4 Contoh Cerpen Inspiratif yang Mengandung Pesan Moral

 


Berikut ini adalah beberapa contoh cerpen inspiratif yang banyak mengandung pesan moral di dalamnya. Dalam membuat cerpen inspiratif haruslah mengangkat satu topik atau ide sehingga cerita tidak akan terlalu panjang dan pesan yang ingin disampaikan pun dapat dirasakan oleh pembaca.


Contoh Cerpen Inspiratif yang Mengharukan

Hadiah Dari Iron Man

Alex Pring, anak-anak berumur enam tahun yang tak memiliki tangan kanan sejak lahir, mendapatkan hadiah dari Iron Man. Ya, Iron Man dalam komik Marvel dan difilmkan kemudian dimainkan oleh Robert Downey Jr.. Hadiah tersebut berupa "tangan robotik" dan diberikan oleh Robert sendiri.

Saat memberikan hadiah pada Alex, Robert sendiri mengenakan salah satu atribut Iron Man-nya. Tangan tersebut adalah buatan Limbitless Solutions, sekelompok orang yang secara sukarela membuatkan "tangan robotik" bagi anak-anak yang membutuhkan.

Pertemuan ini dirancang oleh Microsoft dan pemberian hadiah ini juga digunakan sebagai kampanye "The Colective Project" yang menunjukkan bagaimana pemuda saat ini dapat mengubah dunia dengan teknologi.

 

Sunny Kamengmau

Anda pernah mendengar tas tangan merek Robita? Tas Robita yang begitu populer di Jepang ini bahkan kabarnya menjadi idaman oleh semua kalangan sosialita di negara sakura itu. Orang yang berada di balik 'dapur' tas merek Robita ini adalah Sunny Kamengmau, pemuda asal Nusa Tenggara Timur (NTT).

Siapa sangka pemuda yang tidak pernah lulus SMA itu akhirnya menjadi pengusaha sukses yang dapat menginspirasi siapa pun yang mendengar kisahnya. Sunny mengawali bisnisnya dengan modal nekat. Setelah meninggalkan kampung halamannya dan pergi ke Bali, ia bekerja sebagai tukang sapu di sebuah hotel. Selang beberapa lama ia pun diangkat menjadi satpam karena dianggap memiliki etos kerja yang bagus. Selama itu, ia juga memanfaatkan waktunya untuk belajar Bahasa Inggris dan Bahasa Jepang.

Gaji pertamanya ia sisihkan untuk membeli kamus dua bahasa asing tersebut dan mempelajarinya dengan tekun. Keberuntungan mungkin memang berada di pihaknya sejak awal ia dipekerjakan di hotel tersebut, karena di sana ia berkenalan dengan seorang pengusaha asal Jepang yang kemudian memintanya untuk memasok tas kulit ke negaranya. Meski sempat terseok untuk beberapa lama, bahkan hampir kehilangan semua penjahit tas yang bekerja untuknya, Sunny perlahan bisa bangkit dan bisnis tasnya itupun kian diperkokoh hingga mampu memiliki 100 orang karyawan.

 

Contoh Cerpen Inspiratif : Bangkit Dari Depresi

Dikisahkan bahwa ada seorang ayah yang sempat kehilangan anak laki-lakinya. Namanya seorang ayah, tentu saja akan sangat terluka ketika buah hati yang begitu disayangi tiba-tiba pergi meninggalkannya terlebih dahulu menjemput maut. Mungkin memang banyak yang berhasil melewati situasi ini, namun tidak dengan seorang lelaki bernama Brian ini.

Brian bisa di katakan mengalami stress dan shock berat akibat meninggalnya putranya tersebut. Bahkan, saking parahnya kondisi Brian, dia pun pernah mencoba untuk bunuh diri. Padahal, anak laki-lakinya yang telah meninggal bukanlah putra semata wayang yang dia miliki. Brian masih memiliki seorang putri juga yang seharusnya bisa menghibur kesedihan laki-laki tersebut.

Meski demikian, keluarganya masih begitu bersyukur karena Brian tidak sampai hilang kendali dan benar-benar menyusul putranya saat itu. Bahkan, saat ini depresi yang di alami oleh Brian pun telah pulih seperti sedia kala. Dia tidak lagi mengalami hal-hal yang di luar batas wajar sebagaimana beberapa tahun lalu sejak meninggalnya sang putra.

Kondisi Brian akhirnya membaik dengan perjuangan keras dan berbagai tahap pemulihan yang dia jalani. Bahkan, saat ini dia begitu sehatnya hingga ikut andil dalam berbagai penyembuhan untuk penderita depresi. Hal ini dilakukan sebagai rasa syukur atas kesembuhannya hingga sekarang. Dan dia pun bekerja di recovery support worker.

Dari contoh cerpen inspiratif ini bisa di ambil banyak pelajaran penting. Seseorang yang pernah mengalami depresi pun akhirnya mengabdikan diri bagi mereka yang sedang mengalami hal yang sama. Oleh karena itu, sesedih apa pun hal atau peristiwa yang pernah terjadi dalam hidup. Termasuk ketika orang yang paling disayangi pergi, jangan sampai kehilangan akal sehat dan melakukan tindakan merugikan.

Hal ini karena segala sesuatu pasti kembali ke asalnya dan hanya menunggu giliran masing-masing saja. Selain itu, bagi kamu yang sedang memiliki keluarga dalam kondisi serupa, tidak perlu khawatir terlalu berlebih karena dengan ikhtiar yang kuat, niat serta doa dari keluarga, orang yang kamu sayang dan sedang mengidap depresi bisa sembuh sebagaimana kondisi semula.

Bahkan, bisa jadi dia akan menjadi pribadi yang jauh lebih baik. Dan hal ini telah di buktikan oleh Brian serta putrinya yang melewati masa-masa sulit dengan kondisi sang ayah yang begitu mengharukan. Bahkan, contoh cerpen inspiratif yang satu ini pun di ceritakan sendiri oleh sang putri yang begitu senang karena ayahnya telah kembali seperti sedia kala.

 

Contoh Cerpen Inspiratif Tentang Kasih Sayang

Cerita yang satu ini datang dari kisah seorang anak dan ayahnya yang tentu saja memiliki ikatan kasih sayang begitu kuat dalam hidup ini. Selain karena keduanya memang terikat oleh ikatan batin secara naluriah, selama hidupnya pun hari-hari selalu diisi oleh kebersamaan dengan keluarga khususnya sang ayah. Jadi, tidak heran jika kasih sayang tersebut bisa abadi dan bisa dirasakan pula.

Anak yang senantiasa tetap mendapatkan kasih sayang dari sang ayah sekalipun ayahnya telah tiada ini bernama Sellers. Saat ayahnya meninggal kala itu dia masih berusia 16 tahun. Sedangkan penyebab meninggalnya sang ayah tidak lain adalah karena penyakit ganas berupa kanker yang sering menjadi momok bagi banyak orang, khususnya yang sudah mengalaminya.

Ketika seseorang sudah divonis mengidap penyakit kanker, tentu saja sudah ada banyak sekali bayangan kelam yang juga penuh dengan keputusasaaan dalam hidupnya. Pada umumnya, penderita penyakit ini pun akan berakhir dengan kematian karena kanker memang penyakit yang sangat mematikan. Termasuk ayah Sellers yang juga penderita pun berpikir demikian.

Dalam kasus ini, sang ayah adalah sosok penyayang yang sangat mencintai keluarganya, termasuk anaknya sellers yang bisa di katakan masih remaja. Oleh karena itu, mengetahui kondisinya yang buruk, tentu saja ayah Sellers cukup terpukul dan tidak ingin melihat anaknya kesepian sekaligus kehilangan kasih sayang seorang ayah sepeninggalnya.

Meski demikian, dengan segala cara, sebelum meninggal, ayah Sellers berusaha menemukan cara sebaik mungkin sehingga buah hatinya tetap merasa bahwa ayahnya masih ada. Kasih sayang tulus sang ayah yang abadi ini terbukti dan bisa dirasakan secara nyata oleh Sellers karena setiap tahun sepeninggal ayahnya, dia selalu mendapatkan kiriman bunga dari sang ayah.

Bahkan, tidak hanya sebatas bunga saja, dalam kiriman yang masih satu paket sang ayah juga telah mempersiapkan kalimat-kalimat surat yang matang sehingga Sellers bisa benar-benar merasaan kehadirannya. Lalu, bagaimana bisa seseorang yang sudah meninggal mengirimkan bunga pada anaknya di setiap tahun dan tepat pada tanggal ulang tahun sang anak tersebut?

Singkat cerita, ternyata sebelum meninggal sang ayah memesan dan membayar pemesanan bunga di salah satu toko untuk di berikan pada anaknya setiap hari ulang tahun. Hal ini pun di tepati dengan baik oleh toko bunga tersebut sehingga Sellers bisa merasakan kehadiran sang ayah setiap hari ulang tahunnya. Hal ini membuktikan bahwa kasih sayang bisa tumbuh abadi bagi siapa pun.

Pada hari ulang tahun Sellers yang ke dua puluh satu, yakni setelah 5 tahun kematian sang ayah, ada pesan penting yang ditulis ayahnya untuk Sellers. Pesan itu berbunyi bahwa ayahnya akan selalu bersama Sellers sampai kapan pun dan ketika Sellers melihat sekelilingnya, di situlah ayahnya berada. Hal ini tentu akan membuat hati Sellers kuat akan motivasi yang terus datang dari ayahnya.

Bagaimana menurut kamu contoh cerpen inspiratif di atas? Seseorang yang sudah meninggal saja masih bisa dan punya kesempatan untuk menunjukkan kasih sayangnya pada orang yang dia cintai. Tentu saja bagi yang masih punya banyak waktu di dunia jangan sampai menyia-nyiakan kesempatan yang telah Tuhan berikan. Setiap orang perlu menyadari bahwa kasih sayang harus di berikan secara tulus pada mereka yang berhak.

Keluarga adalah segalanya, maka harus disayangi dan diutamakan selama masih ada kesempatan. Manusia tidak pernah tahu kapan kesempatannya akan habis dan maut akan menjemput. Jika kesempatan hidup dari Tuhan untuk saling menyayangi ini disia-siakan, besar kemungkinan ketika fisik mulai renta dan maut pun terasa kian dekat, mereka akan menyesal. Itulah pesan dari contoh cerpen inspiratif itu.

Contoh cerpen inspiratif tentang Sellers juga menyadarkan saya yang ternyata iri dengan kasih sayang yang didapatkan Sellers dari ayahnya. Meski ayahnya telah meninggal, tetapi kasih sayangnya terbukti tak pernah mati.

Semoga contoh cerpen inspiratif di atas juga membuatmu termotivasi untuk memberikan perhatian dan kasih sayang. Namun jangan lupa sayangi dirimu terlebih dulu.

Posting Komentar untuk "4 Contoh Cerpen Inspiratif yang Mengandung Pesan Moral"