Menyusun Cerita Inspiratif Tentang Botol

 


Sebuah cerita inspiratif yang mengambil perumpamaan botol dan manusia memang sangat menarik untuk disimak karena banyak pesan yang terkandung di dalamnya. Cara menyusun cerita inspiratif tentang botol lebih mudah dengan memperhatikan struktur cerita, yaitu berdasarkan orientasi, kerumitan peristiwa, komplikasi, solusi, dan koda.

Berikut ini ada dua contoh cerita inspiratif tentang botol yang bisa kamu contoh untuk belajar membuat cerita yang mengandung pesan moral di dalamnya. Selamat belajar!

 

Cara Menyusun Cerita Inspiratif Tentang Botol Keluarga Cempaka

  • Orientasi

Rumah megah keluarga cempaka sedang berduka. Kepala keluarga mereka baru saja meninggal dunia pekan lalu menyusul permaisurinya yang telah pergi lebih dulu. Keempat anaknya sedang berkumpul di rumah itu untuk menunggu pembacaan wasiat yang ditinggalkan oleh sang Ayah.

  • Kerumitan Peristiwa

Tak lama pengacara keluarga itu pun tiba. Ia adalah orang berwenang yang akan membacakan surat wasiat keluarga cempaka. Tanpa basa-basi sang pengacara lantas membuka surat wasiat yang masih disegel di dalam amplop tersebut. Namun, ketika melihatnya matanya berkerut. Ia sempat tertegun dan tampak keheranan membacanya. Anak pertama dari keluarga cemara pun lantas bertanya.

“Ada apa, Pak? Kok Bapak tampak keheranan begitu.” tanyanya.

  • Komplikasi

Sang penjaga surat wasiat akhirnya mulai berbicara.

“Mohon maaf, tapi tampaknya isi surat wasiat ini akan cukup mengagetkan,” sambil menghela nafas ia segera membacakan surat tersebut.

“Saya menyerahkan seluruh harta benda yang saya miliki kepada yayasan sosial perusahaan saya, yakni Cempaka Foundation untuk kemudian digunakan sebagaimana mestinya dalam mempertahankan yayasan dengan misinya untuk memaksimalkan bantuan sosial dalam seluruh sektor kehidupan.”

“Sementara itu, untuk keempat anak saya, saya mewariskan masing-masing satu buah botol berisi air mineral untuk dimaksimalkan menjadi bekal kehidupan bagi kalian semua.”

Semua terdiam dalam keheningan.

·         Resolusi

Pembaca surat wasiat kemudian membuka koper yang benar saja isinya adalah botol kaca yang berisi air bening. Anak pertama keluarga cempaka lalu mengambil salah satu botol dan segera membukanya.

“Ini sih air mineral biasa.” sambil mengeluarkan isinya.

Tak lama ia pun keluar dari rumah itu dengan wajah murka. Ia lantas melemparkan botol itu ke got di dekat rumahnya. Namun, anak-anak yang lainnya lantas memandangi ketiga botol yang tersisa. Mereka mendiskusikan apa maksud dari peninggalan warisan tersebut.

Ternyata, selang beberapa tahun kemudian anak kedua keluarga cempaka sukses meluncurkan produk jus buah botolan yang dihargai sepuluh ribu namun telah dijual di hampir seluruh warung, supermarket, dan pasar di Indonesia.

Sementara itu anak ketiga telah menjalin kerja sama dengan koperasi madu nusantara untuk menjual madu botolan yang dijual senilai seratus ribu rupiah.

Kemudian, si bungsu dari keluarga cempaka telah menemukan tumbuhan baru yang memiliki wewangian khas dan tidak dapat ditemukan di manapun dan telah mendapatkan kontrak tetap untuk bekerja sama dengan perusahaan parfum ternama. Tak perlu dipertanyakan lagi harganya, jutaan rupiah untuk satu botol.

·         Koda

Rupanya, itulah maksud dari warisan peninggalan orang nomor satu keluarga cempaka tersebut. Botol yang sama bernilai tergantung dari isinya. Botol seumpama manusia yang pada dasarnya sama. Namun, memiliki hati dan pandangan yang berbeda. Kebaikannya tidak dilihat dari fisik, namun justru dari isi hatinya meliputi: keimanan, kejujuran, kemuliaan, kebaikan dengan manusia lain.

 

Contoh Menyusun Cerita Inspiratif Tentang Botol

Penyesalan Sebuah Botol

  • Orientasi

Perkenalkan aku adalah sebuah botol yang istimewa. Dahulu botol seperti diriku adalah jenis yang langka dan tidak sembarangan orang mampu menyentuhnya. Aku tinggal bersama para pejabat kerajaan dan bahkan disentuh oleh baginda raja yang bijak saat jamuan makan malam tiba.

  • Kerumitan Peristiwa

Aku ceritakan pula pengalaman terbaik selama di dalam kerajaan kepada botol yang tidak bernasib baik. Ya, mereka hanya tinggal di dapur menemani para koki kerajaan untuk memasak makanan.

  • Komplikasi

Kenyamaan dan fasilitas yang ada membuat aku lupa diri dan sombong kepada kawan-kawan sesama botol. Hingga akhirnya kesombongan itu harus berakhir ketika isi minuman dalam tubuhku habis. Sang Raja memerintahkan kepada pengawal untuk membuangnya karena dianggap tidak lagi berguna.

  • Resolusi

Tibalah di suatu tempat gelap kemudian pengawal kerajaan membiarkan botol berharga ini menempati tempat kotor bernama tempat sampah. Tak sampai disitu, aku menjadi bahan permainan bagi anak kecil hingga terguling dan masuk ke dalam aliran sungai. Tak ada seorang pun yang mau mendengar teriakan kesedihan ini.

  • Koda

Aku sangat menyesal karena telah sombong di hadapan teman-teman kala itu. Padahal lihatlah mereka, meskipun hanya tinggal di dapur namun hingga kini masih tinggal di kerajaan yang mulia. Pada akhir cerita si Botol hanyut semakin menjauh dan tidak pernah terlihat lagi keberadaannya hingga kini.

 

Kedua cerita yang menggunakan perumpamaan botol tersebut apakah bisa kamu ambil hikmahnya?

Menyusun cerita inspiratif tentang botol bisa dengan disandingkan perumpamaan lainnya. Namun isi di dalamnya tetap sama mengandung pesan moral bahwa harga dari sebuah botol sangat tergantung dengan isinya. Sebagai manusia artinya akhlak kita lah yang paling berharga daripada yang terlihat dari penampilan seseorang.


Source: https://serupa.id/contoh-teks-cerita-inspiratif-beserta-strukturnya-berbagai-tema/

https://sekolahnesia.com/contoh-teks-inspiratif/

 

 

 

Posting Komentar untuk "Menyusun Cerita Inspiratif Tentang Botol"