Cara Mendapatkan Beasiswa Tanpa Prestasi, Begini Langkahnya!

 


Banyak pelajar dan mahasiswa yang keliru memahami bahwa beasiswa hanya untuk orang pintar saja. Mereka sudah minder dulu untuk bersaing dengan yang lainnya. Padahal ada banyak cara mendapatkan beasiswa tanpa prestasi.

Saya pun dulu begitu ketika menjadi mahasiswa UGM, ingin mendapatkan beasiswa tapi setahu saya dulu hanya ada dua jenis beasiswa yang ditawarkan, yaitu beasiswa untuk yang kurang mampu dan beasiswa berprestasi.

Beasiswa untuk yang kurang mampu saya tidak bisa mendapatkannya karena berstatus anak tunggal dari anak seorang PNS. Sedangkan untuk beasiswa prestasi saya bukan lah termasuk mahasiswa pintar banget di kampus. Jadi saya pun sering dilanda rasa minder jika ada diantara teman-teman yang pintar tersebut.

Namun ternyata baru saya ketahui di umur 30-an ini bahwa mindset saya dulu keliru. Ketidakpercayaan diri sangat mengganggu, karena saya pun sering menarik diri untuk bisa terlibat dalam kegiatan-kegiatan kampus meski saya menyukainya tapi rasanya nggak pede saja.

Kamu harus benahi dulu mindsetnya agar bisa mendapatkan beasiswa yang kamu inginkan. Berikut ini ada 4 mindset yang keliru kamu miliki sebagai pelajar/mahasiswa saat mencari beasiswa.

 

Mindset Adalah Kunci Cara Mendapatkan Beasiswa Tanpa Prestasi

  • Anda dan penyedia beasiswa memiliki posisi yang sejajar

Banyak yang masih salah mengira bahwa posisi penerima beasiswa adalah pemohon. Padahal penyedia beasiswa pun ikut mendapatkan keuntungan yang cukup besar darimu lho.

Keuntungan penyedia beasiswa diantaranya adalah : kehadiran mahasiswa internasional akan meningkatkan peringkat universitas yang kamu tuju, mahasiswa internasional akan membantu perputaran ekonomi dan pemasukan negara tujuan, adanya ikatan kerja yang biasanya diberlakukan oleh penyedia beasiswa, dan kamu secara tidak langsung sudah membantu mempromosikan kepada keluarga, sahabat, rekan untuk melanjutkan studi di negara tersebut.

Jadi pahamilah bahwa kamu bukan lah pemohon yang harus mengemis beasiswa, tetapi kamu pun memiliki nilai yang sejajar dengan penyedia beasiswa.

  • Mendapatkan beasiswa tidak harus pintar dan memiliki IPK tinggi

Ini seperti pengalaman di atas yang saya ceritakan. Coba saja dulu ada yang menasehati saya seperti ini, mungkin saya sudah semangat mengejar beasiswa. Karena keterbatasan informasi yang saya dapatkan, saya pun hanya tahu kalau beasiswa cuma untuk orang-orang yang berprestasi dan IPKnya juga tinggi.

Kenyataannya banyak dari penerima beasiswa yang tadinya memiliki nilai pas-pasan malahan bisa melanjutkan kuliahnya hingga ke luar negeri. Ingat bahwa pintar itu bukan bawaan dari lahir atau bakat. Yang menjadikanmu pintar dan layak adalah kerja kerasmu.

  • Tidak semua beasiswa mensyaratkan kamu bisa Bahasa Inggris

Beberapa negara tujuan studi memang mensyaratkan bisa berbahasa Inggris yang dibuktikan dengan sertifikat resmi, seperti TOEFL dan IELTS. Namun ada juga kok negara-negara yang tidak mewajibkan kamu bisa berbahasa Inggris. Biasanya penyedia beasiswa dalam hal ini memfasilitasi kursus bahasa negara setempat juga untuk para penerima beasiswa.

  • Dirimu adalah penentunya, bukan surat rekomendasi dari orang kuat atau dokumen lainnya

Disini yang ingin saya tegaskan adalah bukan surat rekomendasi, dokumen, atau orang lain yang akan kuliah, tetapi dirimu. Percayalah dengan persiapan yang maksimal kamu pasti menemukan jalan bagaimana cara mendapatkan beasiswa tanpa prestasi sekalipun atau kamu nggak bisa Bahasa Inggris. Jadi jangan mudah menyerah ya!

 

Cara Mendapatkan Beasiswa Tanpa Prestasi, Begini Langkahnya!

  • Carilah Informasi Seputar Program Beasiswa

Jangan malas untuk mencari cara mendapatkan beasiswa tanpa prestasi jika kamu merasa memiliki nilai yang pas-pasan. Karena di luar sana banyak kesempatan yang diberikan dari berbagai penyedia beasiswa, baik itu dari pemerintah maupun swasta. Bahkan kamu pun memiliki kesempatan yang sama dengan orang-orang yang ber-IPK tinggi untuk kuliah di luar negeri.

Salah satu caranya kamu bisa bertanya pada pihak universitas atau jika kamu masih pelajar kamu bisa bertanya di sekolahmu. Biasanya mereka memiliki koneksi dengan para pihak penyedia beasiswa.

  • Memilih Kampus yang Memiliki Ikatan Dinas

Di Indonesia banyak kampus yang menyediakan masa studi dengan ikatan dinas sekaligus, seperti STAN, STIS, IPDN, STPI, STIP, dan lain-lain.

Kampus-kampus tersebut biasanya juga menyediakan beasiswa. Jadi kamu pun mendapatkan dua keuntungan, yaitu studi gratis dan lulus langsung bekerja. Kampus-kampus seperti di atas pun cukup bergengsi lho karena kamu akan menjadi PNS juga.

  • Penuhi Syarat Sebagai Calon Penerima Beasiswa

Dengan mencari informasi sebanyak mungkin mengenai penyedia beasiswa yang ingin kamu tuju, maka kamu pun akan mengetahui apa saja syarat yang diberikan. Ingat posisimu di sini bukan lah sebagai pemohon beasiswa tetapi kamu juga memiliki andil jika menerima beasiswa tersebut.

Salah satu syarat biasanya adalah tidak sedang menerima beasiswa dari manapun, sehingga kamu juga mesti memperhatikan betul-betul apa saja syaratnya.

  • Beri Jeda Waktu yang Cukup Untuk Persiapan

Menyiapkan diri untuk melamar beasiswa tidak bisa terburu-buru. Karena selain dokumen yang harus disiapkan sebagai syarat, kamu pun perlu menyiapkan mental secara matang. Kenapa perlu? Karena bagaimana cara mendapatkan beasiswa tanpa prestasi sekalipun ada seleksi-seleksi yang harus kamu lewati. Kamu pun harus menyiapkan diri untuk gagal.

Kebanyakan orang sangat berharap dan lupa menyiapkan diri jika terjadi kegagalan sehingga tidak jarang yang mudah menyerah dan merasa stress. Padahal banyak juga para pejuang beasiswa yang tidak hanya mencoba sekali dua kali, tetapi berkali-kali.

 

 

Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Mencari Cara Mendapatkan Beasiswa Tanpa Prestasi

Berbicara soal apa saja dan bagaimana seleksi yang perlu kamu tahu untuk mendapatkan beasiswa tanpa prestasi, berikut ini adalah kesalahan-kesalahan yang seringkali terjadi.

  • Asal Apply Beasiswa

Banyak juga yang asal dalam melakukan apply beasiswa, artinya tidak sesuai dengan potensi yang dimiliki dengan syarat yang diberikan oleh penyedia beasiswa. Biasanya hal ini terjadi karena seseorang lebih mengandalkan factor luck, padahal tanpa kerja keras mustahil juga kan kamu bisa mendapatkannya. So, jangan berharap menjadi orang yang beruntung karena tugas kita adalah berusaha dan berdoa.

  • Tidak Melengkapi Persyaratan

Disinilah perlunya kamu menyiapkan seluruh dokumen persyaratan yang diberikan penyedia beasiswa. Karena kurang satu dokumen saja kamu bisa tidak lolos.

Kebanyakan berpikir bahwa mungkin penyedia beasiswa akan memberi kelonggaran jika ada satu syarat yang tidak dipenuhi. Padahal itu sudah menjadi syarat mutlak dari mereka.

  • Kurang Mahir dalam Menulis Resume atau Essay

Salah satu syarat dari penyedia beasiswa adalah menulis resume atau essay. Di sinilah kesempatanmu bagi yang mencari cara mendapatkan beasiswa tanpa prestasi. Karena tidak perlu melihat prestasi apa yang kamu miliki, tapi bagaimana kamu mengemas pengalaman dan tujuanmu untuk mendapatkan beasiswa dalam bentuk tulisan yang menarik.

Namun sayangnya banyak yang tidak memperhatikan syarat ini alias hanya menulis asal-asalan. Padahal resume atau essay ini biasanya yang menjadi bahan untuk tahap wawancara.

Kunci dalam menulis resume atau essay adalah kurangi tulisan yang ke’aku’an, tetapi perbanyak apa kontribusi yang kamu berikan bagi masyarakat.

  • Tidak Memberi Kesan yang Kuat saat Wawancara

Kebanyakan merasa minder atau grogi saat diwawancara padahal tahap ini cukup menentukan bagaimana kamu memberikan kesan kepada penyedia beasiswa bahwa kamu layak mendapatkannya.

Kuncinya adalah sering berlatih, baik berlatih sendiri di depan cermin maupun di depan keluarga atau teman-temanmu. Supaya kamu terbiasa berbicara di depan orang dan bisa merespon dengan baik setiap pertanyaan yang ditujukan kepadamu.

  • Mudah Menyerah

Sikap mudah menyerah ini menandakan kurangnya kegigihan yang kamu miliki untuk mendapatkan sesuatu. Ketika kamu sudah bertekad untuk mendapatkannya sebaiknya kamu tidak mudah menyerah dan putus asa.

 

Demikian tips dan langkah bagaimana cara mendapatkan beasiswa tanpa prestasi yang dimiliki. Jangan mudah merasa minder karena setiap orang memiliki jalan hidupnya sendiri. Dan tidak selalu yang nilainya pas-pasan maka hidupnya tidak berhasil.

Posting Komentar untuk "Cara Mendapatkan Beasiswa Tanpa Prestasi, Begini Langkahnya!"