10 Cara Mendapatkan Beasiswa Kuliah Gratis

 


Jenjang studi tingkat perguruan tinggi terbilang relatif mahal, sehingga banyak peminat beasiswa yang rela berjuang bagaimana cara mendapatkan beasiswa kuliah gratis.

Pilihan untuk kuliah di dalam atau luar negeri tergantung dengan kebutuhan kamu untuk melanjutkan studi. Bisa kuliah di uar negeri pun tidak lantas lebih hebat dibandingkan yang kuliah di dalam negeri. Hanya saja kesempatan untuk bisa mengenal budaya lain secara langsung, bertemu orang-orang dari luar Indonesia akan lebih banyak ketika kita memilih untuk melanjutkan studi di luar negeri.

Namun tidak dipungkiri bahwa pilihan tersebut juga memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Sehingga butuh untuk direnungkan dan dipertimbangkan terlebih dahulu sebelum memutuskannya. Perbedaan yang sangat terlihat adalah pilihan untuk kuliah di luar negeri akan memiliki konsekuensi hidup jauh dari keluarga jika tidak ada saudara yang tinggal di negeri tujuan studi kita.

Cara Mendapatkan Beasiswa Kuliah Gratis, Ketahui Dulu Apa Motivasimu?

Motivasi sangatlah penting untuk diri kita ketika memutuskan untuk melakukan sesuatu. Keputusan untuk lanjut kuliah inipun dibutuhkan motivasi yang tinggi. Karena jika tidak maka kita pun akan mudah goyah dan akhirnya tidak bisa menyelesaikan studi.

Pemahaman akan pentingnya pendidikan haruslah kita tanam dalam diri kita sebaik mungkin. Hanya ilmu yang bisa mengangkat derajat manusia.

Ada pepatah yang mengatakan kejarlah ilmu sampai negeri Cina. Maksudnya kita harus memiliki semangat untuk menuntut ilmu meski itu harus pergi ke negeri orang.

Menurut saya antara ilmu dan mimpi sangat berkaitan. Karena mimpi tidak bisa diraih tanpa diusahakan, mimpi tidak bisa diwujudkan hanya karena kebetulan dan keberuntungan. Dalam mewujudkan mimpi kita pun membutuhkan ilmu. Jadi kejarlah mimpimu setinggi langit. Karena dengan berilmu maka mimpimu akan terwujud.

Mendapatkan beasiswa kuliah bukan selalu karena alasan kekurangan finansial karena ada juga beasiswa yang diberikan bagi orang-orang berprestasi.

Namun pada kenyataannya motivasi seseorang mudah memudar ketika dihadapkan dengan biaya kuliah yang tidak sebanding dengan kemampuan finansialnya selama ini. Kamu bisa membaca cerita para pelajar yang suksesmeski mereka memiliki keterbatasan finansial di sini. Jadi dengan adanya beasiswa pun diharapkan biaya tidak menjadi alasan atau penghalang seseorang untuk bisa sukses.

 

Cara Mendapatkan Beasiswa Kuliah Gratis Hingga Selesai Studi

Sebelumnya kenali dulu kebutuhanmu, apakah kamu membutuhkan beasiswa untuk kuliah dan biaya hidup atau hanya biaya kuliah dulu.

Karena masing-masing penyedia beasiswa berbeda skema pemberian beasiswa yang ditawarkan. Bahkan ada yang menggunakan system pinjaman, jadi setelah lulus penerima beasiswa wajib mengembalikan biaya kuliah 50%.

Berikut ini cara mendapatkan beasiswa kuliah gratis :

  • Rajin Mencari Informasi Tentang Beasiswa

Seperti yang dilakukan oleh Sherly Annavita Rahmi, yang kini terkenal dengan motivasinya melalui kanal youtube pribadinya, yang berhasil mendapatkan beasiswa meski daerah tempat tinggalnya dulu merupakan daerah terpencil dan masih sangat konvensional. Butuh perjuangan yang ekstra untuk bisa meyakinkan kedua orang tua agar dia diijinkan kuliah di luar negeri dengan beasiswa. Selama masih duduk di bangku SMA, Sherly selalu meluangkan waktu untuk pergi ke warnet mencari informasi tentang beasiswa kuliah setelah dia pulang sekolah. Hal itu dilakukan agar dia bisa mengetahui dokumen apa saja yang dibutuhkan dan kemampuan apa yang harus dipersiapkan sedini mungkin.

Apalagi di jaman sekarang informasi melalui internet bisa kita dapatkan hanya dengan HP, pastinya lebih mudah kan tidak perlu lagi pergi ke warnet. Kebetulan saya pun cukup merasa kesulitan untuk mendapatkan informasi ketika tahun 2000-an. Untuk bisa ke warnet pun harus pandai-pandai menghemat uang saku karena tidak ada uang ekstra untuk browsing internet. Orang tua pun masih sangat awam dengan apa itu internet. Mencari sekolah pun masih harus dengan cara mendatangi sekolah satu per satu, tidak seperti sekarang yang dimudahkan dengan serba online. Jadi manfaatkanlah dengan bijak kemudahan-kemudahan teknologi yang ada saat ini.

  • Berprestasi Sedini Mungkin

Jika kamu cukup berprestasi dalam hal akademik, kamu bisa mulai memikirkan untuk lanjut kuliah dengan program bidikmisi atau beasiswa unggulan. Banyak beasiswa dari pemerintah dan swasta yang menargetkan bantuan biaya pendidikan bagi anak berprestasi.

  • Kuasai Bahasa Inggris Dengan Baik

Menurut saya menguasai Bahasa Inggris dengan baik itu sangat penting ketika kita mau kuliah, baik itu di dalam negeri maupun di luar negeri. Jelas jika pilihan kita adalah kuliah di luar negeri Bahasa Inggris yang dikuasai harus lebih baik karena di sana kita akan menggunakannya sehari-hari, baik dalam perkuliahan maupun bergaul dengan teman.

Begitu juga bila pilihan kita untuk kuliah adalah kampus di dalam negeri. Meski kita tidak menggunakannya sebagai bahasa sehari-hari tetapi akan lebih berguna saat kita membaca literatur yang berasal dari luar negeri.

  • Mulai Memilih Kampus yang Diminati

Cara selanjutnya adalah menentukan pilihan kampus mana yang diminati. Mau kampus di dalam negeri atau luar negeri kita sebaiknya memilih sesuai dengan kebijakan yang ditetapkan oleh penyedia beasiswa. Karena biasanya pilihannya pun terbatas, hanya universitas yang bekerjasama dengan penyedia beasiswa saja.

  • Pantau informasi penyedia beasiswa karena setiap tahun bisa berbeda target

Ketika sudah menemukan beasiswa dan kampus mana yang kamu minati, jangan lupa untuk terus memantau informasi yang diupdate melalui website penyedia beasiswa. Karena bisa saja peraturan yang diterapkan tiap tahunnya berbeda, seperti LPDP tahun 2021 berbeda dengan tahun 2020 yang hanya membuka untuk jalus unggulan, tidak untuk regular.

  • Rajin latihan mengerjakan soal-soal ujian

Sebaiknya sambil terus menunggu update informasi, kamu juga perlu untuk mengetahui kira-kira soal apa saja yang nantinya akan diberikan untuk proses seleksi dan apa saja tahapan tesnya. Hal ini sangat dibutuhkan agar kamu bisa mempersiapkan diri sebaik mungkin.

  • Sharing dengan orang-orang yang pernah mendapatkan beasiswa

Menjalin komunikasi dengan para alumni penerima beasiswa juga bisa sangat membantu untuk proses bagaimana cara mendapatkan beasiswa kuliah yang kamu targetkan. Kamu bisa menghubungi senior-senior atau dosen tempat kuliah jenjang sarjana dulu. Seperti yang saya lakukan ketika mencoba mendaftar LPDP, saya coba untuk menghubungi dosen pembimbing. Selain tentunya kamu membutuhkan surat rekomendasi dari para dosen, jika mereka berkenan dan meluangkan waktu untuk berdiskusi mengenai beasiswa itu akan sangat membantu untuk mendapatkan gambaran bagaimana sih agar bisa lolos beasiswa.

  • Buat perencanaan dan skala prioritas

Buatlah perencanaan secara menyeluruh menurut skala prioritas. Hal ini akan sangat membantu kamu untuk mempersiapkan segala sesuatu. Jangan sampai kamu terburu-buru dan hasilnya tidak maksimal.

  • Manajemen waktu

Proses mendapatkan beasiswa memang cukup membutuhkan waktu ekstra karena kita pun harus memikirkan kampus mana yang akan kita tuju. Seleksi beasiswa dan kampus pun akan berbeda. Oleh karena itu, perlu manajemen waktu untuk mengatur apa yang sebaiknya kamu lakukan terlebih dahulu agar jadwalmu tidak berantakan.

  • Terus berusaha dan berdoa

Penolakan atau kegagalan itu adalah hal yang wajar. Penolakan bukanlah akhir dari perjuanganmu, justru disitulah semangat dan niat kita akan diuji. Seberapa konsisten dan gigih tekad kita sangat bergantung pada apa yang terus kita upayakan. Jangan lupa bahwa penentu hasil bukanlah diri kita, jadi jangan terpaku pada hasil yang di luar kendali kita. Tugas kita hanyalah terus berusaha dan berdoa.


Jika tujuan kamu adalah kuliah di luar negeri, kamu bisa baca tips bagaimana cara mendapatkan beasiswanya di sini.

Jangan putus asa ketika kamu belum berhasil. Rencanakan kembali dan evaluasi apa yang sudah kamu lakukan selama ini, mungkin ada yang masih bisa diperbaiki untuk proses ke depan yang lebih baik. Cara mendapatkan beasiswa kuliah gratis kuncinya adalah mindset, karena dari mindset yang positif maka hasilnya pun akan positif.

Cara Mendapatkan Beasiswa Kuliah Gratis yang Wajib Kamu Ketahui

 

Posting Komentar untuk "10 Cara Mendapatkan Beasiswa Kuliah Gratis"