Beasiswa Kedokteran Korea Selatan yang Bisa Kamu Dapatkan

 

Korea Selatan merupakan salah satu destinasi wisata medis. Hal ini karena system Pendidikan di bidang kedokteran yang sangat unggul untuk taraf internasional. Lalu bagaimana dengan beasiswa kedokteran Korea Selatan yang bisa kamu dapatkan?

Laris dengan drama Korea bertema medical ternyata fakta Ilmu Kedokteran negeri ginseng tersebut memang harus diacungi jempol. Tidak sekedar drama, apalagi tentang plastic surgery yang marak dilakukan di Korea Selatan.

Salah satu universitas di Korea Selatan berhasil menduduki top 50 dunia dalam Ilmu Kedokteran. Mungkin saat ini pun kamu salah satu yang memiliki impian untuk bisa sekolah kedokteran di sana.

Studi Ilmu Kedokteran memang tidak sedikit biaya yang dibutuhkan. Selain itu, masa studinya pun lebih lama dibandingkan ilmu lain. Hal ini juga menjadi salah satu penyebab tidak banyak beasiswa yang ditawarkan untuk sekolah kedokteran.

Jika kamu pernah mencari informasi mengenai beasiswa ke luar negeri, salah satu penyedia beasiswa, yaitu KGSP mengecualikan pemberian beasiswa untuk kuliah yang masa studinya lebih dari 4 tahun, seperti kedokteran, arsitek, dan farmasi.

Sebelum mencari tahu apa saja beasiswa yang ditawarkan untuk sekolah kedokteran, kita lihat dulu apa saja universitas yang menawarkan program studi Ilmu Kedokteran di Korea Selatan.

 


Universitas Mitra Beasiswa Kedokteran Korea Selatan yang Terbaik

  • Seoul National University

Secara umum Seoul National University menempati Top 50 universitas di dunia, termasuk untuk bidang kedokterannya. College of Medicine yang ada di kampus ini ada dua, yaitu Faculty of Basic Medical Science dan Faculty of Clinical Science.

  • Korea University

Korea University masuk dalam Top 150 universitas dunia untuk bidang kedokteran. College of Medicine yang berdiri sejak tahun 1938 ini awalnya diberi nama Kyungsung Women’s Medical College.

  • Sungkyunkwan University

Sungkyunkwan University ini juga menduduki Top 150 dunia dalam bidang kedokteran. School of Medicine di universitas ini terdiri dari Faculty of Basic Medical Science, Faculty of Clinical Medicine, dan Research Institutions.  

  • Yonsei University

Yonsei University pun masuk dalam Top 150 dunia untuk Ilmu Kedokteran. Ada dua departemen yang ditawarkan Yonsei University untuk belajar ilmu medis ini, yaitu Basic Science Departments dan Clinical Science Departments.

  • Hanyang University

Hanyang University menduduki peringkat 250 besar dunia untuk bidang kedokteran. Meski begitu banyak juga departemen medis yang ditawarkan oleh kampus ini, mulai dari Pathology, Physiology, Preventive Medicine, Genetics, Medical Humanities and Ethics, Anatomy & Cell biology, Family medicine, Dermatology, hingga Laboratory medicine.

 

Daftar Beasiswa Kedokteran Korea Selatan

Berikut ini adalah daftar penyedia beasiswa Kedokteran Korea Selatan yang bisa kamu coba. Sebagai informasi, beasiswa yang ditawarkan banyak sumbernya, yaitu dari Pemerintah Indonesia, Pemerintah/Yayasan/Institusi/Perusahaan Korea, Universitas di Korea, dan lain sebagainya.

Beasiswa dari Pemerintah Indonesia

  • Beasiswa Pendidikan Indonesia (BPI) Program Magister dan Doktoral dari Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP)

Beasiswa ini ditujukan untuk anak bangsa yang ingin melanjutkan studi ke jenjang Magister dan Doktoral dengan syarat-syarat tertentu, baik untuk tujuan universitas dalam negeri maupun luar negeri. Menurut saya LPDP ini juga merupakan penyedia beasiswa yang punya sasaran lebih spesifik tapi cukup luas karena disediakan program beasiswa afirmasi, beasiswa unggul, beasiswa profesi, dan beasiswa regular.

Info selengkapnya bisa kamu kunjungi langsung ke website ini www.lpdp.kemenkeu.go.id.

Perguruan Tinggi di Korea Selatan juga cukup banyak yang menjadi mitra dari LPDP ini, diantaranya adalah Seoul National University, Korea Advanced Institute of Science and Technology (KAIST), Pohang University of Science and Technology, Yonsei University, Syungkyunkwan University, Korea University, Kyung Hee University, dan Ewha Womans University.

  • Beasiswa S2 Luar Negeri dari Kementerian Kominfo

Sasaran beasiswa ini adalah untuk PNS dan pegawai swasta yang berprestasi dengan tujuan mendorong proses pembangunan masyarakat Indonesia yang berdaya saing tinggi di ranah global. Buat kamu yang sudah berprofesi sebagai dokter PNS bisa lanjut studi dengan beasiswa ini.

Informasi resminya bisa kamu lihat di sini beasiswaluarnegeri.kominfo.go.id.

 

Beasiswa dari Pemerintah/Yayasan/Institusi/Perusahaan Korea

  • POSCO TJ Park Foundation

Beasiswa ini diperuntukkan bagi siswa dari negara-negara di Asia, termasuk Indonesia, yang ingin melanjutkan studi di Korea Selatan. Biaya yang termasuk dalam pemberian beasiswa meliputi biaya kuliah dan biaya hidup di Korea Selatan hingga lulus program magister atau doctoral.

Website resmi dari Yayasan di Korea Selatan ini adalah www.postf.org.

  • Korea International Cooperation Agency (KOICA) Scholarship Program

KOICA merupakan perwakilan dari Pemerintah Korea yang memiliki program beasiswa juga bagi negara-negara berkembang, termasuk Indonesia, untuk studi pascasarjana di Korea yang berkaitan dengan pembangunan.

Info selengkapnya bisa kamu dapatkan di situs resminya training.koica.go.kr.

 

Beasiswa dari Universitas di Korea

  • SRD (Study and Research at Dongguk) Scholarship Program di Dongguk University

SRD program ini juga menawarkan beasiswa kedokteran Korea Selatan untuk jenjang Magister dan Doktoral. Biaya yang diberikan sebagai beasiswa yaitu biaya kuliah hingga selesai masa studi secara normal, artinya jika melebihi batas masa studi normal kamu harus menanggung sendiri sisanya.

Info selengkapnya tentang program beasiswa ini bisa kamu lihat di www.dongguk.edu.

  • Scholarships for International Students di University of Seoul

Beasiswa dari University of Seoul ini terbagi dua, yaitu beasiswa penuh dan sebagian. Banyak juga kampus yang bekerjasama dengan universitas ini.

Jika kamu berminat bisa lihat informasi lebih detailnya di website resmi ini kiice.uos.ac.kr.

  • Ewha Global Partnership Program (EGPP) di Ewha Womans University

Kampus di Korea Selatan yang khusus untuk perempuan ini juga menyediakan beasiswa bagi mahasiswa asing yang ingin belajar di Ewha Womans University. Ada banyak pilihan bidang studi yang bisa dipilih, termasuk bidang medis seperti College of Medicine, College of Nursing, College of Pharmacy.

Untuk info selengkapnya kamu bisa kunjungi websitenya langsung di www.ewha.ac.kr.

 

Silvia, Jadi Dokter Muda di Korea (sumber: international.unissula.ac.id)


Cara Sukses Dapat Beasiswa Kedokteran Korea Selatan

Penyedia beasiswa kedokteran memang cukup terbatas, tidak hanya di Asia tetapi di Eropa juga. Oleh karena itu, selain berprestasi dalam akademik, kamu pun perlu membekali diri dengan berbagai informasi terkait tujuan kamu untuk dapat beasiswa kedokteran tersebut.

Beberapa beasiswa yang berpeluang kamu dapatkan untuk bisa melanjutkan studi di Korea Selatan sudah diinformasikan di atas. Selanjutnya bagaimana cara agar sukses mendapatkan beasiswa kedokteran Korea Selatan tersebut mengingat tawaran yang terbatas artinya persaingannya pun cukup tinggi.

Berikut ini tips yang bisa kamu lakukan :

  • Selalu update informasi terkait beasiswa dari Kedubes Korea Selatan

Dengan update informasi dari website resminya biasanya kamu juga akan mendapatkan informasi mengenai pendaftaran beasiswa yang diseleksi oleh Kedubes Korsel.

  • Mengikuti seleksi beasiswa dari Pemerintah Indonesia, seperti LPDP

Sejauh yang saya tahu, baru LPDP inilah yang membuka peluang paling besar untuk mendapatkan beasiswa jenjang Magister dan Doktoral dengan pilihan fakultas yang cukup banyak dan beragam. Jadi tidak masalah ketika kamu mau mendaftar untuk lanjut studi di Ilmu Kedokteran.

  • Mendaftar beasiswa dari universitasnya langsung

Seperti informasi daftar beasiswa di atas dimana ada juga universitas yang memberikan beasiswa untuk program dan bidang studi tertentu. Daftar di atas sudah saya pilihkan yang bisa memberikan kesempatan memperoleh beasiswa kedokteran Korea Selatan. Kamu bisa kunjungi langsung website kampusnya untuk mendaftar dan mengikuti prosedurnya.

  • Mulai belajar Bahasa Korea

Korea Selatan sebagian besar masih menggunakan bahasa Korea untuk lingkungan kampus dan kesehariannya. Meski untuk bahasa pengantarnya ada kampus yang sudah berbahasa Inggris. Namun sebuah nilai lebih jika kamu juga belajar Bahasa Korea karena itu akan memudahkan kamu dalam berkomunikasi di sana, tidak hanya dengan warga kampus tetapi juga dengan warga Korea secara umum.

 

Jadi untuk bisa menjadi tenaga medis seperti di drama-drama Korea yang keren itu bukan hanya mimpi, tetapi juga bisa kamu wujudkan. Semoga informasi mengenai beasiswa kedokteran Korea ini bisa membantu niat kamu dalam meraih cita-cita demi masa depan yang lebih baik, bukan hanya untuk dirimu secara pribadi tetapi juga untuk masyarakat Indonesia.

Posting Komentar untuk "Beasiswa Kedokteran Korea Selatan yang Bisa Kamu Dapatkan"