3 Cerita Motivasi Kerja Singkat

 


Pekerjaan memang terkadang membuat kita kehilangan energi, baik tenaga dan pikiran. Oleh karena itu, kita selalu membutuhkan cerita motivasi kerja singkat agar diri kita menjadi terinspirasi dan segera bangkit kembali.

Rasa lelah yang seringkali melebihi hasil pekerjaan kita selama ini membuat kita enggan untuk kembali ke kantor. Hari Senin pun seolah menjadi hari yang kita hindari, tapi tak bisa.

Mungkin diantara kamu juga ada yang merasakan ketika Hari Jum’at datang, hatimu pun senang menyambutnya karena tahu besok adalah hari libur. Namun menjelang Hari Senin, biasanya terjadi di Ahad malam, kamu jadi merasa malas, bahkan ada yang tiba-tiba sakit. Itu biasanya karena kamu merasa tidak nyaman dengan pekerjaan kamu, mungkin merasa tertekan atau sedang ada masalah yang membuat psikosomatik dalam tubuhmu.

Mari kita simak beberapa cerita motivasi berikut ini :

 

Cerita Motivasi Kerja Singkat : Kerja Merupakan Kehormatan

Seorang eksekutif muda sedang beristirahat siang di sebuah kafe terbuka. Sambil sibuk mengetik di notebooknya, dikala itu seorang gadis kecil yang membawa sebagian tangkai bunga menghampirinya. ”Om beli bunga Om.” ”Tidak Dik, saya tak butuh,” ujar eksekutif muda itu konsisten sibuk dengan notebooknya.

”Satu saja Om, kan bunganya dapat untuk kekasih atau istri, Om,” rayu si gadis kecil. Separo kesal dengan nada tinggi karena merasa terganggu keasikannya si pemuda berkata, ”Adik kecil tak melihat Om sedang sibuk? Kapan-kapan ya kalo Om butuh Om akan beli bunga dari kau.”

Mendengar ucapan si pemuda, gadis kecil itu bahkan kemudian beralih ke orang-orang yang lalu lalang di sekitar kafe itu. Sesudah menuntaskan istirahat siangnya, si pemuda segera beranjak dari kafe itu.

Dikala berjalan keluar dia bersua lagi dengan si gadis kecil penjual bunga yang kembali mendekatinya. ”Sudah selesai kerja Om, ayo beli bunga ini dong Om, murah kok satu tangkai saja.”

Bercampur antara kesal dan kasihan si pemuda mengeluarkan sejumlah uang dari sakunya. ”Ini uang 2000 rupiah buat kau. Om tak ingin bunganya, anggap saja ini sedekah untuk kau,” ujar si pemuda sambil mengangsurkan uangnya kepada si gadis kecil.

Uang itu diambilnya, melainkan bukan untuk disimpan, melainkan dia berikan kepada pengemis tua yang kebetulan melalui di sekitar sana. Pemuda itu keheranan dan sedikit tersinggung.

”Kenapa uang tadi tak kau ambil, bahkan kau berikan kepada pengemis?”

Dengan keluguannya si gadis kecil menjawab, ”Maaf Om, saya telah berjanji dengan ibu saya bahwa saya wajib menjual bunga-bunga ini dan bukan menerima uang dari minta-minta. Ibu saya selalu berpesan walaupun tak punya uang kita tak boleh menjadi pengemis.”

Pemuda itu tertegun, alangkah dia menerima pelajaran yang sangat berharga dari seorang anak kecil bahwa kerja ialah sebuah kehormatan, walaupun hasil tak seberapa melainkan keringat yang menetes dari hasil kerja keras ialah sebuah kebanggaan.

Tak lama kemudian pemuda itu mengeluarkan dompetnya dan membeli seluruh bunga-bunga itu, bukan karena kasihan, melainkan karena motivasi kerja dan keyakinan si anak kecil yang memberinya pelajaran berharga hari itu.

Tak jarang kita menghargai pekerjaan sebatas pada uang atau upah yang diterima. Kerja akan bernilai lebih sekiranya itu menjadi kebanggaan bagi kita.

Sekecil apa saja peran dalam sebuah pekerjaan, sekiranya kita kerjakan dengan sungguh-sungguh akan memberi skor kepada manusia itu sendiri.

Dengan begitu, tiap-tiap tetes keringat yang mengucur akan menjadi sebuah kehormatan yang sesuai untuk kita perjuangan.

 

Cerita Motivasi Kerja Singkat : Lepaskan Kesibukanmu

Keledai favorit seorang pria jatuh ke dalam sebuah lubang yang dalam. Ia tak dapat menarik keledai tersebut keluar, tak peduli seberapa keras dia mencobanya. Oleh sebab itu, dia memutuskan untuk mengubur keledainya hidup-hidup.

Tanah mulai ditimbun ke lubang tempat keledai berada. Keledai yang merasa tertimpa tanah, menggoyangkan tubuhnya untuk menjatuhkan tanah di atas tubuhnya, dan melangkah di atas tanah tersebut. Tanah selanjutnya ditimbun kembali ke dalam lubang.

Keledai itu mengibaskan kembali tubuhnya dan menaiki tanah itu. Semakin tanah ditimbun, semakin tinggi tanah itu naik. Menjelang siang, keledai itu dapat keluar dari lubang, lalu merumput di padang rumput hijau.

Setelah banyak ‘mengibaskan’ keadaan sulit, dia pun melangkah lagi melanjutkan perjalanan.

Kesulitan apapun bentuknya selalu mengajarkan kepada kita tentang sesuatu. Begitu kesulitan itu mampu kita lalui, kamu pun akan mampu seperti keledai itu yang merumput di padang rumput hijau. Kamu akan mampu meraih apa yang kamu impikan. Jadi teruslah berusaha sekuat tenaga dan kerahkan yang terbaik yang bisa kamu lakukan.

Sayangnya pemilik keledai sebelumnya menyerah. Namun dia diselamatkan karena ternyata cara yang dia lakukan justru membuat keledai itu mampu keluar dari lubang. Artinya jangan pernah putus asa sebelum kamu mencobanya.

 

Cerita Motivasi Kerja Singkat : Guru yang Menginspirasi

Seorang guru IPA, Richard Specht dan istrinya kehilangan putranya pada 2012 karena tenggelam di sebuah kolam dekat rumah mereka. Sejak kejadian itu keduanya terpukul, bahkan tak mampu untuk melihat tempat kejadian itu. Namun, sejumlah orang pun berduka untuk mereka dan membantu mereka tanpa balasan.

Bantuan mulai dari lokasi meninggalnya putra mereka, Rees, dijadikan sebuah taman bunga indah untuk menghormatinya. Sejumlah proses penguburan dan kehidupan kedua setelah masa itu pun banyak dibantu orang-orang.

Aksi tersebut membuat Richard terinspirasi untuk membantu orang lain. Dirinya pun membuat sebuah organisasi amal yang bernama ReesSpecht Life Foundation. Selain itu mereka juga memiliki website untuk membantu seseorang yang ingin ikut aksi amal, yakni reesspechtlife.com. Organisasi Richard merupakan organisasi amal yang tak mengharuskan sang pendana untuk langsung mendanai organisasinya, tapi bisa aksi-aksi kecil di kehidupan masing-masing orang.

Pada April 2015, Richard mendapat kejutan. Kejutan tersebut datang dari mantan muridnya yang memberikan tip kepada pelayan di restoran sebesar 3.000 dollar Amerika. Richard mengaku tak menyangka, bahwa kisahnya dan aksinya memberikan inspirasi bagi muridnya itu.

Sebuah surel dikirimkan pihak restoran itu untuk berterima kasih pada Richard atas inspirasi yang diberikan. Dalam surel itu berisi foto tip dan pesan dari mantan muridnya itu, "Aku berterima kasih pada guruku, karena aku terinspirasi berkat aksinya di reesspechtslife.com. Karena untuk membantu orang itu bukanlah soal diri sendiri, tapi aksi kita. Aku juga berterima kasih atas dirinya yang selalu hadir di pentasku, dan berharap suatu saat nanti dirinya akan mendapat kasih sayang sebanyak yang telah dia berikan pada orang-orang".

Berawal dari kebaikan dan ketulusan hati orang-orang yang tinggal di dekat rumah Richard, telah menyadarkan Richard untuk melakukan sesuatu. Dan tak disangka upayanya melalui Yayasan yang dia dirikan pun mampu menginspirasi muridnya.

Kebaikan adalah sebuah rantai yang tak berujung. Dia selalu menularkan untuk kebaikan selanjutnya. Karena orang yang sudah tersentuh hatinya untuk berbuat baik akan selalu memberikan upaya terbaik dari dirinya.

Begitu juga saat kamu bekerja. Lebih baik bekerja lah untuk dirimu sendiri, bukan untuk orang lain apalagi atasanmu. Karena mengharapkan imbalan atau sekedar perhatian dari orang lain seringkali berujung kecewa. Jadi jangan sia-siakan pekerjaanmu hanya untuk terlihat hebat, tapi yakinkan dirimu bahwa itu bermanfaat untuk kepuasan batinmu sendiri.

Semoga cerita motivasi kerja singkat ini bisa menjadi inspirasi juga buatmu dan menularkan kebaikan demi kebaikan.

Posting Komentar untuk "3 Cerita Motivasi Kerja Singkat"