entah melalui pengobatan yang maksimal atau dari sebuah keajaiban.

Bahkan seorang bayi saja bisa sembuh dari penyakitnya dengan semangat dan kemauan yang kuat. Tentu saja termasuk dengan doa yang tiada henti untuk dipanjatkan pada Sang Pencipta. Lalu bagaimana dengan Anda yang sudah dewasa dan sudah mengenal pencipta selama ini? Sebuah takdir memang tidak bisa diubah, namun jangan sampai meninggalkan yang namanya usaha.

Separah apa pun kondisi Anda saat ini, jangan pernah putus asa sebagaimana Jimmy tiada henti melalui pengobatan kemoterapinya yang menyakitkan. Khususnya bagi para penderita kanker, yang harus dijalani saat ini tidak lain adalah tetap bertahan, mengikuti aturan medis, bersemangat untuk sembuh dan berdoa semaksimal mungkin karena tidak ada yang tahu kapan keajaiban akan datang.


Cerita Inspiratif yang Singkat dan Penuh Hikmah

Banyak hikmah yang bisa kita ambil dari kedua cerita di atas. Keterbatasan fisik dan penyakit kanker memang hanya salah satu dari sekian banyaknya rintangan yang dihadapi manusia. Setiap manusia memiliki masalahnya masing-masing. Tapi jangan pernah lupa bahwa setiap kesulitan pasti ada kemudahan. Ada makna dibalik setiap musibah yang terjadi. Itulah cara Allah SWT menyayangi kita agar kita selalu beriman dan bisa lulus dalam setiap ujian kehidupan.

Semoga cerita inspiratif yang Singkat dari Dzoel dan Jimmy di atas bisa memberikanmu motivasi dalam hidup.


Sumber : https://thegorbalsla.com/cerita-inspiratif/

 

Posting Komentar untuk "Kumpulan Cerita Inspiratif yang Singkat dan Mengharukan"