Daftar Beasiswa S1 Luar Negeri Full

 


Lulusan SMA/SMK berpeluang untuk melanjutkan kuliah dengan beasiswa juga lho. Berikut ini daftar beasiswa S1 luar negeri full dan bagaimana cara mendapatkannya akan dibahas di artikel selanjutnya.

Peminat S1 luar negeri tidak sebanyak S1 dalam negeri karena kebanyakan mengaku tidak mahir berbahasa Inggris, kecuali mereka yang sewaktu SMA terbiasa dengan kelas internasional. Kini minat untuk melanjutkan kuliah S1 di luar negeri mulai menurun.

Apakah Harus Bisa Berbahasa Inggris untuk Mendapatkan Beasiswa S1 Luar Negeri Full?

Menurut saya pribadi, kemampuan berbahasa Inggris itu penting karena sedikit banyak akan kita gunakan. Namun melihat bahwa belajar Bahasa Inggris itu membutuhkan waktu, maka lebih baik dilihat dulu konteksnya negara mana yang akan kamu tuju untuk kuliah.

Hal ini mengingat tidak semua negara menggunakan Bahasa Inggris. Negara-negara di Asia, seperti Jepang, Korea, Cina, hanya menggunakan Bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar saja. Selebihnya kamu bisa mempelajari bahasa mereka.

Munculnya Korean Waves, seperti K-Pop dan Korean Drama, memang menjadi daya tarik tersendiri bagi generasi milenial khususnya. Mereka lebih suka belajar Bahasa Korea seperti idola-idola mereka. Hal ini lebih memudahkan anak muda untuk belajar bahasa asing karena mereka didorong oleh ketertarikan dari dalam diri, beda hasilnya ketika mereka diwajibkan menguasai Bahasa Inggris, pastinya akan lebih malas-malasan.

Jadi apakah kamu juga termasuk yang tertarik belajar Bahasa Korea?

Jika kamu tertarik, kamu bisa kok mencari beasiswa S1 di Korea agar apa yang ingin kamu pelajari ada manfaatnya juga. Terlebih membuatmu lebih semangat untuk belajar.

Mempelajari bahasa asing selain Bahasa Inggris tidak ada salahnya. Itu semua tergantung dengan impian apa yang ingin kamu wujudkan untuk masa depanmu kelak.

Pada dasarnya memiliki kemampuan bahasa asing akan menjadi nilai plus. Hal ini tidak hanya untuk mencari beasiswa tetapi juga pengembangan skill yang nanti kamu butuhkan saat bekerja.

 

Daftar Beasiswa S1 Luar Negeri Full yang Bisa Kamu Coba

Sebenarnya ada beragam beasiswa yang ditawarkan, tetapi berikut ini adalah beberapa beasiswa yang paling sering ditawarkan bagi pelajar dan mahasiswa Indonesia.

  • Monbukagakusho, Jepang

Beasiswa ini berasal dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Olahraga, Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Jepang. Bagi lulusan SMA, beasiswa yang ditawarkan adalah program Proffesional Training College, College of Technology, dan Undergraduate.

Beasiswa ini cukup menarik dan layak kamu ambil karena memberikan biaya hidup juga selama kamu tinggal di Jepang. Selain itu, beasiswa ini tidak mengikat artinya setelah kamu lulus untuk selanjutnya menjadi hak kamu sepenuhnya setelah menyelesaikan masa studi.

Jangan khawatir mengenai bahasa, meski untuk menguasai Bahasa Jepang dibutuhkan waktu yang ekstra, tetapi kamu masih memiliki waktu jika dipersiapkan mulai dari sekarang.

Informasi lebih lanjut bisa kamu dapatkan melalui kedubes Jepang yang berada di Makassar, Denpasar, Medan, atau Surabaya. Kamu bisa juga mengunjungi websitenya langsung di www.id.emb-japan.go.jp/sch.html.

  • Turkiye Burslari, Turki

Beasiswa dari pemerintah Turki ini selain untuk S1 juga menyediakan bagi yang ingin melanjutkan ke jenjang S2 dan S3. Persyaratan usia untuk kuliah S1 dengan beasiswa ini adalah tidak lebih dari 21 tahun.

Untuk mendapatkan informasi lebih lengkap lagi kamu bisa mengunjungi sosial media Turkiye Burslari atau websitenya di https://turkiyeburslari.gov.tr/. 

  •  Russian Government Scholarship, Rusia

Beasiswa ini ditawarkan oleh The Ministry of Science and Higher Education of Rusia untuk para lulusan SMA dan SMK. Untuk informasi penting bahwa beasiswa ini tidak full, jadi kamu harus menyiapkan uang saku sendiri untuk biaya hidup di Rusia.

Bahasa Rusia menjadi satu-satunya bahasa penting di sana di luar kelas perkuliahan. Namun untuk kuliahnya sendiri kadang ada kelas internasional yang menggunakan Bahasa Inggris. Kamu bisa kunjungi websitenya di sini https://studyinrussia.ru/en/actual/scholarships/. 

  • IsDB (Islamic Development Bank)

Beasiswa ini ditujukan untuk negara-negara anggota IsDB, Indonesia termasuk di dalamnya. Meskipun dari member of Muslim, tetapi tidak menutup kemungkinan bagi warga non-muslim.

Selain menyediakan beasiswa S1 full, IsDB juga menyediakan beasiswa bagi jenjang S2, S3, dan post doctoral research. Lebih jelasnya kamu bisa dapatkan infonya di sini https://www.isdb.org/scholarships.

  • Beasiswa S1 Kanada

Beasiswa yang diberikan oleh University of Toronto ini mencakup biaya kuliah selama 4 tahun, uang buku, bantuan biaya tempat tinggal, dan biaya lainnya.

Syaratnya pelamar beasiswa harus sudah mendaftar dulu secara online di University of Toronto. Info selengkapnya bisa kamu lihat diwebsitenya langsung di https://future.utoronto.ca/. 

  • Holland Scholarship

Beasiswa ini diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, Budaya, dan Ilmu Pengetahuan Belanda bekerjasama dengan Universitas Riset dan Universitas Ilmu Terapan di Belanda.

Holland Scholarship tidak membiayai secara full, hanya berupa bantuan dana sebesar + Rp 87 juta yang diberikan pada tahun pertama kuliah. Kamu bisa dapatkan infonya di sini https://www.studyinholland.nl/finances/holland-scholarship. 

  •  Beasiswa Pemerintah Brunei Darussalam (BDGS)

Beasiswa ini ditujukan bagi yang berminat untuk kuliah Diploma, S1, dan S2 di Brunei Darussalam. Biaya yang diberikan secara penuh, mulai dari tiket pesawat PP Indonesia – Brunei Darussalam, akomodasi, tunjungan per bulan, hingga gratis biaya kuliah hingga lulus.

Info selengkapnya ada di sini http://www.mfa.gov.bn/site/home.aspx.

  • Mitsui-Bussan Scholarship

Beasiswa yang diberikan oleh Mitsui & Co. Ltd. ini bekerjasama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI untuk peminat studi S1 di Jepang.

Biaya yang diberikan secara penuh, yaitu biaya kuliah, kursus Bahasa Jepang, tunjangan biaya hidup per bulan, akomodasi, dan tiket pesawat PP Indonesia – Jepang. Kunjungi https://www.mbkscholarship-id.com/ untuk informasi selengkapnya. 

  • Beasiswa TDV di Turki

Beasiswa ini diselenggarakan oleh Turkiye Diyanet Foundation / Turkiye Diyanet Vakfi (TDV) untuk jenjang S1 meliputi biaya kuliah, uang saku per bulan, akomodasi, tiket pesawat PP Indonesia – Turki, dan asuransi. Cek infonya di sini https://diyanetburslari.tdv.org/en/.

  • Goh Keng Swee (GKS) Scholarship dari Singapura

Beasiswa yang ditawarkan oleh komunitas keuangan di Singapura dan dikelola oleh Association of Banks in Singapore ini ditujukan bagi lulusan SMA/SMK/Sederajat meliputi biaya kuliah, biaya wajib lainnya, tiket pesawat PP Indonesia – Singapura, tunjangan tahunan sebesar SGD 6500, tunjangan asrama, dll. Dapatkan infonya di sini https://abs.org.sg/dr-goh-keng-swee-scholarship.

  • Beasiswa Kuliah Seni S1-S2 di Korea Selatan (AMA Scholarship)

Sesuai targetnya, penyelenggara beasiswa ini adalah Korea National University of Arts (K-Arts). Beasiswa diberikan secara penuh meliputi biaya kuliah, tiket pesawat PP Indonesia – Korsel, asuransi Kesehatan, kursus Bahasa Korea sebelum kuliah, dan tunjangan sebesar 800.000 won setiap bulan. Cek infonya di sini https://www.karts.ac.kr/en/karts/ama.do.

  • Beasiswa KAIST di Korea Selatan

Beasiswa ini diselenggarakan oleh Korea Advanced Institute of Science and Technology (KAIST) untuk jenjang S1. Beasiswa ini juga full asalkan kamu bisa memanfaatkannya karena meliputi biaya kuliah hingga 8 semester, tunjangan hidup per bulan, dan asuransi Kesehatan. Informasinya bisa kamu cek di sini https://www.kaist.ac.kr/en/html/edu/03100502.html. 

 Beasiswa S1 Luar Negeri Full Biaya Hidup

Sebagian besar beasiswa S1 yang ditawarkan memang berada di wilayah Asia, tetapi jangan khawatir, ada beberapa beasiswa S1 luar negeri full yang menawarkan untuk kuliah di Eropa juga.

Jangan jadikan bahasa menjadi kendala impianmu ya. Karena bahasa bisa kita pelajari asalkan ada kemauan yang keras. Buat kamu yang juga berminat untuk melanjutkan kuliah di luar negeri, bersiaplah untuk hidup mandiri dari sekarang karena di sana kamu akan hidup jauh dari keluarga tetapi kamu akan bertemu keluarga dan budaya baru yang tidak kalah menarik.

Menjalin persaudaraan dengan banyak orang merupakan salah satu jalan terbukanya pintu rejeki. Jadi jangan khawatir jika kamu memang memiliki cita-cita untuk bisa kuliah sampai ke luar negeri.

 

 

 

 

Posting Komentar untuk "Daftar Beasiswa S1 Luar Negeri Full"