Kumpulan Dongeng Anak Islami Lucu

 


Pastikan sebelum tidur kamu bisa membacakan dongeng anak islami lucu ini sebagai pengantar tidur mereka. Cerita-cerita lucu berikut ini bukan cerita yang berat sehingga dikemas dengan menarik dan menyenangkan. Namun tak lupa tetap tersimpan makna yang terkandung di dalam cerita tersebut.

Kamu juga bisa membacakan cerita anak tentang nabi-nabi sebelum mereka tidur. Cerita inspiratif untuk anak diharapkan bisa menjadi bahan menambah wawasan dan pengetahuan anak serta motivasi anak berkaitan dengan akhlak yang baik dan terpuji.

Simak cerita-ceritanya berikut ini :

Dongeng Anak Islami Lucu : Kisah Peramal dan Raja

Pada jaman dahulu, seorang raja memiliki peramal istana yang bertugas melayani sang Raja. Suatu malam, sang Raja terbangun dari mimpi buruk. Ia pun memerintahkan pengawal untuk memanggil peramal kerajaan.

Si peramal pun datang dengan tergopoh-gopoh. “Hei, peramal. Aku bermimpi semua gigiku tanggal dan merasa sakit saat bangun. Pertanda apakah ini?” tanya sang Raja.

Peramal pun terkejut dan menjawab, “Mohon maaf baginda, sepengetahuan saya gigi yang tanggal merupakan tanda kesialan. Tanggalnya gigi merupakan tanda bahwa anggota keluarga akan meninggal. Jika baginda melihat gigi yang tanggal semua maka seluruh anggota kerajaan akan meninggal dan Anda akan mengalami kesialan.”

Mendengar jawaban ini, sang Raja pun murka dan menghukum si peramal dengan hukuman cambuk. Merasa tak puas dengan jawaban peramal, sang Raja mengutus pengawal untuk memanggil peramal lain.

Saat peramal kedua tiba, Raja pun menceritakan mimpinya tentang melihat seluruh giginya yang tanggal. Peramal pun tersenyum mendengar perkataan Raja.

“Menurut ilmu saya, mimpi tersebut berarti pertanda baik. Anda akan hidup lebih lama dari seluruh anggota keluarga kerajaan, Baginda,” ujar si peramal.

Raja pun merasa puas dengan perkataan si peramal dan menghadiahinya emas sebanyak 5 buah. “Kau memang peramal yang pintar dan dapat dipercaya,” puji sang Raja.

Pesan Moral

Pesan moral yang bisa didapat dari dongeng anak yang berjudul peramal dan raja ini adalah mengajarkan anak agar memikirkan matang-matang apa yang ingin dikatakan. Tidak boleh asal berbicara seperti peramal pertama yang mengatakan bahwa raja akan mendapat kesialan.

Nasehatilah anak bahwa dengan memikirkan kalimat yang pantas sebelum berbicara seperti peramal kedua, maka anak bisa terhindar dari kejadian buruk.

 

Dongeng Anak Islami Lucu : Kepuasan Manusia Tak Terbatas

Pada suatu hari ada seorang Ayah, anak dan seekor keledai. Sang ayah bernama Juha itu ingin memberikan pelajaran kehidupan yang berharga kepada anaknya di dalam perjalanannya.

Dia menunggangi seekor keledai dan menyuruh sang anak berjalan di belakangnya. Ketika baru berjalan beberapa langkah, lewatlah sebagian wanita yang menyoraki Juha, "Kok, kamu yang naik, sedangkan anakmu yang kecil itu kelelahan berjalan dibelakang?"

Mendengar itu, Juha pun turun dan menyuruh anaknya yang naik keledai. Kemudian tak berapa lama, mereka melewati segerombolan orang tua sedang duduk di bawah pohon. Mereka berkata "Mengapa kamu berjalan kaki, kamu kan sudah tua, sedangkan anakmu yang masih muda kau biarkan naik keledai itu?"

"Apakah kamu mendengar perkataan mereka, Nak? Kalau begitu mari kita naiki keledai ini sama-sama." kata Juha kepada anaknya.

Lalu mereka pun bersama menunggangi keledai itu. Tetapi, di tengah perjalanan, mereka melewati sekelompok orang pecinta binatang. Melihat pemandangan itu, mereka meneriaki Juha dan anaknya "Kasihanilah binatang yang kurus kering itu. Kalian berdua menungganginya, padahal kalian lebih berat dari pada keledai ini."

"Kau dengar tadi?" kata Juha kepada anaknya sambil turun dan menurunkan anaknya dari atas keledai. "Kalau begitu, mari kita berjalan bersama-sama dan kita biarkan keledai ini berjalan di hadapan kita." Kata Juha lagi.

Akhirnya sang ayah dan anaknya melanjutkan perjalanan, sementara keledai berjalan di depan mereka berdua. Lalu mereka melintasi segerombolan pemuda berandalan yang mabuk, melihat Juha dan anaknya yang sedang berjalan kaki, gerombolan itu pun meneriaki mereka berdua "Yang pantas itu keledai yang menaiki kalian berdua, sehingga kalian dapat membuatnya terhindar dari kendala - kendala di jalan."

Juha terpengaruh ucapan pemuda berandalan itu. Ia dan anaknya kemudian memikul keledai itu dengan menggunakan batang kayu yang mereka temukan di jalan. Baru saja Juha dan anaknya berlalu melanjutkan perjalanan, orang - orang di belakang mereka menertawakan pemandangan aneh itu.

Juha berhenti dan menoleh kepada anaknya sambil berkata, "Wahai anakku, jika mendengar dan mengikuti semua omongan manusia. Tidak akan ada habis - habisnya."
Dan mereka berdua pun tertawa.

Makna cerita Ayah, Anak Dan Keledai

 Omongan manusia tentang kita tidak akan pernah ada ujungnya. Karena itu, teruskanlah mengerjakan sesuatu kalau itu dianggap sebagai kebenaran. Tidak usah terlalu pusing dengan omongan banyak orang. Karena, kepuasan manusia tidak akan pernah tercapai. Jangan khawatir dan mundur untuk melakukan yang terbaik.

 

Dongeng Anak Islami Lucu Sehari-hari

Anak Tidak Gosok Gigi

Bimo merupakan anak kelas satu Sekolah Dasar. Selain mendapat peringkat pertama di kelasnya, Bimo juga cukup tampan. Meski begitu, Bimo memiliki satu kebiasaan buruk yang hanya diketahui teman-teman sekelasnya. Kebiasaan itu adalah Bimo sering tak menggosok gigi.

Suatu hari saat ibu wali kelas Bimo tengah mengajar di kelasnya.

Ibu guru: (Berhenti mengajar sejenak) "Bimo, tadi pagi tidak gosok gigi ya?"

Alangkah kagetnya si Bimo. Dia berpikir siapa dari teman-temannya yang mengadu pada ibu wali kelasnya itu tentang kebiasaannya.

Bimo: "Kok ibu guru bisa tahu?"
Ibu guru: (Tersenyum) "Coba lihat, ada sisa sayur di gigimu."
Bimo: (Berteriak dengan riang) "Kalau begitu, ibu salah. Tadi pagi saya sarapan nasi goreng pakai telur dadar. Terakhir saya makan sayur tiga hari yang lalu."

Lomba Lari

Di lapangan, terdapat empat anak yang sedang bersiap-siap untuk lomba lari. Sang pelatih pun mulai menghitung. "1,2,3, lari!!!" teriak sang pelatih sembari meniup peluit. Namun dari keempat peserta, Paijo justru tidka ikut lari.

Pelatih: "Loh kenapa kamu enggak ikut lari?"
Paijo: "Lah saya nomor 4 pak. Tadi yang disuruh lari 1,2, dan 3 saja."

Belajar Bahasa Inggris

Dalam kelas Bahasa Inggris di kelas 3 Sekolah Dasar, Robi tiba-tiba bertanya pada gurunya.

Robi: "Miss, kalau bahasa Indonesia nya Tomorrow apa?"
Guru: "Besok." (Jawabnya singkat sembari memeriksa kertas ujian murid-muridnya).
Robi: "Sekarang saja Miss."
Guru: "Enggak bisa dong Mas, jawabannya besok."
Robi: "Yah Miss, masa saya tanya satu kata saja dijawabnya besok?"

 

Ketiga dongeng anak islami lucu di atas mengandung makna atau pesan moral yang baik. Namun dongeng anak sehari-hari lah yang lebih membuat tertawa. Anak-anak yang polos selalu memberikan keceriaan tersendiri.

 

Source :

https://guruceritaku.blogspot.com/2017/03/cerpen-inspiratif-ayah-anak-dan-keledai.html

https://www.ruangmom.com/cerita-anak-islami.html

https://www.merdeka.com/trending/10-cerita-lucu-anak-singkat-namun-bisa-bikin-tertawa-lepas-kln.html?page=3

 

 

Posting Komentar untuk "Kumpulan Dongeng Anak Islami Lucu"