7 Contoh Kisah Inspiratif Singkat Dalam Kehidupan Sehari-hari

 


Berikut ini ada beberapa contoh kisah inspiratif singkat yang bisa mengubah pandangan kita terhadap kehidupan. Kisah inspiratif dari pengalaman atau cerita hidup orang lain berharga untuk kita pahami untuk kebaikan hidup kita juga.

Karena belajar dari pengalaman seseorang itu ibarat jalan pintas. Kita tidak perlu melewati banyak kesalahan dan kegagalan ketika kita mau belajar dari pengalaman hidup orang lain.

 

Contoh Kisah Inspiratif Singkat : Rezeki Tidak Akan Tertukar

Dikisahkan seorang pedagang kerupuk yang buta matanya saat hendak diminta kembalian:

Si pembeli bertanya : “Pak, seumpama saya tidak kasih bapak uang tapi saya mengambil kembalian 10 ribu apa bapak tidak takut rugi?” sambil nadanya menggoda.

Penjual kerupuk menjawab dengan lembut, “Allah tidak akan menukarkan rezeki, Nak, rezeki sudah diatur oleh-Nya, kalau sekarang saya rugi, saya yakin Allah masih akan menyiapkan rezeki yang lain untuk saya.”

Seketika mendengar jawaban penjual kerupuk pemuda itu langsung bergetar hatinya kemudian Allah memberi rezeki kepada tukang kerupuk itu lewat pemuda yang membeli tadi dengan memberikan uang yang lebih.

 

Contoh Kisah Inspiratif Singkat : Perempuan Sholehah

                Mendoakan Orang Lain

Pada suatu malam diriwayatkan disepertiga malam terakhir, Sayyidah Fathimah R.A putri tercinta Rasulullah SAW sedang melaksanakan salat malam di rumahnya.

Terkadang memang ia menghabiskan malam dengan qiyamul lail dan berdoa. Sayyidina Hasan sering mendengar munajat Sang Bunda.

Pada suatu pagi ketika Sayyidah Fatimah selesai berdoa, Sayyidina Hasan R.A bertanya, “Wahai Ibuku, dari semalam saya mendengar doamu, tetapi tidak satupun doa itu untuk dirimu sendiri?”

Sayyidah Fatimah menjawab dengan lembut, “Nak, doakan dulu tetanggamu karena ketika para malaikat mendengarkan kamu mendoakan tetanggamu, maka mereka akan mendoakan kamu. Adakah yang lebih baik dari pada doa para malaikat yang dekat dengan Allah, Tuhan kita?”

                    Mencari Surga

Kisah islami nyata ini, sebagaimana yang pernah diberitakan oleh Tribun Pontianak. Datang dari seorang mualaf, bergelar Profesor Matematika, yang dulunya adalah seorang atheis. Sebelumnya ia tidak pernah mendapatkan jawaban yang memuaskan terkait keberadaan surga atau hal semacamnya.

Sering ia bermimpi yang mana seolah-olah sedang menghadap Tuhan, berdiri, membungkuk, lalu berdiri lagi dan kemudian menempelkan dahi ke lantai. Tidak hanya dia yang ada di ruangan itu, namun juga ada beberapa laki-laki yang membentuk barisan. Melakukan hal yang sama dengannya dan seseorang yang paling depan terlihat memimpin gerakan itu.

Singkat cerita, ketika ia menjadi dosen di University of San Fransisco. Ada salah satu mahasiswanya adalah seorang muslim. Mahasiswa muslim itu memberinya sebuah Al-Quran terjemahan. Semenjak itu, ia merasa mendapat pencerahan.

Ditambah lagi, ketika melihat pemandangan beberapa mahasiswa muslimnya yang shalat di basement. Sesuai dengan mimpinya beberapa tahun yang lalu. Akhirnya, profesor matematika itu, memutuskan untuk mengucap dua kalimat syahadat dan menjadi seorang Muslim.

 

Contoh Kisah Inspiratif Singkat Penuh Makna

Filsuf yang Sombong


Ada seorang filsuf yang menaiki sebuah perahu kecil ke suatu tempat. Karena merasa bosan di dalam perahu, kemudian dia pun mencari pelaut untuk berdiskusi. Filsuf menanyakan kepada pelaut itu, "Apakah Anda mengerti filosofi?"

"Tidak, saya tidak mengerti," jawab pelaut.

"Wah, sayang sekali Anda kehilangan setengah dari kehidupan Anda."

Lalu filsuf bertanya kembali, "Apakah Anda mengerti matematika?"

"Tidak mengerti juga jawab pelaut tersebut."

Filsuf tersebut menggelengkan kepalanya seraya berkata, "Sayang sekali bahkan Anda tidak mengerti akan matematika, berarti Anda kehilangan lagi setengah dari kehidupan Anda."

Tiba-tiba ombak besar datang dan membuat perahu tersebut terombang ambing. Ada beberapa tempat yang telah kemasukan air. Perahu tersebut hampir tenggelam, filsuf tersebut ketakutan. Seketika pelaut pun bertanya.

"Apakah Anda bisa berenang?"
Si filsuf pun dengan cepat menggelengkan kepalanya dan berkata, "saya tidak bisa berenang, cepat tolonglah saya!"

Pelaut pun menertawakannya dan berkata, "Berenang saja Anda tidak bisa, apakah arti dari kehidupan Anda?"

"Berarti Anda akan kehilangan seluruh kehidupan Anda."

Dari cerita singkat tersebut kita mendapatkan pelajaran bahwa semua orang memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Jangan terlalu bangga akan kelebihanmu, sehingga membuatmu lupa akan kelebihan orang lain.

 

 Setiap Pagi

Setiap pagi di Afrika seekor rusa bangun dan tahu dia harus berlari lebih cepat dari singa yang tercepat atau ia akan mati dimakan Singa.

Setiap pagi di Afrika, seekor singa bangun dan ia tahu bahwa dia harus berlari lebih cepat dari rusa paling lambat atau dia akan mati kelaparan.

Jadi saat matahari terbit entah Anda sebagai singa ataupun rusa lebih baik bangun dan berlari lah dengan bekerja sebaik mungkin atau Anda akan menderita oleh kebutuhan dan keinginan Anda yang larinya lebih jauh dan lebih cepat dari Anda.

 

Kekalahan

Apakah daun yang gugur dari pohon merasa dikalahkan oleh angin?

Apakah orang yang bertahun-tahun mempersiapkan diri mendaki gunung tertinggi merasa terkalahkan saat mendapati puncak gunung itu ternyata diselimuti awan gelap?

Apakah seorang pemuda yang ditolak lamarannya akan mengatakan cinta itu tak ada?

Apakah musim kemarau harus mempertahankan kekuasaaannya agar tak digantikan oleh musim hujan?

Apakah rumput harus menolak dimakan oleh rusa yang kemudian menjadi mangsa singa?

Itulah siklus alam. Tidak ada kekalahan atau kemenangan.

Yang ada hanyalah PERGERAKAN.

Jangan putus asa saat masa sulit.

Jangan terlena di saat kemenangan.

 

Beristirahatlah

Seorang pria paruh baya dan seorang pemuda mulai menebang kayu pagi-pagi buta. Mungkin karena tenaganya sudah tidak terlalu besar, setiap 50 menit, si pria paruh baya akan istirahat selama 10 menit lamanya. Sedangkan si pemuda, mungkin karena tenaganya yang masih kuat, ia tidak pernah beristirahat sedetikpun dan hanya terus bekerja.

Ketika waktu bekerja selesai, si pemuda menyadari suatu hal yang mengejutkan. Hasil kayu yang ditebang pria paruh baya jauh lebih banyak dari yang ia tebang.

Kemudian, si pemuda tersebut bertanya kepada pria tersebut untuk belajar darinya.

Lalu, si pria paruh baya itu menjawab, “Istirahat juga merupakan sebuah pekerjaan. Selain bisa memberikan pasokan tenaga yang cukup bagi tubuh, istirahat juga bisa mengasah energi yang kita miliki.”

“Bekerja dan belajar dengan gigih memang bagus, akan tetapi alangkah lebih baik lagi jika disesuaikan dengan beristirahat. Tubuh kita juga memiliki batas dan kemampuan tertentu ketika digunakan. Ketika batas tersebut sudah hampir terlampaui, beristirahatlah. Itu adalah cara yang paling baik untuk membuat tubuh kembali bertenaga.

Meski masih muda, tenaga masih banyak, kita juga perlu memikirkan kapan tubuh dan pikiran kita harus beristirahat. Karena sesuatu yang dikerjakan dengan berlebihan itu justru hasilnya tidak pernah memuaskan.

Dari beberapa kisah di atas, semoga bisa menjadi contoh kisah inspiratif singkat dalam hidupmu sehingga lebih bermakna. Dan melalui cerita tersebut kamu bisa memandang masalah dari berbagai sudut.

 

Posting Komentar untuk "7 Contoh Kisah Inspiratif Singkat Dalam Kehidupan Sehari-hari"