Menelaah Cerita Inspiratif Fiksi dan Non Fiksi



Cerita inspiratif terbagi menjadi dua, fiksi dan non fiksi. Cara membedakannya pun cukup mudah, dengan menelaah cerita inspiratif dilihat dari isi cerita bisa langsung kita ketahui, apakah itu cerita fiksi dan non fiksi.

Cerita fiksi adalah cerita yang dihasilkan dari karangan imajinasi penulis. Sedangkan cerita non fiksi berdasarkan fakta atau kisah nyata. Dalam cerita inspiratif kedua genre tersebut sama menariknya, tinggal pesan apa yang coba disampaikan kepada pembaca.

Nah, di sini saya akan hadirkan menelaah cerita inspiratif fiksi dan non fiksi agar mempermudah kamu mengenal kedua jenis cerita tersebut sehingga menemukan pesan moral atau hikmah dibaliknya.

 

Menelaah Cerita Inspiratif Non Fiksi

Kisah Inspiratif Sahabat

Kisah inspiratif tentang persahabatan ini datang dari negeri tirai bambu. Kisah nyata  kedua sahabat tersebut sempat menjadi bahan perbincangan di media sosial China pada tahun 2015. Bagaimana tidak, kisah persahabatannya membuat para netizen terharu. Kisah ini sangat inspiratif dan patut untuk dicontoh. Ini dia kisah persahabatan mereka.

Ada dua anak SMA yang bersahabat akrab dan tak terpisahkan bernama Xie Xu dan Zhang Chi. Mereka bertemu pertama kali di Daxu High School, Xuzhou, Provinsi Jiangsu, China Utara.  Xie Xu merupakah siswa SMA yang dikenal berkepribadian baik dan juga murid teladan. Ia juga memberikan pengaruh yang positif kepada siswa lain.

Zhang Chi merupakan sahabat Xie Xu yang memiliki keterbatasan fisik yaitu tidak bisa berjalan karena ia menderita distrofi otot atau penyakit yang menyebabkan kelemahan progresif dan hilangnya masa otot.

Baginya berangkat ke sekolah bukanlah sesuatu hal yang mudah, untuk menahan berat badannya sendiri saja sudah susah apalagi berjalan menuju kelas sendiri. Beruntung ia mempunyai Xie Xu, sahabat yang selalu ada untuknya dan bisa diandalkan.

Ketika Zhang tidak mampu berjalan menuju ruang kelas, Xie selalu mengantarkannya dengan cara menggendong Zhang dari kamar asrama dekat sekolah sampai ke ruang kelas mereka berdua.

Saat pulang sekolah menuju asrama, Xie pun menggendong Zhang. Tak hanya itu saja, Xie juga membantu Zhang dengan kegiatan lain seperti mencuci pakaian dan mendapatkan makanan untuknya. Kegiatan menggendong dan membantu Zhang telah dilakukan Xie selama 3 tahun.

Walaupun punya keterbatasan fisik, Zhang masih semangat untuk bersekolah apalagi dengan kehadiran Xie yang selalu memberinya semangat. Berkat Xie, Zhang tidak mengalami kesulitan belajar di kelas. Kedua sahabat ini  menjadi dikenal sebagai siswa yang pekerja keras dan top di kelas mereka.

Kisah persahabatan dua anak SMA ini patut kita contoh, mereka bukan keluarga dan hanya sahabat, tetapi Xie selalu membantu Zhang dengan sepenuh hati. Sifat Xie sangatlah luar biasa dan sangat inspiratif begitupun dengan Zhang yang selalu semangat menuntut ilmu walaupun dengan keterbatasan fisik yang ia miliki.

Dari kisah tersebut kita dapat mengambil pelajaran berharga, bahwa seharusnya kita saling membantu dan menyemangati, jangan malah melakukan tindakan bullying pada anak yang mempunyai keterbatasan fisik.

 

Kisah Inspiratif Hijabers Cantik

Halima Aden adalah salah satu hijabers dan model dunia yang terkenal akan kisah inspiratifnya. Halima menjadi populer setelah eksis berhijab di kontes kecantikan tahunan yaitu Miss Minnesota USA tahun 2016. Saat itu dia berhasil lolos sampai babak semifinal. Ia masuk dalam 15 besar kontestan terpilih dari 45 peserta yang ikut berpartisipasi.

Dilansir dari Star Tribune, Halima Aden bercerita tentang perjalanan hidupnya. Ia beserta keluarganya pindah ke Amerika saat ia berusia enam tahun. Sebelumnya ia dan keluarganya tinggal di kampung pengungsi Kenya, Afrika. Berawal dari hidup di pengungsian, sekarang ia menjadi model yang sukses dan meraup penghasilan tinggi.

Halima semakin populer saat dirinya diminta oleh Kanye West untuk menjadi model hijab pertama dan satu-satunya hijabers yang tampil pada ajang fashion show Yenzy Season 5, New York Fashion Week 2017. Sejak saat itu,  Halima langsung di kontrak IMG yang merupakan agensi model terkenal yang juga menaungi gigi hadid dan Karlie.

Popularitas Halima Aden menarik perhatian majalah fashion ternama di dunia yaitu Vogue. Untuk pertama kali dalam sejarah, Vogue menampilkan model berhijab di sampul majalahnya.

Usianya masih cukup muda. Namun, nama dan karirnya sudah melalang buana. Ia sudah berkali-kali menjadi model sampul majalah fashion yang terkenal di dunia seperti Vogue, Allure, dan Elle. Halima juga kerap tampil di panggung fashion week ternama.

Dengan segudang prestasi dan pencapaiannya sebagai hijabers dan model dunia. Halima dapat mengubah kehidupannya yang dahulu tinggal sebagai pengungsi sekarang dia sukses menjadi top model yang menurut  modelcraft, kekayaan yang dimiliki saat ini mencapai US$ 1 juta atau sekitar 15 miliar rupiah. Tak hanya perjuangan hidupnya yang sangat inspiratif, kehidupannya yang religius pun tak kalah inspifatif dan patut untuk kita contoh.

Saat ia berkunjung dan menjadi pembicara di Jakarta, Halima mengaku bahwa rahasia kesuksesannya adalah sholat dan selalu meminta petunjuk kepada Allah SWT. Halima mengatakan bahwa setiap ada tawaran pekerjaan yang datang kepadanya, ia selalu meminta petunjuk kepada Allah dengan cara melakukan sholat istikharah.

Cerita perjalanan hidupnya yang inspiratif membuat Halima dinobatkan menjadi brand ambassador UNICEF USA bersama deretan artis dunia yang terkenal. Ia mengkampanyekan program UNICEF dengan sepenuh hati.

 

 

Menelaah Cerita Inspiratif Fiksi

Bunga untuk Ibu

Kios bunga Pak Tono sedang kebanjiran pesanan. Ia sedang sibuk memindahkan ratusan karangan bunga ke atas mobil kol baknya. Ditengah kesibukannya, seorang perempuan muda tiba-tiba menghampirinya, dan bertanya, “Maaf pak, kalau harga karangan bunga yang kecil itu berapa?”

Pak Tono menghiraukannya untuk beberapa saat, kemudian menjawab “lima puluh ribu, Neng” jawabnya.

“Maaf pak, apakah ada yang tiga puluh ribu saja?” balas perempuan itu.

Kali ini pak Tono menatap wajah perempuan itu dan tersadar tampaknya perempuan itu baru berumur belasan tahun dan mungkin baru menginjak bangku SMP. Hanya saja tinggi badannya sempat mengelabui Pak Tono. Penjual bunga itu lantas balik bertanya.

“Untuk siapa bunganya, Dek? Bunganya boleh diambil dengan tiga puluh ribu saja” jawabnya sambil tersenyum.

“Terima kasih pak, untuk Ibu saya”.

“Adek ke sini jalan kaki? Pulangnya kemana?”

“Ke arah Sukamulya, Pak,” Jawab gadis itu.

“Saya juga kebetulan menuju ke arah sana, kalau mau sekalian bapak antar saja” Awalnya, perempuan itu tampak ragu, namun akhirnya menerima tawaran Pak Tono.

Pak Tono lantas berangkat bersama dengan perempuan muda yang membeli satu karangan bunga tersebut.

“Adek nanti bilang aja berhentinya di mana ya” “Iya pak, sebentar lagi juga sampai.”

Tak lama, dari kejauhan Pak Tono melihat kerumunan di dekat gapura pemakaman umum.

“Innalillahi, sepertinya ada yang sedang dimakamkan, Dek” ucap Pak Tono sambil memelankan laju kendaraannya.

Perempuan itu tidak menggubrisnya dan malah meminta pak Tono untuk menghentikan mobilnya. “Saya turun di depan pak”. Pak Tono kemudian menepikan mobilnya tepat di depan gapura pemakaman umum yang telah ia lihat dari kejauhan. Perempuan itu lalu turun dan mengucapkan terima kasih kepada pak Tono dengan senyum yang menutupi air matanya. Pak Tono terdiam sejenak sambil melihat perempuan itu memasuki gerbang pemakaman.

Ia lantas memutarbalikkan mobilnya dan menancap gas sekencang-kencangnya. Ia sudah tidak mempedulikan pesanan bunga yang harus diantarkannya. Pikirannya hanya tertuju pada rumah orangtuanya yang berjarak cukup jauh dari kota itu.

Sudah dua tahun lebih Pak Tono belum sempat pulang untuk menjenguk ibunya. Melihat peristiwa tadi, ia sadar betapa beruntungnya bahwa ibunya masih diberi kesehatan sehingga masih mampu menginjakan kakinya di dunia ini. Padahal, perempuan tadi tampak masih sangat muda dan kemungkinan besar ibunya pun meninggal diusia yang jauh lebih belia dibandingkan dengan orangtua Pak Tono. Terkadang apa yang kita miliki baru terasa ketika cerminan pahitnya berdiri di depan kita.

 

Apa yang Kamu Peroleh dari Hasil Menelaah Cerita Inspiratif di Atas?

Cerita inspiratif, baik fiksi maupun non fiksi, haruslah mengandung pesan atau hikmah bagi yang membacanya. Semakin cerita tersebut bisa memberikan inspirasi, semakin baik.

Sebagai manusia kita terkadang harus diingatkan melalui kisah hidup orang lain, agar kita pun sadar untuk tidak menyia-nyiakan hidup begitu saja. Kesedihan, kehilangan, masalah, akan selalu ada dalam hidup. Itu semua tergantung bagaimana kita menghadapinya.

Dengan menelaah cerita inspiratif di atas semoga bisa memberikanmu ide untuk membuat cerita inspiratif lainnya yang tak kalah bagus. Semoga menginspirasi.

 

Source:

https://www.mapel.id/contoh-teks-inspiratif/

https://serupa.id/contoh-teks-cerita-inspiratif-beserta-strukturnya-berbagai-tema/

Posting Komentar untuk "Menelaah Cerita Inspiratif Fiksi dan Non Fiksi"