9 Cara Mendapatkan Beasiswa Full S1 Luar Negeri Terbaru

 


Selama ini beasiswa hanya diasumsikan bagi penerima yang kurang mampu secara finansial. Namun fakta tersebut rupanya telah bergeser. Beasiswa juga ditujukan bagi yang memiliki prestasi dan cukup bergengsi jika menjadi salah satu awardee beasiswa, apalagi kalau kuliahnya di luar negeri. Lalu bagaimana cara mendapatkan beasiswa full S1 luar negeri?

Jika pemberian beasiswa hanya untuk yang kurang mampu mengapa banyak publik figure yang juga menginginkan mendapatkan beasiswa untuk melanjutkan studi? Padahal secara finansial mereka mampu.

Kita lihat sosok seperti Maudy Ayunda yang baru-baru ini berhasil lulus dari Harvard University melalui bantuan beasiswa LPDP. Padahal gelar master sebelumnya dia peroleh juga dari Oxford University tetapi dengan biaya sendiri.

Beasiswa kini mampu menjadi alternatif solusi dalam upaya pemerataan pendidikan yang layak bagi semua anak bangsa tanpa terkecuali. Jadi lebih baik manfaatkan kesempatan tersebut dengan baik untuk masa depan yang lebih cerah.

Karena ada yang berubah dari pandangan masyarakat terhadap beasiswa sebagai ajang yang cukup bergengsi dalam bidang pengembangan akademik. Para lulusan penerima beasiswa pun lebih mudah mendapatkan pekerjaan.

Terlebih jika kamu memilih melanjutkan studi ke luar negeri. Karena tidak banyak orang yang berani mengambil langkah tersebut jika dia bukan orang yang benar-benar seorang pejuang. Hidup jauh dari keluarga, berinteraksi dengan orang-orang dari segala penjuru dunia, merupakan pengalaman yang menarik dan tentunya tidak mudah.

Kompetisi untuk mendapatkan beasiswa pun kini semakin terbuka melalui beragam informasi yang disajikan di internet. Hanya saja kita yang harus pandai memilih mana informasi resmi dan bukan.

Peluang beasiswa banyak dibuka setiap tahun, tak terkecuali dimasa pandemic ini. Mulai dari beasiswa dari pemerintah hingga swasta.

Apa Beda Beasiswa Full S1 Luar Negeri dengan Beasiswa Partial?

Pemberian beasiswa tidak sama untuk jumlah dan komponen pembiayaannya. Ada beasiswa penuh atau yang disebut full scholarship yang meliputi seluruh komponen biaya yang dibutuhkan selama masa studi. Ada juga beasiswa partial yang hanya sebagian pembiayaan diberikan, bisa berdasarkan durasi atau jangka waktu studi, ada yang hanya biaya kuliah saja, dll.

Beasiswa full ini biasanya sumber pembiayaan berasal dari pemerintah Indonesia, pemerintah negara yang dituju, atau perusahaan tempat bekerja. Komponen biaya yang diberikan meliputi biaya Pendidikan, biaya hidup, biaya tiket pesawat PP, biaya penelitian, dan lain-lain.

Beasiswa partial atau sebagian biasanya diberikan oleh universitas, institusi pendidikan, atau institusi riset. Komponen pembiayaan yang diberikan biasanya meliputi biaya pendidikan, atau biaya akomodasi selama kuliah, atau potongan biaya lainnya dengan durasi yang beragam.

Nah, pilihan beasiswa full atau partial sebaiknya kamu sesuaikan juga dengan kebutuhan studimu. Jangan sampai memaksakan diri mengambil partial dan di negara tujuan kamu kesulitan mendapatkan biaya hidup dengan mencari pekerjaan part time.

 

Apa Motivasimu untuk Mendapatkan Beasiswa Full S1 Luar Negeri?

Pastinya banyak alasan yang memotivasimu kenapa memilih untuk mendapatkan beasiswa full S1 luar negeri. Selain banyak kesempatan untuk merasakan lingkungan yang baru, kamu pun bisa menikmati hidup di negara lain yang itu merupakan impian banyak orang.

Berikut ini beberapa alasan yang bisa membuatmu termotivasi untuk kuliah di luar negeri dengan beasiswa :

ü  Dosen pengajar yang ternama

ü  Uang saku yang cukup banyak, bisa untuk liburan juga dengan budget minimalis

ü  Memperluas jaringan pertemanan secara internasional

ü  Kesempatan mengenal budaya luar negeri

ü  Kesempatan berkarier di luar negeri

Jadi apa yang membuatmu tertarik untuk bisa kuliah ke luar negeri? Tentunya jangan hanya karena ingin jalan-jalan ya, tetapi selalu ingat tujuan awal untuk belajar.

 

Cara Mendapatkan Beasiswa S1 Full Luar Negeri

  • Punya Prestasi Akademik

Prestasi akademik merupakan salah satu modal yang penting agar kamu bisa kuliah dengan beasiswa full S1 luar negeri. Buat kamu yang sekarang masih duduk di bangku SMA, kamu bisa mulai giat belajar untuk mendapatkan prestasi yang maksimal.

Terbukti beasiswa bidikmisi selama ini merupakan salah satu beasiswa yang menargetkan anak-anak yang memiliki nilai prestasi di atas rata-rata.

Prestasi akademik ini bisa kamu dapatkan dengan dua cara, yaitu dengan mendapatkan nilai tertinggi di kelas atau menjuarai perlombaan akademik, seperti cerdas cermat atau olimpiade.

  • Kemampuan Bahasa Inggris

Kemampuan berbahasa Inggris ini menjadi syarat yang wajib dipenuhi ketika kamu memilih untuk studi di luar negeri. Meski ada beberapa negara yang tidak mewajibkan bisa berbahasa Inggris, tetapi mereka di sana biasanya menyediakan kursus Bahasa Inggris yang dikhususkan bagi para calon mahasiswa sebelum perkuliahan dimulai.

Beberapa beasiswa pun menerapkan standar cukup tinggi untuk bisa berbahasa Inggris, biasanya dibutuhkan sertifikat IELTS minimal skor 6 untuk bisa kuliah di luar negeri.

Jadi sebaiknya persiapkan dirimu untuk menguasai Bahasa Inggris dengan baik dan benar. Karena bahasa menjadi modal kamu saat hidup di luar negeri, baik saat kuliah maupun keseharian.

  • Riset Informasi Penyedia Beasiswa

Cara terbaik untuk bisa mendapatkan beasiswa full S1 luar negeri adalah melakukan riset terlebih dulu semua penyedia beasiswa yang ada.

Kamu bisa mempelajari jenis beasiswa apa yang ditawarkan dan siapa target penerima beasiswa. Hal ini sangat membantumu saat menentukan pilihan jurusan dan kampus mana yang kamu pilih.

  • Persiapkan Surat Rekomendasi

Surat rekomendasi ini dinilai cukup penting saat proses mendapatkan beasiswa. Karena di dalam surat tersebut menyatakan bahwa kamu benar-benar layak untuk mendapatkan beasiswa dari Lembaga penyedia.

Kamu bisa meminta surat tersebut kepada guru, wali murid, atau pelatih ekstrakurikuler jika kamu berprestasi dalam olimpiade.

  • Memilih Kampus dan Jurusan yang Diminati

Cara selanjutnya adalah memilih kampus dan jurusan apa yang kamu minati. Beberapa kampus biasanya tidak semua membuka program studi untuk beasiswa. Dalam hal ini kamu bisa mencocokkan pilihan yang ditawarkan oleh penyedia beasiswa, biasanya ada list kampus yang mereka sediakan untuk bisa kamu pilih.

  • Membuat CV, Personal Statement, Essay yang Menarik

Beberapa Lembaga penyedia beasiswa juga mensyaratkan kamu untuk membuat essay dan personal statement, seperti LPDP. Jadi kamu pun harus mulai menyiapkan CV, motivation letter, atau personal statement, dan essay apa yang akan kamu tulis nanti.

  • Belajar Interview

Selain menyiapkan dokumen-dokumen, kamu pun perlu belajar bagaimana cara menjalani interview dengan tenang. Beberapa hal yang harus kamu perhatikan saat berlatih interview adalah tempo saat berbicara, artikulasi saat menjawab pertanyaan, dan gaya bahasa dan tubuh.

  • Siapkan Dokumen Pendukung Lain

Dokumen pendukung lain untuk mendaftar beasiswa S1 biasanya berupa data diri, seperti KTP, KK, foto, paspor, hasil tes TOEFL atau IELTS.

  • Apply Beasiswa

Langkah terakhir yang dilakukan adalah apply beasiswa tersebut. Saat ini sudah banyak penyedia beasiswa memiliki website resmi untuk pendaftaran beasiswa.

Sebelumnya pastikan dokumen yang dibutuhkan sudah lengkap. Jangan lupa juga memberikan kontak kamu yang bisa dihubungi.

Itulah tahapan cara mendapatkan beasiswa full S1 luar negeri yang bisa kamu praktekkan. Sebagai manusia, tugas kita hanyalah berusaha dan berdoa. Hasilnya kita pasrahkan pada Yang Maha Kuasa.

Posting Komentar untuk "9 Cara Mendapatkan Beasiswa Full S1 Luar Negeri Terbaru"