Syarat dan Cara Mengajukan Beasiswa Kuliah

 


Sebelum mencari tahu cara mengajukan beasiswa kuliah, perlu kamu ketahui dulu beasiswa apa yang kamu butuhkan. Karena banyak jenis beasiswa, seperti beasiswa untuk yang tidak mampu, beasiswa prestasi, beasiswa untuk profesi, dan beasiswa regular.

Jika kamu pintar dalam hal akademik dan memiliki nilai yang bagus, konsisten di atas rata-rata, maka kamu bisa mencoba mendaftar beasiswa jalur prestasi. Beasiswa ini bisa berbentuk bidikmisi, beasiswa PPA, beasiswa Djarum, dll.

Bagi yang berminat kuliah tetapi terkendala finansial bisa mencoba mengajukan beasiswa tidak mampu. Menurut saya pribadi sebutan untuk beasiswa bagi kalangan yang tidak mampu ini kurang pas, karena berkaitan dengan harga diri seseorang ketika dinilai tidak mampu secara material. Namun beasiswa LPDP biasanya menyediakannya dengan sebutan lain, yaitu beasiswa pra sejahtera.

Bagi kalangan professional, seperti dosen, peneliti, pegawai BUMN, bisa mengajukan beasiswa untuk melanjutkan kuliah melalui beasiswa profesi. Seperti yang disediakan oleh Kementerian Pendidikan untuk meningkatkan kemampuan para pengajar melalui kesempatan melanjutkan studi, baik kuliah di dalam negeri maupun luar negeri.

Bagaimana jika bukan tergolong tidak mampu, bukan dari kalangan profesi, tidak juga masuk dalam kategori bidikmisi apakah bisa mengajukan beasiswa?

Tentunya masih bisa, LPDP menyediakan beasiswa bagi masyarakat umum melalui beasiswa regular. Selain LPDP, masih ada beasiswa lainnya yang menyediakan bagi masyarakat.

Proses selanjutnya setelah mengetahui kebutuhan beasiswa adalah memilih tempat kuliah. Tentukan apakah kamu melanjutkan studi di dalam negeri atau luar negeri. Bukan itu saja, kamu pun harus memilih universitas negeri atau swasta.

Kamu bisa mencari informasi mengenai kampus-kampus yang bekerjasama dengan penyedia beasiswa melalui website. Biasanya website dari penyedia beasiswa juga menyediakan list kampus mana yang bisa kamu pilih.

Sebelum pandemic ini, proses pendaftaran beasiswa melalui du acara, yaitu offline dan online. Jika kamu tinggal di kota yang dekat dengan penyedia beasiswa yang menjadi target kamu, maka bisa langsung datang ke lokasi atau kantornya. Namun musim pandemic ini hampir sebagian besar kegiatan dilakukan secara online, pendaftaran Pendidikan pun begitu.

Masing-masing cara memiliki kelebihan dan kelemahannya, baik itu offline maupun online. Hanya dari segi waktu dan fleksibilitas pendaftaran online saat ini lebih unggul dan dianjurkan untuk menghindari kerumunan dan kontak langsung.

Berikut ini syarat yang secara umum dibutuhkan saat mengajukan beasiswa. Kamu perlu tahu ini dulu untuk mempersiapkan apa saja yang dibutuhkan.

Syarat Umum Cara Mengajukan Beasiswa Kuliah

  • Tidak pernah atau sedang menerima fasilitas beasiswa dari manapun

Pastikan dirimu tidak pernah atau tidak sedang menerima beasiswa dari pihak lain selain beasiswa yang kamu ajukan. Hal ini untuk menghindari terjadinya penumpukan biaya yang bisa jadi tidak tepat sasaran.

  • Komitmen Lulus Secepatnya

Lulus saja itu tidak cukup bagi syarat penerima beasiswa. Kamu harus berkomitmen untuk bisa lulus secepatnya atau tepat waktu. Karena banyak yang kuliah tetapi memiliki pekerjaan sampingan juga sehingga kuliahnya pun terbengkalai.

  • Berprestasi

Para penyelenggara beasiswa tidak ingin mahasiswa penerima beasiswa memiliki nilai akademik yang biasa saja. Sehingga usahakan selalu mampu mendapatkan nilai yang relative tinggi dan diatas rata-rata agar mudah nantinya saat mendaftar beasiswa.

  • Melengkapi dokumen persyaratan

Persiapkan dokumen-dokumen yang biasanya dibutuhkan saat mengajukan beasiswa, seperti data diri dan keluarga (KTP dan KK), ijazah, transkrip, raport, SKCK, dll.

  • Berperilaku Baik

Usahakan selalu berperilaku baik. Baik disini adalah tidak memiliki catatan tindak criminal. Karena ketika kita sudah memiliki catatan hitam tersendiri, maka akan dianggap tidak mematuhi norma atau aturan hukum yang berlaku di negara ini.

 

Cara Mengajukan Beasiswa Kuliah Secara Lebih Mudah

Pendaftaran online kini lebih banyak dilakukan dibandingkan offline. Para pihak penyedia beasiswa pun memilih online karena dirasa lebih praktis, efektif, dan efisien.

Para calon penerima beasiswa pun tidak perlu datang langsung, apalagi jika beasiswa tersebut dipilih untuk melanjutkan studi ke luar negeri.

Namun system online tidak begitu saja mudah dipraktekkan, baik bagi penyedia beasiswa maupun penerima beasiswa. Dari pihak penyedia beasiswa harus siap dengan system online yang akan dijalankan terkait dengan server dan kebutuhan software lainnya. Jika tidak maka website akan mudah down dan tidak bisa diakses. Tentunya hal ini akan menjadi kendala saat pendaftaran online dibuka.

Para calon penerima beasiswa pun jangan menggampangkan proses secara online, karena bisa jadi lebih harus teliti lagi.

Berikut ini cara mengajukan beasiswa kuliah yang sebagian besar kini dilakukan secara online melalui website yang disediakan oleh penyelenggara beasiswa.

Ada 8 tahapan yang harus kamu lakukan, yaitu sebagai berikut :

  • Mencari informasi web resmi penyedia beasiswa

Jangan sampai membuka website untuk mendaftarkan beasiswa. Kini banyak info yang beredar sehingga kita pun harus lebih jeli memilah mana yang benar-benar resmi disediakan oleh penyelenggara beasiswa.

  • Membuat akun

Biasanya website resmi penyedia beasiswa akan mulai dengan para peserta penerima beasiswa harus memiliki akun dulu untuk bisa login ke website. Akun yang dibuat akan mencantumkan email pribadi para peserta. Biasanya saat akan mendaftar ke website ada link untuk apply, apply now, register, dll.

  • Konfirmasi email

Setelah melakukan register atau pembuatan akun, maka kita akan menerima email berupa konfirmasi apakah benar Anda melakukan pendaftaran beasiswa. Hal ini juga untuk menguji keabsahan apakah email yang Anda masukkan benar-benar milik Anda.

  • Siapkan dokumen

Dokumen yang dibutuhkan biasanya akan disebutkan dalam persyaratan pendaftaran. Biasanya akan ada persyaratan umum dan khusus yang akan diberikan. Hal yang selalu dibutuhkan setelah menerima email yaitu pas photo. Seperti beasiswa LPDP yang mewajibkan untuk mengisi data diri dan mengunggah pas photo ukuran tertentu.

Selain itu, siapkan dokumen lain yang dibutuhkan dengan format jpeg, pdf, atau word. Kamu harus teliti saat membaca persyaratan dokumen yang dibutuhkan untuk diupload. Karena kesalahan format biasanya akan membuat proses unggahan dokumen tersebut gagal.

  • Upload dokumen

Setelah menyiapkan dokumen yang diperlukan, kamu bisa mulai menguploadnya. Pastikan koneksi internet saat mengupload baik agar tidak terjadi kendala ketika mengunggah dan berhenti ditengah jalan. Pastikan juga kamu sudah melakukan scan dokumen secara jelas sesuai yang diminta.

  • Cek ulang

Selalu lakukan pengecekan ulang setelah selesai mengunggah dokumen. Hal ini untuk menghindari kesalahan upload atau kekurangan dokumen.

  • Kirim

Setelah semua dirasa lengkap maka kamu bisa memencet tombol kirim atau send. Biasanya setelah itu kamu akan mendapatkan konfirmasi keterangan berhasil atau tidaknya proses pengiriman dokumen.

  • Tunggu jawaban

Saat inilah yang cukup mendebarkan bagi para scholars hunter. Apakah saat menunggu jawaban ini kamu boleh mendaftarkan beasiswa lainnya? Sebaiknya tunggu balasan atau pengumuman dulu sebelum memutuskan mendaftarkan diri ke beasiswa lain. Jika ada dua beasiswa yang kamu targetkan dan itu dibuka diwaktu yang sama, maka kamu bisa mencoba mendaftar semuanya. Namun ingat bahwa saat dinyatakan lolos, kamu harus melepaskan beasiswa lainnya yang juga menyatakan kamu lolos. Jadi pilih salah satu saja karena biasanya memang tidak boleh double dalam menerima beasiswa.

Cara Mengajukan Beasiswa Kuliah Lebih Cepat

Akses untuk mendapatkan informasi tentang beasiswa kini memang tidak seperti dulu, peluang pun lebih banyak. Namun peluang lolos pun akan semakin tinggi tingkat persaingannya karena akan banyak pemburu beasiswa lainnya.

Namun kamu tidak perlu minder atau putus asa sebelum mencoba. Kegagalan itu pasti dilalui untuk menuju keberhasilan. Jadi jangan menyerah ketika kamu tersandung oleh penolakan atau kegagalan. Masih banyak peluang lain menanti. Demikian lah cara mengajukan beasiswa kuliah menurut pengalaman pribadi saya saat mendaftar beasiswa LPDP.

Posting Komentar untuk "Syarat dan Cara Mengajukan Beasiswa Kuliah"