Beasiswa Tahfidz Luar Negeri yang Bisa Kamu Coba

 


Suatu kebanggaan saat diberi kesempatan untuk bisa kuliah hingga ke luar negeri. Apalagi bagi para penghafal Al-Qur’an. Kesempatan belajar itu pun saat ini banyak didukung beasiswa tahfidz luar negeri yang bisa kamu coba.

Pernahkah kamu mendengar cerita hidup Hanan Attaki yang akhirnya bisa kuliah hingga ke Arab Saudi? Simak kisahnya di sini.

Bagi para penghafal Al-Qur’an yang secara finansial kurang mampu mungkin untuk bisa kuliah di luar negeri itu terasa sulit bahkan jika dilogika itu mustahil. Namun apa yang tidak mungkin jika Allah SWT sudah berkehendak?

Apa Itu Tahfidz Al-Qur’an?

Tahfidz Al-Qur’an atau tahfidzul Qur’an dapat berarti menjadikan seseorang hafal Al-Qur’an. Bedanya dengan Hafidz yaitu jika hafidz adalah sebutan bagi yang sudah hafal Al-Qur’an sedangkan tahfidz cenderung sebagai proses dalam menghafal Al-Qur’an.

Bisakah penghafal Qur’an bisa kuliah di negara Eropa? Sangat bisa. Tidak lantas untuk para hafidz Al-Qur’an harus kuliah di Timur Tengah.

Namun untuk tahfidz sendiri harus ke negara-negara Timur Tengah atau Arab Saudi karena sambil belajar menghafal Al-Qur’an secara lengkap.

Karena proses menghafal itu pun tidak sekedar hafalan tetapi juga memahami arti dan maknanya dengan belajar kitab-kitab Sunnah.

Daftar Beasiswa Tahfidz Luar Negeri

Berikut ini ada beberapa informasi beasiswa tahfidz luar negeri yang disediakan oleh Pemerintah/Yayasan/Institusi Indonesia dan negara tujuan studi.

Beasiswa Tahfidz Luar Negeri dari Indonesia

  • Beasiswa dari Kemenag Indonesia

Program beasiswa dari Pemerintah Indonesia ini dikhususkan bagi hafidz minimal 2 juz yang ingin melanjutkan studi jenjang Sarjana ke Mesir, Maroko, dan Sudan.

Namun saat ini Kemenag sedang menargetkan 5000 doktor Luar Negeri dengan Project Management Unit. Info selengkapnya mengenai program beasiswa ini bisa kamu lihat langsung di website Kemenag https://scholarship.kemenag.go.id/.

  • BPSDM Aceh

Pemerintah Aceh memberikan beasiswa melalui Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Aceh berupa beasiswa S1 dan S2 tahfidz Al-Qur’an luar negeri.

Bagi kamu para hafidz Al-Qur’an minimal 5 juz bisa mencoba mendaftar beasiswa ini. Info selengkapnya bisa dilihat di sini www.bpsdm.acehprov.go.id.

Selain itu, Kemenag juga memberikan beasiswa bagi para santri berprestasi untuk jenjang Magister dan Doktoral. Kamu bisa memilih universitas mitra yang juga kamu minati.

  • Quantum Akhyar Institute

Lembaga ini didirikan dan dipimpin langsung oleh Ustadz Adi Hidayat (UAH). Program beasiswa ini hanya diberikan kepada para penghafal Al-Qur’an dengan syarat hafidz 30 juz.

Info lebih lengkapnya tentang beasiswa ini bisa kamu dapatkan di sini https://quantumakhyar.com/beasiswa/

Cerita Aziz dapat beasiswa hingga ke luar negeri hingga S3 (Sumber : www.arrisalah.sch.id)


  • ESQ Business School

Beasiswa ini diberikan kepada lulusan SMA/SMK yang ingin melanjutkan kuliah jenjang Sarjana. Program beasiswa yang diberikan ada dua, yaitu beasiswa tahfidzul Qur’an dan beasiswa generasi emas.

Kedua beasiswa tersebut meliputi biaya perkuliahan tetapi tidak termasuk biaya hidup, biaya transport, dan biaya buku. Jadi kamu harus memiliki sumber penghasilan lain untuk biaya hidup di sana.

Syarat hafidz Al-Qur’an untuk bisa mengikuti seleksi beasiswa dari ESQ Business School minimal sudah hafidz 7 juz. Syarat lengkap lainnya bisa kamu lihat di sini https://esqbs.ac.id/


Beasiswa Tahfidz Luar Negeri dari Timur Tengah

  • Turkiye Scholarships

Pemerintah Turki memberikan beasiswa S1, S2, dan S3 melalui program beasiswa Turkiye Burslari. Untuk informasi lengkapnya bisa kamu lihat di sini https://tbbs.turkiyeburslari.gov.tr/.

  • Universitas Al Azhar, Mesir

Universitas ini memberikan kesempatan kuliah bagi hafidz Al-Qur’an minimal 2 juz. Kamu bisa dapatkan info beasiswa ini dari Kemenag juga di website http://diktis.kemenag.go.id/timteng12/021/.

  • University of Aberdeen, Scotland

Universitas tertua nomor 3 di Skotlandia dan nomor 5 tertua di UK ini juga menyediakan beasiswa tahfidz untuk jenjang Sarjana bagi calon mahasiswa dari Indonesia, India, Thailand, dan Malaysia.

Info selengkapnya bisa kunjungi di website https://www.abdn.ac.uk/study/funding.

  • Universitas Islam Madinah

Madinah merupakan negara kedua di Timur Tengah yang menjadi favorit untuk studi setelah Mesir. Jika kamu ingin melanjutkan studi di Ilmu Agama Islam syaratnya adalah hafidz 30 juz.

Informasi tentang syarat pendaftaran dan benefit apa saja yang bisa kamu dapatkan bisa dilihat di sini https://admission.iu.edu.sa/Definitions.aspx.


Beasiswa tahfidz ini merupakan beasiswa jalur khusus karena memiliki kemampuan hafidz Al-Qur-an. Ketentuan hafidz itupun tergantung dengan masing-masing program beasiswa atau universitas penyedia beasiswanya.

Berikut cara mendapatkan beasiswa tahfidz untuk kuliah di luar negeri yang bisa kamu persiapkan mulai dari sekarang.

 

Cara Mendapatkan Beasiswa Tahfidz

  • Menjadi santri

Sekolah berasrama di pondok pesantren sangat membantu pembentukan kepribadian dan kemampuan tahfidz Al-Qur’an jika kamu ingin melanjutkan kuliah ke luar negeri dengan nilai plus sebagai hafidz Al-Qur’an.

Karena keseharian di pondok pesantren akan sangat berbeda dengan kalau kamu tinggal di rumah. Di pondok pun lingkungan untuk tahfidz juga mendukung karena kamu akan bertemu dengan teman-teman yang juga memiliki visi dan misi yang sama.

Selain itu, jika memilih hidup di pondok pesantren kamu pun memiliki kesempatan lebih besar untuk berguru pada para ahli ulama yang lebih berkompeten. Ilmu dan jaringan yang luas dari guru-guru di pondok pesantren pun bisa membantumu saat ingin melanjutkan studi dengan beasiswa tahfidz.

  • Belajar tahfidz

Tentunya proses menghafal Al-Qur’an bukan lah hal yang mudah. Dibutuhkan ilmu untuk bisa memahami. Jadi kamu perlu untuk mendapatkan bimbingan dari hafidz yang lebih tinggi ilmunya daripada kamu kan pastinya.

Kamu bisa juga belajar tahfidz dengan memilih sekolah-sekolah tahfidz. Sekolah tahfidz tidak selalu berasrama seperti pondok pesantren.

  • Belajar Bahasa Arab

Mempelajari Bahasa Arab merupakan salah satu kunci untuk lebih cepat tahfidz Al-Qur’an. Karena setelah kamu menguasai Bahasa Arab maka itu akan memudahkan kamu untuk menghafalnya. Seperti saat kamu bisa Berbahasa Indonesia, maka kamu lebih mudah menghafal tulisan berbahasa Indonesia kan daripada bahasa lainnya.

  • Mencari informasi beasiswa tahfidz

Selalu mencari informasi yang terupdate dari beasiswa tahfidz yang kamu incar merupakan hal yang penting. Kamu bisa update informasi mengenai syarat dan ketentuan beasiswa yang ditawarkan. Jadi misalkan salah satu syaratnya hafidz Al-Qur’an minimal 2 juz, jadi kamu tidak perlu harus menghafal 30 juz dulu agar bisa memperoleh beasiswa tersebut.

  • Mencari informasi kampus yang kamu minati

Dalam hal ini kamu bisa memilih kampus mana saja yang sesuai keinginanmu, tentunya yang sama dengan apa yang kamu cita-citakan. Misalkan kamu berminat untuk melanjutkan studi ke Univeritas Al Azhar di Kairo, Mesir atau Universitas Islam Madinah, maka kamu pun harus selalu memantau informasi tentang kampus tersebut. Kamu bisa cari tahu dulu apa saja fakultas yang ditawarkan, bidang studi apa yang kamu minati dan bermitra dengan program beasiswa yang ditawarkan.

Karena biasanya pun kampus-kampus tersebut juga memberikan program beasiswa tahfidz bagi para calon mahasiswanya.

  • Meminta ijin atau restu orang tua dan guru

Nah ini hal yang sebenarnya penting. Karena dengan ijin dan doa restu mereka maka jalan untuk menggapai cita-citamupun akan lebih mudah.

Mungkin untuk beberapa kasus ada yang orang tuanya tidak begitu peduli dengan pilihan Pendidikan anaknya, tetapi kamu jangan putus asa ya. Yang terpenting adalah kamu sudah mengkomunikasikannya dan meminta restu dari orang tua, mengenai bagaimana respon mereka itu di luar kendalimu.

 

Memang tidak banyak pilihan beasiswa tahfidz luar negeri dibandingkan dengan dalam negeri. Namun saya akan terus mengupdate informasi mengenai hal ini agar bisa membantumu. Silahkan tinggalkan jejak di kolom komentar ya agar saya selalu semangat untuk update informasi mengenai beasiswa. Terima kasih.

 

Posting Komentar untuk "Beasiswa Tahfidz Luar Negeri yang Bisa Kamu Coba"