8 Contoh Cerita Inspiratif Singkat Beserta Strukturnya



Berikut ini beberapa contoh cerita inspiratif singkat beserta strukturnya. Bagi kamu yang belum mengenal apa itu cerita inspiratif dan bagaimana strukturnya, kamu bisa membaca artikel sebelumnya mengenai cerita inspiratif dan strukturnya.

Contoh cerita inspiratif singkat beserta strukturnya di sini saya hadirkan langsung dengan berbagai tema dan bagian-bagian yang merupakan struktur dari sebuah cerita inspiratif. Jadi memudahkan kamu untuk belajar dan membuat cerita inspiratif sendiri.

 

Contoh Cerita Inspiratif Singkat Beserta Strukturnya : Cerita Pengalaman Pribadi

Bertema "Rumahku/ayah"

  • Orientasi

Rumah adalah tempat tinggal di mana kita pulang sekolah. Rumah adalah tempat tinggal di mana kita pulang kerja. Dan rumah adalah tempat berkumpulnya kita dengan keluarga. Akan tetapi, bagi aku, rumah yang didefinisikan seperti itu malah tidak sama dengan apa yang aku rasakan. Bagaimana tidak, hampir setiap hari aku merasa sumpek tinggal di rumah.

  • Kerumitan Peristiwa

Sesekali aku ingin pergi ke suatu tempat di mana tidak banyak orang yang tinggal di sana. Aku hanya ingin hidup sendirian, atau mungkin ditemani dengan beberapa kucing? Aku sadar bahwa di luar sana banyak orang yang tidak memiliki rumah. Namun, bagiku, saat ini seolah merasa tidak punya rumah karena banyak keresahan tinggal dengan ayahku.

  • Komplikasi

Aku berharap ayahku sadar bahwa rumah yang baik bukan yang bagus dan besar. Namun, rumah yang baik adalah rumah yang dapat memberikan kenyamanan bagi penghuninya. Lantas, ketika aku berpikiran seperti itu, pertanyaannku sederhana: hidup tanpa ayah? setelah ibu tiada?

  • Resolusi / Koda

Aku kemudian merenung kembali. Mungkin saja alasan ayah membikin rumah mewah seperti itu agar aku nyaman. Mungkin saja rumah itu adalah investasi bagi aku? Oh dibalik tidak nyaman tinggal di rumah, ternyata ada sosok ayah yang peduli kepadaku. Hanya saja mungkin aku tidak peka. Sebagai seorang anak, aku harusnya peka terhadap ayahku. Aku harusnya berbakti kepada ayahku. Terima kasih ayah!

 

Contoh Cerita Inspiratif Singkat Beserta Strukturnya : Sebuah Cerpen

Bertema "Guru/kesehatan"

  • Orientasi

Namanya Pak Abdul. Guru Agama yang tinggal di pelosok kampung. Untuk menuju sekolah, guru yang satu ini membutuhkan waktu sekira satu jam lebih. Sebab, ia tidak punya kendaraan pribadi. Jadi ia jalan kaki dari rumah menuju sekolah.

  • Kerumitan Peristiwa

Banyak orang bilang, terutama tetangganya, Pak Abdul ini tinggal pinjam uang saja ke bank lalu beli motor. Namun, bagi Pak Abdul, selama masih punya kaki yaaa jalan saja. Yang penting ke sekolah tepat waktu.

  • Komplikasi

Pernah disuatu ketika, bahkan katanya sering, Pak Abdul diminta antar jemput oleh anaknya. Tapi tetap saja dia menolak. Sampai saat ini, anaknya tidak tahu alasan mengapa ayahnya lebih ingin jalan kaki daripada naik kendaraan.

  • Resolusi

Salah satu media online pernah mewawancarainya, katanya, alasan dirinya lebih senang jalan kaki karena jalan kaki itu menyehatkan. Sesederhana itu. Faktanya, diusia Pak Abdul yang sudah senja itu, ia benar masih sehat. Jika dibandingkan dengan orang yang seusianya, beda jauh. Kakinya masih oke. Tubuhnya masih gagah.

  • Koda

Pelajaran yang dapat kita ambil dari kisah Pak Abdul adalah jangan malu jalan kaki ketika berangkat ke sekolah. Boleh jadi, di usia tua nanti kita masih sehat. Bukan hanya sehat fisik, namun juga pikiran.

 

Bertema "menabung/keuangan/rajin"

  • Orientasi

Sedari SD, Rena sudah sering membaca kalau menabung adalah pangkal kaya. Ia aplikasikan itu dari SD hingga SMA. Rajin banget lah Dek Rena ini menabung. Uang yang ia simpan kadang di celengan ayam, plastik, dan di celengan-celengan lainnya.

  • Kerumitan Peristiwa

Untuk menabung, bagi Rena, sangatlah mudah. Tapi, ketika keluarganya menghadapi kesusahan maka terpaksa uang yang ia tabung harus dibuka dan diberikan kepada keluarganya. Entah itu kakaknya sedang sakit, ibunya, dan juga ayahnya.

  • Komplikasi

Rena kadang kesal sebenarnya ketika uang yang ia tabung dikasih begitu saja. Tentu agak kesal karena kenapa kakaknya tidak menabung juga seperti dirinya? Kenapa dan apa ibu dan ayahnya tidak punya tabungan?

  • Resolusi

Pikiran-pikiran itu membuntuti Rena. Tapi, pikiran ia itu ia usir begitu saja. Ia malah lebih rajin lagi menabung. Satu tabungan buat keluarganya jika terjadi hal-hal yang tidak diingankan. Satu tabungan lagi buat keperluan dirinya untuk membeli barang yang ia mau. Itu yang ia lakukan selama ini.

  • Koda

Setelah Rena melakukan itu, apa yang ingin ia beli terbeli juga. Rena percaya bahwa menabung itu memang pangkal kaya. Ia jadi mudah untuk membeli apapun yang dimaunya.

 

Bertema "tokoh"

  • Orientasi

Sejak kecil Jordan memiliki ketertarikan dalam bidang olah raga. Salah satu cabang olah raga kesukaannya adalah bola basket.

  • Kerumitan Peristiwa

Saat baru duduk di bangku SMA, Jordan pernah ditolak saat ingin mengikuti seleksi masuk tim basket sekolahnya. Alasan utama pada saat itu adalah karena badannya yang terlalu pendek. Selain itu, ia juga dinilai kurang mahir dalam permainan tersebut.

  • Komplikasi

Jordan sangat sedih mendengar hal itu, tapi ia tak menyerah. Ia tetap berlatih dengan giat setiap hari di rumah. Tidak hanya tekniknya, ia juga melatih fisiknya dengan sangat keras dan disiplin. Dua tahun berikutnya, ia kembali mengikuti seleksi tim sekolahnya dan diterima.

  • Resolusi

Pada kompetisi SMA tahun 1981 Jordan membuktikan kerja kerasnya. Pada game pertamanya, ia berhasil mencetak 40 angka. Ia juga memiliki statistik yang mengesankan, rata-rata 25 angka per game, dan memenangkan kompetisi SMA ditahun yang sama.

  • Koda

Ia pensiun tahun 2003 dan tercatat sebagai pemain yang mencetak angka terbanyak kedua dalam satu musim. Kini Jordan menjadi pemilik klub NBA, pebisnis, dan salah satu legenda basket sepanjang masa.



Contoh Cerita Inspiratif Singkat Beserta Strukturnya : Penuh Pesan Moral

Bertema "Islami"

  • Orientasi

Pada masa keemasan Kekhalifahan Abbasiyah, hidup seorang ulama yang sangat disegani. Suatu hari, seorang pedagang kenalannya berkunjung ke rumahnya.

  • Kerumitan Peristiwa

“Tuan sudah tahu kabar yang baru saja kudengar tentang sahabat tuan?” kata pedagang.
“Tunggu dulu!” ujar ulama. “Sebelum kau memberitahuku lebih lanjut, aku ingin kau melewati tiga pertanyaan dariku. Aku menamainya tes tiga saringan.”

  • Komplikasi

Pedagang itu bingung. Sang ulama lalu menjelaskan, “Sebelum kamu bercerita tentang kawanku, ada baiknya sedikit kusaring dulu informasinya. Tes pertama, apakah kamu bisa menjamin informasi itu benar?”

  • Resolusi

Pedagang menjawab, “Tidak, aku baru saja mendengarnya dari seseorang. Tapi…”
“Oke, berarti kamu tidak bisa menjamin kebenarannya.” Ulama melanjutkan lagi, “Apakah kabar tentang temanku adalah suatu informasi yang baik?”
Pedagang menjawab, “Tidak, malah sebaliknya ia…”
“Oke, berarti kamu akan berbicara tentang keburukan yang belum tentu benar.” Ulama melanjutkan lagi, “Terakhir, apakah mengetahui hal itu memberiku keuntungan?”
“Tidak ada,” jawab pedagang itu.

  • Koda

“Jika keburukan kawanku belum tentu benar dan tak ada keuntungan apa pun mengetahuinya, untuk apa kamu cerita?” tanya sang ulama.

 

Bertema "Melepaskan masalah/kehidupan"

  • Orientasi

Seorang pria jatuh ke dalam sebuah lubang yang dalam. Dia tidak bisa menarik keledai tersebut keluar, tidak peduli seberapa keras ia mencobanya. Oleh karena itu, ia memutuskan untuk mengubur keledainya hidup-hidup.

  • Kerumitan Peristiwa

Tanah mulai ditimbun ke lubang tempat keledai berada dari atas. Keledai yang merasa tertimpa tanah, menggoyangkan tubuhnya untuk menjatuhkan tanah di atas tubuhnya, dan melangkah di atas tanah tersebut. Tanah berikutnya ditimbun kembali ke dalam lubang.

  • Komplikasi

Keledai itu mengibaskan kembali tubuhnya dan menaiki tanah tersebut. Semakin tanah ditimbun, semakin tinggi tanah tersebut naik.

  • Resolusi

Menjelang siang, keledai itu dapat keluar dari lubang, lalu merumput di padang rumput hijau.

  • Koda

Setelah banyak ‘mengibaskan’ masalah, Dan melangkah (belajar dari kisah di atas), Suatu saat setelah terlepas dari masalah, Anda akan mampu merumput di padang rumput hijau. Anda akan mampu meraih apa yang Anda impikan.



Bertema " renungan".

  • Orientasi

Seorang pria menemukan kepompong kupu-kupu.

  • Kerumitan Peristiwa

Suatu hari sebuah celah kecil muncul. Dia duduk dan memperhatikan kupu-kupu itu selama beberapa jam saat ia berusaha memaksakan tubuhnya melewati lubang kecil itu.

  • Komplikasi

Sampai tiba-tiba berhenti membuat kemajuan dan tampak seperti macet. Maka lelaki itu memutuskan untuk membantu kupu-kupu itu. Dia mengambil gunting dan memotong kepompong yang tersisa. Kupu-kupu kemudian muncul dengan mudah, meskipun memiliki tubuh bengkak dan sayap kecil yang layu.

Pria itu tidak memikirkan apa-apa tentang itu dan duduk di sana menunggu sayapnya membesar untuk menopang kupu-kupu. Tetapi itu tidak terjadi. Kupu-kupu menghabiskan sisa hidupnya tidak bisa terbang, merangkak dengan sayap kecil dan tubuh bengkak.

  • Resolusi

Meskipun pria itu baik hati, dia tidak mengerti bahwa kepompong yang membatasi dan perjuangan yang dibutuhkan oleh kupu-kupu untuk bisa menembus lubang kecil; adalah cara Tuhan memaksakan cairan dari tubuh kupu-kupu ke sayapnya. Mempersiapkan diri untuk terbang begitu sudah keluar dari kepompong.

  • Koda 

Perjuangan kita dalam hidup mengembangkan kekuatan kita. Tanpa perjuangan, kita tidak pernah tumbuh dan tidak pernah menjadi lebih kuat, jadi penting bagi kita untuk mengatasi tantangan kita sendiri, dan tidak bergantung pada bantuan dari orang lain.



Bertema "cinta/perjuangan"

  • Orientasi

Perjuangan kita dalam hidup mengembangkan kekuatan kita. Tanpa perjuangan, kita tidak pernah tumbuh dan tidak pernah menjadi lebih kuat, jadi penting bagi kita untuk mengatasi tantangan kita sendiri, dan tidak bergantung pada bantuan dari orang lain.

Perjuangan kita dalam hidup mengembangkan kekuatan kita. Tanpa perjuangan, kita tidak pernah tumbuh dan tidak pernah menjadi lebih kuat, jadi penting bagi kita untuk mengatasi tantangan kita sendiri, dan tidak bergantung pada bantuan dari orang lain.

Beberapa waktu lalu, seorang lelaki menghukum putrinya yang berusia 3 tahun karena menyia-nyiakan gulungan kertas pembungkus emas.

  • Kerumitan Peristiwa

Uang sangat ketat dan ia menjadi geram ketika anak itu mencoba mendekorasi sebuah kotak untuk diletakkan di bawah pohon. Namun demikian, gadis kecil itu membawa hadiah itu kepada ayahnya keesokan paginya dan berkata, "Ini untukmu, Ayah."

  • Komplikasi

Pria itu menjadi malu dengan reaksi berlebihan sebelumnya, tetapi kemarahannya terus berlanjut ketika dia melihat bahwa kotak itu kosong. Dia berteriak padanya; "Apa kamu tidak tahu, ketika kamu memberi seseorang hadiah, seharusnya ada sesuatu di dalam?"
 
Gadis kecil itu menatapnya dengan air mata berlinang dan menangis;
“Oh, Ayah, sama sekali tidak kosong. Saya meniup ciuman ke dalam kotak. Semuanya untuk Anda, Ayah. ”
 
Sang ayah hancur. Dia memeluk gadis kecilnya, dan dia memohon maaf padanya. Hanya beberapa saat kemudian, sebuah kecelakaan merenggut nyawa anak itu.

  • Resolusi

Ayahnya menyimpan kotak emas di samping tempat tidurnya selama bertahun-tahun. Setiap kali dia berkecil hati, dia akan mengeluarkan ciuman imajiner dan mengingat cinta anak yang telah meletakkannya di sana.

  • Koda

Cinta adalah hadiah paling berharga di dunia.

 

Kedelapan contoh cerita inspiratif singkat beserta strukturnya di atas semoga bisa membantumu untuk lebih memahami apa itu cerita inspiratif dan strukturnya. Dengan membuat struktur cerita maka kamu pun akan lebih mudah menulis cerita dan fokus pada satu ide saja.

Posting Komentar untuk "8 Contoh Cerita Inspiratif Singkat Beserta Strukturnya"