Kisah Inspiratif Chairul Tanjung, Sebuah Bukti Kesuksesan

 


Kisah inspiratif Chairul Tanjung “Si Anak Singkong” selalu menarik untuk dijadikan motivasi kerja, terutama dalam bidang bisnis. Para pengusaha muda pasti suka dengan sosok beliau yang memang semuanya diperolehnya dari nol.

Kisah inspiratif Chairul Tanjung ini juga membuktikan bahwa kesuksesan tanpa privilege pun bisa. Kita bisa lihat dari perjalanan hidup Chairul Tanjung berikut ini. Beliau bukan lah dari keluarga kaya raya yang memanjakan anaknya untuk bisa mendapatkan setiap hal yang diinginkan, justru sebaliknya.

Bagaimana beliau bisa membangun kerajaan bisnisnya tersebut dari awal? Ikuti kisahnya berikut ini : 

 

Kisah Inspiratif Chairul Tanjung : Asal Usul

Chairul Tanjung, anak dari pasangan Halimah dan Abdul Ghafar Tanjung yang saat itu berprofesi sebagai seorang wartawan masa orde lama yang menerbitkan surat kabar beroplah minim.

Pria kelahiran, 16 Juni 1962, ini memiliki kisah inspiratif juga dalam dunia berbisnis. Tidak ada yang menyangka pria yang dilahirkan dari keluarga yang sederhana, bisa menjadi orang kaya dan terkenal.

Masa kecil beliau sama pada masa anak-anak lainnya waktu itu, dengan keadaan yang serba kekurangan karena ayah tempat ayahnya bekerja mengalami kebangkrutan yang membuat perusahaan tersebut harus gulung tikar. Beliau sama sekali tidak mengeluhkan keadaan yang menimpanya.

Ia bersama orangtua dan keenam saudaranya terpaksa menjual rumah mereka dan pindah ke kamar losmen yang sempit.

Jenjang pendidikan ia tempuh sampai tamat, mulai dari SD dan SMP Van Lith, Jakarta pada 1975, SMA Negeri 1 Boedi Oetomo pada 1981, dan berhasil lulus dari Fakultas Kedokteran Gigi, Universitas Indonesia pada 1987.

Semangatnya dalam dunia pendidikan selalu ia dalami dengan penuh semangat, setelah lulus dari SMA Negeri 1 Jakarta ia melanjutkan pendidikannya ke Universitas Indonesia dan mengambil jurusan Kedokteran Gigi.
Pada saat menjalani kesehariannya sebagai mahasiswa, pada saat itu jiwa bisnis nya muncul, ia mulai berjualan kaos, buku kuliah hingga membuka fotocopy di tempat ia kuliah.

Ketika lulus dari kuliahnya, jiwa pengusahanya mulai bangkit, beliau mendirikan sebuah usaha peralatan kedokteran dan laboraturium di Jakarta Pusat. Namun bisnis yang dijalani tidak berjalan dengan mulus pada saat itu dan akhirnya gagal.

Dalam kondisinya yang kurang menguntungkan, ia tetap gigih dalam bekerja dan menyelesaikan bangku kuliahnya, bahkan ia mendapatkan penghargaan sebagai Mahasiswa Teladan Tingkat Nasional tahun 1984-1985.

Tidak sampai disitu, ia pun berhasil mengambil gelar MBA-nya dari Executive Institut Pendidikan dan Pembinaan Manajemen (IPPM) pada 1993.

Lika-liku Kehidupan Si Anak Singkong

Kegagalannya dalam membangun bisnis, tidak membuatnya patah semangat.

Ia mencoba membuka usaha kontraktor walaupun ia tetap mengalami kebangkrutan, hingga membuatnya harus bekerja di perusahaan baja dan sempat pindah ke perusahaan rotan.

Setelah lulus kuliah, Chairul Tanjung bersama dengan tiga rekannya memulai sebuah bisnis pembuatan sepatu anak-anak ekspor yang diberi nama PT Pariarti Shindutama, perusahaan pertama yang dia bangun bersama 3 kerabatnya.

Modal awalnya sebesar Rp 150 juta yang dipinjam dari Bank Exim dapat menghasilkan 160 ribu pasang sepatu dari Italia.

Bisnis bersama ini pun nyatanya berhasil maju pesat.

Sangat disayangkan, kerja sama mereka mendapat jalan buntu karena perbedaan visi dalam hal ekspansi usaha.

Hal ini pun membuat Chairul Tanjung memutuskan untuk memisahkan diri dari rekan-rekannya tersebut dan mendirikan bisnis sendiri.

 

Kisah Inspiratif Chairul Tanjung : Mulai Menapaki Tangga Kesuksesan

Sosoknya yang mau berkawan dengan siapapun, bahkan dengan petugas pengantar surat, membuat perkembangan usahanya semakin lancar.

Relasi dibangun dengan berbagai perusahaan, baik yang sudah ternama bahkan yang tidak terkenal sekalipun.

Ia mengarahkan bisnisnya ke konglomerasi (perusahaan yang punya beragam bisnis dan memungkinkan tidak ada kaitan antara satu sama lain) dengan mereposisikan dirinya kepada tiga bisnis inti, yaitu Keuangan, Properti, dan Multimedia.

Perusahaan konglomerasi ini mempunyai Para Inti Holdindo sebagai father holding company, yang membawahi beberapa sub-holding, yaitu Para Global Investindo (bisnis keuangan), Para Inti Investindo (media dan investasi) dan Para Inti Propertindo (properti).

Oleh karena perkembangan bisnisnya, ia pun lebih senang mengakuisisi perusahaan dibandingkan membangun bisnis karena tidak adanya waktu untuk membangun usahanya dari nol.

Titik Puncak Kesuksesan

Saat ini, Chairul Tanjung memiliki sejumlah perusahaan di bidang keuangan, di antaranya Asuransi Umum Mega, Asuransi Jiwa Mega Life, Para Multi Finance, Bank Mega, Mega Capital Indonesia, Bank Mega Syariah, dan Mega Finance.

Ia juga memegang perusahaan Mega Corp, Trans Corp, dan CT Global Resources yang meliputi layanan finansial, media, ritel, gaya hidup, hiburan, dan sumber daya alam.

CT Corp juga memiliki Bandung Supermall yang kini berubah menjadi Trans Studio Mall yang diluncurkan sebagai Central Business District pada 1999 dengan luas 3 hektar dan menghabiskan dana Rp 99 miliar.

Dalam usaha mengembangkan sayapnya di dunia penyiaran dan multimedia, ia memiliki Trans TV, Trans7, Mahagaya Perdana, Trans Fashion, Trans Lifestyle, dan Trans Studio.

Sedangkan dalam bidang bisnis dan investasi, perusahaannya membeli sebagian besar saham Carrefour Indonesia sebesar 40% melalui penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) pada tanggal 12 Maret 2010 di Perancis.

Perkembangan bisnisnya yang semakin menanjak tidak lepas dari usahanya berjejaring dengan berbagai kalangan.

Kepiawaiannya dalam berjejaring dengan berbagai kalangan, membuatnya berhasil dalam menemukan mitra-mitra kerja yang handal.

Dalam melakukan kerjasama, ia tidak enggan untuk melakukan transaksi dengan perusahaan kecil sekalipun. 

Menurutnya, membangun sebuah bisnis tidaklah semudah membalikkan telapak tangan.

Tidak sampai disitu saja pencapaian yang dapatkan, Chairu Tanjung juga pernah diangkat menjadi Menko Perekonomian pada era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, dan Universitas Airlangga Surabaya mengukuhkan beliau sebagai Guru Besar Kewirausahaan pada 18 April 2015.

Biografi Chairul Tanjung yang Dibukukan

Chairul Tanjung berdedikasi untuk menjadi panutan para generasi muda hingga dikukuhkan sebagai Guru Besar bidang Ilmu Kewirausahaan Universitas Airlangga Surabaya pada tanggal 18 April 2015.

Kisah hidupnya yang inspiratif dan memotivasi akhirnya dibukukan yang diterbitkan oleh Penerbit Buku Kompas dan disusun oleh wartawan Kompas, Tjahja Gunawan Adireja.

Buku berjudul “Chairul Tanjung Si Anak Singkong” diluncurkan tepat pada usia Chairul Tanjung setengah abad.

 


Belajar Dari Kisah Inspiratif Chairul Tanjung

Kesabaran dan pantang menyerah dalam dunia usaha adalah satu kunci utama dalam meraih keberhasilan.

Ia juga pandai mengatur keuangan bisnis juga uang pribadi yang dimilikinya.

Kamu bisa mengikuti jejaknya dengan memahami dan mulai menerapkan langkah yang tepat dalam mengelola keuangan bisnis dan pribadimu.

Tidak hanya itu, semangatnya yang tak pernah padam membuatnya terus berkobar untuk bisa bekerja keras mewujudkan apa yang menjadi mimpinya. Meski kenyataan hidup pada awalnya membuatnya merasa kesulitan.

Bayangkan jika dulu Chairul Tanjung lantas punya perasaan rendah diri karena kondisinya yang serba kekurangan. Kita tak akan pernah mengenal sosoknya hingga saat ini.

Namun dia memilih untuk menyadari keadaannya dan segera bangkit. Apa saja dia lakukan demi bisa terus kuliah. Saya yakin waktu itu beliau pun paham benar bahwa yang bisa mengubah nasibnya adalah Pendidikan.

Jadi buat kamu yang saat ini merasa punya kondisi yang sama dengan beliau, jangan pernah merasa minder, apalagi rendah diri. Kamu bisa mengubahnya jika kamu mau. Memang dibutuhkan upaya kerja keras dan kegigihan. Tapi tak ada yang tak mungkin jika Allah pun sudah berkehendak.

Semoga kisah inspiratif Chairul Tanjung di atas bisa selalu memberikan motivasi dan energi positif buatmu.

 

Source :

https://www.finansialku.com/biografi-chairul-tanjung/

https://www.cairin.id/blog/article/6ce65e90f1e447cdb198ecad71b87206/Kisah-Inspiratif-Pengusaha-Sukses-Indonesia

Posting Komentar untuk "Kisah Inspiratif Chairul Tanjung, Sebuah Bukti Kesuksesan"