Cerita Pendek Tentang Motivasi Kehidupan

 


Berikut ini beberapa cerita pendek tentang motivasi yang bisa memberikanmu inspirasi. Cerita pendek memang selalu menarik untuk disimak, apalagi jika di dalamnya mengandung pesan moral yang bermakna untuk diri kita.

Kenapa orang membutuhkan motivasi?

Karena kehidupan yang sangat dinamis ini membuat manusia sering kali cepat mengeluh. Namun ternyata kita sendiri yang tidak menyadari bahwa sebenarnya diri kita lah yang dinamis, bukan kehidupan. Kehidupan berjalan apa adanya sesuai kehendak-Nya. Hanya saja manusia yang suka berubah-ubah keinginannya. Iya, kan?

Meskipun demikian, hal itu adalah sebuah kewajaran. Sangat normal dan manusiawi kita mengeluh dan mengubah keinginan kita. Namun selalu ingat untuk tidak berlebihan.

Oleh sebab itu, setiap diri kita pasti membutuhkan motivasi agar kembali bangun setelah terjatuh, kembali bangkit setelah terpuruk.

 

Cerita Pendek Tentang Motivasi Kerja Ketika Gagal

Alkisah, suatu sore, ada seekor burung tekukur pergi untuk mencari makanan di ladang, tempat para petani sedang memanen hasil ladangnya. Saat itu, sang tekukur berusaha untuk memperoleh makanan sebagai pengganjal perut di malam hari. Dengan serius, tekukur tersebut terus mencari butiran padi yang terjatuh saat para petani panen.

Beberapa saat kemudian, tekukur tersebut kaget karena ternyata ia telah masuk perangkap yang dipasang oleh seorang petani. Ia lalu berjuang untuk bisa melepaskan diri dari perangkap. Usaha demi usaha terus ia lakukan agar bisa melepaskan diri dari perangkap.

Ia mengumpulkan semua tenaganya, lalu berusaha terbang sekuat mungkin dengan harapan bisa meloloskan diri. Namun, seluruh usahanya sia-sia. Perangkap yang dipasang oleh petani sangat kuat dan sangat sulit untuk dijebol.

Siang malam ia selalu berusaha keras untuk melepaskan diri dari perangkap. Namun usahanya tetap tidak pernah berhasil. Meskipun semenjak terperangkap ia tidak makan apa-apa, ia mengerahkan sisa tenaganya untuk berusaha melepaskan diri. Akhirnya, ia berhasil meloloskan diri dari perangkap sebelum petani datang melihat perangkapnya.

Setelah berhasil melepaskan diri dari perangkap, ia lalu terbang setinggi mungkin karena senang bisa berhasil meloloskan diri dari perangkap maut. Saat terbang pun, kecepatannya jauh lebih kencang dari burung tekukur lain. Seekor tekukur lain yang sedang terbang berusaha menghampirinya karena ia sangat heran mengapa tekukur itu terbang lebih tinggi dan lebih kencang darinya, padahal mereka dari jenis yang sama.

Ketika berhasil mendekat, ia berkata, “Hai, Sobat, mengapa engkau bisa terbang setinggi dan secepat ini, sampai-sampai saya sangat kewalahan untuk mengejarmu.”

“Saya pernah terperangkap jerat petani. Saat terperangkap, saya selalu berusaha untuk terbang dengan menggunakan semua kekuatan yang saya miliki. Saya berusaha untuk terbang lebih kencang daripada biasanya. Seandainya saya tidak pernah terperangkap, saya juga tidak akan tahu bahwa sebenarnya kita juga bisa terbang setinggi elang dan secepat elang menyambar anak ayam di tanah,” jawab si burung tekukur.

Sukses adalah impian semua orang tanpa kecuali. Orang kaya pun tetap menginginkan kesuksesan, terlebih orang yang hidupnya pas-pasan. Semua orang berlomba-lomba untuk mencapai kesuksesaan. Namun, hanya sebagian saja yang bisa mencapai kesuksesan.

Mereka yang mencapai kesuksesan adalah orang yang selalu kuat menerima setiap kegagalan dalam perjalanan menuju kesuksesan. Sukses akan menjadi milik orang yang selalu kuat dalam menerima segala risiko dari perjuangannya.

Tidak pernah ada kesuksesan yang tercapai jika tidak pernah ada kegagalan. Sukses tercapai jika orang selalu siap menerima semua risiko, baik kecil maupun besar. Orang yang mencapai kesuksesan sejati adalah mereka yang selalu bersedia belajar dari setiap kegagalannya.

Sesungguhnya, kesuksesan adalah kegagalan, dan kegagalan adalah kesuksesan. Kesuksesan dan kegagalan adalah selembar mata uang yang semua sisinya bernilai sama. Oleh karena itu, kita tidak perlu takut terhadap kegagalan. Kegagalan akan selalu ada. Kegagalan adalah suatu kondisi yang bertujuan untuk menyadarkan kita agar berbuat lebih baik, bukan untuk membunuh kita.

Jika menginginkan kesuksesan, kita harus bersedia menerima kegagalan. Jangan minder jika gagal. Jangan pernah putus asa jika mengalami kegagalan. Jangan pernah mati bila gagal.

 

Cerita Pendek Tentang Motivasi Hidup Orang Sukses

Suatu ketika, seorang pemilik toko yang menjual peralatan kendaraan bermotor menemui seorang tokoh yang sangat sukses dibidang penjualan peralatan kendaraan bermotor untuk berkonsultasi. Beberapa waktu sebelumnya, ia mengalami kegagalan dalam bisnisnya hingga akhirnya harus menutup toko. Ia merasa bahwa ada sesuatu yang aneh dalam kegagalan bisnisnya tersebut, tetapi ia sendiri tidak tahu apa yang menyebabkan bisnisnya harus ditutup.

Ia berkata kepada tokoh sukses tersebut, “Sudilah kiranya Bapak memberikan beberapa tips agar saya bisa bangkit lagi dari kegagalan saya. Beberapa waktu yang lalu, saya telah menutup toko penjualan peralatan kendaraan bermotor yang sudah saya geluti selama ini. Saya tidak tahu mengapa kegagalan itu bisa terjadi.”

Tokoh sukses tersebut lantas menjawab, “Kembalilah dan gunakan sisa modalmu untuk membuka toko itu lagi. Kemudian, keluarkan uang sedikit lebih banyak untuk melakukan promosi yang besar dengan jangkauan lebih luas. Saat pembeli datang, beri mereka pelayanan terbaik dan selalu berpihak pada mereka, bukan mengutamakan kepentinganmu semata. Jangan sesekali mengecewakan mereka dengan menjual barang yang tidak berkualitas.”

Pengusaha tersebut lantas mengucap terima kasih atas tips yang diberikan oleh tokoh sukses tersebut. “Itulah yang harus kita lakukan kepada semua orang. Kita harus saling membantu satu sama lain. Dengan demikian, semua jalan pasti selalu terbuka bagi kita. Namun, ada satu hal yang harus kamu ingat. Tekunlah dalam menjalankan usahamu,” sambung tokoh paling sukses tersebut.

Pengusaha itu lalu membuka tokonya kembali dengan sisa modal yang masih ada. Ia berusaha untuk menjalankan semua nasihat yang telah ia peroleh dari tokoh sukses tersebut. Satu tahun kemudian, bisnisnya mengalami kemajuan yang sangat luar biasa. Melihat bisnisnya semakin berkembang pesat, ia membuka cabang toko baru sambil terus menerapkan semua nasihat yang dianjurkan tokoh sukses yang dulu ia temui.

Mencapai suatu keberhasilan dalam dunia bisnis sangat tidak mudah. Keberhasilan sebuah bisnis harus dibayar dengan harga yang sangat mahal. Kegagalan, pengorbanan, perjuangan, usaha, kerja keras, sakit hati, dan tangis adalah bayarannya. Didunia bisnis, kegagalan akan selalu ada. Kegagalan adalah sahabat sejati sekaligus musuh yang paling berbahaya dalam dunia bisnis.

Kegagalan menjadi sahabat sejati yang menegur kita agar menjalankan bisnis dengan lebih baik dari sebelumnya. Kegagalan juga merupakan musuh yang harus kita taklukkan demi mencapai kesuksesan yang kita inginkan.

Oleh karena itu, kita harus menyikapi kegagalan dengan bijaksana. Kita tidak boleh menyerah begitu cepat saat menemui kegagalan. Kita perlu mencari tahu penyebab kegagalan bisnis kita. Pelajari penyebabnya, lalu segera buat rencana baru, dan mulai lagi dengan semangat baru.

Bekerjalah dengan tekun dalam menjalankan bisnis. Jika kita telah berusaha dan tekun melakukan perbaikan disela-sela kerumitan, serta menyingkirkan hambatan yang kita temui, cepat atau lambat kita pasti menemukan kilauan kesempatan untuk meraih kesuksesan.

Jangan mundur saat bisnis Anda mengalami kegagalan. Jangan menyerah. Jangan takut. Jangan putus asa. Jangan berhenti. Jangan matikan harapan. Maju kembali sambil terus melakukan kebaikan.

Semoga cerita pendek tentang motivasi di atas bisa membangkitkan dan mengobarkan kembali semangatmu. Jangan lupa untuk selalu bangun setelah terjatuh, tak peduli sesering apapun kamu jatuh, tetap lah bangkit kembali dan hidup lah.

Cerita Pendek Tentang Motivasi yang Menginspirasi
 

Source : https://titikdua.net/cerita-inspiratif/

 

Posting Komentar untuk "Cerita Pendek Tentang Motivasi Kehidupan"